13 Kuliner Unik Khas Situbondo yang Paling Enak dan Bikin Nagih

Makanan Khas Situbondo – Masih tentang kuliner Nusantara ya kawan…. Kali ini  yang akan di ulas adalah makanan khas Situbondo. Layaknya daerah lain di Nusantara yang kaya ragam kuliner, minuman, camilan atau jajanan, begitu pula dengan Situbondo.

Ada sejumlah makanan khas yang bakal bikin kamu ketagihan dan rindu untuk kembali ke situbondo. Berikut ini adalah daftar makanan khas Situbondo yang sudah kami buat.

1. Nasi Sodu

Nasi Sodu
Nasi Sodu

Nasi sodu merupakan sepiring nasi dengan kuah gulai lawuh yang dicampur kacang panjang. Terkadang diberi campuran wortel dan buncis. Intinya nasi sodu, sayurnya adalah kuah santan dengan lauk ikan tongkol yang dimasak bumbu merah dan tidak lupa cengek alias sambal terasi toge.

Nasi Sodu memiliki rasa agak manis, sehingga jika akan terasa lebih enak jika diakan dengan sambal. Awalnya, nasi sodu dimakan dengan sendok dari daun pisang yang dilipat (dalam bahasa madura disebut sodu), namun saat ini demi kepraktisan sendok daun diganti sendok logam seperti sendok pada umumnya.

2. Nasi Karak

Nasi Karak
Nasi Karak

Selanjutnya adalah makanan yang juga sangat enak dan populer di Situbondo yaitu nasi karak. Nasi karak ini sajian utamanya hampir sama dengan nasi kucing yang banyak ditawarkan di beberapa daerah lain, atau bisa juga mirip dengan sego sadukan.

Makanan khas Situbondo ini merupakan nasi yang diberi taburan parutan kelapa, biasanya dalam penyajian makanan khas yang satu ini di tambahkan dengan lauk berupa tahu dan tempe goreng, serta bisa juga di tambahkan dengan lauk ikan tongkol yang khas, sehingga menjadikan makanan ini menjadi lebih nikmat untuk disantap.

3. Nasi Kaldu

Nasi Kaldu
Nasi Kaldu

Nasi kaldu ini merupakan nasi yang memiliki ciri khas kuah kecoklatan cenderung kental dan gurih. Nasi kaldu ini disajikan dengan tambahan kerupuk yang punya cita rasa sangat enak dan lezat.

4. Tajin Palapa

Tajin Palapa
Tajin Palapa

Makanan ini merupakan bubur yang di sajikan dengan bumbu kacang, tetapi bubur ini tidak jauh berbeda dengan bubur pada umumnya, yang menjadikan khas dari tajin palapa ini terletak pada bumbunya, dan resep bubur itu sendiri yang khas dari Situbondo.

Makanan khas Situbondo ini dalam pengolahan buburnya menggunakan santan. Bumbu yang digunakan pada tajin palapa ini sama dengan bumbu pecel akan tetapi lebih encer dari bumbu pecel pada umumnya.

Dalam penyajian tajin palappa ini biasanya dihiasi dengan sayuran berupa toge dan kangkung,  bisa juga ditambahkan dengan gorengan ote-ote yang di potong kecil-kecil.

5. Rujak Petis

Rujak Petis
Rujak Petis

Rujak petis ini merupakan makanan khas Situbondo yang dimasak dengan beberapa rempah dan juga di campur dengan beraga sayuran yang membuat rujak petis ini menjadi makanan yang menyehatkan.

Rujak petis ini disajikan dengan beberapa irisan mangga muda, tahu bengkoang, kedondong dan juga berbagai bahan tambahan yang lain. Yang membuat kuliner ini sangat istimewa adalah penyajian rujak petis yang ditambah pisang muda dan petis udang.

6. Ayam Goreng Khas Situbondo

Ayam Goreng Khas Situbondo
Ayam Goreng Khas Situbondo

Ayam goreng memang sangat mudah untuk ditemui dimana saja dan bahkan kita juga bisa membuatnya sendiri dirumah. Tetapi ayam goreng khas situbondo yang satu ini cukup berbeda dengan ayam goreng lainnya, karena ayam gorengnya sangat gurih dan bumbunya bisa meresap sampai serat dagingnya yang terdalam.

Makanan khas Situbondo ini ayamnya menggunakan ayam kampung, sehingga rasanya lebih gurih. Biasanya makanan ini disajikan dengan sambal yang menjadikan ayam goreng ini semakin nikmat untuk disantap.

7. Bebek Bakar Khas Situbondo

Bebek Bakar Khas Situbondo
Bebek Bakar Khas Situbondo

Menu makanan khas Situbondo yang juga tak kalah lezatnya ini jika dibandingkan dengan makanan lainnya. Mungkin bebek bakar juga mudah ditemui di beberapa daerah.

