Ke Sini Deh, Supaya Tahu Pesona Pantai Coro Tulungagung yang Luar Biasa

Pantai Coro – Di tahun 2018 ini Pantai Coro dengan pesona alamnya indah merupakan salah satu dari deretan pantai sedang hits yang ada di Kabupaten Tulungagung. Jika anda masuk ke Tulungagung, pastikan anda sempat mengunjungi pantai ini akses jalan menuju lokasi terbilang cukup mumpuni.

Berlibur ke pantai selalu menjadi agenda yang menyenangkan untuk melepaskan penat dari keseharian di tempat kerja. Kali ini kami merekomendasikan sebuah pantai yang berada di wilayah Kabupaten Tulungagung, Jawa Timur yaitu pantai Coro.

Untuk ulasan lebih lengkapnya silahkan disimak yang ada di bawah ini.

1. Akses Ke Pantai Coro

Akses Ke Pantai Coro
Akses Ke Pantai Coro

Pantai Coro berlokasi di Kecamatan Besuki, Kabupaten Tulungagung, Jawa Timur. Untuk anda yang berasal dari luar Kabupaten Tulungagung anda bisa melakukan perjalanan Dari alun-alun kota Tulungagung, anda bisa menuju ke arah selatan yang akan menempuh perjalanan sejauh kurang lebih sekitar 35 km.

Di daerah tersebut memang saat ini agak sepi dari kendaraan umum yang mengangkut banyak penumpang serta barang yang melintas di sini .

Untuk dapat tiba di Pantai Coro maka para wisatawan dapat pergi menuju ke Pantai Popoh dahulu, setelah itu anda harus menuju ke arah Reco Sewu , dan ketika anda tiba di Reco Sewu maka anda bisa memarkirkan kendaraan anda di sana .

Keindahan Pantai Coro
Keindahan Pantai Coro

Untuk menuju pantai ini sendiri bisa dikatakan jalan yang di lalui relatif mudah, dikatakan begitu karena medan yang harus dilalui memang tidaklah begitu ekstrim.

Meskipun begitu anda tetap harus hati-hati karena anda akan melewati area perbukitan dan kebun kebun warga setempat dengan jalanan yang menanjak.

Setelah memarkir kendaraan, kemudian anda harus melanjutkan kembali perjalanan ke Pantai Coro yang bisa anda tempuh dengan dua cara yaitu yang pertama dengan menggunakan motor trail dan yang kedua adalah dengan berjalan kaki, jika berjalan kaki maka anda akan memakan waktu perjalanan sekitar 30 sampai 40 menit dengan jarak tempuh yang cukup jauh kurang lebih sekitar 3 km .

Yang menjadikan perjalanan yang anda lalui akan terasa sangat lama adalah akses lokasi dari Reco Sewu menuju lokasi Pantai Coro adalah karena keadaan jalannya yang naik turun serta berliku-liku, dan ditambah lagi jika sedang musim penghujan jalanan yang masih berupa tanah jika tergenang oleh air akan becek dan juga licin.

Namun semua perjuangan itu pastinya akan terbayar dengan lunas saat anda sampai dan melihat keindahan dari Pantai Coro ini.

Baca juga : Wisata Pantai Pangi

2. Daya Tarik Wisata

Daya Tarik Wisata Pantai Coro
Daya Tarik Wisata Pantai Coro

Pantai cantik yang satu ini kerap di kunjungi para wisatawan yang senang berpetualang, dikarenakan jalan yang dilalui untuk menuju pantai ini cukup menantang.

Pantai ini masih asri dan sepi, sehingga bisa membantu membuat suasana hati anda menjadi tenang, hembusan angin yang sepoi-sepoi serta deburan ombak yang lumayan besar akan menemani pengunjung bersantai di pantai Coro.

Menemukan Pantai berpasir putih di Pulau Jawa mungkin agak sulit karena sebagian besar Pantainya berpasir coklat. Namun, inilah yang menarik dari Pantai Coro, pasirnya yang berwarna putih dan bersih menjadikannya mulai ramai dikunjungi pengunjung. Karena pasirnya bersih, Pantai ini aman dijadikan lokasi wisata bersama si kecil yang hobi bermain pasir.

Pantai ini menyajikan pemandangan laut yang indah dengan warna laut yang biru kehijauan yang siap menyegarkan mata. Karena pemandangannya yang indah, lokasi ini cocok dijadikan tempat untuk berfoto ria.

