Enak !! Makanan Khas Sragen Ini Patut Untuk Dicoba dan Dijadikan Oleh-oleh

Makanan Khas Sragen – Kalau berbicara tentang Kabupaten Sragen di Jawa Tengah ini pasti yang ke ingat museum manusia purba di sangiran. Selain meiliki tempat-tempat yang unik, namun ada makanan dan camilan khas Sragen yang enak dan murah wajib dibawa pulang sebagai oleh-oleh.

Apa saja makanan khas Sragen ?, langsung simak aja ya….

1. Soto Girin

Soto Girin
Soto Girin

Bagi warga Sragen dan sekitarnya nama Soto Girin sudah tidak asing bahkan sudah menjadi legenda dan salah satu icon wisata kuliner di Kabupaten Sragen. Mbah Girin mulai merintis membuka warung soto sejak tahun 1954 silam.

Rahasia kehebatan soto ini adalah terletak pada cara memasaknya yang tidak pernah di rubah dari sejak didirikan oleh Bapak Girin, soto ini dimasak didalam kuali yang terbuat dari tanah liat dan menggunakan kayu bakar sebagai perapianya dan tentunya menggunakan bumbu-bumbu rahasia lain.

2. Sate Kelinci Pak Peng

Sate Kelinci Pak Peng
Sate Kelinci Pak Peng

Hidangan khas yang kedua dari Sragen adalah sate kelinci. Warung yang kami rekomendasikan adalah Warung Pak Peng hidangan daging kelinci disate dengan tambahan bumbu spesial sehingga rasanya jadi istimewa.

Jika ingin mencoba sajian sate kelinci ini kalian harus sabar mengantri. Karena bisanya antriannya panjang, apalagi saat jam makan siang. anda yang suka sate kelinci jangan lewatkan sate kelinci di sini di jamin satenya sangat enak sekali.

3. Bothok Mercon

Bothok Mercon
Sumber : diahdidi.com

Untuk kalian penggemar sajian pedas bothok mercon ini bisa jadi pilihan santapan anda. Bothok mercon ini pedasnya begitu terasa hingga membuat lidah panas.

Jangan khawatir, meski terkenal pedas tapi menu ini tetap aman dikonsumsi. Bahan yang digunakan untuk membuat bothok mercon biasanya adalah ikan patin. Sedangkan penjualnya, bisa kamu temukan di Warung di dekat Jembatan Gawan milik Wiro Admojo dan Tumiyem.

4. Bakso Rusuk Palur

Bakso Rusuk Palur
Bakso Rusuk Palur

Para penggemar bakso menu ini bisa jadi menu favorit kalian. Bako rusuk palur ini sangat direkomendasikan, dengan kuah kaldunya yang berasa banget.

Belum lagi bakso dengan tekstur empuk serta pelengkap lainnya membuat satu porsi saja jadi kurang. Sesuai namanya, ada rusuk di dalam bakso. Jadi ketika kamu menggigitnya ada tekstur yang renyah.

Ada beberapa pilihan menu seperti bakso biasa (polos), bakso rusuk ( iga sapi ) dan bakso tetelan. Pilih saja sesuai dengan seleramu. Kalian bisa menjumpai menu bakso ini di Jl. Sukowati, Sine, Kec. Sragen, Kabupaten Sragen

5. Sate Kambing Widi

Sate Kambing Widi
Sate Kambing Widi

Selain sate kelinci diatas sragen jua memiliki menu sate lain. Banyak yang menjual kuliner sate ini dengan berbagai inovasi. Baik dalam hal rasa maupun tampilan.

Seperti Warung sate H. Widi ini, cerita soal kenikmatannya sudah terkenal ke mana-mana dan jadi jujukan pelanggan dari berbagai daerah dan kalangan. Daging kambing yang diolah di sini tidak dipilih sembarangan, melainkan dirawat dan disembelih sendiri oleh pemilik warung.

Warung sate widi ini berlokasi di Dukuh Kajen, Desa Celep, Kedawung, Sragen.

6. Rengginang Tiwul

Jajanan Rengginang Tiwul
Jajanan Rengginang Tiwul

Kalau biasanya rengginang dibuat dari ketan, beda dengan rengginang dari sragen ini. Kuliner Rengginang Tiwul khas Sragen, merupakan salah satu makanan khas Sragen yang rasanya nikmat dan bikin mau tambah lagi.

Rasanya dominan gurih dan renyah, menjadikan makanan satu ini sangat pas untuk Anda nikmati sebagai camilan bersama kopi dan teh. Bila Anda ingin membelinya, Anda bisa mengunjungi Pasar Bunder di Sragen untuk mendapatkan Rengginang Tiwul.

