Menelusuri Makanan Khas Ternate yang Terkenal Kelezatannya

Makanan Khas Ternate | Ternate merupakan salah satu ibu kota daerah yang terletak di wilayah timur Indonesia, tepatnya di Provinsi Maluku. Disini, Anda dapat menemukan berbagai macam makanan khas Ternate yang tergolong unik dan lezat yang sangat sayang jika Anda lewatkan.

Bagi Anda yang penasaran ingin mencicipi berbagai kuliner khasnya. Berikut akan dijelaskan beberapa makanan khas yang wajib Anda cicipi selama berkunjung ke Ternate.

1. Ikan Asap

Ikan Asap

Ikan asap merupakan makanan khas Ternate dimana pengolahannya dilakukan dengan cara pengasapan. Ikan yang diolah dalam kuliner ini biasanya merupakan ikan laut seperti ikan tuna dan ikan cakalang.

Walaupun terkesan sederhana, kelezatan ikan asap ini setara dengan rasa makanan mewah lainnya. Hal ini dikarenakan cita rasa yang dihadirkan begitu lezat.

Ikan asap ini biasa dikonsumsi bersama dengan nasi, sambal colo-colo dan juga kerupuk. Selain itu ikan asap juga bisa bertahan selama 7 hari bila disimoan di suhu ruangan. Bagi Anda yang penasaran dengan rasanya. Silahkan berkunjung ke Ternate.

2. Papeda

Papeda

Siapa yang tidak kenal dengan kuliner papeda yang satu ini. Ya, papeda merupakan makanan khas dari daerah timur Indonesia. Disini papeda dikenal sebagai makanan khas Ternate.

Papeda diolah dari tepung sagu. Walaupun teksur yang dihasilkan sangat kental seperti lem, namun papeda menjadi makanan favori masyarakat lokal Ternate. Papeda biasa dimakan bersama dengan lauk lain seperti ikan dan juga sayur-sayuran.

Cara menyantapnya pun tergolong unik. Masyarakat biasanya menyeruput papeda langsung dari piring. Namun, bagi Anda yang baru pertama kali mencoba Anda bisa menggunakan sumpit atau sendok untuk memakannya.

Baca juga : Makanan Khas Gorontalo

3. Waku Komo-Komo

Merupakan salah satu makanan khas Ternate yang terbuat dari tepung dan juga batang rumbia. Makanan ini terkenal sangat lezat dan gurih. Ini dikarenakan bumbu rempah-rempah yang digunakan dalam meracik makanan ini sangatlah beragam mulai dari bawang putih, bawang merah, serai, jahe, garam, merica, serta santan kental.

Bagi Anda yang tertarik ingin mencicipi sensasi gurih dan lezatnya waku komo-komo ini. Anda bisa menemukannya di rumah makan yang berada di daerah Ternate Maluku Utara.

4. Sambal Colo-Colo

Sambal Colo-Colo

Sambal ini termasuk kedalam makanan khas Ternate yang sangat terkenal selalu hadir pada berbagai hidangan dan kuliner Ternate lainnya. Sambal inijuga biasa disantap oleh masyarakat lokal sebagai teman makan sehari-hari.

Kelezatannya sudah tidak diragukan lagi, pasalnya sambal colo-colo ini menghadirkan sensasi cita rasa yang khas dan nikmat yang menjadikan siapapun yang mencobanya menjadi ketagihan.

Untuk bisa membuat sambal colo-colo ini sangatlah mudah. Anda hanya perlu menyiapkan bawang merah, tomat, cabai rawit, gula, garam, serta ditambah dengan perasan jeruk nipis. Bahan-bahan tersebut kemudian dihaluskan. Agar menambah sensasi serta aroma wangi, Anda juga bisa menambahkan daun kemangi didalamnya.

5. Kohu-Kohu

Kohu-Kohu

Penampilan kohu-kohu sepintas mirip seperti urap yang berasal dari daerah Jawa. Memang dari penampilanya tergolong sama. Namun isi yang digunakan pada makanan khas Ternate yang satu ini berbeda dengan urap.

Pada pembuatan kou-kohu sayuran mentah yang telah dicuci bersih kemudian diberikan bumbu khusus terlebih dahulu. Setelah itu baru diberi dengan parutan kelapa, suwiran ikan cakalang asap, bawang merah goreng. Tak lupa tambahan perasan lemon untuk menambah sensasi segar.

Kuliner ini biasa disantap menggunakan nasi, ubi, dan bahan makanan pokok lain. Tertarik untuk mencoba?

