11 Makanan Khas Sidoarjo yang Bisa Dijadikan Buah Tangan

Makanan Khas Sidoarjo – Hampir sama seperti daerah lain di Indonesia, kabupaten yang terletak di Jawa timur ini juga memiliki makanan khas dan oleh-oleh yang menjadi ciri dari kabupaten ini. Harga yang terjangkau dan ada diantaranya cukup tahan lama, cocok di jadikan buah tangan dari Sidoarjo.

Berikut ini adalah makanan khas Sidoarjo yang biasa si temui jika anada berkunjung di Sidoarjo.

1. Bandeng Asap

Bandeng Asap
Bandeng Asap

Makanan khas Sidoarjo lainnya adalah ikan bandeng asap. Perlu diingat bahwa Sidoarjo merupakan kota tambak yang menjadi salah satu penghasil ikan bandeng terbesar di Jawa.

Oleh karena itu masyarakat Sidoarjo memasukkan ikan ini dalam lambang kota mereka yang bersanding dengan udang.

Dengan stok bandeng yang melimpah di Sidoarjo, maka tak heran jika banyak olahan variasi makanan yang berasal dari ikan bandeng di Sidoarjo.

Namanya juga bandeng asap, maka cara pembuatannya juga melalui proses pengasapan. Selain sebagai salah satu tujuan kuliner yang enak, wisatawan juga sering membawanya pulang sebagai buah tangan karena masakan ini tahan lama walau tanpa dimasukkan kulkas karena proses pengasapannya.

2. Bandeng Presto

Bandeng Presto
Bandeng Presto

Olahan yang kedua dan juga sangat terkenal yaitu bandeng presto. Bandeng presto merupakan makanan yang dibuat dari ikan bandeng yang dimasak dengan cara di presto.

Presto merupakan cara memasak dengan menggunakan uap air yang bertekanan tinggi sehingga dapat melunakkan tulang-tulang ikan bandeng itu sendiri.

Bandeng presto Sidoarjo memiliki cita rasa yang khas sehingga membuatnya digemari banyak orang. Selain aroma dan rasanya yang menggugah selera, Anda pun tidak perlu repot-repot menghilangkan duri-durinya yang banyak karena sudah dimasak dengan presto.

3. Otak-Otak Bandeng

Otak-Otak Bandeng
Otak-Otak Bandeng

Sekali lagi olahan dari ikan bandeng yang juga menjadi ikon dari kota Sidoarjo yaitu otak-otak bandeng. Ada beberapa daerah yang juga memiliki olahan otak-otak bandeng, seperti di Gresik.

Namun keduanya memiliki perbedaan dalam hal cita rasa. Otak-otak yang dibuat di Sidoarjo menggunakan isian kelapa yang disangrai kering  yang diolah dengan bumbu-bumbu rempah halus serta kocokan telur.

Rasa gurih dan harumnya aroma yang kuat membuat perut tidak bisa menahan godaan untuk makan.

4. Lontong Kupang

Lontong Kupang
Lontong Kupang

Jangan ngaku pernah ke Sidoarjo kalau belum pernah makan Lontong kupang. Lontongnya sih nggak jauh beda dengan lontong pada umumnya, hanya saja ada 3 bahan yang menjadikan lontong kupang menjadi istimewa yakni kupang, lentho dan petis.

Lontong Kupang adalah makanan khas yang paling banyak dicari oleh wisatawan yang berkunjung disini. Memiliki rasa yang unik terbuat dari kupang beras sejenis kerang laut yang berbentuk kecil dan berwarna putih kekuning-kuningan.

Kuahnya terdiri dari petis khas Sidoarjo dengan cita rasa pedas. Lontong kupang biasanya disajikan dengan memasukkan irisan lontong dan beberapa lentho kedalam piring yang telah diberi cabe, bawang putih dan petis yang dihaluskan, lalu di siram dengan kuah dari kupang.

5. Telur Asin

Telur Asin
Telur Asin

Telur asin adalah makanan praktis yang dapat dimakan langsung dan dapat dipadukan dengan makanan yang lain sebagai tambahan.

Biasanya Telur asin ini terbuat dari telur bebek yang diolah dengan cara diasinkan (diawetkan dengan memberi garam yang banyak untuk menonaktifkan enzim perombak).

Karena melalui proses pengawetan inilah rata-rata telur asin bisa di konsumsi dalam rentan waktu satu bulan.

Kota Sidoarjo juga merupakan salah satu penghasil telur asin, tepatnya di daerah Kebonsari. Daerah ini memang terkenal sebagai kampung bebek dan telur asin.

Telur asin yang dihasilkan dari desa Kebonsari mempunyai beberapa aneka rasa seperti rasa udang dan rasa kepiting.                              

