13 Makanan Khas Tasikmalaya yang Harus Dicoba Ketika Berkunjung

Makanan Khas Tasikmalaya | Tasikmalaya adalah kabupaten yang terletak di provinsi Jawa Barat. Beragam kuliner khas ada di daerah ini. Beberapa mungkin sudah umum karena memang masakannya khas Sunda. Namun, tidak ada salahnya untuk menggali lebih jauh tentang makanan khas Tasikmalaya.

1. Nasi Tutug Oncom

Nasi Tutug Oncom

Kalau kamu berkunjung ke Tasikmalaya, makanan yang pertama harus dicicipi adalah Nasi Tutug Oncom. Dari nama tersebut, kamu bisa menerka apa saja isi dan rasanya. Nasi ini memang khas dan hanya ada di Tasikmalaya.

Sebagai salah satu makanan khas Tasikmalaya, makanan ini terbuat dari nasi, oncom, bawang merah, bawang putih, cabai rawit, kencur, kemangi, gula, garam, dan lauk pelengkap. Yang menarik adalah nasi ditumbuk dengan oncom agar bercampur.

 

2. Kupat Tahu

Kupat Tahu

Jika mendengar kupat tahu, pasti kamu berpikir makanan umum di pinggir jalan. Memang, makanan ini mudah ditemui di area manapun, bahkan di Tasikmalaya. Yang membedakan adalah ciri khas kupat tahu Sunda yang berbeda.

Kupat tahu menjadi pilihan tepat bagi yang ingin makan cepat tanpa mengurangi rasa khas Tasik. Penjualnya ada yang menjajakan di kaki lima, rumah makan, bahkan restoran. Oleh karena itu, kupat tahu menjadi bagian dari makanan khas Tasikmalaya.

3. Nasi Cikur

Nasi Cikur

Sebuah makanan khas dapat berasal dari suatu tempat lalu menyebar ke beberapa daerah hingga menjadi terkesan umum bagi masyarakat. Inilah yang terjadi dengan nasi cikur. Menurut cerita, makanan ini bermula dari tempat yang ada di pertigaan antara Jalan Tentara Pelajar dan Panyerutan.

Sebagai makanan khas Tasikmalaya, bahan bakunya pun tidak sulit. Kamu cukup menyediakan cikur, bawang putih, garam, dan cabai merah. Makanan ini kemudian dilengkapi dengan lauk untuk menambah kelezatan.

Baca juga : Makanan Khas Jakarta

4. Kolontong

Kolontong

Pernah mendengar Kolontong? Makanan ini sangat khas Tasikmalaya dan kamu pasti menyukai. Kolontong adalah makanan untuk camilan yang menggunakan beras ketan sebagai bahan. Baku. Pembuatnya mengolah khusus sehingga berbeda dengan opak.

Saat pertama kali merasakan, kamu pasti berpikir kolontong adalah varian dari opak. Tidak salah, tetapi makanan ini dapat disajikan kapan pun. Kamu cukup membelinya di toko-toko makanan khas Tasikmalaya.

5. Soto Ayam Pataruman

Soto Ayam Pataruman

Soto ayam menjadi makanan khas di banyak daerah, bahkan di Tasikmalaya. Dimana kamu akan menemukan soto ayam yang khas? Tempat yang harus dikunjungi adalah di Jalan Pataruman. Disana, ada soto ayam yang enak dan khas Tasik.

Sotonya mirip soto betawi dengan kuah kental. Namun, porsinya lumayan karena berisi banyak lauk. Kamu akan mendapatkan daging, empela, kepala, dan telur. Jadi, soto ini cocok untuk makan besar apalagi bersama teman dan keluarga.

6. Rengginang Oyek

Rengginang Oyek

Salah satu makanan khas Tasikmalaya adalah rengginang oyek. Kamu pasti beranggapan bahwa rengginang ini sama dengan rengginang lain di Jawa yang berbaha dasar beras atau nasi. Anggapan kamu salah karena rengginang oyek berbahan dasar singkong.

Singkong dikupas dan dibersihkan lalu diris tipis mirip beras. Setelah itu, singkong ditambah dengan ketumbar dan kencur. Proses selanjutnya adalah menjemur lalu menggoreng. Rengginang ini cocok untuk buah tangan karena tidak cepat basi.

7. Citruk

Citruk

Namanya unik yaitu Citruk singkatan dari Aci ngegetruk. Kamu sudah tahu bahan dasar citruk yaitu tepung kanji. Saat ini, makanan ini cukup sulit ditemukan karena jarang yang membuat. Jika kamu ke Tasikmalaya, cobalah membelinya untuk keluarga di rumah.

