Rekomendasi Makanan Khas Temanggung Yang Sangat Ciamik, Pastinya Lezat!

Makanan Khas Temanggung – Temanggung merupakan salah satu kabupaten yang ada di provinsi Jawa Tengah. Temanggung terkenal sebagai daerah penghasil kopi dan tembakau terbesar di Jawa Tengah. Tak hanya itu, Temanggung juga memiliki banyak makanan atau kuliner  dengan rasa dan bentuk yang unik.

Berikut ini beberapa kuliner khas Temanggung yang harus kalian cicipi dan jadikan sebagai oleh-oleh saat berkunjung ke Kabupaten ini.

1. Sego Gono

Sego Gono
Sego Gono

Sego gono, di Temanggung, adalah makanan yang terbuat dari nasi yang dicampur daun lembayung, kacang panjang, kelapa dan ikan teri, Jangan dilihat dari tampilannya yang apa adanya tapi lihatlah dari sisi rasa yang ditawarkan.

Biasanya ditambah kentang dan jeroan sebagai pendamping. Rasa yang gurih dan lezat ini sangat cocok jika disantap ketika masih hangat. Di jamin jika kalian mencoba kuliner ini pasti tidak akan menyesal dan mungkin anda akan mencobanya lagi di lain waktu.

2. Empis-Empis Tahu Tempe

Empis-Empis Tahu Tempe
Empis-Empis Tahu Tempe

Empis-empis tahu tempe khas Temanggung ini terbuat dari bahan dasar tempe dan tahu yang dicampur dengan beberapa sayuran dan bumbu rempah lain. Hampir di semua warung makan kecil dan besar seperti restoran melengkapi koleksi menunya dengan empis-empis khas Temanggung ini.

3. Brongkos Kikil

Brongkos Kikil
Brongkos Kikil

Brongkos Kikil Kepala Kambing khas Temanggung ini juga hanya bisa Anda temukan dan santap di Temanggung Kota Tembakau. Kalian bisa menenmukan makanan ini di Tembarak (10 km ke arah gunung Sumbing). Kuliner brongkos kepala kambing ini khas Temanggung, terutama bagian lidah dan otaknya.

4. Nasi Goreng Tembakau

Nasi Goreng Tembakau
Nasi Goreng Tembakau

Kalau biasanya nasi goreng di beri taburan daging ayam atau kambing, beda dengan nasi goreng khas Temanggung ini. Nasi goreng khas Temanggung ini di beri taburan daun tembakau.

Perlu kalian ketahui, nasi goreng tembakau ini ada dua jenis, yang pertama adalah nasi goreng mbako srinthil yang memang harganya lebih mahal, yakni  sekitar Rp 19 ribu. Kedua adalah nasi goreng mbako, ya memang harga nasi goreng mbako biasa yang kurang lebih harganya Rp 14 ribu.

5. Tempong

Tempong
Tempong

Tempong adalah makanan yang berbahan dasar tempe semangit. Tempe semangit adalah tempe yang di diamkan beberapa hari sampai sedikit membusuk. Yang membuat enak kuliner ini karena tempenya yang sudah membusuk itu.

Cara membuatnya pun sangat mudah, hanya dengan mencampur tempe semangit dengan bumbu pedas seperti cabe, kencur dan kemangi. Kemudian setelah tercampur di bentuk bulat dan di goreng sampai matang.

6. Sego Urap

Sego Urap
Sego Urap

Sego urap sudah menjadi makanan yang ada sejak dahulu di temanggung. Makanan ini di sajikan dengan nasi putih dengan lauk urap. Urap sendiri adalah campuran dari berbagai sayuran seperti daun singkong/bayam, kacang panjang dengan bumbu yang dibuat dari parutan kelapa dan berbagai rempah.

7. Bunthil

Bunthil
Bunthil

Bunthil ini adalah makanan lokal yang bahan dasarnya berupa parutan daging kelapa yang dicampur dengan ikan teri dan bumbu-bumbu. Kemudian dibungkus dengan daun pepaya dan direbus dalam santan. Biasanya makanan ini hanya disajikan saat ada momen-momen tertentu.

8. Ndas Borok

Ndas Borok
Ndas Borok

Makanan khas kota temanggung yang selanjutnya adalah Ndas Borok. Jika dilihat dari namanya memang sangat aneh kalau diartikan dalam bahasa Indonesia artinya adalah kepala borokan, namun jika di cicipi maka lidah anda akan menjadi ketagihan dan tidak akan kecewa akan rasanya.

Makanan yang satu ini terbuat dari bahan baku singkong serta kelapa yang di parut dan ditaburi diatasnya bersama dengan gula jawa atau juga gula aren.

