Lezatnya 15 Makanan Khas Surabaya yang Harus Kamu Coba

Makanan Khas Surabaya – Dari yang sudah anda ketahui Surabaya merupakan salah satu kota terbesar di Indonesia. Dikenal dengan sebutan kota pahlawan, Surabaya memiliki banyak makanan tradisional yang dibuat dari bahan unik yang bisa anda jadikan oleh-oleh dari kota ini.

Nah…!! Untuk mencoba semua makanan khas Surabaya tidak akan bisa dijalani hanya dalam waktu satu hari saja dan tentunya akan membutukan budget yang cukup besar.

Berikut ini adalah beberapa makanan khas Surabaya yang bisa anda masukan dalam daftar prioritas untuk dicicipi.

1. Rujak Cingur

Rujak Cingur
Rujak Cingur

Makaankhas Surabaya yang satu ini pasti sudah pernah kamu dengar sebelumnya. Kuliner ini menggunakan bahan baku daging yang unik yaitu daging yang berasal dari bagian cingur (hidung) sapi. Teksturnya yang kenyal akan menimbulkan sensasi yang khas di lidah.

Terdapat banyak penjaja rujak cingur di Surabaya, yang hampir bisa ditemui di setipap sudut kota. Meskipun dijual dengan harga yang terbilang murah, kamu tidak akan menyesal jika mencoba makanan yang terbilang unik ini.

2. Lontong Balap

Lontong Balap
Lontong Balap

Makanan Khas Surabaya yang kedua adalah Lontong balap. Asal muasal lontong balap ini adalah konon berasal dari kebiasaan si penjualnya yang memikul barangnya dagangannya sambil berjalan dengan cepat seperti orang yang sedang balapan, akhirnya dinamai Lontong Balap.

Untuk menu makanan ini terdiri dari lontong, lentho, tahu goreng, tauge dan bawang goreng. Lontong balap biasa disajikan dengan touge yang banyak seperti gunung dan kemudian disiram kuah. Serta petis udang yang menambah kelezatan lontong balap yang disajikan ini.

3. Sate Klopo

Sate Klopo
Sate Klopo

Sate klopo menggunakan bahan-bahan yang sama seperti sate pada umunya, yaitu dari daging sapi atau daging ayam, dan bukan dari kelapa yang dibuat menjadi sate.

Biasanya sebagai pembeda akan ditambahkan campuran jeroan dan lemak sapi untuk menambah cita rasa gurih.

Sesuai dengan namanya dilumuri dengan parutan kelapa terlebih dahulu sebelum dibakar sehingga bisa menambah rasa gurih pada sate.

4. Rawon

Rawon
Rawon

Rawon adalah makanan khas Jawa Timur, semacam soto tapi berkuah hitam pekat. Warna hitam dari makanan ini berasal dari rempah yang bernama kluwak / kluwek.

Rawon biasanya menggunakan bahan daging sapi yang telah dipotong-potong dadu, dan seringkali ditambahkan campuran jeroan atau kikil sapi.

5. Tahu Campur

Tahu Campur
Tahu Campur

Untuk makanan yang satu ini berbahan dasar tahu. Makanan khas Surabaya ini disajikan dengan irisan daging sapi, perkedel singkong, tahu goreng, taoge, dan selada.

Kemudian ditambahkan bumbu petis yang hampir terdapat pada setiap makanan khas Surabaya.

6. Tahu Tek

Makanan Khas Surabaya Tahu Tek
Tahu Tek

Masih seputar tahu nih gan, kali ini menunya adalah tahu tek. Di dalam satu piring tahu tek berisi kentang, tahu goreng, lontong, dan tauge yang dipotong-potong dengan gunting.

Yang membuat uniknya makanan ini adalah semua bahan-bahan digunting dan bukan diiris dengan pisau dapur ala kadarnya. Suara dari gunting inilah yang menginspirasi nama makanan ini.

Seperti tahu campur, tahu tek juga menggunakan petis di atasnya, kemudian ditambahkan kerupuk juga sebagai pelengkap.

7. Pecel Semanggi

Pecel Semanggi
Pecel Semanggi

Pecel Semanggi ini agak menyerupai pecel seperti biasanya. Hanya saja untuk sayuran yang dipakai adalah daun semanggi ber beda dari pecel umumnya yang menggunakan daun singkong atau kangkung.

Penyajian pecel ini adalah dengan taoge yang direbus setengah matang, kemudian disiramkan bumbu pecel diatasnya dan diberi krupuk puli.

8. Nasi Goreng Jancuk

Nasi Goreng Jancuk
Nasi Goreng Jancuk

Nasi Goreng Jancuk menjadi sebuah makanan yang cocok bagi kamu penggemar kuliner pedas.

