10+ Makanan Khas Tulungagung yang Wajib Dicicipi Wisatawan

Makanan khas Tulungagung – Berkunjung dan berwisata ke suatu daerah tak lengkap jika tidak mengunjungi pusat atau toko yang menyediakan oleh-oleh dan makanan khas dari kota dikunjungi. Membahas makanan, kali ini kami akan memberikan daftar referensi makanan khas dari kota Tulungagung, Jawa Timur.

1. Ayam Lodho

Ayam Lodho
Ayam Lodho                                 

Makanan Khas Tulungagung yang pertama adalah Ayam Lodho Bakar. Makanan Kota Tulungagung yang satu ini merupakan salah satu makanan yang menjadi favorit semua kalangan, mulai dari masyarakat sekitar Tulungagung sendiri, wisatawan lokal, bahkan hingga wisatawan asing sangat menyukai makanan khas Kota Tulungagung yang satu ini.

Masakan ayam lodho ini hampir sama dengan opor. Hanya saja ayamnya diolah dengan cara dipanggang terlebih dahulu. Sehingga saat Anda mencicipinya akan terasa lebih enak dan juga ingin mencobanya kembali.

Biasanya masakan ini akan ditemani dengan lontong atau ketupat. Namun apabila tidak ada keduanya bisa menggunakan nasi putih saja. Makanan ini juga hampir mirip dengan makanan khas Trenggalek yakni Nasi Lodho.

2. Geti / Enting

Geti (Enting)
Geti (Enting)

Enting-enting atau biasa dijuluki dengan geti ini merupakan salah satu cemilan khas Kota Tulungagung yang bisa kita jumpai di mana saja.

Geti ini merupakan salah satu makanan yang terbuat dari kacang tanah dan wijen yang dicampurkan ke dalam larutan gula merah dan dimasak hingga kering.

Cita rasa yang tawarkan makanan khas Tulungagung yang satu ini sangatlah pas, tidak terlalu manis dan disertai dengan rasa gurih sehingga banyak orang yang menyukai makanan ini.

Tapi juga jangan kebanyakan makannya, soalnya bisa merusak kesehatan gigi anda.

3. Kue Sagon

Kue Sagon
Kue Sagon

Sagon khas Tulungagung adalah satu diantara kue tradisional ini dapat diketemukan di beberapa daerah di Pulau Jawa, satu diantaranya Tulungagung.

Kue sagon ini telah cukup popular lantaran memiliki cita rasa kue yang enak, manis serta gurih dan aromanya yang wangi.

Kue sagon memakai bahan utama kelapa, tepung ketan, tepung sagu maupun tepung kanji. Pengambilan  nama kue “sagon” sendiri karena kue ini memakai bahan tepung sagu.

Anda dapat nikmati sajian kue sagon ini bersama dengan secangkir kopi atau the, atau sebagai kue kering di hari-hari besar seperti hari raya maupun hari-hari umum.

4. Nasi Patik

Nasi Patik
Nasi Patik

Meskipun terlihat sederhana dan kurang menarik nasi patik adalah kuliner malam yang selau diburu oleh masyarakat Tulungagung.

Nasi yang disajikan dengan sayur lodeh dan urap-urap serta beberapa lauk seperti ayam dan telur, telah menjadi makanan yang sangat menghipnotis para penikmatnya.

Karena makanan ini termasuk kuliner malam, jika kalian ingin mencoba silahkan datang menuju pasar induk Tulungagung yaitu pasar ngemplak, di sekitar situ terdapat warung nasi patik yang sangat ramai dengan pengunjung.

5. Jenang Grendul

Jenang Grendul
Jenang Grendul

Bagi Anda yang menyukai sajian penutup dengan rasa manis, anda bisa mencoba jenang grendul. Jenang Grendol ini dimasak dengan menggunakan bahan dasar tepung kanji dan gula aren.

Makanan khas Kota Tulungagung yang satu ini biasanya disandingkan bersamaan dengan Jenang Baning.

Bagi kamu yang penasaran dengan cita rasa manis dan gurih dari Jenang Grendul ini, kamu bisa menjumpainya di pasar-pasar tradisional di daerah Tulungagung.

6. Jenang Syabun

Jenang Syabun
Jenang Syabun

Masih dari kategori makanan penutup ya, kali ini adalah jenang syabun. Makanan khas Tulungagung merupakan makanan khas yang bisa dijadikan sebagai oleh-oleh bagi para wisatawan.

