Makanan Khas Trenggalek yang Melegenda Hingga Saat Ini

Makanan Khas Trenggalek – Kabupaten Trenggalek adalah salah satu kota yang berada di pesisir Jawa Timur. Selain terkenal dengan pantai pasir putihnya kota ini juga wisata unik lainya yaitu makanan khasnya. Berbagai macam makanan bisa dijumpai, mulai dari resep makanan tradisional, minuman dan jajanan atau cemilan yang biasa dijadikan oleh-oleh.

Berikut list dari makanan khas Trenggalek :

1. Nasi Goreng Anglo

Nasi Goreng Anglo
Nasi Goreng Anglo

Yang pertama dari makanan khas Trenggalek adalah nasi goreng anglo khas dari Trenggalek biasanya juga orang menyebutkan nasi goreng mawut. Jika dilihat dan dibandingkan dengan nasi goring jawa pada umumnya ini sangatlah berbeda.

Perbedaan yang mendasar adalah dengan ada tambahan sayur dan mie. Nasi ini di goreng tidak menggunakan kompor melainkan menggunakan arang. Karena penggunaan arang yang khas menjadikan nasi goreng ini memiliki rasa yang unik dan khas.

2. Sego Gegog

Sego Gegog
Sego Gegog

Segog gegog merupakan kuliner khas trenggalek yang mirip dengan sego kucing di jawa tengah, namun sego gegog memiliki rasa yang super pedas. Bumbu untuk membuat sego gegog cukup sederhana yakni bawang merah, bawang putih dan cabai.

Sebelum diolah menjadi bumbu sego gegog, rebus terlebih dahulu bawang merah, bawang putih dan cabainya. Rebus menggunakan alas daun pisang agar lebih cepat matang.

Setelah direbus kemudian haluskan dan tambahkan sedikit garam. Selanjutnya bumbu-bumbu yang telah halus digoreng, pada saat menggoreng kita campurkan lauk sego gegog, campurkan bumbu yang telah digoreng dengan ikan teri dan gula, Aduk hingga semua bahan teraduk merata, Kemudian masak sambal teri selama satu jam.

Setelah sambal teri tersedia, letakkan nasi setengah matang diatas daun pisang. Barulah kemudian campurkan dengan sambal teri, tutup bungkusan sego gegog dari daun pisang dengan lidi, rebus sego gegog ini selama satu jam, barulah angkat kemudian siap disajikan. Meskipun sederhana namun rasa sego gegog sangat enak.

Harga sego gegog tidak akan membuat kantong anda tipis, sebab harga satu porsi sego gegog hanya dijual Rp 2000.

3. Sego Tiwul

Makanan Khas Trenggalek Sego Tiwul
Sego Tiwul

Nasi yang terbuat dari ketela ini memilik rasa yang khas. Karena keunikanya itu nasi ini cocok untuk di gabungkan dengan beberapa masakan.

Biasaya nasi ini di santap dengan ayam lodho beserta pelengkapnya dan juga biasanya yang tak kalah membuat ketagihan memakan nasi tiwul menggunakan ikan asin sambal dan kulupan sayur.

4. Rujak Cingur Sumber Gedong

Rujak Cingur Sumber Gedong
Rujak Cingur Sumber Gedong

Yang satu ini makanan khas Trenggalek yang paling recomended. Rujak cingur khas Trenggalek. Sebenarnya tak jauh beda dengan rujak cingur di tempat lain.

Tapi jangan salah sangka dulu, dari luar memang seperti rujak seperti pada umumnya tapi yang membedakan rujak cingur ini adalah bumbu dari rujak itu sendiri. Karena dekat dengan pesisir, petis yang digunakan sangatlah segar, enak, dan lezat.

Jadi buat kalian yang pengen makan Rujak Cingur Sumbergedong ini kalian bisa mampir ke lokasi yang ada di sekitar SMPN 5 Trenggalek.

5. Soto Ayam Jarakan

Soto Ayam Jarakan
Soto Ayam Jarakan

Soto ayam jarakan khas trenggalek ini sudah terkenal di seluruh penjuru Trenggalek, mantapnya lagi soto ini bisa dinikmati oleh semua kalangan baik anak kecil maupun sudah dewasa.

Umumnya soto ayam jarakan ini dihidangkan dengan nasi putih dan ditambah dengan sedikit perkedel yang menambah lezat rasanya. kamu bisa menemukan makanan khas ini di  di desa kedung lurah, Trenggalek.

6. Pindang Sapi

Pindang Sapi
Pindang Sapi

Pindang pada umumnya menggunakan daging ikan sebagai bahannya. Jika anda berkunjung ke trenggalek anda bisa mencicipi yang namanya pindang sapi.

Untuk membuat pindang sapi khas trenggalek ini, rebus iga sapi dalam air yang mendidih selama satu jam. Sambil menunggu iga sapi direbus maka saatnya membuat bumbu untuk pindang, tumis bawang merah, bawang putih, cabai dan kencur setelah matang angkat dan pindahkan ke ulekan lalu campur dengan garam, haluskan bahan ini hingga merata.

Kemudian tambahkan kluwek dan haluskan kembali. Setelah bumbu halus masukkan kedalam rebusan iga sapi. Aduk bumbu hingga teracmpur merata kedalam rebusan.

