12+ Makanan Khas Sumedang yang Wajib Masuk Daftar List

Makanan Khas Sumedang | Sumedang merupakan salah satu kabupaten yang masuk dalam wilayah provinsi Jawa Barat. Letak geografis Sumedang yang cukup strategis yakni dilintasi oleh jalur utama Bandung Cirebon, membuat kota ini banyak disinggahi orang ketika melintasinya.

Di sana terdapat beberapa makanan khas Sumedang yang harus Anda coba ketika singgah. Berbagai kuliner makanan khas Sumedang ini memiliki citarasa yang unik dan tidak diragukan lagi keenakannya.

Untuk itu akan dibahas beberapa makanan Sumedang yang tentunya akan menggoyang lidah Anda. Dan jangan lupa untuk mencobanya  ketika Anda singgah di Sumedang. Berikut Ulasannya.

1. Tahu sumedang

Tahu sumedang

Makanan khas Sumedang yang paling populer adalah tahu Sumedang. Dimana Tahu Sumedang ini berbahan dasar kacang kedelai yang dilumuri bumbu khusus pada proses pengolahannya. Sehingga menjadikan tahu Sumedang sebagai cemilan yang populer.

Tahu Sumedang memiliki citarasa yang lezat dan memiliki tekstur yang renyah. Pasalnya resep tahu Sumedang ini sudah diturunkan secara turun menurun dari generasi ke generasi. Tahu Sumedang ini enak sekali disantap ketika masih hangat dengan menggunakan cabai iris.

2. Ubi Cilembu

Ubi Cilembu

Ubi cilembu juga menjadi salah satu makanan khas Sumedang yang cukup terkenal. Pasalnya banyak orang yang berkunjung ke Sumedang untuk mencari ubi cilembu. Ubi ini memiliki rasa yang berbeda dengan ubi pada umumnya.

Rasanya yang manis membuat ubi cilembu ini sering disebut sebagai ubi madu. Ubi jenis ini diproduksi langsung dari lahan pertanian yang terdapat di Tanjungsari. Ubi cilembu ini dioleh dengan cara dibakar atau menggunakan oven dan disajikan ketika panas.

3. Soto bongko

Soto bongko

Soto bongko menjadi salah satu makanan khas Sumedang yang banyak dicari oleh banyak orang. Pasalnya soto bongko disajikan bersama dengan potongan lontong yang diaruh dalam bungkusan besar. Ini merupakan ciri khas dari soto bongko.

Selain menggunakan lontong, soto bongko juga disajikan bersama potongan tahu kuning yang sudah digoreng, tauge, dan disiram dengan kuah kari yang bersantan. Dalam kuahnya juga terdapat potongan ayam di bagian kepala, sayap maupun ceker.

Baca juga : Makanan Khas Depok

4. Sambal Oncom

Sambal Oncom

Jika mendengar tentang sambal tentu Anda sudah terpikirkan rasa pedas yang tentunya akan enak dicampur dengan apa saja. Jika biasanya sambal menggunakan cabai sebagai bahan utamanya, namun berbeda dengan sambal di Sumedang yang menggunakan oncom.

Sambal di Sumedang bukan hanya menggunakan bawang dan cabai saja tetapi juga ditambahkan oncom sebagai bahan pelengkapnya. Sambal ini juga ditambahkan bumbu khusus yang mana akan memancarkan citarasa yang lezat.

5. Tape Singkong

Tape Singkong

Tape singkong menjadi salah satu makanan khas Sumedang yang terbuat dari ketela pohon atau singkong pilihan. Dimana singkong pilihan ini dipanen dari pertanian pribadi yang berada di Sumedang dan diolah sehingga menghasilkan rasa yang lezat.

Tape singkong ini juga dikenal dengan nama peyeum sampeu. Dimana sekarang tape singkong di modifikasi dengan berbagai varian rasa yang dikemas dengan menarik. Karena hal tersebutlah banyak sekali wisatawan yang menyukai tape singkong ini.

6. Opak Ketan

Opak Ketan

Jika Anda singgah di Sumedang maka tentu akan melihat banyak opak ketan yang dijual di piggiran jalan. Opak ketan sudah terbukti kelezatannya sehingga banyak dicari oleh para wisatawan.

Opak ketan memiliki keunggulan karena terbuat dari sari kelapa yang khas di campur dengan beras ketan pilihan. Pasalnya proses pembuatan opak ketan ini juga masih cukup tradisional. Hal tersebutlah yang membuat opak ketan menjadi istimewa.