Cara membuatnya tidak sulit. Siapkan tepung tapioka lalu dicampur air hingga menjadi adonan yang liat. Tambahkan rempah dan garam sebagai pembentuk rasa. Setelah itu, adonan dibuat dalam bentuk kecil-kecil sebelum dimasak.

8. Opak

Opak

Makanan khas Tasikmalaya selanjutnya adalah opak. Untuk makanan ini, kamu pasti sudah umum menjumpainya bahkan di luar Tasikmalaya. Namun, rasa opak khas dan sambelnya akan berbeda jika menyicipi langsung.

Opak menggunakan beras ketan sebagai bahan dasar. Pembuatannya cukup memakan waktu tetapi cita rasa tidak diragukan. Rasanya gurih dan ada sambel yang siap menemani. Makanan ini cocok untuk acara ringan dan bersantai.

9. Kemplang

Kemplang

Beras ketan masih menjadi bahan untuk makanan khas Tasikmalaya yang satu ini. Beberapa orang menyebutnya kerupuk kempleng. Campurannya mirip seperti opak, tetapi kemplang menggunakan kelapa. Rasa khas ini yang membuatnya gurih.

Kamu bisa menemukan kemplang di banyak tempat. Masyarakat biasanya memakan kemplang bersama dengan sop, soto, atau bakso. Selain itu, kamu juga dapat menyediakan di rumah dan menikmati bersama teh hangat.

10. Keripik Sukun

Keripik Sukun

Pernah melihat buah sukun? Kini, pohon sukun sudah jarang ditemui yang berakibat menurunnya produksi keripik sukun. Sebagai makanan khas Tasikmalaya, kamu mungkin akan kesulitan menemukannya. Namun, beberapa produsen masih memproduksi dengan jumlah terbatas.

Buah sukun berbentuk bulat dan mirip nangka. Buah ini memiliki kandungan karbohidrat tinggi sehingga layak untuk dimakan. Untuk menjadi keripik, sukun dipotong tipis lalu dijemur dan digoreng. Keripik ini cocok untuk camilan saat santai di rumah.

11. Kalua jeruk

Kalua jeruk

Tasikmalaya memiliki makanan yang unik dan tidak ada di tempat lain. Makanan tersebut bernama kalua jeruk. Kamu pasti awam karena ingin tahu apa bahan dasar dari kalua jeruk. Yang menarik adalah makanan ini menggunakan kulit jeruk dan diproses mirip manisan.

Kulit jeruk sebagai makanan terdengar aneh. Namun, kalua jeruk telah dicampur perisa dan berbagai bahan tambahan sehingga layak dimakan. Ketika ke Tasikmalaya, cobalah makanan ini karena tidak akan ditemui di daerah lain.

12. Sale pisang

sale pisang

Di Tasikmalaya, sale pisang juga makanan khas. Kamu dapat membelinya di toko, warung, bahkan supermarket. Sale pisang memiliki rasa renyah, manis, dan enak untuk dihidangkan di rumah. Sale pisang memiliki harga terjangkau

Bahan pembuatan makanan ini adalah pisang yang sudah matang. Pisang tersebut di potong tipis lalu dijemur agar tuntas airnya. Setelah itu pisang ditambahkan gula untuk pemanis dan masukkan dalam adonan. Tentu saja, sale pisang khas Tasikmalaya tidak kalah dengan daerah lain.

Baca juga : Makanan Khas Bandung

13. Wajit Khas Tasik

Wajit Khas Tasik

Masih penasaran dengan makanan khas Tasikmalaya? Kamu harus mencoba wajit yang memiliki cita rasa manis. Bahan makanannya berasal dari gula merah dan kelapa yang dimasak ditungku dengan daun jagung. Cara masaknya unik dan hanya ada di Tasikmalaya.

Makanan ini tidak tersedia di luar Tasikmalaya. Bentuknya sangat liat diluar karena hasil panggang langsung. Namun, wajit memiliki tekstur lembut di bagian dalam. Rasa inilah yang membuat kamu ketagihan dan tidak akan pernah lupa ketika berkunjung ke Tasikmalaya.

Apa makanan favoritmu? Tasikmalaya memiliki beragam kuliner khas daerah. Sebagian mirip dengan daerah lain. Hal tersebut biasa karena Tasikmalaya juga bagian dari Jawa Barat. Kalau kamu berkunjung ke daerah ini, pastikan untuk mencicipi  dan membeli makanan khas Tasikmalaya untuk buah tangan.

Leave a Comment

WhatsApp Chat