Wisata Alam Pantai Pangi, Keindahan Surga Dunia Yang Tersembunyi

Pantai Pangi – Kota Blitar merupakan sebuah kota yang terletak di bagian selatan Provinsi Jawa Timur, Indonesia. Di wilayah ini banyak sekalil wisata pantai yang indah-indah seperti pantai Tambakrejo, Pasetran Gondo Mayit, Jolosutro, dll. Di 2018 ini ada satu pantai di Blitar yang sedang hits di kalangan traveler, yaitu pantai Pangi. Fasilitasnya memang belum seperti pantai terkenal lainya di Blitar, dan dengan harga tiket masuk yang terjangkau bukan berarti pantai ini tidak layak di kunjungi.

Pantai indah yang satu ini masih belum di jamah oleh banyak orang. Akses jalan menuju pantai ini sangat minim dan tergolong susah.

Akan tetapi usaha yang anda keluarkan untuk bisa ke pantai ini akan terbayar lunas. Setelah anda sampai dan melihat serta menikmati keindahan pantai Pangi ini. Untuk mengetahui ulasan selengkapnya simak yang berikut ini.

1. Rute Menuju Lokasi Pantai Pangi

Rute Menuju Lokasi Pantai Pangi
Rute Menuju Lokasi Pantai Pangi

Pantai Pangi adalah sebuah obyek wisata pantai yang terletak di ujung barat Kabupaten Blitar. Tepatnya di Dusun Krajan, Desa Tumpakkepuh, Kecamatan Bakung, Kabupaten Blitar, jarak tempuh sekitar 45km dari Kota Blitar atau bisa ditempuh sekitar 90 menit perjalanan dengan kendaraan bermotor.

Jika kalian dating pada saat musim hujan kendaraan harus berhenti sebelum pantai dan kita harus berjalan kurang lebih 300 meter ke pantai dengan melewati sungai yang segar, tetapi kalau mengendarai sepeda motor bisa langsung ke pantai melewati sungai dengan jalur offroad yang cukup menantang.

Untuk menuju pantai Pangi anda bisa mengarahkan kendaraan menuju kecamatan bakung. Jalan yang harus dilalui sebenarnya satu arah dengan jalur menuju pantai tambakrejo dan goa embultuk. Patokan tempat ketika Anda sudah tiba di desa tumpak kepuh adalah kantor kepala desa.

Kantor desa tumpak kepuh ini merupakan jalan perempatan. Di sini, Anda akan dihadapkan pada pilihan jalan menuju Pantai Pangi dan goa embultuk. Banyak warga sekitar berkata rute Pantai Pangi Blitar selatan adalah jalan yang lurus ke depan (bukan jalan ke goa embultuk).

Pantai pangi
Pantai pangi

Dulu ada jalan dari goa embultuk ke pantai pangi, namun jalan tersebut putus karena terkena banjir, jadi disarankan untuk melalui kantor desa tersebut. Ikuti terus jalanan yang cukup rusak tersebut hingga anda menemukan tempat parkiran kendaraan.

Setelah memarkir kendaraan, wisatawan harus berjalan kaki menuju pantai pangi dengan melewati area perkebunan penduduk sekitar dan menyebrangi sungai dengan kondisi air yang masih bersih, nanti kalau sudah menemukan sebuah bangunan atau makam mbah pangi, artinya sudah mau tiba di lokasi pantai.

2. Keindahan Pantai Pangi Yang Belum Di Ketahui

Keindahan Pantai Pangi Yang Belum Di Ketahui
Keindahan Pantai Pangi

Sebagai salah wisata pantai baru dengan jumlah pengunjung yang tidak terlalu banyak, pantai pangi memiliki kondisi alam yang masih bersih dan alami. Keindahan panorama pantai dengan bukit-bukit tebing dan hijaunya pepohonan disekitar membuat pantai pangi terlihat begitu asri.

Pantai Pangi menyimpan keindahan yang mempesona. Pantai ini berada di diantara cekungan tebing, dengan batu karang yang berdiri kokoh di sisi kiri dan kanan pantai.

Pantai Pangi ini memiliki karakteristik yang sama dengan pantai lainnya di jalur selatan Pulau Jawa yaitu terjangan ombaknya yang besar. Namun karena bentuknya yang sedikit cekung dan diapit karang di kanan kiri, pantai ini masih tergolong aman dan bisa digunakan bermain air dan berenang (Tetap harus hati-hati ya gan…!!).