7. Emplod Khas Sumedang

Emplod Khas Sumedang

Mungkin belum banyak orang yang mendengar makanan emplod ini. Pasalnya emplod menggunakan bahas dasar singkong yang dihaluskan kemudian dicampur dengan parutan kelapa. Emplod menjadi salah satu makanan khas di Sumedang yang sangat populer.

Emplod ini diolah dari singkong, garam dan minyak goreng. Pasanya singkong yang telah dikukus kemudian akan dicampurkan dengan sedikit garam. Olahan ini akan dibentuk seperti belah ketupat atau sesuai keinginan Anda kemudian digoreng hingga kecoklatan.

8. Kadedemes

Kadedemes

Tentu banyak masyarakat yang belum mengetahui tentang kadedemes. Ini merupakan jenis makanan berupa oseng oseng kulit singkong. Jenis singkong yang dipakai untuk pembuatan kadedemes adalah ketela pohon. Kadedemes ini menjadi salah satu makanan utama Sumedang.

Jika biasanya orang akan membuat kulit singkong yang dikupas. Namun, di Sumedang kulit singkong ini diolah menjadi masakan yang bercita rasa enak. Yang diolah menjadi kadedemes adalah bagian dalam singkong yang berwarna putih bukan bagian kulit luarnya.

9. Lahang

Lahang

Lahang ini merupakan salah satu minuman isotonik yang terbuat dari bahan alami dan tentunya tidak mengandung zat yang berbahaya dalam tubuh. Sehingga tentunya akan sangat baik dikonsumsi sebagai minuman penambah energi.

Lahang merupakan minuman tradisional yang memiliki rasa manis dan menyegarkan. Pasalnya satu gelas lahang dijual denga harga yang cukup murah. Minuman ini bisa Anda konsumsi untuk mengembalikan kebugaran tubuh Anda.

10. Bandrek

Bandrek

Bukan hanya makanan khas Sumedang yang terkenal, tetapi minuman di Sumedang juga sangat terkenal. Salah satu minuman yang populer di Sumedang adalah bandrek. Ini merupakan minuman tradisional yang tentunya mudah untuk Anda temui di Sumedang.

Seiring perkembangan zaman minuman bandrek ini juga dimodifikasi menjadi bandrek yang lebih modern yang menggunakan kemasan untuk dijual. Karena rasanya yang begitu unik, bandrek ini bahkan sudah merambah pasar internasional seperti Australia dan Eropa.

Baca juga : Makanan Khas Sukabumi

11. Asinan Sukasari

Asinan Sukasari

Tentu sudah banyak masyarakat yang mengetahui tentang asinan sukasari. Pasalnya asinan sukasari ini merupakan salah satu makanan khas Sumedang yang banyak disukai oleh banyak orang. Asinan ini terdiri dari dua jenis yaitu asinan buah dan sayur.

Asinan ini terbuat dari bahan buah ataupun sayuran yang sudah direndam dalam air gula selama beberapa jam kemudian disajikan. Asinan ini sangat cocok dimakan ketika siang hari yang panas. Anda wajib mencoba asinan ini ketika singgah di Sumedang.

12. Opak Oded

opak oded

Opak oded merupakan salah satu makanan khas Sumedang yang ringan untuk dikonsumsi. Opak jenis ini sudah terkenal sampai mancanegara karena rasanya yang khas. Opak oded ini miliki bentuk yang bulat dan memiliki warna yang kecoklatan.

Jika dilihat memang opak ini agak sedikit gosok. Namun opak ini memiliki rasa yang renyah dan empuk karena terbuat dari beras ketan pilihan. Opak ini juga cenderung seperti kerupuk yang dikonsumsi sebagai pelengkap.

Itulah beberapa ulasan makanan khas Sumedang yang wajib Anda coba ketika singgah ke Sumedang. Banyak masyarakat yang sengaja berlibur kesuatu tempat atau daerah untuk bisa melihat budaya dan mencoba berbagai makanan khasnya. Dengan mencoba beberapa makanan khas tentunya bisa menambah rekomendasi Anda tentang citarasa makanan.

Dengan mengetahui beberapa ulasan makanan maka Anda tidak lagi perlu bingung untuk mencoba apa ketika singgah di Sumedang. Dijamin Anda akan ketagihan dengan makanan Sumedang ini.

Leave a Comment

WhatsApp Chat