Sate Klathak Pak Pong yang Legendaris dan Terkenal [Rekomended]

Sate Klathak Pak Pong – Selain Gudeg, Yogyakarta juga memiliki wisata kuliner khas dan tak boleh terlewatkan yaitu sate klathak. Kuliner ini hanya bisa Anda temukan saat berlibur ke Yogyakarta saja. Sate klathak berbeda dengan sate pada umumnya, mulai segi rasa hingga cara menyajikannya.

Di Yogyakarta ada banyak pedagang sate klathak yang bisa Anda temui, namun ada satu pedagang sate klathak yang sudah terkenal, yaitu sate klathak pak pong. Meskipun warung sate ini terlihat sangat sederhana, namun setiap harinya tak pernah sepi pengunjung. Nah bagi Anda yang ingin berlibur ke Jogja, wajib mencoba kuliner khas ini. Berikut alasan mengapa kuliner terkenal ini wajib dikunjungi.

Akses Lokasi Menuju Sate Klathak Pak Pong

Lokasi Sate Klathak Pak Pong

Sate klathak pak pong merupakan salah satu kuliner khas Yogyakarta yang sudah berdiri sejak lama, dan selalu menjadi tujuan utama wisatawan. Disebut klathak bukan berarti daging satenya sulit untuk dimakan, namun karena penyajian sate yang tidak menggunakan tusuk bambu melainkan ruji sepeda motor. Lokasi sate klathak legendaris ini berada di Jalan Stadion Sultan Agung, Bantul, Yogyakarta.

Jika berada di pusat kota, Anda bisa berjalan menuju Jalan Imogiri Km 7, Wonokromo, Bantul. Nanti dari perempatan jalan tersebut, sekitar 500 meter belok ke arah barat atau belok kiri. Lokasi sate klathak pak pong berada di sebelah kanan jalan. Meskipun disepanjang jalan banyak warung sate klathak, namun kebulan asap dan spanduk bisa menjadi kode keberadaan warung sate terkenal ini.

Menuju lokasi warung ini, Anda bisa menggunakan kendaraan pribadi atau menyewa kendaraan seperti mobil dan sepeda motor. Anda membutuhkan waktu sekitar 30 menit atau lebih tergantung kondisi jalan. Lokasi sate klathak pak pong searah dengan lokasi Pantai Parangtritis, jadi sangat mudah dicari.

Menu yang tersedia di Warung Sate Klathak Pak Pong

Menu utama di warung ini pastinya adalah sate, tetapi sate klathak pak pong juga menyediakan menu lain yang tak kalah lezat. Berikut daftar menu lezat yang ada di warung sate legendaris ini:

  • Sate Klathak

Sate Klathak Terkenal

Menu pertama ini, sudah menjadi favorit para pengunjung. Sate klathak dibuat dari daging kambing muda yang disiram dengan bumbu khasnya sebelum dibakar. Satu porsi Sate Klathak, terdapat 2 tusuk sate dengan 7-9 potong daging. Sate klathak juga dilengkapi dengan nasi putih dan kuah gulai yang gurih. Selain rasanya yang nikmat, penyajian sate ini juga unik yaitu menggunakan ruji sepeda sebagai tusuk satenya. Untuk harganya, terbilang sangat murah, Anda harus mengeluarkan uang sekitar 22 ribu per porsinya.

  • Sate Lemur

Menu kedua yang menjadi favorit di sate klathak pak pong, adalah Sate Lemur. Sate ini disajikan sama seperti Sate Klathak, hanya saja tidak berisi daging melainkan lemak putih seperti kulit. Rasa Sate Lemur juga tak kalah lezat dengan menu sate lainnya, harganya pun cukup terjangkau. Satu porsi Sate Lemur terdapat 2 tusuk sate, nasi putih, dan kuah gulai dipatok dengan harga 20-25 ribu saja.

  • Tengkleng

Menu Tengkleng Pak Ponk

Untuk menikmati menu satu ini, Anda harus rela menunggu sekitar 30 menit bahkan 1 jam. Hal ini dikarenakan proses memasaknya cukup lama, dan banyaknya pelanggan yang pesan. Tengkleng berasal dari tulang sapi yang masih ada dagingnya mirip dengan iga, hanya saja ketebalan daging Tengkelng lebih tipis. Menu ini memiliki rasa yang sangat nikmat, apalagi dimakan dengan nasi putih hangat. Harga menu ini sedikit lebih mahal dibanding Sate Klathak, seporsi Tengkleng berkisar antara 25-28 ribu saja.

