12 Makanan Khas Tuban yang Bisa Bikin Kamu Ngiler

Makanan Khas Tuban – Kabupaten Tuban terletak di pesisir utara Jawa Timur hal itu menjadikan banyak tempat wisata yang menjadi tujuan liburan dan menjual kuliner khas daerah tuban. Banyak yang unik dari resep masakan dan camilan khas tuban,  bahkan ada yang terbuat dari tanah liat.

Berikut ini adalah beberapa makanan khas Tuban yang sudah kami ulas.

1. Kare Rajungan

Kare Rajungan
Kare Rajungan    

Geografis kabupaten Tuban yang terletak di pesisir Pantai Utara menjadikan kabupaten ini memiliki banyak makanan berbahan dasar hewan laut.

Hewan laut yang dimaksud adalah kepiting rajungan. Rajungan merupakan hewan laut yang mirip dengan kepiting, di Tuban rajungan di masak dengan kuah kare.

Makanan khas tuban yang satu ini terkenal dengan rasa pedasnya, bagi anda yang suka makan pedas silahkan cicipi kare rajungan ini, makanan khas tuban Kare Rajungan ini terbuat dari bahan dasar rajungan yang di olah dengan bumbu khas, bumbu dasar yang di gunakan daun salam, batang sereh, laos, santan, air asam, semua di masak dan rajungan di masukan hingga bumbu meresap. Kemudian kare rajungan siap di sajikan.

2. Becek Menthok

Becek Menthok
Becek Menthok

Makanan khas yang satu ini terlihat mirip seperti kare. Memiliki kuah yang sangat banyak dengan tekstur kental. Daging menthok juga menjadi salah satu makanan andalan Tuban.

Makanan ini terbuat dari bahan dasar daging menthok yang di bumbui dengan racikan bumbu yang khas sehingga menciptakan makanan dengan cita rasa yang luar biasa.

Bumbu rempah yang di gunakan merica, jintan, bawang merah, bawang putih, mesoyi , daun salam, daun jeruk purut, serai , tomat, santan, dan taburan rajangan daun bawang.

Disajikan dengan kuah yang hangat, makanan ini cocok untuk Anda nikmati ketika malam atau cuaca dingin.

3. Sate Bebek

Sate Bebek
Sate Bebek

Sate merupakan salah satu makanan khas yang bisa Anda temui di daerah-daerah lain di Indonesia. Kalau biasanya di tempat lain sate menggunakan daging ayam atau kambing, di Tuban Anda akan menemukan sate yang menggunakan daging bebek.

Sate bebek ini memiliki tekstur yang lebih keras dari pada sate ayam. Sate ini diolah dengan menggunakan racikan bumbu khas Tuban yang untuk urusan rasa tidak perlu diragukan.

Sate bebek ini di oleh dengan bumbu khas diantaranya, bawang merah, bawang putih, cabai merah keriting, daun jeruk, cabai rawit hijau, air jeruk lemon.

4. Garang Asem

Garang Asem
Garang Asem

Garang Asem sendiri merupakan olahan makanan yang berbahan dasar ayam yang diberi kuah santan. Garang Asem ini dibungkus dengan daun pisang pada saat dimasak. Selain itu Garang Asem ini juga memiliki cita rasa asam serta pedas yang sangat menyatu.

Garang Asem yang terdapat di Kota Tuban ini memiliki ciri khas tersendiri jika dibandingkan dengan Garang Asem pada umumnya. Ciri yang sangat khas pada garang asam khas Tuban ini adalah kuahnya yang bening, banyak, dan segar tentunya.

Selain itu ciri-ciri Garang Asem khas Tuban ini adalah daging ayamnya yang berasal dari daging ayam kampung yang diolah dengan cara tertentu sehingga menghasilkan daging yang sangat empuk.

5. Belut Pedas

Belut Pedas
Belut Pedas

Mendengar makanan dari bahan belut memang tak asing lagi di benak anda, namun apa daya jika belut di masak dengan cita rasa pedas, harap maklum umumnya makanan khas tuban bercitarasa pedas.

Nah belut pedas khas tuban ini harus anda coba, masakan dengan racikan bumbu khas yang menghasilkan rasa yang istimewa.

6. Cumi-Cumi Hitam

Cumi-Cumi Hitam
Cumi-Cumi Hitam

Makanan khas Tuban yang berasal dari laut lainnya adalah cumi-cumi hitam, cumi-cumi hitam adalah makanan yang banyak dicari dan menjadi makanan favorit wisatawan yang berkunjung ke Tuban, baik itu wisatawan lokal maupun asing.

