13 Makanan Khas Subang yang Lezat dan Wajib Dicoba

Makanan Khas Subang | Ada banyak makanan khas Subang yang terkenal lezat dan wajib untuk dicoba. Meski daerah seputar pantura ini bukanlah daerah yang identik dengan tujuan wisata, namun tetap saja banyak orang yang berkunjung ke Subang untuk jalan-jalan dan wisata kuliner. Apa saja kira-kira makanan khas dari Subang yang harus dijajal? Berikut ini daftarnya.

1. Nanas Simadu

Nanas Simadu

Makanan khas Subang yang paling terkenal tentu saja adalah nanas simadu. Buah nanas ini banyak ditemui di daerah Subang. Rasanya lebih manis dan legit dibandingkan dengan buah nanas yang tumbuh di daerah lain.

Nanas simadu sudah terasa lezat saat dimakan langsung. Namun, banyak juga industri rumahan di Subang yang mengolah buah nanas simadu menjadi aneka makanan dan camilan, termasuk menjadi keripik dan dodol.

2. Gitrek Khas Subang

Gitrek Khas Subang

Gitrek adalah keripik khas Subang. Keripik berbahan dasar singkong ini sangat lezat dan renyah saat dimakan. Camilan gitrek bisa ditemukan di berbagai toko oleh-oleh di sudut-sudut kota Subang.

Saat ini, gitrek tak hanya memiliki rasa gurih. Sudah banyak keripik gitrek yang diberi rasa-rasa kekinian untuk memikat pembeli, seperti rasa keju, pedas, maupun rasa sapi panggang.

3. Peuyem Ketan

Peuyem Ketan

Peuyem adalah makanan khas Jawa Barat yang tentu saja juga tersedia di Subang. Di daerah Subang, peuyem tidak menggunakan singkong sebagai bahan utamanya. Alih-alih menggunakan singkong, peuyem khas Subang menggunakan bahan ketan.

Peuyem yang dibungkus rapi dengan daun pisang ini memiliki aroma khas yang menggugah selera. Makanan khas Subang ini cocok dimakan langsung maupun diolah menjadi sajian lainnya.

  1. Baca juga : Makanan Khas Sumedang

4. Abon Jantung Pisang

Abon Jantung Pisang

Jika abon biasanya terbuat dari daging sapi atau ayam, Subang memiliki makanan khas berupa abon namun dengan bahan dasar yang tidak biasa. Abon khas Subang dibuat dari olahan jantung pisang.

Meski bahannya jantung pisang, rasa dan tekstur abon ini tak beda jauh dari abon sapi pada umumnya. Rasanya lezat dan tentunya cocok untuk orang-orang yang tidak mengonsumsi daging (vegetarian).  Inilah mengapa makanan khas Subang ini cukup laris dicari di toko oleh-oleh.

5. Dodol Nanas

Dodol Nanas

Seperti yang sudah dibahas tadi, Subang merupakan daerah yang cocok untuk budidaya nanas, terutama nanas simadu. Nanas dengan rasa legit dan manis ini memang melimpah ruah di daerah Subang.

Alhasil, nanas simadu juga diolah menjadi makanan lain. Salah satunya dodol. Dodol nanas memiliki tekstur yang lembut, sedikit kenyal, dan legit. Rasanya manis dan cocok dimakan untuk teman minum teh di sore hari. Makanan khas Subang ini mudah ditemui di berbagai toko oleh-oleh seputaran Subang.

6. Tutut Soding

Tutut Soding

Tutut soding adalah makanan khas Subang yang terbuat dari keong sawah. Ya, bahan utamanya yang berupa keong sawah mungkin membuat geli beberapa orang. Namun, saat sudah mencoba, rasanya lezat masakan ini pasti membuat ketagihan.

Masakan tutut soding ini memiliki citarasa yang gurih-manis dan sedikit pedas. Banyak yang suka menyantapnya dengan sepiring nasi putih hangat, namun banyak juga yang lebih senang menyantapnya sebagai makanan selingan.

7. Tape Ketan

Tape Ketan

Makanan yang satu ini hampir sama dengan peuyem ketan. Namun, tape ketan biasanya dibuat untuk dimakan sebagai campuran es atau sebagai isian kue. Tape ketan khas Subang memiliki rasa yang lebih manis jika dibandingkan dengan tape ketan pada umumnya.

