Surga Tersembunyi Itu Bernama Wisata Pulau Bawean !! [ Wajib Kesini ]

Wisata Pulau Bawean – Memiliki potensi wisata yang sangat melimpah, Pulau Bawean sekarang ini mulai dilirik sebagai alternatif liburan untuk keluarga. Karena banyak yang mengagumi keindahan gugusan pulau di sini, banyak orang yang menawarkan paket wisata beserta transportasi dan penginapan. Gugusan pulau yang berada di wilayah Gresik, Jawa Timur ini memmiliki beberapa pulau yang sudah cukup terkenal seperti pulau utama Bawean, pulau noko, pulau gili dan lainya.

Ada banyak tempat menarik yang bisa kalian kunjungi jika berada di kepulauan Bawean. Jika kalian penasaran, simak aja ulasan kami berikut ini.

1. Lokasi Wisata Pulau Bawean

Lokasi Wisata Pulau Bawean
Lokasi Wisata Pulau Bawean

Pulau Bawean merupakan sebuah pulau kecil dari gugusan pulau kecil yang secara administratif masih berada di wilayah Kab. Gresik Provinsi Jawa Timur. Meskipun jarak dari gresik sampai pulau bawean terpaut sekitar 120 km atau 80 mil.

Anda bisa mencapai Pulau Bawean dengan waktu 2.5 hingga 7 jam. Ya, tergantung jenis kapal yang Anda naiki. Pulau Bawean ini sangat besar, terdiri atas 2 kecamatan. Yaitu kecamatan Sangkapura dan Tambak. Dan kedua Kecamatan ini benar-benar luas sekali.

Masyarakat Bawean sendiri menyebut pulau Bawean sebagai Bali Van Java karena keindahan pulau ini tak kalah dengan keindahan Pulau Bali. Sekarang pulau ini sedang gencar-gencarnya di promosikan oleh pemerintah daerah Gresik sebagai destinasi wisata bahari andalan kabupaten Gresik.

2. Tempat-Tempat Menarik Di Wisata Bawean

Terdapat banyak jenis wisata yang menakjubkan dan menarik untuk di jelajahi. Spot-spot menarik ini ada di dalam pulau dan pulau-pulau kecil di dekat pulau utama Bawean.

Tempat-tempat ini wajib kalian kunjungi jika berlibur di wisata pulau Bawean. Berikut ini list tempat-tempat menarik di wisata pulau Bawean.

  • Penangkaran Rusa Bawean

Penangkaran Rusa Bawean
Penangkaran Rusa Bawean

Penangkaran rusa Bawean terletak di Beto Gebang Pudakit, Kecamatan Sangkapura. Jarak Penangkaran ini kira-kira 10 Km dari Sangkapura dan dapat ditempuh dengan menggunakan motor atau mobil selama kurang lebih 30 menit. Penangkaran rusa Bawean ini sudah ada sejak tahun 2003 dengan kondisi yang masih terawat.

Lokasi penangkaran rusa Bawean berdekatan dengan hutan konservasi Bawean. Kondisi alam yang masih segar dan alami cocok untuk menyegarkan pikiran dan refressing. Penangkaran ini dapat juga dijadikan sebagai tempat wisata pendidikan, penelitian dan juga ekowisata yang bertujuan untuk lebih mencintai alam.

  • Pulau Gili

Pulau Gili
Pulau Gili

Selain pulau utama (Pulau Bawean), ada beberapa pulau lain yang memiliki ukuran lebih kecil yang di sekitar Pulau Bawean. Salah satunya adalah Pulau Gili. Pulau ini merupakan pulau berpenghuni dan merupakan pulau terbesar di sekitar Pulau Bawean. Ada sekitar 700 kepala keluarga yang tinggal di pulau ini

Pulau ini memiliki pantai berpasir putih dengan pemandangan sunset dan sunrise yang sangat indah. Masyarakat disini sebagian besar adalah nelayan, sambil menikmati pemandangan cantik di pantai, kita juga bisa sekaligus menikmati sajian ikan-ikan segar tangkapan para nelayan.