Nasi goreng dibuat dengan dicampur dengan banyak cabe rawit dan disaat proses mencicipi makanan, semua orang mengatakan “Jancuk!! pedes cak” setelah melahap nasi goreng. Nah, dari situlah muncul nama asal usul nama nasi goreng yang terkenal ini.

Nasi goreng ini biasanya di sajikan dalam porsi besar, bisa untuk 4-5 orang cocok buat kumpul-kumpul bareng temen-temen.                                                                               

9. Es Krim Zangrandi

Es Krim Zangrandi
Es Krim Zangrandi

Bagi kamu yang gemar menyantap es krim, jangan lewatkan kesempatan untuk mencicipi es krim Zangrandi yang sudah melegenda di Surabaya. Tidak  cuma cita rasa es krimnya yang lezat, tempatnya pun juga nyaman buat kumpul.

Outlet es krim Zangrandi ini berada di Jalan Yos Sudarso dan sudah berdiri sejak 1933. Sampai sekarang tempat ini juga masih mempertahankan suasana restoran yang klasik dan otentik.

10. Sego Sambel

Sego Sambel
Sego Sambel

Makanan ini menjadi sebuah kuliner yang sangat fenomenal di kalangan pemuda pemudi arek-arek suroboyo. Penjaja makanan ini biasanya mulai buka jam 22.00 – selesai.

Penampilan makanan ini terlihat unik karena nasinya tertutup oleh sambal dan lauknya yang banyak. Ada beberapa jenis lauk yang ditawarkan dalam menu makanan ini, mulai dari tempe goreng, telur dadar, dan ikan pari panggang.

11. Sate Lisidu

Sate Lisidu
Sate Lisidu

Kuliner khas Surabaya yang berikutnya adalah Sate Lisidu. Sate ini dibuat dari daging ayam kampung yang dibentuk pipih untuk memungkinkan bumbu kacang lebih mudah meresap.

Sate ini disajikan dengan tempat memanggang sate yang akan menjaga suhu, kelezatan makanan dan bisa kamu gunakan untuk memanggang sate sendiri di atas meja.

12. Nasi Cumi

Nasi Cumi
Nasi Cumi

Seperti namamnya makanan ini menggunakan cumi sebagai lauk utamanya. Kalau dilihat dari tampilanya bisa dibilang kuarng menarik karena tinta cumi yang digunakan.

Tapi jangan salah gan, beda dengan tampilanya rasa yang di tawarkan sangat lezat dan harganyapun terjangaku. 

13. Mie Pecun

Mie Pecun
Mie Pecun

Jangan ngaku pencinta makanan pedas kalo belum cobain mie pecun, dikedai ini menyediakan menu dengan nama yang unik dan kreatif diantaranya mie goreng yang diberi nama Pecun Bahenol, Pecun Maniac, Pecun Senggol Telor, dan Pecun Bugil. Selain mie goreng anda bisa pesan mie rebus yang diberi nama Pecun Gatal, Pecun beceks, Pecun Klomoh, Pecun Mletek Suwek.

Nama-nama yang unik ini di maksudkan untuk menarik kesan pelanggan. Rasa dari hidangan mie disini sangat lezat dan pedas, untuk kalian yang suka pedas gak lengkap rasanya kalo gak cobain ini.

14. Kepiting Cak Gundul

Kepiting Cak Gundul
Kepiting Cak Gundul

Warung Kepiting Cak Gundul sudah ada di Surabaya sejak tahun 1992,  itulah yang menjadikan warung kepiting ini cukup terkenal di Surabaya. Warung ini menyajikan menu andalan berbahan dasar kepiting yaitu kepiting bumbu kare dan kepiting asam manis.

Tidak hanya kepiting saja disini juga tersedia berbagai macam hidangan laut yang bisa anda pesan.

15. Mie Akhirat

Mie Akhirat
Mie Akhirat

Didengar dari namanya saja sudah bikin penasaran ya gan. Mie Akhirat ini adalah mie yang memiliki keunikan dengan menggunakan dua varian warna, yaitu warna putih berarti surga dan warna hitam berarti neraka.

Tema yang unik ini diangkat dari tempat yang tidak jauh-jauh dengan urusan dunia setelah kematian yaitu akhirat.

Cara yang unik juga digunakan untuk menarik perhatian pelanggan, mulai dari menggratiskan bagi pembeli yang berbuka puasa setiap hari senin dan kamis, atau diskon menarik buat kamu yang sedang jomblo menahun.

Itulah list makanan khas Surabaya yang bisa anda masukan dalam daftar buruan kuliner anda. Semoga artikel ini bisa membantu anda yang bersiap ingin berlibur ke kota Surabaya.

Thanks…..

Leave a Comment

WhatsApp chat Chat