Makanan Khas Wonogiri yang Terkenal Enak dan Gak Boleh Dilewatin

Makanan Khas Wonogiri – Setelah sebelumnya kami banyak membahas makanan khas dari Jawa Timur, kali ini kita akan melipir sedikit ke Jawa Tengah tepatnya di Kabupaten Wonogiri. Banyak sekali makanan dan jajanan pasar yang bisa dijadikan oleh-oleh seperti cabuk atau besengek khas Wonogiri.

Kalau kamu berkunjung ke Wonogiri jangan sampai lupa untuk mencicipi makanan khasnya ya. Untuk list lengkapnya dari  makanan khas Wonogiri, langsung aja simak ulasan di bawah berikut.

1. Cabuk Wijen

Cabuk Wijen
Cabuk Wijen

Cabuk merupakan Makanan Khas Wonogiri Yang Ngangenin jika sudah pernah mencoba kuliner ini. Makanan ini terbuat dari ampas  minyak wijen, warnanya hitam dan bentuknya yang unik serta rasanya sangat khas menjadikan makanan ini menjadi makanan yang selalu dibeli banyak pelancong yang berkunjung ke Wonogiri.

Cara membuatnya cukup mudah  ampas minyak wijen kemudian dicampur dengan merang padi kemudian di aduk sehingga akan menghasilkan pasta hitam. Yang paling sering pepesan cabuk dikombinasikan dengan beberapa bahan-bahan lainnya diantaranya adalah, bawang putih, sambal dan juga beberapa bumbu lainnya.

2. Makanan Besengek

Makanan Besengek
Makanan Besengek

Besengek menjadi makanan tradisional Wonogiri sejak dahulu kala, besengek sendiri adalah makanan yang berbahan utama tempe kara. Kalau kalian penasaran dengan cita rasa yang khas dari besengek, kalian bisa langsung datang ke pasar tradisional yang berada di Kecamatan Mayaran.

Dalam hidangannya kamu akan menemui tempe kara ini di bungkus dengan daun jati dan sangat cocok dengan lalapan cabe rawit. Tidak jarang juga besengek dijadikan lauk dan sayur dari nasi tiwul

3. Wader Goreng

Wader Goreng
Wader Goreng

Makanan khas Wonogiri yang selanjutnya adalah Wader Goreng. Ikan wader goreng memang bisa dengan mudah kalian temui di berbagai daerah lain, namun karena banyak masyarakat Wonogiri yang menyukainya dan banyak dijual di Wonogiri maka Wader Goreng dijadikan sebagai makanan khas Kota Wonogiri.

Ikan wader merupakan salah satu jenis ikan air tawar yang hanya bisa hidup di perairan yang jernih. Kamu akan dengan mudah menemukan makanan khas Wonogiri ini yakni Wader Goreng jika kamu sedang berwisata ke objek wisata Waduk Gajah Mungkur.

Di sana merupakan sentra penjualan wader goreng ini sobat. Soal rasa, tak perlu di ragukan lagi. Cemilan khas ini sudah pasti memiliki cita rasa yang enak dan tiada duanya.

Wader Goreng ini sangat enak untuk dijadikan camilan di mana pun kita berada. Tak hanya di jadikan camilan wader goreng juga nikmat di santap dengan nasi hangat dan sambal sebagai pelengkap.

4. Jangan Lombok Ijo

Jangan Lombok Ijo
Jangan Lombok Ijo

Kali ini khusus buat kalian para penggila makanan pedas. “Jangan” dalam bahasa Indonesia artinya adalah sayur, “Lombok” artinya cabe jadi kalau dalam bahasa Indonesia nama makanan ini adalah sasyur cabe hijau.

Hampir setiap orang yang ada di kota Wonogiri mengenal kuliner ini. Makanan ini terbuat dari kuah santan yang kemudian  dicampur dengan potongan cabe hijau, selanjutnya campuran dari kuah dan cabe tersebut ditambah dengan tempe dan tahu sebagai pelengkap.

Jangan Lombok Ijo ini juga merupakan makanan sehari-hari masyarakat Wonogiri, jenis sayur ini biasanya disantap pada siang hari dan juga pada malam hari.

Bahkan di beberapa daerah yang ada di Wonogiri, selalu menggunakan jangan lombok ijo ini sebagai makanan favorit yang akan selalu di nomer satu dan selalu ada di setiap hajatan baik khitanan maupun pesta perkawinan.

5. Pindang Kambing

Pindang Kambing
Pindang Kambing

Jika kalian mendengar kata pindang pasti yang terlintas di benak kalian adalah masakan berkuah yang memakai bahan dasar ikan. Namun, jika anda berkunjung ke Wonogiri, anda akan menemukan masakan pindang kambing.

Makanan ini dibuat dari adonan tepung gaplek, kikil kambing dan jeroan. Setelah itu adonan tersebut dibungkus dengan daun jati. Pemilihan daun jati sebagai pembungkus pindang kambing dipercaya dapat mempertahankan cita rasa dibandingkan menggunakan daun pisang.

