12+ Tempat Wisata Di Madiun Yang Belum Banyak Di Ketahui, Wajib Kesini !

Tempat Wisata di Madiun – Kota yang berbatasan langsung dengan kabupaten Magetan ini memiliki banyak spot wisata yang seru dan mengasyikan. Dikenal juga dengan sebutan kota Gadis, beberapa unggulan wisata seperti Taman Umbul dan Wana Wisata Grape  menjadi andalan kota Madiun. Selain itu juga ada tempat wisata baru seperti taman kota Caruban.

Masih banyak lagi spot wisata menarik yang ada di Madiun. Buat kalian yang penasaran, apa saja tempat-tempat itu, berikut list dari tempat wisata di Madiun.

1. Wana Wisata Grape

Wana Wisata Grape
Wana Wisata Grape

Wana wisata Grape merupakan salah satu dari sekian banyak obyek wisata yang memiliki nuansa sejuk dan alami. Aliran air sungai yang jernih, bersumber dari mata air pegunungan Dungus. Di sini, kamu juga bisa melakukan aktifitas olahraga outdoor seperti sepeda, panjat tebing, hiking, dan camping.

Wana wisata Grape ini letaknya tepat berada di kaki gunung Wilis dengan jarak 15 kilometer dari kota Madiun, dan berada di pinggir hutan jati dengan luas area kira-kira 1,5 hektar yang merupakan wilayah KPH Madiun.

Kalau kamu merasa stres dengan keseharian kamu dan pekerjaan yang menumpuk berhari-hari, tak ada salahnya menghabiskan waktu libur kalian di sini.

2. Taman Wisata Umbul

Taman Wisata Umbul
Taman Wisata Umbul

Berlokasi di Jalan Ngumbul, Desa Glonggong, Kecamatan Dolopo, sekitar 20 km dari Kota Madiun, taman rekreasi ini merupakan salah satu tempat peninggalan Belanda.

Tempat rekreasi ini memiliki berbagai atraksi dan wahana permainan yang menarik, seperti roller coaster, kora-kora, bianglala, kebun binatang mini, kolam renang dan lain-lainnya. Fasilitas lainnya juga sudah sangat lengkap dan memudahkan pengunjung yang datang.

Taman hiburan ini dulunya kurang mendapat perhatian dan mulai ditinggalkan di tahun 1990 an. Namun setelah dilakukan renovasi, taman wisata Umbul resmi dibuka di tahun 2012.

Harga tiket masuk yang ada di tempat wisata ini mulai dari Rp10.000 saja dan buka setiap hari mulai pukul 08:00 hingga pukul 23:00.

3. Monumen Kresek

Monumen Kresek
Monumen Kresek

Wisata Madiun yang selanjutnya Anda bisa mendatangi monumen Kresek yang menjadi salah satu bangunan peninggalan dari masa orde baru yang mengingatkan tentang keganasan PKI di tahun 1948.

Di dekat lokasi monumen tertulis nama para prajurit TNI dan petugas desa yang meninggal saat melawan PKI di Desa tersebut. Nama-nama mereka di ukir pada batu prasasti. Dan diantara sekian nama-nama tersebut, ada salah satunya terdapat nama Kolonel Muladi.

4. Gunung Wilis

Gunung Wilis
Gunung Wilis

Untuk tempat yang satu ini special buat kalian yang suka hiking. Gunung Wilis memiliki ketinggian 2.169 meter di atas permukaan laut. Selain masuk ke dalam wilayah Madiun, gunung ini juga masuk ke dalam wilayah Kediri, Tulungagung, Nganjuk, Ponorogo, dan Trenggalek.

Sepanjang pendakian, akan banyak dijumpai berbagai satwa liar penghuni gunung yang dapat dilihat dengan bebas. Jalur utama dari Gunung Wilis terdiri dari perbukitan dan lembah dengan pemandangan ala yang luar biasa.

5. Waduk Kali Bening

Waduk Kali Bening
Waduk Kali Bening

Terletak di Dusun Petung, Desa Pajajaran, Kecamatan Saradan, waduk ini berada sekitar 40 km dari pusat kota dan berbatasan langsung dengan kabupaten Nganjuk. Disini, anda bisa temukan kios, kolam pancing, rumah makan, penginapan, dermaga, hingga taman bermain.

Bendungan yang memikili air jernih ini memang telah menjadi daya tarik warga dan wisatawan datang kesini. Banyak orang datang ke waduk ini untuk berekreasi bersama teman maupun keluarga.

6. Waduk kedung Brubus

Waduk kedung Brubus
Waduk kedung Brubus

Lokasi waduk Kedungbrubus berada di sebelah utara Kecamatan Pilangkenceng, Kabupaten Madiun yang berbatasan dengan wilayah Kabupaten Bojonegoro. Selain sebagai sarana irigasi, waduk Kedungbrubus ini juga digunakan sebagai sarana wisata.

Sebelum memasuki area waduk, kamu akan disuguhi dengan pemandangan hutan jati sepanjang 4 kilometer yang khas dan tentu saja mampu menyejukkan pikiran yang ruwet. Banyak para pemancing yang memanfaatkan waduk Kedungbrubus ini untuk memuaskan hobi mereka dalam memancing ikan.

7. Situs Nglambangan

Situs Nglambangan
Situs Nglambangan

Selain wisata alamnya yang indah, ada juga wisata sejarah di madiun. Situs ini diberi nama Nglambangan karena memang tempatnya terletak di desa Nglambangan, Kecamatan Wungu. Atau berjarak 8 kilometer dari kota Madiun arah timur.

