Ayo Cicipi Rasa Khas Nasi Jamblang Mang Dul Kota Cirebon

Nasi Jamblang Mang Dul – Nasi jamblang, makanan khas dari Kota Cirebon ini telah melegenda dan menjadi kekayaan kuliner nusantara. Keistimewaan nasi jamblang terletak pada penyajian nasi putihnya yang dibungkus dengan menggunakan daun jati. Konon, bungkus nasi putih ini bertujuan untuk mencegah nasi supaya tidak cepat basi.

Bagi para penikmat masakan nusantara, nasi jamblang mempunyai ciri khas nasi yang wangi. Aroma nasi yang wangi ini berasal dari daun pohon jati yang digunakan untuk membungkus nasi putih. Salah satu warung makan yang menyajikan nasi jamblang sebagai menu andalannya adalah nasi jamblang Mang Dul.

Rumah makan yang sudah berusia hampir 40 tahun ini telah menjadi ikon masakan khas Cirebon yang tidak boleh ketinggalan saat Anda berada di kota dengan julukan kota udang.

Jalur Menuju Warung Makan Nasi Jamblang Mang Dul

Lokasi Nasi Jamblang Mang Dul

Warung makan yang menjajakan makanan khas dari Cirebon ini beralamat di jalan Dr Cipto Mangunkusumo nomor 8, Pekiringan, Kesambi, Kota Cirebon. Jika masih terasa sulit, Anda bisa memperhatikan lokasi rumah makan ini berada di dekat lampu merah arah menuju ke jalan Tuparev dan jalan Kartini persis di dekat mall Grage yang merupakan awal tempat didirikannya warung makan ini.

Lokasi warung makan ini dapat dibilang strategis karena berada dekat jalan utama Kota Cirebon. Anda akan lebih mudah menemukan warung makan nasi jamblang Mang Dul ini.

  1. Jalur dari Kota Semarang

Apabila Anda memulai perjalanan dari Kota Semarang, jalur tol yang digunakan adalah tol Semarang menuju ke Batang dan melewati tol Pemalang. Setelah melewati tol Pemalang Anda dapat melanjutkan perjalanan menuju ke Kota Cirebon via jalur Jalan Margasari sampai ke Jalan Jatibarang melewati jalur Cililimus. Cililimus ini yang akan menghubungkan perjalanan Anda menuju ke Kota Cirebon dan sampai ke lokasi warung makan.

Untuk bisa sampai ke tempat tujuan membutuhkan waktu kurang lebih 3 jam dengan menggunakan mobil pribadi. Jarak tempuh perjalanan mencapai 231 kilo meter dari titik dimulainya perjalanan di Kota Semarang.

  1. Jalur dari Kota Bandung

Perjalanan dari Kota Bandung menuju warung makan nasi jamblang Mang Duldi Kota Cirebon dapat dilakukan via tol Purbaleunyi di Cengkuang Barat. Setelah itu Anda bisa mengambil jalur tol Cikopo mengarah ke Palimanan sampai di Jalan raya Cirebon, lalu ambil jalan Tuparev sampai jalan Dr Cipto Mangunkusumo.

Waktu yang dibutuhkan untuk menempuh perjalanan dari Kota Bandung ke Kota Cirebon yaitu 3 jam 11 menit dengan menggunakan mobil pribadi. Jarak tempuh sejauh 218 kilo meter dari titik pemberangkatan di Kota Bandung.

  1. Jalur dari Kota Jakarta

Jika Anda akan menuju ke Kota Cirebon dari Jakarta Pusat, perjalanan dimulai dengan mengambil jalur tol Cawang Grogol di Kota Jakarta Selatan. Lantas lewati jalan raya Pantura, jalan Cikampek, dan tol Cikopo sampai Palimanan. Dari jalan Palimanan menuju jalan Otto Iskandardinata atau jalan raya Cirebon menuju ke Kota Bandung. Setelah melewati Kota Bandung, Anda bisa mengambil jalan Tuparev menuju ke jalan Dr Cipto Mangunkusumo.

Waktu tempuh yang dihabiskan mencapai 4 jam dengan menggunakan mobil pribadi jika tidak mengalami kemacetan lalu lintas. Jarak tempuh sejauh 216 kilo meter dari titik awal pemberangkatan dari Kota Jakarta Pusat.

