17+ Makanan Khas Tegal Yang Bisa Bikin Kamu Lupa Diri, Wajib Coba !!

Makanan Khas Tegal – Kalau bicara soal kabupaten Tegal pasti yang pertama muncul di otak kalian pasti WARTEG nya. Tegal memang terkenal akan beragam kuliner dan minuman yang unik, enak dan sekaligus murah.

Apa saja sih makanan khas tegal..? berikut ini adalah list yang sudah kami siapkan untuk anda.

1. Sega Lengko

Sega Lengko
Sega Lengko

Sega atau nasi Lengko adalah nasi yang terdiri dari macam-macam lauk seperti misalnya tahu dan tempe yang dipotong kotak, kol, tauge, sambal kacang serta renyahnya kerupuk.

Karena kaya akan sayuran serta tahu dan tempe, makanan hemat ini kaya akan gizi, rendah kalori dan juga berprotein tinggi.

Walaupun di kota lainnya di sekitar Pantura memiliki olahan yang serupa dengan sega lengko, namun makanan khas Tegal ini wajib kamu coba jika berkunjung.

2. Kupat Bongkok

Kupat Bongkok
Kupat Bongkok

Makanan khas Tegal berikutnya yang tak kalah lezat bernama Kupat Bongkok. Olahan ini biasa dicari ketika musim mudik tiba karena biasa disantap bersama keluarga tercinta.

Olahan berbahan dasar tempe yang dibusukkan (tempe semangit atau tempe bosok) ini harganya sangat terjangkau. Meskipun harganya murah, tempe yang digunakan memiliki kualitas yang baik karena meskipun sudah dibusukkan selama 3 hari rasanya malah lebih enak.

3. Kupat Glabed

Kupat Glabed
Kupat Glabed

Kupat glabed adalah salah satu makanan khas tegal yang cukup terkenal, masyarakat tegal menyebutnya sebagai makanan khas hari raya, makanan ini berasal dari desa Randugunting, tegal.

Makanan kupat glabed ini hampir sama dengan kupat pada umumnya ini sangat cocok disantap dengan sate ayam atau lauk lainnya.

4. Nasi Bogana

Nasi Bogana
Nasi Bogana

Makanan khas Tegal ini sekilas mirip dengan nasi rames. Namun nasi bogana terdiri dari nasi putih yang lauknya bermacam-macam seperti kari ayam, opor ayam, telur pindang, dendeng, oseng tempe atau buncis, dan ditambah taburan bumbu serundeng.

Penganan khas Tegal ini disajikan menggunakan daun pisang sehingga menambah kesan alami dan tentu rasanya pun semakin nikmat.

5. Kemronyos

Kemronyos
Kemronyos

Kemronyos merupakan sate khas tegal yang cara pengolahannya berbeda dengan sate-sate lainnya. Sate ini dibakar tanpa menggunakan bumbu, sehingga rasa yang tersaji benar-benar berasal dari cita rasa daging kambing itu sendiri.

Dalam penyajiannya, Anda bisa menikmatinya dengan sambal, kecap, dan sayuran yang disediakan.

6. Soto Tauco

Soto Tauco
Soto Tauco

Soto khas Tegal ini bisa dibilang berbeda dengan soto-soto yang ada di daerah lainnya. Perbedaan soto ini karena rasanya manis, asam, dan asin yang berasal dari rasa dan aroma tauco.

Dalam semangkuk kecil soto ini, kita akan mendapatkan daging ayam yang disuwir-suwir, potongan babat rebus, tauge, bawang prei, brambang goreng, dan tauco.

7. Nasi Ponggol

Nasi Ponggol
Nasi Ponggol

Nasi Ponggol ini biasa dijadikan menu sarapan pagi oleh masyarakat Tegal. Isiannya ada nasi yang di sajikan dengan beberapa lauk seperti sambal goreng tempe.

Kemudian dibungkus dengan daun pisang dalam porsi yang tidak begitu banyak.  Karena kepopulerannya, saat ini nasi ponggol tidak hanya dijual saat pagi, tapi juga malam hari.

8. Rujak Teplak

Rujak Teplak
Rujak Teplak

Rujak teplak ini memiliki sambal yang khas karena ada campuran singkongnya. Rujak teplak terdiri dari aneka macam sayuran mulai dari kangkung, daun singkong, pare, kol dan tauge. Makan rujak teplak semakin nikmat dengan kerupuk.

9. Glotak

Glotak
Glotak

Makanan dengan bahan utama gembus ini disebut glotak dikarenakan pada saat proses memasaknya menimbulkan suara glotak-glotak dari tulang ayam yang bergesekan dengan panci. Glotak semakin sedap oleh tambahan beberapa rawit dan kerupuk antor atau kerupuk mie goreng.