  • Pulau Noko

Pulau Noko
Pulau Noko

Pulau ini terletak tidak jauh dari pulau utama. Tepatnya bersebelahan dengan pulau gili. Pulau mungil ini hanya memiliki luas 1 kilometer persegi. Keseluruhan daratan dari pulau noko berupa pasir putih.

Jika dilihat dari jauh, seolah-olah pulau noko ini adalah sebuah daratan kecil yang menonjol di permukaan laut. Karena letaknya yang sangat dekat dengan pulau gili, ada juga yang menyebut pulau noko dengan sebutan pulau noko gili Bawean.

Terdapat banyak variasi ikan dan karang-karang cantik di pulau ini. Pastikan anda membawa peralatan snorkeling saat berkunjung ke pulau Noko, karena sampai saat ini, belum tersedia tempat penyewaannya.

  • Pulau Noko Selayar
Pulau Noko Selayar
Pulau Noko Selayar

Suasana di Pulau Noko Selayar tidak jauh berbeda dengan Pulau Noko. Seluruh daratan di pulau berupa pasir putih. Di pulau ini kita akan menemukan sebuah laguna yang cantik menawan. Pemandangan bukit-bukit hijau di kejauhan membuat pemandangannya mirip dengan beberapa pantai di Pulau Lombok.

Noko Selayar juga memiliki pemandangan bawah laut yang indah. Untuk bisa sampai ke pulau ini kita bisa menyebrang menggunakan perahu penyebrangan dengan waktu tempuh sekitar 20 menit dari Pulau Bawean.

  • Pantai Ria

Pantai Ria
Pantai Ria

Pantai Ria sedikit berbeda dengan pantai-pantai lain di Bawean. Di bibir pantai ini kita tidak akan menemui pasir putih melainkan batu-batu karang hitam.

Pantai ini dulu merupakan tempat berlabuh para nelayan setelah melaut. Pantai ini juga sempat digunakan sebagai pengolahan ikan dan rumput laut

Dari pinggir Pantai Ria kita bisa menyaksikan perahu-perahu nelayan yang sedang berada di tengah laut. Pemandangan yang akan membuat kita merasa damai.

  • Pantai Mayangkara

Pantai Mayangkara
Pantai Mayangkara

Pantai Mayangkara adalah pantai yang terletak di Bawean Island. Tak seperti pantai pada umumnya. Mayangkara menyediakan sebuah tanah lapang yang bisa digunakan untuk olahraga seperti sepak bola dan voli.

Bermain bersama teman dan keluarga saat tiba di pantai ini sangatlah direkomendasikan. Konon, pantai ini pertama kali ditemukan oleh Siti Zaenab yakni istri dari Sunan Giri. Di pantai ini pula lah Siti Zaenab pertama kali berlabuh saat menemukan Pulau Bawean.

  • Pantai Kuburan Panjang

Pantai Kuburan Panjang
Pantai Kuburan Panjang

Seperti namanya, di pantai ini terdapat sebuah kuburan atau makam dengan bentuk panjang. Tidak seperti makam pada biasanya. Makam ini terletak di tepi pantai, dengan ditutupi atap. Pantai di tempat ini berbentuk seperti semenanjung, terdapat pepohonan yang tumbuh di sisi-sisinya.

  • Danau Kastoba

Danau Kastoba
Danau Kastoba

Danau Kastoba terletak di Desa Candi Kecamatan Tambak. Untuk bisa sampai ke lokasi danau, kita harus melewati jalur trekking sejauh sekitar 500 meter. Danau Kastoba masih sangat alami, airnya jernih dengan pemandangan hijau mengelilinginya.

Di sini kamu dilarang mandi sampai ke tengah sebab bentuk danau yang sempit ke bawah di khawatirkan akan menarik kamu ke dalam. Namun, kamu yang suka bermain air tidak usah khawatir, kamu bisa berenang dan main air di tepian danau.