Setelah bumbu tercampur saatnya tumbuk lengkuas dan masukkan kedalam rebusan bersama daun salak dan daun jeruk, aduk kembali hingga semua bahan tercampur hingga aroma sedap tercium.

Terakhir saatnya mencampurkan santan, aduk kembali lalu tunggu hingga mendidih selama satu jam. Seetelah matang lalu taburkan cabai kecil kedalam pindang sapi, agar pindang sapi lebih nikmat dan bumbunya menyerap, inapkan pindang sapi selama satu hari , setelah diinapkan pindang sapi pun siap disajikan.

7. Sale Pisang

Sale Pisang
Sale Pisang

Kripik yang berasal dari pisang yang di iris tipis ini langsung digoreng hingga kering tanpa ada tambahan apapun. Menjadikan rasa yang berada di sale pisang ini sangatlah enak.

Selain dari rasa cemilan ini memiliki aroma yang sangat harus dan membuat air liur naik turun ingin segera mencobanya. Karena banyak peminatnya sale pisang ini sering di jual hingga keluar kota karena memikat para penikmat cemilan.

Oleh karena itu buat kalian yang suka jalan-jalan jangan lupa mampir ke Kota Trenggalek untuk membeli cemilan ini dijamin ketagihan dan ingin kembali lagi. 

8. Makanan Khas Alen-Alen

Makanan Khas Alen-Alen
Makanan Khas Alen-Alen

Alen-alen adalah jajanan atau cemilan khas Trenggalek, cita rasa yang disajikan adalah rasa gurih dan sensasi renyah saat mengunyahnya.

Karena kelezatanya makanan ini sering dijadikan sebagai oleh-oleh keluarga, dan juga sebagai teman bareng ketika bersantai.

Terbuat dari tepung tapioka, bawang putih, telur, dan masih banyak yang lain. Menandakan bahwa makanan khas Trenggalek yang satu ini adalah makanan yang memiliki kandungan protein yang tinggi.

Alen-alen ini juga banyak variasi rasa bukan hanya original, tapi juga ada balado, rasa bawang, dan juga rasa jagung bakar.

9. Kripik Tempe

Kripik Tempe
Kripik Tempe

Tempe tentunya bagi orang Indonesia tidaklah asing karena banyak mengandung gizi dan juga dapat di olah menjadi berbagai olahan salah satunya kripik tempe ini.

Makanan ini sangatlah digemari oleh banyak orang yang datang ke Kota Trenggalek sebab konon katanya rasa yang diberikan adalah rasa yang unik dan jarang ditemukan.

10. Tahu Lontong Khas Trenggalek

Tahu Lontong Khas Trenggalek
Tahu Lontong Khas Trenggalek

Makanan khas yang selanjutnya yaitu tahu lontong. Pasti sudah banyak yang tau dong makanan yang satu ini.

Disajikan dalam bentuk balutan telur dadar ditambah bumbu sambal kecap petis dengan sedikit sentuhan rasa pedas, membuat penikmatnya jatuh cinta dengan makanan yang satu ini.

Kamu bisa menjumpai makanan khas tahu lontong ini di sebelah Barat Alun-alun Kota Trenggalek. Karena rasanya yang enak, warung ini sangat ramai dipadati pengunjung. Jadi, harus antri yaaa.

11. Ikan Asap Prigi

Ikan Asap Prigi
Ikan Asap Prigi

Ikan asap adalah makanan khas daerah Prigi yang merupakan tujuan wisata pantai yang terkenal di Kota Trenggalek.

Ikan yang diolah sangatlah segar sebab itu rasanya juga masih sangat lezat akan tetapi karena segar ikan ini cepat membusuk jika tidak cepat dimasukan mesin pendingin atau dimasak.

Sebab ikan yang baru datang biasanya langsung di asap tanpa adanya pengawetan terlebih dahulu.

Jadi buat kalian yang suka datang ke pantai di daerah Prigi jangan lupa beli ikan asap khas dari sana, harga yang ditawarkan juga tidaklah mahal jadi jangan sungkan-sungkan.

12. Sarabah

Sarabah
Sarabah

Tidak hanya makanan saja yang menjadi khas Trenggalek, ada juga minuman khas Trenggalek yang bernama sarabah.

Sarabah adalah minuman yang berbahan dasar jahe, susu, dan gula aren, jahe dihancurkan terlebih dahulu dengan blender, setelah halus barulah direbus hingga mendidih/matang. Kalau sudah tuangkan pada gelas dan beri susu kenltal untuk menambah rasa manis.

Minuman khas Trenggalek ini hanya di jual dengan harga 5.000 rupiah saja, kamu bisa menikmati minuman khas Trenggalak in saat malam hari. Ditemani dengan aneka gorengan pisang yang pastinya akan memberikan malam yang santai.

Setiap daerah di Indonesia memiliki ciri khasnya masing-masing dalam hal kuliner, karena pengaruh budaya dan adat yang berbeda-beda. Jangan ragu untuk membeli makanan dan oleh-oleh khas dari daerah yang anda kunjungi.

Itulah 12 makanan khas Trenggalek yang bisa kalian jumpai saat melancong ke kota Trenggalek ini. Semoga bermanfaat dan terima kasih…..

Leave a Comment

WhatsApp chat Chat