Makanan Khas Sukabumi yang Wajib Dicoba

Makanan Khas Sukabumi | Sukabumi merupakan sebuah kota kecil yang terdapat di Provinsi Jawa Barat. Sukabumi memiliki udara yang cuku p sejuk sehingga banyak orang yang suka menetap disana.

Karena udara yang sejuk banyak juga masyarakat yang pergi berlibur ke Sukabumi. Meskipun Sukabumi memiliki wilayah yang cukup kecil namun banyak sekali yang bisa Anda temukan disana.

Selain banyak tempat wisata, di sana juga terdapat berbagai makanan khas Sukabumi yang wajib Anda coba ketika kesana. Berikut akan diulas beberapa makanan yang tentunya akan menggugah selera Anda.

1. Bubur Ayam Bu Nut

Bubur Ayam Bu Nut

Makanan khas Sukabumi yang pertama akan dibahas adalah bubur ayam Bu Nut. Pasalnya bubur ayam ini sangat terkenal di Sukabumi. Bahkan sudah banyak cabang yang tersebar di Sukabumi.

Rumah makan Bu Nut ini berkonsepkan modern dan tradisional dimana terdiri dari dua ruangan yaitu indoor dan outdoor. Udara Sukabumi yang sejuk membuat sajian bubur ayam ini menjadi istimewa. Bubur ayam disini terdiri dari ayam, kacang, cakwe, dan diberi kuah santan.

2. Bandros

bandros khas sukabumi

Bandros merupakan salah satu makanan khas Sukabumi yang terkenal dan menjadi primadona banyak wisatawan. Bandros biasanya akan lebih enak jika disantap bersama segelas teh hangat. Harga bandros yang cukup terjangkau menjadi salah satu daya tariknya.

Bandros merupakan kue khas Sukabumi yang diolah secara tradisional. Anda bisa menemukan penjual bandros di pinggir jalan. Biasanya bandros dijual dari pukul 9 malam hingga 6 pagi. Banyak juga masyarakat yang nongkrong di warung bandros ini.

3. Mochi Khas Sukabumi

Mochi Khas Sukabumi

Tentu kebanyakan orang sudah banyak yang mengetahui tentang mochi. Bahkan kebanyakan orang sekedar mampi untuk membeli mochi. Memang mochi buatan Sukabumi ini sudah terkenal hingga ke beberapa daerah.

Mochi buatan Sukabumi ini memiliki tekstur yang lembut dan kenyal. Apalagi sekarang mochi sudah dimodifikasi dengan berbagai warna dan rasa. Sehingga tentunya mochi semakin lebih menarik. Anda bisa membeli mochi untuk dimakan sendiri atau dijadikan oleh-oleh.

Baca juga : Makanan Khas Tasikmalaya

4. Roti Priagan

Roti priagan merupakan salah satu makanan khas Sukabumi yang tidak boleh Anda lewatkan ketika mampir ke Sukabumi. Kue tradisional ini dibuat dengan adonan khusus dan campuran khusus sehingga menghasilkan kue dengan citarasa yang lezat.

Salah satu toko yang sejak lama menjual roti priagan ini adalah Toko Roti Priagan Oey Tjiang Lie. Meskipun dibuat oleh pribumi namun roti ini memiliki rasa khas Belanda. Roti priagan ini sangat sehat untuk dikonsumsi karena tidak menggunakan bahan pengawet.

5. Wedang Ronde

Wedang Ronde

Wedang ronde merupakan salah satu minuman yang bisa menghangatkan badan Anda. Karena rasanya yang khas banyak sekali wisatawan yang mencari wedang ronde ketika berkunjung ke Sukabumi.

Anda bisa menemukan penjual wedang ronde di pinggir jalan. Biasanya pedagang wedang ronde juga menjual bandros. Sehingga Anda bisa langsung mencoba keduanya. Biasanya wedang ronde hanya dijual pada malam hari saja.

6. Nasi Uduk Ungu

Nasi Uduk Ungu

Nasi uduk ungu menjadi salah satu makanan khas Sukabumi karena memiliki warga nasi yang unik. Jika biasanya nasi disajikan berwarna putih, berbeda dengan nasi uduk ini yang berwarna ungu.

Pasalnya warna ungu dari nasi tersebut didapatkan dari campuran ubi ungu. Ubi ungu digunakan sebagai bahan pewarna makanan yang alami sehingga tentunya aman untuk dikonsumsi. Nasi uduk ungu ini akan disajikan dengan beberapa lauk seperti telor dadar, sambal dan juga lalapan.