Proses membuatnya adalah di kukus dan gula jawa akan meleleh seperti saus caramel. Kue yang satu ini biasanya di bungkus dengan menggunakan daun pisang atau yang modern biasanya di letakkan di dalam mika plastik.

9. Bajingan

Bajingan
Bajingan

Makanan yang satu ini juga memiliki nama yang unik yaitu Bajingan. Bajingan ini terbuat dari singkong yang dipotong kecil- kecil lalu proses untuk menjadikannya sebagai makanan adalah dengan cara direbus.

Setelah direbus nantinya akan diberikan santan serta juga gula merah. Rasanya sangatlah legit dan juga gurih, sehingga Anda harus mencobanya.

10. Ketan Gudig

Ketan Gudig
Ketan Gudig

Makanan kuliner yang satu ini memiliki cita rasa yang manis. Untuk tampilannya adalah putih mulus dan terdapat motif polkadot yang berasal dari jenis kacang gelandang.

Untuk bahan utamanya adalah beras ketan serta kacang gelandang. Biasanya makanan yang satu ini wajib ada pada beberapa acara hajatan. Dan di beberapa toko juga sudah banyak tersedia ketan gudig untuk para wisatawan.

Jangan terpengaruh dengan namanya ya gan, rasa keta gudig ini sangat gurih, cocok untuk di jadikan oleh-oleh untuk keluarga anada di rumah.

11. Entho Cothot

Entho Cothot
Entho Cothot

Meskipun namanya terbilang sangat ekstrem, namun jika soal rasa dijamin Anda tidak akan pernah kecewa. Makanan khas temanggung ini dikenal dengan sebutan entho cothot.

Makanan yang satu ini juga terbuat dari olahan singkong dengan rasa yang gurih, krispy dan juga manis. Bagian dalam makanan ini diberi isian gula dan lalu digoreng hingga krispy.

12. Gesing

 

Gesing
Gesing

Makanan khas ini juga di sebut dengan istilah kue carang gesing yang mana bahan bakunya adalah pisang. Rasa dari kue ini adalah manis dan gurih. Proses pembuatannya yaitu dengan cara di kukus dengan menggunakan daun pisang.

Untuk makanan yang satu ini tidak banyak di jumpai di kota lain. Oleh sebab itu jangan sampai kelewatan untuk mencicipi kue ini. Tidak hanya unik namun rasanya sangat nikmat.

13. Coro Bikang

 

Coro Bikang
Coro Bikang

Kue coro bikang ini juga hampir sama dengan kue bikang yang kalian temui di kota lain, karena menggunakan tepung sebagai bahan utama pembuatan kuenya. Rasa dari kue coro bikang ini manis legit saying jika kalian tak mencobanya.

14. Kipo

Kipo
Kipo

Kipo adalah kue bakar yang lonjong dan pipih. Bahan dasar makanan ini adalah tepung yang berisi adonan gula jawa dan kelapa. Kemudian dibungkus dengan daun pisang. Sekilas makanan ini seperti otak-otak yang ada di kota lain.

15. Bubur Saren

Bubur Saren
Bubur Saren

Bubur saren adalah makanan khas temanggung yang terbuat dari tepung ketan dan dicampur dengan gula jawa. Kemudian ditambah rempah-rempah seperti jahe, kayu manis dan cengkeh. Penyajiannya disiram dengan kuah santan dan dibungkus dengan daun pisang.

16. Perkedel Kimpul

Perkedel Kimpul
Perkedel Kimpul

Temanggung memang rajanya saat menamai makanan khas nya, bagaimana tidak nama makanan khas temanggung bisa dibilang unik-unik. Untuk makanan yang satu ini namanya adalah perkedel kimpul.

Makanan yang satu ini terbuat dari Kimpul atau biasa kita sebut Talas. Cara pembuatannya yakni dengan cara kimpul (Talas) direbus dahulu kemudian di haluskan dengan cara di tumbuk. Setelah ini dicampur dengan bumbu-bumbu seperti bawang merah dan putih, merica serta pala kemudian di bentuk bulat dan di goreng.

17. Wedang Ronde Wasis

Wedang Ronde Wasis
Wedang Ronde Wasis

Wedang ronde wasis merupakan salah satu minuman khas Temanggung yang beda dari yang lain. Hal yang membedakan dengan wedang ronde lainnya adalah tambahan emping pada sajiannya.

Emping adaah semacam jenis keripik yang terbuat dari buah mlinjo. Selain emping dalam satu posi wedang ini terdapat kolang kaling, kacang tanah yang disangrai, dan mochi (ronde) dan tentunya kuah jahe.

Itulah beberapa makanan khas dari kabupaten Temanggung yang unik-unik. Semoga ulasan kami ini bisa bermanfaat untuk kalian semua yang sedang berburu kuliner nusantara.

Leave a Comment

WhatsApp chat Chat