7. Kerupuk Udang

Kerupuk Udang
Kerupuk Udang

Sebagai daerah yang banyak menghasilkan udang, maka wajar saja ada kuliner yang memakai udang sebagai bahan dasar. Udang yang digunakan biasanya udang kecil atau udang rebon yang ditumbuk halus.

Berbahan dasar udang dan adonan tepung tapioka yang ditumbuk halus diberi rempah dan penambah rasa.

Adonan mentah ini kemudian dikukus dan setelah matang dan kenyal diiris tipis-tipis, setelah itu dijemur hingga kering. Pengeringan dengan terik matahari biasanya sekitar 2-3 hari.

Rasanya yang gurih dan beraroma udang ini sangat cocok dijadikan makanan pendamping dan cemilan.

7. Sate Kerang

Sate Kerang
Sate Kerang

Sate kerang adalah makanan yang terbuat dari kerang segar yang disate dengan bumbu kecap atau kacang. Biasanya sate kerang disajikan bersama kupang lontong sebagai pelengkap.

Kerang sate ini tentu lebih besar dibandingkan dengan kupang. Sate kerang banyak kita temui dipesisir pantai di daerah Sidoarjo dan sekitarnya.

8. Petis

Petis
Petis

Petis Sidoarjo adalah makanan khas Sidoarjo karena terbuat dari udang asli. Berbahan dasar udang yang dipanasi hingga kental dan pekat. Kemudian, petis ditambah karamel gula batok.

Inilah yang menyebabkan warnanya menjadi lebih pekat dan rasanya sedikit manis. Petis ini banyak digunakan sebagai bahan dasar bumbu atau saus. Bagi wisatawan yang ingin mencicipi makanan khas kota Sidoarjo wajib membeli petis ini.

9. Ote-Ote Porong

Makanan Khas Sidoarjo Ote-ote porong
Ote-ote porong

Masakan khas Sidoarjo lain yang selalu dicari-cari wisatawan adalah Ote-ote Porong. Ote-ote atau yang biasa disebut bakwan di daerah lain.

Anda bisa mendapatkan ote-ote ini di depan tanggul lumpur Lapindo, selain di Jl. Raya Porong, ote-ote ini hanya dijual di R.M Putri Sunda. Ukuran Ote-ote Porong cukup besar dengan isian yang padat berupa rumput laut, tiram dan daging ayam atau daging babi.

Selain ote-ote, kedai ini juga menjual jajanan yang lain seperti kompyang, bagelen, dan bakso goreng.

10. Wader Kriuk

Wader Kriuk
Wader Kriuk

Makanan yang satu ini adalah produk khas yang sangat populer dan sering dijadikan oleh-oleh khas kota ini.

Banyaknya ikan wader di Sidoarjo warga sekitar memanfaatkannya dengan membuat jajanan yang gurih dan juga rasa renyah. Wader sendiri merupakan ikan kecil yang biasanya hidup di kali atau sungai-sungai kecil.

Bisa dipadukan dengan sambal yang memiliki untuk menambah rasa. Pas sekali jika memberikan cemilan ini sebagai oleh-oleh untuk keluarga dan teman-teman.                                  

11. Kue Lumpur Bakar

Kue Lumpur Bakar
Kue Lumpur Bakar

Makanan ini menjadi terkenal setelah bencana lumpur lapindo terjadi. Tapi perlu diketahui bahwa kue lumpur bakar sudah ada bahkan sebelum kejadian lumpur lapindo terjadi.

Diberikan nama seperti itu karena kue ini memiliki tekstur isi yang lembut dan lembek, sehingga ketika masuk ke dalam mulut akan langsung meleleh dan cair.

Prosesnya yang dibakar membuatnya menjadi kue lumpur bakar. Kue ini memiliki dua rasa yaitu yang biasa saja dan ada juga dengan rasa kelapa. Soal pilihan yang lebih enak, dua-duanya memiliki kelezatan yang sama. Dan sekarang menjadi oleh-oleh yang menarik dari kota Sidoarjo.

Nah…!!! Itulah daftar makanan khas Sidoarjo yang patut kalian coba saat berkunjung ke kabupaten ini. Makanan yang enak dan beragam membuat sidoarjo banyak dikunjungi para pecinta kuliner Indonesia.

Untuk pengingat saja, buat kalian ingin berburu kuliner diatas jangan memaksakan perut kalian untuk mencoba semuanya dalam satu waktu. Karena semua yang berlebih itu tidak baik,  “Makanlah sebelum lapar dan berhentilah sebelum kenyang”.

Terima kasih….

Leave a Comment

WhatsApp chat Chat