Menilik Sisi Eksotis Trenggalek di Pantai Damas (Pantai dan Hutan Mangrove)

Pantai Damas – Pantai Damas ini salah satu destinasi wisata pantai yang ada di Kabupaten Trenggalek, Jawa Timur. Lokasi pantai ini berada cukup jauh dari pusat kota Trenggalek, meskipun letaknya cukup jauh tapi jalan menuju lokasi dan fasilitasnya cukup memadai.

Dengan keindahan alam dan suasana yang damai karena pantai ini masih jarang pengunjung. Pantai ini juga menjadi favorit tujuan wisata di Trenggalek bagi orang-orang yang mendambakan kedamaian. Untuk lebih jelasnya, berikut ini review tentang wisata alam pantai Damas.

1. Akses Lokasi Pantai Damas

Akses Lokasi Pantai Damas
Akses Lokasi Pantai Damas

Pantai Damas terletak di Desa Karanggandu, Kecamatan Watulimo, Kabupaten Trenggalek, berkisar 7 km menuju barat daya dari Pantai Prigi. 53 km arah selatan kota Trernggalek. Pantai Damas memiliki luas wilayah sebesar  ±5,5 hektar dan panjang pantai sekitar 2 km.

Akses jalan menuju lokasi pantai ini bisa dibilang cukup mudah dengan kondisi jalan yang sudah di aspal mulus. Ada juga angkutan umum untuk menuju ke pantai ini dengan menggunakan bus.

Bagi wisatawan asal kabupaten trenggalek pastinya sudah tidak bingung lagi untuk mendatangi lokasi Wisata Pantai Damas di Trenggalek. Akan tetapi untuk kalian yang dari luar kabupaten Trenggalek tidak perlu khawatir. Ada banyak alternatif bagi wisatawan luar kabupaten trenggalek agar anda semua tidak kesulitan mencari pantai ini.

Jika anda memakai kendaraan pribadi anda bisa meminta panduan arah ke  Wisata Pantai Damas di Trenggalek di google maps atau aplikasi penunjuk jalan yang terpasang di smartphone anda. Karena memakai kendaraan pribadi akan lebih menyenangkan dari pada memakai kendaraan umum, anda akan bisa menikmati pemandangan di kanan kiri anda dalam perjalanan.

Akan tetapi jika anda memakai kendaraan umum seperti bus anda bisa mengambil jurusan Trenggalek-Durenan-Bandung-Watulimo. Setelah itu melanjutkan dengan menggunakan ojek menuju lokasi  Wisata Pantai Damas di Trenggalek tersebut.

Baca juga : Wisata Pantai Kutang

2. Daya Tarik Wisata

Daya Tarik Wisata Pantai Damas
Daya Tarik Wisata

Indonesia benar-benar negara kepulauan yang memiliki banyak destinasi pantai yang melimpah. Uniknya masing-masing pantai yang ada selalu menawarkan keunikannya masing-masing.

Salah satu destinasi wisata pantai yang menarik untuk dikunjungi adalah Pantai Damas yang terletak di Kabupaten Trenggalek. Objek wisata Pantai Damas memiliki luas kurang lebih sekitar 2 km serta lebar sekitar 5 hektar.

Banyak spot-spot indah yang masih terjaga keasliannya di Pantai Damas ini. Bagi yang ingin menikmati liburan berbeda, maka destinasi wisata Pandai Damas bisa menjadi alternatif pilihan liburan keluarga.

Selain memang menawarkan keindahan pantainya, kita juga akan menemukan suasana khas pedesaan yang asri di kawasan ini. Kondisi pantai tergolong masih menjadi pantai yang alami. Pemandangan yang terpancar menampakkan keindahan bagian selatan kawasan kota Trenggalek.

Keindahan Pantai Damas
Keindahan Pantai Damas

Pantai ini cocok untuk berenang, surfing, berjemur atau olahraga seperti sepakbola dan voli pantai. Pengunjung juga dapat memancing dan melihat kegiatan nelayan setempat yang menjaring ikan dengan cara tradisional.

Selain kegiatan diatas, pantai Damas ini biasa di jadikan tempat camping karena tepatnya yang cukup luas dan teduh.

Wisata Pantai Damas di Trenggalek merupakan tempat wisata yang harus anda kunjungi karena pesona keindahannya tidak ada duanya. Penduduk lokal daerah watulimo juga sangat ramah tamah terhadap wisatawan lokal maupun wisatawan asing.

3. Fasilitas Di Pantai Damas

Fasilitas Di Pantai Damas
Fasilitas Di Pantai Damas

Fasilitas yang asda di kawasan pantai Damas ini masih seadanya, tapi fasilitas umum sudah tersedia cukup baik. Fasilitas dan pelayanan di antaranya sebagai berikut :

  • Area Parkir kendaraan.
  • Kamar mandi / MCK.
  • Warung-Warung di sekitar pantai.