Rasa yang akan kalian dapatkan dari kuliner khas Wonogiri ini adalah manis dan gurih. Bumbu yang digunakan sama seperti masakan-masakan Jawa pada umumnya seperti ketumbar, lengkuas, garam, bawang putih, gula jawa, jeruk dan sereh.

6. Ayam Panggang Khas Wonogiri

Ayam Panggang Khas Wonogiri
Ayam Panggang Khas Wonogiri

Kalian pasti sudah tak asing lagi dengan kuliner ayam panggang. Pasalnya makanan ini biasa kita jumpai di setiap daerah di inidonesia.

Tak akan pernah sempurna ke Wonogiri tanpa mencicipi rasanya Ayam Panggang Khas Wonogiri ini. Ayam panggang di Wonogiri sangat berbeda dengan ayam panggang yang ada di daerah-daerah lainnya.

Ayam panggang di Wonogiri dibakar diatas tungku tanah yang memakai bahan bakar kayu bakar asli. Cara membakar yang alami ini lah yang membuat Ayam panggang ini rasanya sangat nikmat sekali.

7. Tahu Wonogiri

Tahu Wonogiri
Tahu Wonogiri

Tahu khas Wonogiri ini berbeda dengan kebanyakan tahu yang ada di kota kalian ya gan. Tahu Wonogiri memiliki tekstur yang lebih keras, kenyal dan lebih awet.

Tahu ini identik dengan ukurannya yang dipotong kotak kecil-kecil. Sangat enak apabila diolah menjadi bacem, gorengan, sayur atau cukup di goreng garing dengan cocolan saus sambal yang pastinya akan menambah lezat makanan ini.

8. Pecel Mie Pentil

Pecel Mie Pentil
Pecel Mie Pentil

Makanan khas Kota Wonogiri yang selanjutnya adalah Pecel Mie Pentil. Makanan khas ini merupakan sajian pecel yang dalam penyajiannya ditambah dengan Mie Pentil sebagai pelengkapnya.

Mie pentil merupakan mie yang terbuat dari tepung ketela pohon atau sering kita menyebutnya tepung tapioka. Mie yang satu ini memiliki tekstur yang lebih kenyal dan ukurannya pun lebih besar dari mie lainnya.

Pecel Mie Pentil ini juga dilengkapi berbagai sayuran segar diantaranya, kecambah lamtaro, daun pepaya, bayam, wortel, dan kacang panjang yang disajikan secara rapi yang kemudian disiram dengan sambel pecel yang khas.

9. Lentho

Lentho
Lentho

Lentho merupakan salah satu makanan khas Kota Wonogiri yang terbuat dari bahan dasar singkong dan kacang tholo. Makanan ini merupakan makanan yang sangat sederhana dan merakyat.

Tak hanya di Kota Wonogiri lentho juga biasa di temu di daerah lain di Jawa Tengah atau Jawa Timur. Makanan khas yang satu ini biasanya banyak dijajakan pada pagi hari.

10. Geti

Geti
Geti

Kalau kalian penggemar makanan tradisional yang manis, gurih dan alami, maka kamu wajib mencoba Geti. Geti merupakan makanan yang dibuat dari bahan utama jahe, gula jawa dan wijen.

Di Wonogiri makanan ini sangat gemari para pelancong sebagai oleh-oleh khas Wonogiri. Selain sedap di mulut, sensasi gula merah dan jahe yang  lumer saat dikunyah akan merasuk hangat di badan kalian.

Baca juga : Makanan Khas Banjarnegara

11. Kacang Mede

Kacang Mede
Kacang Mede

Pada tahun 2002 di Kabupaten Wonogiri terdapat lahan jambu mede dengan 20K hektar dan lahan ini merupakan lahan terbesar yang ada di Jawa Tengah. Dengan lahan yang luasnya seperti ini bisa Kabupaten Wonogiri bisa memproduksi kacang mede sebanyak 3.456 ton.

Jadi gak salah jika kacang mede menjadi komoditi oleh-oleh yang bisa kamu bawa pulang dari Wonogiri. Kacang mede adalah kacang yang terbuat dari biji jambu mede yang sudah dikeringkan sebelumnya.

12. Emping Khas Wonogiri

Emping Khas Wonogiri
Emping Khas Wonogiri

Makanan khas Wonogiri yang terakhir adalah Emping. Emping ini merupakan salah satu kuliner yang terkenal di Kota Wonogiri. Kuliner khas yang memiliki banyak penggemar ini terbuat dari bahan dasar biji melinjo yang telah disangrai dengan menggunakan pasir lalu dipipihkan.

Biji melinjo yang telah pipih kemudian dijemur di bawah sinar matahari selama beberapa hari hingga benar-benar kering. Emping yang telah kering kemudian digoreng dan ditambahkan campuran bumbu sebagai variasi rasanya.

Nah, itu tadi adalah makanan khas Wonogiri yang sudah kami rangkum untuk anda semua. Semoga tulisan kami ini bisa bermanfaat untuk kalian. Dan jangan lupa untuk mencoba makanan diatas ketika kalian berkunjung ke Wonogiri ya….

Leave a Comment

WhatsApp chat Chat