  • Tongseng

Salah satu menu di warung sate klathakini, bisa Anda temukan saat memasuki warung. Tongseng memiliki potongan daging yang lebih kecil, dibanding Sate Klathak. Menu ini didominasi rasa manis dan gurih. Menu Tongseng biasanya disajikan dengan kuah panas yang nikmat, dan sepiring nasi putih. Untuk harga satu porsi Tongseng lengkap dengan nasi putih, dipatok sebesar Rp 22.000 saja.

  • Otak-Otak

Menu Otak-Otak

Selain menu sate, warung legendaris ini juga menyediakan menu Otak-Otak. Menu ini bisa Anda pilih jika tak terlalu suka dengan sate. Rasa Otak-Otak di warung sate klathak pak pong sangat lezat, apalagi proses masaknya dibungkus dengan daun pisang lalu dibakar. Menu lezat ini dipatok dengan harga yang relatif murah.

  • Kicik dan Gulai

Kicik dan Gulai Pak Pong

Menu Kicik ini hampir sama dengan Tongseng, hanya saja kuahnya lebih sedikit sehingga lebih meresap ke dagingnya. Menu ini disajikan lengkap dengan nasi putih hangat, sedangkan untuk harganya sangat terjangkau. Selain Kicik, warung sate klathak ini juga punya menu Gulai yang lezat. Disini terdapat  macam Gulai yaitu daging kambing dan sapi, dengan rasa yang gurih. Biasanya kuah gulai juga dijadikan pelengkap Sate Klathak dan Lemur.

Alasan Mengapa Sate Klathak Pak Pong Sangat Ramai

Sate Klathak Pak Pong Sangat Ramai

Sate klathak pak pong memang selalu ramai pengunjung, apalagi saat musim liburan tiba. Tak wisatawan luar kota saja, penduduk asli Jogja pun sering mengunjungi warung sate ini. Lantas hal apa saja yang membuat warung  sate ini selalu ramai pengunjung?

  1. Memiliki Rasa dan Penyajian Sate yang Berbeda

Selain sudah berdiri sejak lama, rasa dan penyajian sate klathakdisinijuga berbeda dengan lainnya. Rasa sate maupun menu di warung ini sangat lezat, perpaduan rasa gurih dan manis menyatu disetiap potongan dagingnya. Selain itu semua daging disajikan secara empuk, sehingga bisa dinikmati oleh semua kalangan.

  1. Harga yang Sebanding dengan Kualitas Menu

Alasan kedua yang membuat warung ini ramai, adalah harga per menu yang sangat terjangkau. Bahkan banyak pengunjung yang pernah makan disini, selalu menganggap warung sate pak pong memiliki harga yang sangat murah meski porsinya menunya jumbo. Selain itu kualitas menu juga terjamin, karena posisi dapur yang berada di depan warung.

Kekurangan Sate Klathak Pak Pong

Meskipun selalu ramai pengunjung, ternyata sate klathak pak pong juga memiliki beberapa kekurangan. Banyak penikmat sate yang merasa pelayanannya sedikit lama, sehingga pengunjung harus menunggu jika ingin menikmati sate klathak. Selain itu jaraknya yang lumayan jauh dari pusat Kota Yogyakarta.

Kondisi Warung Sate Klathak Pak Pong

Kondisi Warung Sate Klathak Pak Pong

Karena selalu ramai pengunjung, sehingga warung sate klathak pak pong ini menyediakan tempat parkir yang cukup luas. Disana terdapat tempat makan lesehan dan berupa meja-kursi, selain itu juga disediakan mushola dan tempat bermain anak. Sehingga tak perlu khawatir jika Anda membawa buah hati saat makan disini.

Itulah alasan mengapa Anda wajib mengunjungi sate klathak pak pong, yang berada di Yogyakarta ini. Selain sudah legendaris, terjaminnya kualitas menu serta harganya yang sangat terjangkau. Warung ini dibuka setiap hari, mulai pukul 10 pagi hingga 12 malam, jadi Anda tak perlu takut kehabisan karena perjalanan yang jauh.

Leave a Comment

WhatsApp Chat