Selain bebeknya yang enak, bumbu yang di sajikan untuk makanan khas Situbondo ini pun tidak kalah matapnya. Jika kamu sedang berkunjung ke situbondo dan ingin merasakan bagaimana rasa dari bebek bakar ini, kamu bisa datang ke tempat yang menjual makanan khas Situbondo ini yang berlokasi di jl. Asem Bagus, tepatnya yakni di depan pasar patok situbondo.

8. Bakso Tekwoleh

Bakso Tekwoleh
Bakso Tekwoleh

Tekwoleh berasal dari akronim bahasa Jawa nek gak entek digowo mulih yang berarti “Kalau tidak habis bisa dibawa pulang”.

Ada tiga ukuran dari Bakso Tekwoleh. Bakso nomor 3 adalah ukuran bakso paling kecil, dengan diameter sekitar 7cm. Sementara bakso nomor 2 memiliki ukuran diameter sekitar 10cm. Ada tetelan daging dari tulang rusuk yang menambah citarasa bakso. Bakso paling jumbo adalah nomor 1 bakso ini memiliki diameter sekiar 13cm dengan isi tetelan yang sama namun lebih banyak.

Meskipun dibolehkan bagi pelanggan untuk membawa pulang jika tidak habis. Bakso Tekwoleh nyaris selalu habis dimakan ditempat. Bahkan, karena ukurannya yang besar, bakso ini sering memperoleh sebutan sebagai ‘bakso kepala bayi’ karena ukurannya yang nyaris sebesar kepala bayi.

9. Soto Situbondo

Soto Situbondo
Soto Situbondo

Banyak jenis soto dari daerah lain seperti Soto Betawi, Soto Lamongan, atau Coto Makassar mungkin jauh lebih populer dibanding soto ini. Namun, Soto Situbondo memiliki ciri khas dibanding soto-soto yang lain.

Ada dua jenis Soto Situbondo, ialah soto ayam dan soto daging. Soto ayam memiliki komposisi kuah yang lebih bening, namun kaya akan bumbu dan rempah-rempah.

Begitu pula dengan soto daging. Jadi tunggu apa lagi? Referensi ini bisa jadi pilihan menu kulinermu jika sedang atau melintasi Kabupaten Situbondo.

10. Nasi Bukhori

Nasi Bukhori
Nasi Bukhori

Selain nasi kebuli, sajian khas Arab yang banyak beredar di Indonesia ialah nasi bukhori. Nasi bukhori ini disajikan bersamaan dengan sepotong daging kambing. Daging kambingnya pun khusus bagian paha atas.

Dalam pengolahan nasi bukhori, air rebusan kambing tidak dibuang, melainkan digunakan sebagai campuran menanak nasi bersamaan dengan campuran rempah-rempah.

11. Sate Olean

Sate Olean
Sate Olean

Sate adalah salah satu kuliner Indonesia yang tak susah dijumpai, tak terkecuali di Situbondo. Di Situbondo,  ada sate legendaris milik Hj. Ilmi Mufiddah.

Terkenal akan tekstur sate yang empuk dan rasa yang lezat. Rupanya, ada resep khusus yang membuat Sate Olean bertekstur daging yang empuk menggigit.

Bukan hanya soal cara memasak, pemilik rumah makan memiliki kriteria terhadap daging kambing yang akan diolah menjadi sate. Usia kambing dipilih dalam rentan waktu 1-2 tahun.

Sebab dalam usia ini, daging masih empuk untuk diolah. Selain itu, pilihan Hj Ilmi jatuh pada kambing yang memiliki kulit berwarna putih tanpa noda. Selain itu, tentu, pilihan bumbu dan rempah-rempah sudah diwarisi Hj Ilmi turun temurun.

12. Sate Lalat

Makanan Khas Situbondo Sate Lalat
Sate Lalat

Masih dalam area sate ya. Sate Lalat yang unik ini berbeda dalam hal rasa dan ukurannya. Dalam satu tusuk sate terdapat potongan daging ayam yang kecil-kecil seperti lalat. Rasanya gurih karena disiram dengan bumbu khas Situbondo.

13. Nasi Acak Adut

Nasi Acak Adut
Nasi Acak Adut

Dilihat dari namanya meang agak lucu ya, namanya adalah Nasi Acak Adut. Makanan yang satu ini disajikan dengan lauk yang beragam, ada oseng-oseng tahu tempe, otok, ayam kecap, hingga terong penyet.

14. Es Podeng 

Es Podeng 
Es Podeng

Situbondo dengan cuacanya yang panas, cocok sekali di dihilangkan dengan minum es Podeng. Dalam seporsinya es podeng dilengkapi dengan puding berbagai rasa, serutan es, kolang-kaling, nanas dan yang bikin seger manis adalah siraman sirupnya.

Itulah macam-macam makanan khas dari Situbondo yang mungkin bisa mengatasi rasa lapar kalian. Jika kalian melakukan perjalanan ke Situbondo atau melewati kota ini jangan lupa untuk mampir dan mencicipi makanan-makanan di atas.

Thanks…….

Leave a Comment

WhatsApp chat Chat