Penyajian cumi-cumi hitam ini disajikan di atas daun jati dan campur nasi putih yang hangat dan pulen, selain itu ada juga sayur cumi yang pastinya menambah nafsu makan dan perut lebih kenyang. Untuk menikmati cumi ini disarankan datang ke jl. Ahmad dahlan, kabupaten tuban.

7. Opor Ayam Khas Tuban

Opor Ayam Khas Tuban
Opor Ayam Khas Tuban

Opor ayam identik dengan lebaran Idul Fitri, tapi kamu tidak perlu menunggu satu tahun untuk bisa menikmati lembutnya daging dan gurih nya daging ayam yang ada pada opor.

Di pinggir pantai sekitar Tuban banyak juga warung yang menyediakan opor ayam, ayam yang digunakan dalam masakan opor ayam adalah ayam kampung, bedanya opor ayam yang ada di Tuban adalah ayam yang dibakar terlebih dahulu sebelum dijadikan opor, pasti aroma nya sangat menggoda.

8. Es Bubur Sum-Sum

Es Bubur Sum-Sum
Es Bubur Sum-Sum

Es bubur sum-sum yang manis ini cocok digunakan sebagai makanan penutup setelah mencicipi makanan-makanan yang disebutkan sebelumnya.

Bubur sum-sum yang digunakan di sini teksturnya sangat lembut sehingga mudah untuk ditelan dan berasa menyegarkan. Cocok untuk diminum di siang hari saat cuaca sedang panas atau saat berbuka puasa.

9. Makanan Khas Ampo

Makanan Khas Ampo
Makanan Khas Ampo

Kamu salah kalau mengira tanah liat hanya berguna sebagai bahan baku pembuatan batu bata saja. Nyatanya, bahan ini juga bisa diolah menjadi camilan unik. Begitulah yang dilakukan oleh warga Tuban, Jawa Timur.

Mereka rutin membuat camilan yang berasal dari tanah liat yang benar-benar masih bersih dan tanpa campuran apapun.

Ampo, makanan dari tanah liat ini sudah menjadi makanan tradisional yang super menyehatkan oleh masyarakat Tuban. Cemilan yang sudah disantap secara turun-temurun ini biasa disandingkan dengan teh manis hangat atau kopi saat sore hari.

10. Sarabeh Selong

Sarabeh Selong
Sarabeh Selong

Makanan khas Kota Tuban yang selanjutnya adalah Serabeh Selong. Serabeh Selong ini hampir sama dengan Serabi yang khas dari Bandung. Perbedaan Serabeh Selong dengan serabi ini terletak pada bumbu yang digunakan dan cara penyajianya.

Serabeh Selong ini dihidangkan menggunakan santan kelapa yang kental yang menjadikan makanan ini memiliki rasa yang gurih.

Jika kamu penasaran tentang makanan Serabeh Selong ini kamu dapat menemukannya di Jalan Lukman Hakim, Gang Ikhlas, Tuban, Jawa, Timur. Tapi ingat, kalau mau mencicipi gurihnya makanan yang satu ini harus datang pagi-pagi agar tak kehabisan.

11. Dumbek

Makanan Khas Tuban Dumbek
Dumbek

Jajanan satu ini merupakan makanan khas yang mungkin tidak diketahui oleh banyak anak muda di zaman sekarang. Alasannya tidak lain adalah karena makanan ini mulai jarang ditemui di Tuban.

Dumbek merupakan makanan bertekstur lembut yang dibungkus dengan daun lontar. Jajanan ini berbentuk lonjong panjang mirip terompet dan memiliki bau yang harum. Konon kata pembuatnya, jajanan ini merupakan camilan para wali.

12. Gemblong

Gemblong
Gemblong

Gemblong merupakan salah satu jenis kue tradisional yang termasuk dalam jajanan pasar. Untuk Anda yang hobi makan makanan manis jangan sampai melewatkan jajanan ini.

Gemblong terbuat dari adonan tepung beras ketan putih yang diuleni hingga kalis dan dibentuk bulat seperti bola. Adonan yang sudah berbentuk seperti bola kemudian digoreng hingga matang. Setelah matang Gemblong lalu didinginkan sebelum dilapisi dengan larutan gula aren.

Demikianlah ulasan singkat dari kami tentang makanan khas Tuban yang unik-unik dan pastinya lezat. Semoga tulisan ini bisa bermanfaat bagi kalian semua yang sedang berlibur atau berkunjung di kabupaten Tuban.

Thanks……

Leave a Comment

WhatsApp chat Chat