Tape ketan mudah ditemui di pasar-pasar tradisional di Subang. Banyak juga yang dijual di toko oleh-oleh. Karena tape ketan biasanya basah dan lembek, makanan ini tidak begitu tahan lama sehingga kurang cocok dijadikan oleh-oleh, terutama bagi yang harus menempuh perjalanan cukup lama.

8. Ikan Lapan Crispy

Ikan Lapan Crispy

Berada di daerah pantura, Subang memiliki hasil laut dan sungai yang melimpah. Salah satunya adalah ikan lapan. Ikan kecil-kecil ini gampang ditemui di sungai-sungai di Subang. Karena jumlahnya melimpah, banyak orang yang kemudian menangkap ikan-ikan ini untuk dijadikan bahan makanan.

Salah satu hasil olahan ikan lapan adalah ikan lapan crispy. Ikan lapan yang sudah dicuci bersih dan dibumbui kemudian digoreng garing dengan lapisan tepung crispy. Tekstur renyahnya sangat menggoda dan cocok dijadikan lauk nasi putih ataupun sebagai camilan biasa.

9. Oncom Dawuan

Oncom Dawuan

Oncom adalah salah satu kuliner paling terkenal se-Jawa Barat. Di Subang, daerah penghasil oncom yang ternama adalah daerah Dawuan. Maka, salah satu makanan khas Subang yang terkenal tentu saja adalah oncom dawuan.

Oncom dawuan dibuat dari kacang tanah terbaik dan proses pengolahannya terbilang masih tradisional, yaitu dengan tungku api. Rasa yang tercipta menjadi sangat nikmat dan menggoda selera.

10. Nasi Liwet Subang

Nasi Liwet Subang

Nasi liwet tidak hanya terkenal di daerah Solo, Jawa Tengah, saja. Subang juga memiliki nasi liwet khas yang tak kalah enak dengan yang ada di Solo. Nasi liwet khas Subang disajikan dengan lauk pauk khas Jawa Barat, seperti ikan nila goreng dan sambal terasi.

Nasi liwet khas Subang cocok disantap hangat-hangat di tengah cuaca daerah Subang yang terkenal dingin. Ada beberapa rumah makan terkenal di Subang yang menjual nasi liwet dengan rasa yang jempolan, salah satunya ada di Desa Sukamelang.

11. Bubuy Ayam Subang

bubuy ayam subang

Bubuy ayam Subang merupakan makanan khas Subang berupa pepes ayam. Jika biasanya pepes dibuat dari bahan baku ikan atau tahu, maka di Subang ayam menjadi bahan utama pepes. Rasanya? Amat sangat lezat dan wajib dicoba.

Pepes ayam khas Subang ini dilumuri dengan bumbu rempah dan dibungkus dengan daun pisang. Ada beberapa yang dimasak dengan cara dikukus, namun ada juga yang dibakar. Makanan ini juga cocok untuk dibawa sebagai buah tangan bagi wisatawan.

12. Gepuk Daging

Gepuk Daging

Gepuk daging sudah terkenal seantero Indonesia, terutama di daerah Jawa Barat. Di sekitar Subang sendiri, gepuk daging merupakan makanan wajib yang ada di warung-warung makanan. Lauknya gepung daging pada umumnya, gepuk khas Subang memiliki citarasa legit dan manis.

Banyak gepuk daging khas Subang yang kini sudah dikemas secara modern, baik dengan menggunakan plastik kedap udara maupun dengan kaleng. Alhasil, gepuk cocok dijadikan sebagai oleh-oleh dan akan bertahan cukup lama sepanjang perjalanan.

Baca juga : Makanan Khas Depok

13. Kerupuk Miskin

Kerupuk Miskin

Makanan khas Subang yang terakhir di daftar ini adalah kerupuk miskin. Kerupuk berwarna merah muda dan kuning ini diberi nama “miskin” karena digoreng dengan menggunakan pasir, bukan dengan minyak goreng.

Pasir panas digunakan untuk menggoreng kerupuk kering mentah. Saat kerupuk sudah matang dan mekar, kerupuk siap disantap. Camilan berbahan dasar tepung ketela ini sangat renyah dan nikmat, cocok dijadikan sebagai pendamping lauk saat makan maupun sebagai kudapan sehari-hari.

Nah, banyak sekali bukan makanan dari Subang yang terlihat enak dan menggugah selera? Maka dari itu, jangan lupa jika kamu berkunjung ke Subang, cicipilah makanan-makanan yang ada di daftar tadi. Semua makanan khas Subang di atas juga cocok dibawa sebagai oleh-oleh.

Leave a Comment

WhatsApp Chat