7. Kue Jahe

Kue Jahe

Kue jahe ini hanya bisa Anda temukan ketika berkunjung ke Sukabumi. Kue jahe ini merupakan olahan kue yang terbuat dari jahe parut yang dicampur dengan gula. Biasanya kue jahe ini disajikan sebagai cemilan minum teh.

Rasa manis dan hangat yang diberikan oleh kue jahe ini pasalnya sudah menjadi legendaris. Karena kue jahe ini sudah lama terkenal sejak zaman Belanda. Kue jahe ini akan cocok menemani hari santai Anda sambil menghirup udara segar.

8. Leor Daging

Leor Daging

Mungkin belum banyak masyarakat yang mengetahui tentang leor daging ini. Leor daging merupakan makanan khas Sukabumi yang mempunya tekstur mirip dengan semur namun memakai daging dari pipi sapi.

Leor daging ini memiliki rasa khas pedas manis yang mana banyak rempah yang digunakan dalam pengolahannya. Jenis makanan ini akan cocok disajikan dengan nasi hangat. Rasa kaya akan rempah yang membuat banyak orang ingin mencobanya.

9. Nasi Hijau

nasi hijau

Kreasi makanan khas Sukabumi yang cukup populer adalah nasi hijau. Dimana warna hijau didapatkan dari campurkan daun bayam dan bubu khas Sukabumi. Dengan begitu nasi hijau ini sangat aman untuk dikonsumsi dan tentunya lezat.

Biasanya nasi hijau ini akan disajikan lengkap dengan lauknya seperti ayam goreng, telur dadar, tahu, tempe, sambal, kerupuk dan juga akan diberikan taburan bawang goreng diatasnya. Perpaduan ini tentu akan lumer dimulut Anda dan sangat lezat untuk dimakan.

10. Deblo

Deblo

Deblo merupakan salah satu makanan di Sukabumi yang sudah cukup terkenal sejak dahulu. Namun seiring perkembangan zaman deblo sudah susah untuk didapatkan. Pasalnya deblo terbuat dari bahan dasar singkong.

Singkong pilihan akan ditumbuk sampai halus kemudian diberikan bumbu berupa bawang putih, kunyit, daun bawang, garam dan juga merica. Setelah teraduk maka akan dibentuk menjadi sebuah adonan yang kemudian digoreng. Deblo memiliki rasa yang gurih dan asin.

Baca juga : Makanan Khas Jakarta

11. Sate Aci

Sate Aci

Sate aci merupakan makanan khas Sukabumi yang terbuat dari tepung kanji yang akan di bentuk bulat bulat kemudian ditusuk dengan batang lidi. Aci ini akan disajikan dengan bumbu kacang yang ditabur diatasnya. Sate aci ini memiliki rasa yang kenyal.

Aci sebelum diolah dicampurkan dengan penyedap rasa dan air terlebih dahulu. Kemudian adonan akan dimasak dan dicampurkan diatas kompor. Kemudian tuang adonan ke cetakan dan tunggu hingga dingin untuk dipotong.

12. Sagon Bakar

Sagon Bakar

Sagon bakar merupakan makanan khas Sukabumi yang bisa Anda temukan di pinggir jalan. Sagob bakar ini terbuat dari parutan kelapa yang telah diolah. Biasanya sagon bakar disajikan berbentuk persegi panjang ataupun kotak.

Sagon bakar memiliki rasa yang gurih khas dengan rasa kelapa. Olahan kelapa ini akan disajikan setelah dibakar. Pasalnya sagon bakar ini akan cocok Anda jadikan cemilan sambil nongkrong. Ini merupakan makanan yang akan membuat Anda ketagihan.

Itulah beberapa makanan khas Sukabumi yang tidak bisa Anda lewatkan. Ketika Anda berkunjung ke Sukabumi maka Anda harus mencobanya. Tidak usah khawatir jika Anda kesulitan untuk menemukan makanan tersebut. Karena pasalnya makanan-makanan khas Sukabumi ini dijual di pinggir jalan dan mudah sekali ditemukan. Jangan lupa mengajak teman atau saudara Anda untuk merasakan sensasi keunikan dari makanan khas Sukabumi ini. Dengan mencoba berbagai makanan khas dari suatu daerah tentu bisa menambahkan wawasan Anda tentang wisata kuliner.

Leave a Comment

WhatsApp chat Chat