Kemegahan Patung Budha Tidur Mojokerto Yang Sayang Untuk Dilewatkan!

Patung Budha Tidur Mjokerto – Kali ini kami akan mereview tempat wisata religi umat Budha yang berlokasi di Kabupaten Mojokerto, yaitu di kawasan wisata Patung Budha Tidur. Tak hanya di Thailand yang terkenal akan patung Budhanya, di Indonesia pun ada dan cukup menarik. Selain berfungsi sebagai tempat beribadah kawasan ini juga banyak dikunjungi wisatawan untuk sekedarmenikmasi suasana di sekita patung Budha tidur.

Untuk penjelasan lebih rincinya, berikut review kami mengenai patung Budha tidur di Kabupaten Mojokerto.

Lokasi Wisata Patung Budha Tidur

Lokasi Wisata Patung Budha Tidur
Lokasi Wisata Patung Budha Tidur

Patung Budha Tidur Mojokerto memang menjadi destinasi wisata Andalan di kabupaten ini. Patung ini dibangun didalam kompleks Maha Vihara Mojopahit didesa Bejijong, Kecamatan Trowulan, Kabupaten Mojokerto, tempat wisata ini dapat anda jadikan destinasi yang menarik untuk berlibur.

Jika dari Surabaya, anda menuju jalur Mojokerto-Jombang. Sampai di daerah Trowulan Mojokerto, laju kendaraan silahkan diperlambat. Carilah kantor polisi atau kantor Kecamatan Trowulan disebelah kiri anda.

Setelah menemukannya, akan ada pertigaan lalu anda belok kanan. Lurus terus melewati perkampungan, ada pertigaan pertama belok kiri. Setelah itu anda akan sampai di kompleks Vihara temoat Patung Budha Tidur berada. Untuk lebih jelasnya, kalian bisa memakai aplikasi penujuk jalan seperti google maps.

Ciri-Ciri Patung Budha di Mojokerto

Ciri-Ciri Patung Budha di Mojokerto
Ciri-Ciri Patung Budha di Mojokerto
  • Merupakan patung yang menggambarkan Buddha Gautama.
  • Memiliki panjang 22 meter, lebar 6 meter dan tinggi 4,5 meter.
  • Dibuat menggunakan beton.
  • Dibuat pada tahun 1993 oleh YM Viryanadi Maha Tera, pengrajin patung asal Trowulan.
  • Seluruh bagian patung dicat warna kuning keemasan, sedangkan di bagian bawah patung terdapat relief-relief yang menggambarkan kehidupan Buddha Gautama, hukum karmaphala dan hukum tumimbal lahir.
  • Posisi tubuh patung berbaring miring menghadap ke arah selatan dan kepala bersandar di atas bantal yang disangga menggunakan lengan kanannya.
  • Di dekat patung, terdapat kolam air yang ditumbuhi tanaman teratai yang menggambarkan laut dimana abu Sang Budha Gautama larung.

Daya Tarik Wisata

Daya Tarik Wisata
Daya Tarik Wisata

Selain menikmati keindahan bangunan-bangunan yang ada di Vihara, di sekitar patung Budha ini dikelilingi kolam yang berisi ratusan ikan koi dan tumbuhan teratai yang dapat menarik perhatian Anda. Berbagai patung dan miniatur Candi Borobudhur juga terdapat di kawasan wisata ini.

Di dalam komplek vihara asih di gunakan untuk sembahyang oleh umat Buddha. Di dinding belakang bangunan utama juga terdapat relief-relief besar. Relief-relief ini menceritakan Sang Buddha Gautama sedang mengamalkan ajarannya.

Maha Vihara Majapahit memang difungsikan sebagai tempat ibadah umat Buddha, namun tidak ada larangan untuk pengunjung yang beragama lain memasuki vihara ini dengan syarat tidak boleh berisik. Hal ini dikarenakan para biksu dan biksuni di Maha Vihara Majapahit sangat menghargai ketenangan.

Kalau kalian dating pas menjelang hari raya Waisak, kalian akan melihat ritual pembersihan patung Budha tidur. Ritual ini diawali dengan doa bersama oleh sejumlah petugas.

Tiket Masuk Lokasi Patung Budha Tidur

Tiket Masuk Lokasi Patung Budha Tidur
Tiket Masuk Lokasi Patung Budha Tidur

Lokasi wisata aptung Budha tidur ini dulunya tidak memungut biaya apapun untuk dapat masuk dan menikmati keindahannya. Namun, untuk menunjang fasilitas kawasan wisata tersebut, kini pemerintah Mojokerto mengenakan tarif masuk sebesar 3.000 rupiah untuk dewasa, dan 2.000 rupiah untuk anak-anak.

Sedangkan untuk biaya parkir kendaraan, Anda hanya akan di kenakan biaya sebesar Rp 2.000 untuk roda dua dan Rp 5.000.