7. Gathot Sragen

Gathot Sragen
Gathot Sragen

Mungkin makanan satu ini terdengar kurang familiar di telinga anda, namun makanan ini cukup terkenal lho di Sragen. Makanan satu ini merupakan gaplek yang lama tersimpan, lalu direndam dan dicuci lagi, baru dipotong dan dikukus.

Biasanya, untuk menambah rasa, makanan ini bisa ditambah garam, gula atau parutan kelapa. Untuk mendapatkan produk satu ini, Anda bisa mengunjungi sejumlah tempat toko oleh-oleh, seperti Warung Bu Dharmo yang berada di Sragen.

Harganya cukup murah, hanya Rp 10.000 per kantong. Sekarang ini, rasa gathot sudah banyak variasinya. Anda bisa memilih gathot rasa pisang, nangka. dan rasa lainnya yang tentunya bisa menjadi camilan pilihan Anda.

8. Wajik Mbah Rajak

Wajik Mbah Rajak
Wajik Mbah Rajak

Wajik merupakan makanan khas daerah sekitaran Jawa yang rasanya sudah terkenal nikmat. Anda dengan mudah menemukan makanan satu ini di berbagai tempat di Sragen, salah satunya di Pasar Sragen Kota.

Cara membuat makanan satu ini adalah dari beras ketan yang direndam, lalu dikukus. Setelah itu, diaduk dan dikukus kembali, baru ditumbuk dan dicetak.

Kalian bisa membelinya di warung Mbah Rajak, di daerah Kampung Cantel Wetan, Sragen. Mbah Rajak berjualan aneka macam makanan tradisional, antara lain Jenang, krasikan, wajik, jadah, dan aneka lauk pauk khas sragen lainnya.

9. Walangan

Walangan
Walangan

Walangan merupakan jajanan khas Sragen, yang bisa Anda temukan di kecamatan Sumberlawang. Walangan dibuat dari bahan singkong atau ketela yang diparut. Selanjutnya, dicampur dengan gula merah lalu digoreng.

Tentunya, menggoreng walangan bukan menggunakan minyak sayur, tapi menggunakan minyak kelapa. Setelah digoreng, belum bisa langsung dimakan, tapi didiamkan dulu semalaman.

Keesokan harinya, dicampurkan lagi dengan gula merah yang sudah dicairkan. Rasanya dominan manis, gurih, dan juga renyah.

10. Intip Mini

Intip Mini
Intip Mini

Intip adalah makanan yang dibuat dengan bahan kerak nasi. Nah, bila intip ini biasanya berukuran sebesar kukusan nasi, maka di Kecamatan Sumberlawang, tepatnya di Dukuh Kedungdowo, Desa Hadiluwih, Anda bisa menemukan intip yang ukurannya lebih kecil, yakni hanya sekitar 12 cm saja.

Harga intip mini juga lebih murah, hanya Rp 2.000 saja per buah. Rasanya dominan gurih dan renyah. Apalagi dengan tambahan bumbu dan varian rasa yang menjadikan intip semakin nikmat.

Baca juga : Makanan Khas Tegal

11. Jajanan Ampyang

jajanan ampyang
jajanan ampyang

Masih dengan makanan manis dari Sragen ya gan. Selain Walangan, ada juga makanan lain yang tak kalah enak bernama ampyang. Komposisi dan bentuknya mirip dengan geti / ting-ting di Jawa Timur.

Makanan satu ini adalah makanan yang dibuat dari bahan kacang tanah dengan gula merah. Kacang tanah awalnya disangrai dulu, lalu dicampurkan dengan gula merah.

12. Emping Garut

Emping Garut
Emping Garut

Jika emping biasanya dibuat dari bahan melinjo emping khas Sragen ini dibuat dari umbi garut. Penyebab diciptakannya makanan ini awalnya karena melinjo kurang begitu baik bagi penderita asam urat. Jadi, agar lebih aman, umbi garut diolah menjadi sebuah makanan, salah satunya emping.

Garut juga tanaman yang sangat bermanfaat, karena mengandung banyak nutrisi yang dibutuhkan tubuh dan juga sangat baik untuk penderita diabetes. Di Sragen sendiri merupakan salah satu sentra penghasil umbi garut terbesar, khususnya di Desa Blangu, Kecamatan Gesi.

Demikianlah ulasan kami mengenai makanan khas Sragen, Jawa Tengah. 13 makanan di atas bisa kalian cari dan temukan dengan mudah di sekitar Sragen. Semoga artikel ini bisa bermanfaat untuk kalian.

1 thought on “Enak !! Makanan Khas Sragen Ini Patut Untuk Dicoba dan Dijadikan Oleh-oleh

Leave a Comment

WhatsApp chat Chat