Jenang yang terbuat dari beras ketan dan rasanya yang manis dan legit serta tekstur yang lembut, menjadikan makanan menjadi rekomendasi oleh-oleh khas Tulungagung yang tidak boleh dilewatkan. 

7. Makanan Khas Tulungagung – Sompil

Makanan Khas Tulungagung - Sompil
Makanan Khas Tulungagung Sompil

Pasti banyak yang tanya apa itu sompil, sompil adalah makanan yang penyajianya menggunakan lontong dan juga didampingi dengan sayur lodeh di tambah dengan taburan kedelai bubuk dan peyek kacang.

Bagi kalian yang gemar dengan makanan pedas sompil pasti cocok dengan selera kalian, karena makanan ini dominan dengan rasa pedas.

8. Kerupuk Rambak

Kerupuk rambak
Kerupuk rambak

Bagi kebanyakan orang Jawa makan tak lengkap rasanya jika tidak ditemani dengan kerupuk untuk menambah tekstur dan selera saat makan. Nah…. jika anda memiliki pemikiran yang sama, tentu saja kerupuk rambak yang satu ini bisa menjadi pilihan oleh-oleh.

Untuk rasa yang ditawarkan begitu renyah dan gurih sehingga cocok untuk teman makan. Kerupuk Rambak terbuat dari kulit sapi dan kulit kerbau yang telah di potong dan dikeringkan terlebih dahulu.

Kulit yang telah kering lalu diberi bumbu dengan racikan khusus sebelum digoreng hingga garing dan mengembang.

Karena menggunakan bahan dari kulit sapi maupun kulit kerbau asli, tak heran jika harganya pun cukup mahal. Meskipun memiliki harga yang tinggi, namun tak sedikit pula wisatawan yang mencari Kerupus Rambak ini

9. Kepiting Sambal Ijo

Kepiting Sambal Ijo
Kepiting Sambal Ijo

Makanan khas Tulungagung yang selanjutnya adalah Kepiting Sambal Ijo. Tulungagung yang merupakan kota pesisir tentunya memiliki kuliner laut yang tak bisa ditinggalkan.

Hidangan yang satu ini merupakan salah satu makanan yang dibuat dari kepiting segar tentunya dengan ukuran yang besar pula sehingga daging yang ada di dalam cangkang kepiting pun lebih banyak.

Kepiting Sambal Ijo ini dimasak dengan menggunakan bumbu khas yang kaya akan rempah-rempah, sehingga membuat masakan ini memiliki cita rasa yang unik dan tidak meninggalkan bau amis yang ada pada kepiting.

10. Kopi Ijo

Kopi Ijo
Kopi Ijo

Para penggemar kopi yang pernah datang ke Tulungagung mesti tidak asing dengan ini, kopi ijo adalah hasil olahan asli kota Tulungagung. Namun banyak yang mengira warna kopinya ijo.

Jadi sedikit penjelasan tentang kopi ijo, kopi ini adalah kopi robusta yang dalam proses oven dan pembuatan bubuknya di campuri dengan kacang hijau.

11. Sego Bantingan

Sego Bantingan
Sego Bantingan

Sego bantingan atau yang biasa dikenal dengan sego kucing. Nasi ini disajikan bersama sayur dan lauk hampir seperti nasi rames tapi ada sedikit yang berbeda.

Pasti banyak orang yang tanya kenapa kok makanan ini bernama sego bantingan, ceritanya adalah nasi ini di bungkus dengan porsi nasi yang sedikit, nah saat ingin menambah bungkus dari nasi ini di lipat dan di buang ke tempat sampah.

Karena kebiasaan dari masyarakat yang membanting bungkus nasi tersebut jadilah nama sego bantingan. Karena di Tulungagung sendiri banyak angkringan yang menjajakan sego bantingan, tak heran jika makanan ini cukup terkenal.

Berbagai macam nasi dan sayur yang di bungkus jika ingin menambah lauk biasanya tersedia dengan harga tertentu. Sego bantingan ini adalah kuliner malam Tulungagung jadi jika kalian sedang keluar atau jalan-jalan malam silahkan mampir dan membeli.

Tulungagung terkenal sebagai kota penghasil marmer terbesar di Indonesia. Tak hanya terkenal dengan potensi marmernya, Tulungagung juga mempunyai beragam potensi wisata alam dan wisata kuliner.

Semua makanan khas Tulungagung Diatas adalah salah satu potensi yang mungkin akan menjadi makanan favorit anda. Usahakan untuk mempersiapkan segala sesuatunya dengan baik sebelum anda memulai wisata kuliner anda.

Thanks……

Leave a Comment

WhatsApp chat Chat