Pesona pantai yang berpasir putih ini memang selalu memikat. Keindahan Pantai Pangi di Blitar ini dapat dinikmati dari berbagai sudut pandang, seperti pantai dengan pasir putih kebanyakan. Jika dilihat dari atas, keindahan gradasi warna air lautnya akan menggoda siapapun untuk berenang.

panorama pantai pangi
panorama pantai pangi

Mulai dari bibir pantai dengan warna kecoklatan dari pasir, hijau dari terumbu karang, biru muda, hingga biru tua turut mewarnai keelokan Pantai Pangi.

Selain pantai dan deretan pepohonan hijau, Pantai Pangi memiliki sebuah surge tersembunyi lain yang jarang ditemukan di objek wisata lain. Keistimewaan itu adalah adanya muara sungai yang membentuk telaga payau.

Jika anda berjalan ke arah karang di sebelah kiri pantai, anda akan menemukan telaga ini. Biasanya telaga ini digunakan untuk berendam dan membasuh diri oleh para pengunjung setelah bermain-main di pantai.

3. Fasilitas Pengunjung Di Lokasi Wisata

Fasilitas Pengunjung Di Lokasi Wisata
Fasilitas Pengunjung Di Lokasi Wisata

Fasilitas yang ada di pantai pangi masih sangat terbatas, maklum saja karena pantai pangi masih tergolong objek wisata baru yang ada di pesisir selatan Blitar.

  • Fasilitas Umum

Fasilitas seperti mushola, toilet serta beberapa warung yang menjajakan makanan dan minuman dapat anda temukan di sekitar pantai. Tapi tetap saya sarankan untuk makanan dan minuman, sebaiknya anda membawa bekal sendiri. Tetap jangan lupa untuk selalu menjaga kebersihan dan keindahan pantai.

  • Cocok Untuk Area Camping
Cocok Untuk Area Camping
Cocok Untuk Area Camping

Bagi kalian para pencinta kegiatan camping, Pantai Pangi sangat cocok untuk dijadikan pilihan camping ground anda. Di pantai ini terdapat area datar yang cukup luas untuk anda bersama rombongan mendirikan tenda, khususnya di sekitar kerimbunan pohon pinus.

Selain jaraknya yang aman dari bibir pantai, pohon pinus juga membantu memberikan nuansa teduh. Adanya telaga pun memudahkan anda mendapatkan air bersih untuk kebutuhan camping anda. Tentunya sangat seru sekali rasanya apabila dapat merasakan suasana asri dan sejuk di sekitar tenda dan ditemani secangkir kopi sambil berbincang bersama teman dan sahabat tercinta.

  • Penginapan

Dan untuk kalian yang tidak terlau suka berkemah, kalian bisa menginap dan kembali di kawasan kota Blitar. Sampai saat ini belum ada penginapan di dekat Pantai Pangi. Penginapan terdekat terletak di Kota Blitar yang berjarak sekitar 1 jam perjalanan.

Beberapa penginapan lain yang dapat dijadikan pilihan ketika anda hendak mengunjungi Pantai Pangi atau melepas lelah setelah seharian bermain air pantai diantaranya :

  • Hotel Tugu Blitar, Jl. Merdeka No.173, Blitar.
  • Grand Mansion Hotel Blitar, Jl. Melati No.90, Blitar.
  • Patria Garden Hotel Blitar, Jl. Batanghari No.1, Dimoro, Sukorejo, Blitar.
  • Patria Palace Hotel Blitar, Jl. Mastrip No.56, Kepanjenkidul, Blitar.
  • Patria Plaza Hotel Blitar, Jl. Kartini No.10, Kepanjen Lor, Kepanjen kidul, Blitar.

4. Tiket Masuk Wisata

Tiket Masuk Wisata
Tiket Masuk Wisata

Untuk  kalian yang ingin memasuki dan menikmati keindahan Pantai Pangi, kalian di haruskan membayar tiket masuk. Namun tidak usah khawatir karena tiketnya tidak terlalu mahal.

Berikut rincian harganya :

  • Harga tiket masuk pantai : Rp. 8.000 / orang.
  • Biaya parkir kendaraan roda 2 : Rp. 2.000 / kendaraan.
  • Biaya parkir kendaraan roda 4 : Rp. 5.000 / kendaraan.

Sebagai salah satu tempat wisata pantai baru dengan jumlah pengunjung yang tidak terlalu banyak, pantai pangi memiliki kondisi alam yang masih bersih dan alami. Keindahan panorama pantai dengan bukit-bukit tebing dan hijaunya pepohonan disekitar membuat pantai pangi terlihat begitu asri.

Untuk menjaga keasrian itu kita sebagai pengunjung harus sadar diri untuk menjaga kebersihan dan membawa kembali sampah-sampah kita.

Itulah ulasan dari kami tentang obyek wisata pantai Pangi yang masih asri. Semoga tulisan kami ini dapat bermanfaat untuk kalian semua.

Thanks….

Leave a Comment

WhatsApp chat Chat