6. Halua Kenari

Halua Kenari

Beralih ke camilan, di Ternate Anda bisa menemukan camilan yang paling terkenal kelezatannya. Masyarakat biasa menyebutnya dengan halua kenari. Makanan khas Ternate ini diolah dari biji kenari yang ditambah dengan gula merah. Ini menjadikan cita rasa yang dihadirkannya memberikan sensasi manis dan gurih.

Bagi Anda yang sedang berkunjung ke Ternate, camilan halua kenari ini wajib dicoba untuk menemani perjalanan Anda. Selain menyehatkan, camilan khas yang satu ini juga terkenal akan preoteinnya yang kaya serta rendah lemak.

7. Lapis Palaro

Walaupun dinamai dengan sebutan lapis, namun makanan khas Ternate yang satu ini bukan termasuk kue. Lapis palaro sendiri merupakan olahan yang berasal dari daging sapi. Cita rasa yang dihadirkan tergolong sangat lezat dan nikmat.

Daging sapi yang diolah dalam kuliner ini diracik menggunakan bumbu dan rempah-rempah khusus, Lapis palaro merupakan salah satu makanan yang sangat terkenal di daerah khawatir.

Bagi Anda yang penasaran dengan rasanya, jangan khawatir. Walaupun terbuat dari daging sapi, kuliner khas yang satu ini dibanderol dengan harga yang sangat terjangkau sehingga tidak akan memberatkan kantong Anda.

8. Kasbi Komplet

Masyarakat Maluku menyebut singkong dengan sebutan kasbi. Oleh karena itulah makanan khas Ternate yang satu ini disebut dengan kasbi komplet. Singkong memiliki nilai karbohidrat yang tinggi. Namun memakan singkong tanpa variasi tentu sangat membosankan.

Oleh karena itu, hadirlah olahan kasbi komplet ini. Cara pengolahannya yaitu singkong direbus terlebih dahulu. Setelah sinngkong matang, baru ditambahkan dengan sayur-sayuran lain seperti kohu-kohu, tumis kangkung, tumis bunga pepaya, dan berbagai variasi sayur lainnya.

Bagi Anda yang tertarik ingin mencobanya, Anda bisa berkunjung ke daerah Ternate. Atau Anda bisa juga mencoba resepnya sendiri di rumah.

9. Nasi Lapola

Nasi Lapola

Memakan nasi biasa sudah biasa. Di ternate Anda dapat menemukan makanan pokok yang biasa dikonsumsi masyarakat yaitu nasi lapola. Makanan khas Ternate yang satu ini terbuat dari nasi biasa, namun diberi tambahan parutan kelapa dan juga kacang tolo.

Menyantap nasi lapola ini sangat nikmat jika disajikan dalam keadaan hangat dan juga ditemani dengan berbagai lauk khas Ternate seperti sambal colo-colo, ikan teri, suwiran cakalang, dan juga sayuran mentah. Sangat nikmat sekali bukan?

Baca juga : Makanan Khas Toraja

10. Ikan Kuah Pala Banda

Mengunjungi Ternate, Anda pasti disuguhi dengan berbagai kuliner berbahan dasar ikan laut. Salah satunya adalah ikan kuah pala banda ini. Diracik dengan bumbu khas, dan rempah-rempah pilihan seperti pala,merica dan cabai menjadikan sensasi yang dihadirkan sangatlah nikmat.

Anda bisa memakan makanan khas Ternate yang satu ini dengan ditemani dengan nasi putih hangat dan juga sambal bekasang. Makanan ini termasuk yang paling istimewa di Ternate karena biasanya hanya dihidangkan pada acara-acara besar.

11. Gatang Kenari

Gatang Kenari

Bahan utama makanan khas Ternate yang satu ini adalah kepiting. Sebenarnya makanan khas ini sudah mulai memudar keberadaannya. Hal ini dikarenakan pemerintah daerah Ternate sudah mulai menetapkan pelarangan penggunaan kepiting sebagai bahan makanan agar populasinya tetap terjaga.

Namun, di beberapa restoran di Ternate berusaha untuk tetap mempertahankan kuliner khas ini dengan mengurus berbagai surat perizinan yang dibutuhkan. Sungguh beruntung bagi Anda yang bisa mencoba makanan khas ini langsung di Ternate.

Demikianlah berbagai rekomendasi makanan khas Ternate yang sangat nikmat dan lezat yang wajib Anda coba ketika sedang berkunjung ke daerah Ternate. Kita sebagai masyarakat Indonesia harus terus berupaya untuk terus melestarikan budaya bangsa termasuk juga kuliner daerahnya agar tetap lestari dan dikenal hingga anak cucu nanti.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like