Patung Budha Tidur Lain Yang Ada di Indonesia

 

  1. Vihara Buddha Dharma 8 Pho Sat, Bogor

Vihara Buddha Dharma 8 Pho Sat, Bogor
Vihara Buddha Dharma 8 Pho Sat, Bogor

Bagi kalian yang tinggal di sekitar ibukota Jakarta, patung Buddha tidur yang terdekat berada di Bogor. Patung tersebut ada di dalam Vihara Buddha Dharma 8 Pho Sat di Desa Tonjong, Kecamatan Tajur Halang, Kabupaten Bogor.

Vihara tersebut dibangun tahun 2005, namun tanpa patung Buddha tidur. Pada tahun 2010, barulah patung Buddha tidur dibangun atas prakarsa seorang pengurus Vihara bernama Andy Suwanto Dhanujaya atau Ade yang mendapat wangsit untuk mendirikan patung.

Patung Buddha tidur tersebut dibangun sepanjang 18 meter dengan tinggi 3,75 meter. Sedangkan panjang dipan di bawah patung mencapai 22 meter. Pada patung ini, Buddha digambarkan sedang menggunakan pakaian berwarna emas dengan lambang Swastika di dadanya.

Traveler pun diperbolehkan untuk melihat atau memotret, asal berlaku sopan dan sebisa mungkin posisi memotret tidak membelakangi Buddha serta menutupi bagian kepala Buddha. Vihara buka setiap hari dari pukul 07.00 hingga 22.00 WIB. Biaya masuknya pun gratis.

  1. Vihara Buddhagaya Watugong, Semarang

Vihara Buddhagaya Watugong, Semarang
Vihara Buddhagaya Watugong, Semarang

Tempat patung Budha selanjutnya ada di Semarang, tepatnya berada di kawasan Vihara Buddhagaya Watugong. Selain memiliki pagoda, wisatawan juga bisa melihat patung Buddha tidur di vihara ini.

Patung Buddha tidur atau Buddha Parinibbana ini dibuat pada masa awal berdirinya vihara, yaitu sekitar tahun 1950-an. Posisi patung menggambarkan Sang Buddha Parinibbana dalam posisi tidur di bawah dua pohon sala. Di bagian depan patung ada tempat untuk berdoa.

Sehari-harinya Patung Buddha tidur ini pun ramai dihampiri pengunjung yang wisata religi ke Vihara Buddhagaya Watugong. Vihara Buddhagaya Watugong buka setiap hari pukul 07.00-21.00 WIB.

  1. Vihara Dhammadipa Arama, Batu

Vihara Dhammadipa Arama, Batu
Vihara Dhammadipa Arama, Batu

Selain Maha Vihara Mojopahit di Mojokerto, Jawa Timur masih punya satu lagi patung Buddha tidur yang berada di Batu, Malang. Berlokasi di dalam Vihara Dhammadipa Arama, kalian bisa melihat Patung Buddha tidur yang tak kalah megahnya dengan yang ada di Mojokerto.

Vihara Dhammadipa atau biasa disebut Padepokan Dhammadipa Arama biasa dijadikan sebagai tempat meditasi umat. Selain itu, vihara ini juga memiliki replika Pagoda Shwedagon yang ada di Myanmar. Jika masuk ke dalam, Anda bisa melihat ada banyak patung sang Buddha.

Jika berjalan terus ke arah belakang padepokan, kalian akan melihat megahnya patung Buddha tidur yang ada di sini. Sama seperti yang ada di Maha Vihara Mojopahit, patung Buddha tidur di Batu juga dicat emas.

Pokoknya benar-benar tampak istimewa dan megah. karena tidak semua vihara memiliki patung Buddha tidur, jadi pastikan Anda datang ke Vihara Dhammadipa saat berkunjung ke Batu.

  1. Vihara Dharma Giri, Bali

Vihara Dharma Giri, Bali
Vihara Dharma Giri, Bali

Walau didominasi oleh umat Hindu, namun Bali juga memiliki Vihara Dharma Giri yang merupakan satu-satunya di Jalan Raya Pupuhan, Tabanan. Awalnya vihara tersebut merupakan tempat ibadah, namun berubah jadi tempat wisata setelah hadir patung Buddha tidur.

Menariknya, patung Buddha tidur tersebut dapat kalian lihat di area pelataran vihara. Siapa pun diperkenankan masuk untuk melihat patung Buddha tidur secara cuma-cuma.

Namun berhubung ini adalah rumah ibadah, kalian diharuskan berpakaian tertutup, sopan dan tidak mengumbar aurat. Namun jika sudah terlanjur, disediakan kain di ruang masuk yang dapat dipakai untuk menutup diri.

Ternyata Indonesia memiliki banyak patung Buddha tidur yang tidak kalah keren dengan di Thailand. Jadi bagi Anda yang ingin melihatnya, cukup datang ke salah satu dari lima tempat di atas

Demikianlah ulasan kami tentang patung Budha tidur yang ada di Mojokerto dan tempat lainya di Indonesia. Selain menjadi tempat ibadah umat Budha kawasan ini juga merupakan obyek wisata popular di Mojokerto.

Semoga ulasan kami ini bisa bermanfaat dan menambah pengetahuan kalian semua.

Thanks……

Leave a Comment

WhatsApp chat Chat