 

7 Lauk Nasi Jamblang di Warung Makan Nasi Jamblang Mang Dul

Nasi jamblang di warung makan Mang Dul mempunyai beraneka jenis lauk yang menggugah selera. Anda bisa memilih sesuai selera, apa saja lauk yang akan menemani nasi putih khas nasi jamblang ini.

Menu Warung Makan Nasi Jamblang Mang Dul

Total ada lebih dari 20 macam lauk yang dapat Anda pilih untuk menyantap nasi jamblang yang terdiri atas sayur tahu, Sebelum Anda kelaparan, mari simak 7 dari banyaknya menu lauk yang tersedia di warung makan nasi jamblang Mang Dulberikut ini.

  1. Pepes

Pepes menjadi sajian yang pas jika dipadukan dengan nasi jamblang ini. Rasa gurihnya pepes akan menyatu dengan nasi jamblang khas buatan warung makan ikonik yang memiliki aroma khas dari daun jati akan memberikan rasa yang nikmat di lidah Anda. Bumbu rempah-rempah dari pepes yang disajikan akan menjadi sajian yang tepat jika dimakan bersamaan dengan nasi jamblang.

  1. Otak Goreng

Warung makan nasi jamblang Mang Duljuga menyediakan lauk berupa otak goreng yang akan menambah suasana kelezatan Anda saat menikmati menu khas kota udang ini. Otak goreng akan memunculkan rasa yang renyah dan gurih sehingga memperkaya rasa dari nasi jamblang di warung makan Mang Dul ini. Bumbu dari otak goreng ini cukup sederhana, namun berhasil menghadirkan banyak rasa di masakan khas Cirebon tersebut.

Banyak Pilihan Menu

  1. Tumis Balakutak

Tumis balakutak adalah sebuah masakan dengan bahan dasar cumi sotong yang ditumis dengan menggunakan bumbu khas tanah Sunda. Rasa khas dari masakan ini akan memberikan sensasi makanan laut disandingkan dengan nasi yang memiliki kekuatan aromanya sehingga akan menjadi suatu perpaduan makanan yang sempurna. Anda bisa mencoba mencicipi lezatnya tumis balakutak beradu dengan nasi jamblang Mang Dul di warung makan yang terletak di jalan Dr Cipto Mangunkusumo nomor 8 ini.

  1. Sate Tahu

Kekenyalan sate tahu akan menambah semangat makan Anda dalam menyantap masakan nasi jamblang. Cobalah rasa yang unik dari sate tahu ini yang akan menambah selera makan Anda karena rasanya yang akan membuat Anda ketagihan tentunya.

  1. Tumis Kerang

Lauk ini menjadi salah satu andalan di warung makan nasi jamblang Mang Dul. Rasa kerang yang ditumis menimbulkan rasa khas yang keluar dari kerang ditambah lagi dengan nasi jamblang dengan berbagai varian sayur lainnya yang dapat meningkatkan kinerja lidah Anda untuk terus melahap masakan nasi jamblang yang satu ini.

  1. Paru

Menu Lengkap Nasi Jamblang

Nasi jamblang Mang Duljuga tidak kalah lezatnya jika ditambah dengan lauk pilihan berupa paru. Rasa paru yang bertekstur daging ditambah nasi jamblang yang khas akan mematahkan semangat Anda untuk tidak menyantapnya. Cobalah memilih lauk paru ini untuk merasakan rasa yang unik dari nasi jamblang di warung makan Mang Dul.

  1. Ayam Goreng

Lauk ini sudah menjadi lauk yang umum ada di warung-warung makan. Namun, Anda akan mengetahui perbedaannya saat memakan ayam goreng dengan menggunakan nasi jamblang Mang Dul yang rasanya tidak perlu diragukan lagi. Bayangkan crispinya ayam goreng bertemu dengan nasi dengan penuh sayur-sayuran khas nasi jamblang, tentu akan membuat semua orang tidak dapat menahan lapar lebih lama. Jika Anda penasaran, saat berkunjung segera ambil lauk ayam goreng sebelum kehabisan.

 

Makan nasi jamblang akan terasa kurang jika tidak menjajal dari warung makan yang telah menjadi sesepuh menu khas Kota Cirebon ini. Jangan lupa jika Anda berlibur di Kota Cirebon, cobalah mencicipi kelezatan nasi jamblang Mang Dul yang mempunyai rasa melegenda.

Leave a Comment

WhatsApp Chat