Berenang di Pantai Coro Menyenangkan
Berenang di Pantai Coro Menyenangkan

Pantai Coro adalah Pantai yang dipenuhi karang sehingga menambah keindahan yang disajikan kepada turis yang datang. Dengan adanya karang memberi dampak positif dan negatif bagi Pantai itu sendiri.

Dampak buruknya yaitu Pantai ini tidak dapat digunakan untuk berenang karena ombaknya yang besar sehingga sangat dilarang untuk bermain air karena berbahaya.

Namun, dampak positif adanya karang yaitu adanya karang menambah keindahan yang dimiliki Pantai Coro dan menambah daya tarik turis. Karang ini membuat pemandangan bawah laut tersaji sangat indah dan jelas dengan aneka biotanya. Pantai Coro ini sangat cocok dikunjungi Anda penyuka kesepian dengan pemandangan alam khususnya laut yang menawan.

3. Fasilitas Pengunjung

Fasilitas Pengunjung di Pantai Coro
Fasilitas Pengunjung di Pantai Coro

Dikarenakan masih terbilang baru ditemukan maka fasilitas yang tersedia di pantai Coro masih belum memadai, hanya ada kamar mandi dan WC yang terbuat dari terpal. Untuk buang air kecil dikenakan biaya Rp 2.000.

Kalau soal makanan anda tidak perlu khawatir jika nanti pada saat ke pantai ini akan kelaparan dan kehausan, di sepanjang jalan menuju pantai ini sudah banyak sekali pedagang yang menjajakan dagangan mereka di tenda-tenda kecil di sekitar pantai.

Para pedagan ini hanya akan berjualan sampai sore hari saja. Jadi untuk anda yang ingin berkemah disini, anda disarankan membawa persediaan sendiri untuk makan malam anda. Tapi jangan lupa untuk membersihkan sampah-sampah yang kalian bawa ya.

Bagi anda yang sudah memiliki rencana untuk menginap maka anda pun harus siap dengan perlengkapan camping dan juga tentunya beberapa peralatan penunjang lainnya, karena di tempat ini belum ada penginapan yang bagus, dan jika ada itu pun masih jauh.

Namun jangan khawatir karena pengalaman menginap anda disini tentunya sangat menyenangkan, pantai coro pada saat sore hari begitu eksotis, jadi sangat sepadan dengan waktu yang anda luangkan disini.

Baca juga : Wisata Pantai Damas

4. Ticket Masuk Lokasi Wisata

Ticket Masuk Lokasi Wisata
Ticket Masuk Lokasi Wisata

Asal-usul nama Coro dikatakan warga sekitar karena ketidak sengajaan saja, namun malah menjadi nama resmi Pantai tersebut. Pantai ini dikatakan cocok bagi anda penyuka olahraga ekstrem seperti mendaki dan berjalan kaki dengan jarak yang jauh.

Hal ini karena Pantai Coro terletak tersembunyi jadi mengharuskan semua pengunjung berjalanan kaki untuk sampai dan menginjakkan kaki. Pantai Coro sendiri sebenarnya tidak diberlakukan tiket masuk, namun karena kini mulai diminati dan dicari turis maka tariff masuk pun dikenakan.

Harga tiket masuknya yaitu Rp 5000,-/orang biaya parkir kendaraan yang dibawa misalnya mobil atau motor dikenakan biaya yang berbeda. Untuk kendaraan roda dua tiket parkirnya yaitu Rp 5000 dan untuk kendaraan roda empat yaitu Rp 10000.

Pantai ini kerap digunakan oleh kelompok pecinta alam untuk berkemah karena untuk sampai ke Pantai Coro tidaklah mudah. Anda harus memarkir kendaraan di sekitar rumah penduduk, lalu berjalan kaki sekitar maksimal 40 menit. Medan yang dilalui saat berjalan kaki pun akan memburuk bila cuaca hujan tiba karena tanah menjadi becek dan tergenang air.

Sekali lagi ya teman-teman kami ingatkan, tidak disarankan untuk kalian berenang di pantai Coro dan pantai-pantai lainnya di Tulungagung karena ombaknya yang besar dan ganas. Resikonya sangat tinggi karena sewaktu-waktu bisa menyeret kalian ke laut.

Itulah tadi beberapa informasi yang bisa kami sampaikan mengenai wisata pantai Coro yang ada di Tulungagung. Semoga info dari kami ini bisa membantu dan bermanfaat untuk anda sekalian.

Thanks………….

1 thought on “Ke Sini Deh, Supaya Tahu Pesona Pantai Coro Tulungagung yang Luar Biasa

Leave a Comment

WhatsApp chat Chat