Pantai Kutang : Pantai Nan Eksotis di Ujung Utara Kabupaten Lamongan

Pantai Kutang – Berbeda dari pantai selatan jawa, kebanyakan pantai di sisi utara Jawa memiliki ombak yang tergolong tenang sehingga terbilang cukup aman untuk berenang untuk pengunjung. Salah satu pantai di utara Jawa yang sedang hits saat ini adalah pantai Kutang. Jika di dengar dari namanya memang agak aneh ya gan, pantai yang terletak di Lamongan ini memiliki cerita unik di balik asal-usul namanya. Juga akan kami rute dan berbagai hal menarik tentang pantai Kutang.

Kabupaten Lamongan adalah salah satu kabupaten yang dimana berada di salah satu provinsi yang ada di Negara Indonesia yakni  Provinsi Jawa Timur. Kabupaten Lamongan juga berbatasan dengan laut Jawa di arah Utara, Jadi memang banyak wisata pantai di kabupaten ini. Jika kalian ingin tahu lebih banyak tentang pantai ini, simak aja ulasan kami di bawah.

1. Akses Lokasi Ke Panai Kutang

Akses Lokasi Ke Panai Kutang
Akses Lokasi Ke Panai Kutang

Pantai Kutang berada di kabupaten Lamongan, Jawa Timur. Kabupaten ini memang sudah terkenal dengan wisata baharinya, salah satunya ya pantai Kutang ini.

Jika ingin berkunjung ke pantai ini, tempat wisata ini tepatnya ada di dukuh kentong, desa labuhan, kecamatan brondong, kabupaten Lamongan. Dari pusat kota Lamongan, wisata ini bisa di tempuh sekitar 59 km atau kurang lebih 1 setengah jam perjalanan.

Apabila anda menuju lokasi pantai ini dari arah Surabaya atau Gresik yang menuju ke arah Tuban. Sekitar kurang lebih 20 kilometer dari Kantor Kecamatan Brondong, anda akan dipertemukan dengan perempatan Desa Sidomukti, Kecamatan Brondong.

Para wisatawan harus mengambil jalur ke kanan, kemudian akan memasuki sebuah perkampungan hingga akan menuju Desa Labuhan. Memang sedikit sulit jika kita akan menuju lokasi.

Anda yang ingin mencoba mengunjungi tempat wisata perawan ini, Anda bisa mengikuti jalur atau rute yang ada di google map maupun aplikasi peta yang Anda miliki.

Anda akan dipandu hingga Anda tiba di tujuan. Jalan yang dilalui terbilang cukup mudah dicapai, meskipun ketika berada di desa labuhan, akses jalan yang ada cukup sempit. Patokan untuk Anda agar bisa sampai di pantai ini adalah kecamatan brondong. Dari kecamatan brondong inilah akses mudah menuju kecamatan labuhan ke Pantai Kutang.

Dikarenakan jalannya tidaklah lebar dan karena area parkir yang minim tersebut, hanya bisa dibuat tidak lebih dari sepuluh mobil memang akan sedikit memusingkan. Tetapi semmuma itu akan terbayar tuntas dengan panorama keindahan dari Pantai kutang  itu tersendiri.

2. Daya Tarik Wisata

Daya Tarik Wisata
Daya Tarik Wisata

Kalian pasti penasaran kan ? kenapa tempat wisata yang indah ini dinamakan pantai Kutang (dalam bahasa jawa kutang artinya BH). Karena namanya yang aneh inilah pantai ini menjadi sorotan para traveler.

Dahulu, sebelum dikenal oleh banyak orang, Pantai Kutang yang ada di Lamongan, Jawa Timur ini, biasa digunakan oleh para kawula muda sebagai tempat berkumpul dan nongkrong ria.

Tak tahu apa sebabnya, setiap para pemuda-pemudi ini atau lebih tepatnya para pasangan ini beranjak pulang dari pantai, mereka selalu meninggalkan jejak dengan meninggalkan pakaian dalam ini di pantai.

Masyarakat sekitar Pantai Kutang brondong Lamongan seringkali melihat bra yang ditinggalkan tersangkut atau memang sengaja diletakkan di pohon mangrove di tepi pantai.

Oleh sebab itu, pantai ini diberi nama Pantai Kutang. Memang terkesan tidak biasa, namun karena pemberian nama itu menjadi pantai ini bisa menarik para wisatawan yang penasaran, seperti apa rupa keelokan pantai yang memiliki pasir putih ini.