10. Blendung

Blendung
Blendung

Blendung umumnya dijual di pasar tradisional. Terbuat dari jagung yang direbus hingga lunak lalu diberi sedikit bumbu dan parutan kelapa. Rasanya gurih dan sedikit ada rasa asinnya. Selain itu, manisnya jagung juga menambah kelezatan dari blendung ini.

11. Kacang Bogares

Kacang Bogares
Kacang Bogares

Rasa kacang bogares yang gurih, renyah, manis dan asin banyak digemari oleh masyarakat Tegal. Terbukti mereka selalu menyajikan kacang tersebut untuk menjamu para tamu di rumah.

Untuk mencari keberadaan camilan yang satu ini tidaklah sulit, kalian bisa datang saja ke toko penjual oleh-oleh khas Tegal yang banyak dijumpai di dekat alun-alun kota.

12. Jajanan Olos

Jajanan Olos
Jajanan Olos

Olos adalah salah satu camilan yang banyak digemari di Tegal. Camilan berbentuk bulat ini berisi sayuran dan cabai. Olos banyak dijual dalam gerobak-gerobak yang biasanya ada di depan sekolah-sekolah. Pecinta pedas jangan sampai melewati jajanan yang satu ini, ya !!!!

13. Latopia

Latopia
Latopia

Jalan-jalan ke Tegal jangan sampai melewatkan jajanan khas yang sudah sangat terkenal ini. Jajanan khas latopia terbuat dari tepung terigu yang dicampur dengan bahan lainnya sebagai isi latopia, seperti kacang hijau, cokelat dan strawberry.

14. Gemblong Ocar-Acir

Gemblong Ocar-Acir
Gemblong Ocar-Acir

Namanya kuliner ini unik ya gan, Gemblong ocar-acir. Bahan utama jajanan ini terbuat dari ketan dengan topping kelapa yang sudah diparut dan gula aren yang sudah dicairkan.

Tidak sulit menemukan penjual gemblong ocar-acir, datang saja ke pasar tradisional kota Tegal dan kamu sudah bisa menikmati gurih dan lezatnya jajanan ini.

15. Tahu Aci

Tahu Aci
Tahu Aci

Tahu Aci adalah salah satu kuliner yang tidak boleh teman-teman lewatkan bila mampir ke Tegal. Tahu aci terbuat dari tahu kuning persegi empat yang kemudian dibelah dua secara melintang.

Masing-masing belahannya diberi adonan yang terbuat dari tepung kanji atau aci, potongan daun kucai, dan bumbu lainnya. Lalu di goring hingga warna kuning keemasan.

16. Tahu Pletok

Tahu Pletok
Tahu Pletok

Selain tahu aci, kamu juga bisa mencicipi gurihnya tahu pletok. Jika tahu aci dibuat dengan cara membagi tahu kotak menjadi dua bagian dengan bentuk segitiga, tahu pletok terbuat dari potongan tahu aci yang dibelah-belah kembali, tetapi potongannya tidak sampai terlepas.

Rasanya tidak kalah gurih dari tahu aci. Biasanya pedagang yang menjual tahu aci juga akan menjual tahu pletok.

17. Es Sagwan

 

Es Sagwan
Es Sagwan

Setelah kenyang mencicipi makanan khas tegal, kalian bisa akhiri petualangan makan kalian dengan es sagwan ini. Di dalamnya segelas es sagwan terdapat butiran panjang berwarna putih yang terbuat dari tepung kanji.

Kalian juga bisa pilih rasa, mau pilih rasa strawberry atau cokelat sesuaikan saja dengan seleramu.

Baca juga : Makanan Khas Salatiga

18. Teh Poci

Teh Poci
Teh Poci

Teh Tegal atau sering juga disebut teh Slawi, menjadi istimewa bila diseduh air panas dalam poci gerabah, aromanya menjadi khas Poci disajikan dengan gula batu.

Yang membuat rasanya menjadi seperti itu karena ketika teh diseduh air panas, gerabah yang berpori-pori itu bereaksi dengan teh dan menimbulkan aroma yang khas. Sebagian lagi menyukai teh jika disajikan dalam poci keramik atau porselen.

Biasanya kegiatan menyeduh teh tersebut disebut moci, kegiatan moci sudah menjadi mentradisi bagi masyarakat Tegal dan sekitarnya.

19. Es Lontrong

Es Lontrong
Es Lontrong

Minuman legendaris di Tegal ini berisi kacang hijau dan cincau. Kemudian juga ditambah dengan gula merah dan santan. Kalian bisa ajak teman-teman kalian untuk menikmati minuman segar ini di Jalan Mayjend Sutoyo, Slawi. Tepatnya di dekat Telkom.

Itulah beberapa makanan unik khas tegal yang mesti kalian coba. Jika belum pernah merasakan salah satu hidangan di atas, berarti Anda belum pernah ke Tegal. Semoga bermanfaat ya gan infonya.

1 thought on “17+ Makanan Khas Tegal Yang Bisa Bikin Kamu Lupa Diri, Wajib Coba !!

Leave a Comment

WhatsApp Chat