Ada beberapa peninggalan dari zaman kerajaan majapahit di Madiun ini seperti Pura Lambang sari, Lumbung, Sumur Kuno, Petirtaan, Punden, lalu ada juga Watu Dakon yang merupakan tempat penyimpanan pusaka pada masa lampau.

Cobalah ke Nglambangan pada bulan suro, karena di sini ramai, lantaran lokasinya digunakan sebagai upacara ritual tahunan.

8. Air Terjun Seweru

Air Terjun Seweru
Air Terjun Seweru

Di kota Madiun sendiri ada beberapa air terjun yang menarik salah satunya air terjun Seweru ini. Berada di balik dua tebing kokoh yang tinggi, Air Terjun Seweru memiliki nama julukan yang banyak.

Sering diesbut juga sebagai Air Terjun Serondo, Air Terjun Kedung Malam, dan juga Air Terjun Slampir. Meskipun tempat wisata ini masih agak tersembunyi dan minim petunjuk, tetapi jalan akses menuju air terjun cukup baik. Di gapura air terjun, sudah disediakan tempat parkir untuk pengunjung.

Dari gapura masuk hingga lokasi air terjun, jalanan cukup terjal dan berjarak 1 kilometer dengan medan yang curam karena jalanan masih berupa tanah dan batu alam. Setelah melewati itu, pengunjung akan menemukan dua air terjun setinggi 15 meter yang dikelilingi bukit batu.

9. Air Terjun Krecekan Denu

Air Terjun Krecekan Denu

Air terjun yang satu ini berada tidak jauh dari tempat wisata Grape. Bertempat di Kecamatan Kare, jalan menuju air terjun ini cukup mudah karena jalan menuju air terjun sudah diperhalus dengan aspal.

Masih berjarak sekitar 20 kilometer dari pusat kota, air terjun setinggi kurang lebih 20 meter ini memiliki keindahan tersendiri meskipun kucuran airnya tidak terlalu deras dibandingkan air terjun yang lain. Pengunjung bisa menikmati air terjun dengan nuansa pegunungan dan pemandangan pegunungan yang indah

10. Air Terjun Kucur

Air Terjun Kucur
Air Terjun Kucur

Jika biasanya air terjun terbentuk secara alami, lain halnya dengan Air Terjun Kucur yang terletak di Dusun Pucang Sawit, Desa Padas, Kecamatan Dagangan, Kabupaten Madiun yang merupakan air terjun buatan.

Tujuan dibuatnya air terjun ini oleh penduduk sekitar untuk mengatasi masalah kekeringan ketika musim kemarau tiba. Keberadaan air terjun baru dikenal oleh masyarakat luas sekitar tahun 2008 lalu.

Daya tarik yang dimiliki oleh tempat wisata ini adalah 4 tingkatan yang dimiliki oleh air terjun. Tingkat pertamanya memiliki ketinggian sekitar 15-20 meter, sisa 3 tingkatan lainnya memiliki tinggi 2-3 meter saja.

11. Air Terjun Banyulawe Dong

Air Terjun Banyulawe Dong
Air Terjun Banyulawe Dong

Air Terjun Banyulawe Dong lokasinya ada di daerah hutan Desa Kepel, Kecamatan Kare. Berada di balik lereng Gunung Wilis, wisata Madiun ini menawarkan suasana yang sejuk dan tenang. Tempat ini sangat cocok untuk anda yang sedang mencari ketenangan dari hiruk pikuk kota.

12. Dumilah Waterpark

Dumilah Waterpark
Dumilah Waterpark

Berada di tengah kota Madiun, tempat ini menjadi tempat destinasi utama bagi penduduk sekitar Madiun, terutama pada waktu liburan, dan juga tentunya pada saat akhir pekan.

Dumilah Water Park memiliki banyak zona-zona yang beraneka ragam, dan menarik untuk dicoba serta dimainkan satu persatu. Mulai dari zona game, zona air, dan juga tempat memancing.

13. Sun City and Theme Park

Sun City and Theme Park
Sun City and Theme Park

Sebagai salah satu ikon turisme Madiun Suncity Water & Theme Park adalah tempat rekreasi yang populer. Berada di Jl. S. Parman No. 8, Madiun, Sun City and Theme Park akan menyuguhkan berbagai wanaha bermain air dan juga darat yang menyenangkan.

Satu area dengan Sun City Mall, tempat wisata ini bisa menjadi pilihan wisata keluarga Kota Madiun yang tepat untuk anda.

14. Taman Kota Caruban

Taman Kota Caruban
Taman Kota Caruban

Taman Kota Caruban dibangun sekitar 4 tahun yang lalu. Taman ini merupakan hasil renovasi dari Pasar Besar Caruban. Lokasinya berada tepat di jantung Kota Caruban sebagai pusat pemerintahan Kabupaten Madiun.

Setiap hari, banyak pengunjung yang memadati taman untuk berekreasi, baik bersama keluarga atau dengan orang-orang terdekat lainnya.

Apalagi, taman juga sudah dilengkapi berbagai fasilitas dan sarana rekreasi menarik.Sebagai taman kota, tempat ini bisa dinikmati secara gratis oleh semua orang.

Itulah deratan tempat wisata di Madiun yang bisa kalian datangi jika kalian ada di Kota Madiun. Semoga ulasan kami ini bisa bermanfaat dan kalian bisa menikmati liburan kalian.

Thanks….

Leave a Comment

WhatsApp chat Chat