Keindahan Pantai Kutang
Keindahan Pantai Kutang

Untuk bisa menikmati lembutnya pasir putih di pesisir pantai, pengunjung harus melewati sebuah jembatan dengan corak warna-warni. Di temani pemandangan laut lepas dan hutan mangrove akan meanjakan mata sepanjang perjalanan ini.

Jika datang pada sore hari dan beruntung langit sedang cerah, keindahan sunset di  waktu senja bisa menjadi panorama yang bagus untuk berfoto sebagai penghias di instagram anda.

Selain pasir putih dan lautnya, di wilayah wisata ini juga ada hutan mangrove dengan pemandangan tak kalah mengagumkan. Terdapat sungai kecil setinggi betis orang dewasa tidak menghalangi untuk dijelajahi. Jika ingin bersantai di hutan mangrove ini, anda bisa menikmati ayunan yang ada di salah satu pohon.

Menghabiskan waktu di Pantai Kutang tanpa jepretan sang kamera tentu terasa ada yang kurang. Dengan banyaknya spot foto disini, sayang jika tidak diabadikan dengan kerabat ataupun teman. Lokasi cantik ini juga sering menjadi latar belakang momen pra-wedding yang indah untuk para pasangan yang akan menikah.

3. Fasilitas di Patai Kutang

Fasilitas di Patai Kutang
Fasilitas di Patai Kutang

Fasilitas yang ada di lokasi wisata pantai Kutang ini belum sebaik lokasi wisata lain di Lamongan. Fasillitas inti seperti lahan parker sudah tersedia meskipun tidak begitu luas, karena tempat wisata ini belum terjamah banyak orang dan pengelolaannya masih belum maksimal.

Lahan parker ini pun masih menggunakan lahan swadaya dari masyarakat sekitar pantai. Selain itu toilet umum juga sudah tersedia, toilet ini biasanya untuk kebutuhan mandi dan berganti baju para wisatawan setelah berenang di pantai.

Di kawasan obyek wisata ini juga terdapat berbagai macam warung makan yang berjajar di pinggir pantai. Ragam pilihan santapan dengan harga murah membuat pengunjung tak perlu khawatir saat perut lapar. Memenuhi asupan tenaga sambil menikmati sunset di pinggir pantai.

Untuk penginapan di kawasan pantai asih belum ada, karena pantai ini masih tergolong baru dan belu di kelola secara maksimal oleh peerintah setempat.

4. Ticketing

Berpikir liburan di Lamongan, tujuan pertama anda mungkin adalah wisata bahari Lamongan. Tempat wisata yang sudah populer di seantero negeri ini seperti tanjung kodok, pantai ya’ang di kecamatan labuhan, pantai klayar, dan pantai delegan yang lebih dulu di kenal.

Tapi tak ada salahnya berkunjung ke tepat wisata yang masih baru ini. Tiket masuk Pantai Kutang Lamongan ini hanya Rp. 2.000. Biaya yang Anda bayarkan adalah sebagai jaminan parkir. Karena, pantai yang tergolong masih baru ini, bisa dikatakan masih alami, belum ada fasilitas memadai atau permanen yang disediakan untuk pengunjung. Tempat parkir yang ada disediakan swadaya oleh masyarakat.

Tiket Masuk Pantai Kutang
Tiket Masuk Pantai Kutang

Sedikit tips nih buat kalian yang ingin berlibur di pantai kutang ini. Jika kalian hobi berfoto, jangan lupa bawa kamera dengan baterai yang terisi penuh. Karena sesampainya disini dijamin anda nggak akan berhenti mengabadikan pemandangan. waktu yang terbaik untuk mengambil gambar di pantai ini adalah ketika saat sore hari menjelang petang.

Jangan lupa juga untuk membawa baju ganti, jika anda ada niat untuk basah-basahan di bibir pantai. Terakhir yang paling penting saat berkunjung ke sini teman-teman diharapkan tetap menjaga kebersihan. Jangan meninggalkan bungkus makanan dan sampah apapun di sekitar kawasan wisata.

Itulah sekilas daya tarik dari pantai yang mempunyai nama yang unik ini. Karena fasilitas yang masih terbatas menjadikan nilai inus untuk tempat wisata ini, semoga pihak pengelola dan pemerintah setempat bisa bermurah hati untuk melakukan pembangunan di pantai Kutang ini.

Thanks…..

Leave a Comment

WhatsApp chat Chat