4. Tips Berwisata Ke Pantai Damas

Buat kalian yang ingin berlibur di pantai seperti pantai Damas ini. Ane kasih tips-tipsnya gan.

  • Bawa Topi dan sunblock
Bawa Topi dan sunblock
Bawa Topi dan sunblock

Jangan lupa untuk membawa topi untuk melindungi wajahmu dari sinar matahari yang terik. Oleskan juga sunblock untuk menghindari kulit belang-belang.

  • Pakai baju yang pas

Karena Anda akan liburan ke pantai, pastikan untuk membawa pakaian yang tepat. Jangan asal comot saja dari lemari. Pilihlah bahan yang nyaman untuk dipakai ke pantai, khususnya yang bisa menyerap keringat dengan mudah.

Dan hindari pakaian yang berbahan tebal dan susah menyerap keringat karena itu akan membuat Anda merasa tidak nyaman. Pakaian berbahan katun sangat cocok untuk digunakan saat pergi ke pantai karena sangat ringan dan mudah menyerap keringat.

  • Siapkan kacamata atau Sunglasses
Siapkan kacamata atau Sunglasses
Siapkan kacamata atau Sunglasses

Saat pergi ke pantai, Anda wajib memakai kacamata antiradiasi. Pastikan bahwa kacamata yang Anda pakai benar-benar memiliki lensa antiradiasi yang berkualitas baik.

Ini karena paparan sinar matahari dapat menyebabkan kerusakan pada mata. Seperti misalnya, memicu katarak, hipersensitivitas terhadap sinar, dan masih banyak lagi.

  • Bawa baju ganti dan perlengkapan mandi

Main ke pantai akan membuat pakaian Anda basah karena terciprat air. Maka, sebaiknya bawalah pakaian ekstra untuk ganti setelah membersihkan diri.

Tapi jangan hanya satu pasang saja, usahakan bawa lebih dari satu. Lakukan itu untuk berjaga-jaga jika nantinya pakaian Anda yang bersih ternyata akhirnya basah lagi.

  • Bekal makanan ringan

Di pantai, memang sering ditemui beberapa pedagang yang menjual aneka makanan. Tetapi, tak ada salahnya bagi Anda untuk membawa bekal makanan sendiri. Bawalah makanan yang praktis, seperti pisang atau roti isi.

Jika Anda mempunyai cooler box, manfaatkanlah untuk membawa aneka buah dalam kondisi dingin, ataupun minuman dingin. Sehingga Anda dapat membuat kegiatan piknik sendiri di pantai.

  • Bawa P3K
Bawa P3K
Bawa P3K

Dimanapun kamu berlibur usahakan tetap membawa perlengkapan P3K. Untuk berjaga-jaga saja jika ada bagian tubuh yang luka atau tergores.

Untuk kalian yang punya riwayat sakit sebaiknya juga membawa obat-obatan yang diperlukan.

  • Bawa case waterproof untuk gadget anda

Waterproof case bisa sangat berguna saat kamu ingin engambil gambar di bawah air ketika anda berenang. Dengan adanya case ini anda tidak perlu khawatir dengan gadget anda karena kebasahan.

Baca juga : Wisata Air Terjun Nglirip

  • Tas anti air

Tas ini biasanya menggunakan bahan parasut untuk melindungi barang Anda dari air.

Dengan tas ini, Anda bisa memasukan baju renang, baju ganti, hingga sandal dengan aman dan terlindungi. Sehingga air dan pasir tidak akan mengenai barang-barang Anda.

  • Gak perlu pakai sepatu, cukup sandal saja
Gak perlu pakai sepatu, cukup sandal saja
Gak perlu pakai sepatu, cukup sandal saja

Sandal jepit menjadi alas kaki terbaik yang bisa Anda gunakan saat pergi ke pantai. Selain itu tidak akan mudah rusak karena air, rasanya tentu akan lebih nyaman saat dipakai. Untuk itu, pilih sandal jepit yang punya bahan empuk di kaki dan tidak mudah putus.

Karena tidak semua merek sandal jepit bisa kuat saat dipakai di pantai. Beberapa di antaranya, talinya mudah putus saat terkena air atau tertarik saat berjalan.

Demikianlah ulasan kami mengenai wisata alam Pantai Damas yang ada di Trenggalek, Jawa Timur. Jagan lupa untuk membawa kembali sampah dari makanan anda ya, untuk menjaga pantai ini tetap bersih dan rapi.

Semoga ulasan kami ini bisa bermanfaat dan berguna untuk kalian semua yang suka berlibur di pantai.

Thanks……

Leave a Comment

WhatsApp chat Chat