  • Air terjun Laccar

Air terjun Laccar
Air terjun Laccar

Jika kalian sudah puas main-main di pantai, ada air terjun cantik yang wajib dikunjungi di pulau Bawean. Air terjun Laccar adalah air terjun setinggi 25 km dengan background dinding tebing bebatuan. Lokasi air terjun ini sekitar 15 km dari Sangkapura.

Untuk mencapai lokasi air terjun dapat menggunakan mobil atau motor hingga dusun laccar desa kebun teluk dalam, perjalanan dapat diteruskan dengan berjalan kaki kurang lebih 1 km.

Sepanjang berjalan kaki, pengunjung dapat menikmati keindahan alam yang masih asri dan udara yang segar. Disini kalian juga dapat menemukan monyet-monyet hutan.

  • Tanjung Ga’ang

Tanjung Ga’ang
Tanjung Ga’ang

Tanjung ga’ang merupakan sebuah tanjung yang terletak di Pulau Bawean tepatnya di desa kumalasa. Pesona keindahan tanjung ini terletak pada bukit karangnya yang mencolok dengan air yang jernih.

Air bening tersebut memperlihatkan pesona bawah laut yang memesona. Anda bisa berfoto dengan banyak sudut menarik di tanjung ini.

  • Pantai Labuhan

Pantai Labuhan
Pantai Labuhan

Pantai ini menghadap laut tepat di arah Barat jadi untuk Sunset di Pantai Labuhan ini sangat juara. Selain itu pantai ini juga memiliki bibir pantai yang luas. Jadi kalau kamu ingin camping ceria bisa deh buka tenda disini.

Pantai Labuhan ini berada di desa Tanjung Ori Kec. Tambak Bawean. Menurut saya pantai ini tak kalah indah dengan Pantai Kuta di Bali ataupun Pantai Senggigi di Lombok. Karena saya sudah pernah jalan-jalan kesana.

  • Pemandian Air Panas Kepuh Legundi

Pemandian Air Panas Kepuh Legundi
Pemandian Air Panas Kepuh Legundi

Air panas ini berada di Desa Kepuh Legundi Kecamatan Tambak Pulau Bawean. Kalau dari dermaga Pamona mungkin hanya sekitar 30 menitan.

Kolam air panas ini dibagi menjadi 3 sekat dan bagian. Yang 2 untuk laki-laki dengan suhu panas berbeda dan satunya khusus untuk wanita.

Keistimewaan dari air panas kepuh ini dipercaya dapat menyembuhkan berbagai penyakit kulit, gatal-gatal, iritasi, mengurangi  kadar gula darah, menghilangkan racun dalam tubuh, dan juga bisa menyembuhkan penyakit flu.

  • Gugusan pulau China, Lolobi, Karabila, dan Nusa

Gugusan pulau China, Lolobi, Karabila, dan Nusa
Gugusan pulau China, Lolobi, Karabila, dan Nusa

Pulau China terletak di Desa Telukjatidawang Kecamatan Tambak. Untuk menuju ke sini kamu dapat menyewa kapal nelayan yang ada dipinggiran sekitar Pulau China.

Pulau China termasuk wisata Pulau Bawean yang juga sering dikunjungi oleh wisatawan. Di sana kamu dapat berfoto dengan landschape pemandangan hijau pulau dan bentaran karang yang kokoh.

Kamu juga dapat snorkling di sini dengan menyewa peralatan yang telah disediakan. Kalau sudah di Pulau ini saya jangan lewatkan pulau-pulau kecil yang disekitarnya seperti Pulau Lolobi, Karabila, dan Pulau Nusa. Biasanya, para pengemudi kapal nelayan sudah paham dan siap mengantar ke semua pulau yang ada di sekitar Pulau China.

Demikianlah ulasan kami tentang Wisata Pulau Bawean. Potensi wisata yang sangat besar dari pulau Bawean ini sangat saying jika anda lewatkan begitu saja. Semoga artikel ini bisa membantu dan bermanfaat untuk anda sekalian.

Thanks….

Leave a Comment

WhatsApp chat Chat