Makanan Khas Semarang Yang Harus Kamu Coba, JOSS Awas Ketagihan !

Makanan Khas Semarang – Semarang merupakan salah satu kota terbesar di pulau Jawa.  Kota ini terkenal dengan simpang lima dan sebutan sebagai kota lumpia. Selain terkenal dengan lumpianya, Semarang juga memiliki berbagai menu makanan tradisional dan minuman khas yang patut untuk di coba.

Untuk kalian yang penasaran dengan apa saja makanan khas Semarang, berikut kami buatkan list makanan khas Semarang yang enak-enak.

1. Bandeng Presto

Bandeng Presto
Bandeng Presto

Bandeng presto merupakan olahan dari ikan bandeng yang dimasak dengan cara presto untuk menghilangkan duri atau melunakkan duri pada ikan tersebut.

Ikan bandeng ini dimasak pada alas daun pisang dengan cara dipresto. Namun sebelum dipresto, ikan dengan nama latin Chanos chanos ini harus diberi bumbu berupa bawang putih, garam, dan kunyit yang telah dihaluskan.

Presto sendiri adalah cara memasak dengan uap air yang betekanan tinggi. Uap air yang berada di panci akan memasak makanan yang berada di dalam panci.

Karena ikan bandeng populer memiliki banyak duri, bandeng presto juga makanan yang digemari dengan cara masak presto duri-duri ikan menjadi lunak dan bisa di makan.

2. Nasi Ayam Semarang

Nasi Ayam Semarang
Nasi Ayam Semarang

Sekilas nasi ayam Semarang ini memang mirip dengan nasi liwetnya Solo, namun nasi ayam ini biasa disajikan dengan tambahan sate telur puyuh, sate usus, dan teh hangat dan memakai kuah opor kuning.

Untuk penyajiannya cukup sederhana, yakni hanya berada di atas piring yang telah diberi alas dari daun pisang dengan isian seperti yang telah disebutkan seperti di atas.

3. Babat Gongso

Babat Gongso
Babat Gongso

Babat Gongso adalah salah satu kuliner Semarang yang wajib dicoba bagi kalian pecinta jeroan sapi. Anda bisa menemukannya di Nasi Goreng Pak Karmin, Jl Pemuda (Samping Jembatan Mberok), dekat kantor pos kota lama, Semarang.

Selain nasi goreng babat, babat gongso di sini terkenal dengan rasanya yang khas. Babat gongso adalah potongan Babat dan juga jeroan lainnya, seperti ati, limpa, paru atau iso, yang dimasak dengan bumbu kecap yang kental dengan rasa pedas manis yang dominan.

4. Lumpia Semarang

Lumpia Semarang
Lumpia Semarang

Kalau ngomongin makanan khas semarang memang tak bisa lepas dari lumpia y gan. Sebagai kota lumpia, rasanya kalau berkunjung ke Semarang tanpa mencicipi lumpia itu seperti belum pernah ke sana.

Makanan dengan nama inggrisnya yaitu spring roll itu dibuat dengan adonan tepung yang dibuat bundar kemudian diberi isian lalu dilipat dan digulung, baru digoreng di minyak panas.

Isian dari makanan dengan nama lain lunpia ini adalah daging ayam, bawang putih, telur orak-arik, ebi, kecap, potongan sayuran, bahkan rebung. Untuk memakannya bisa dengan cara mencocolnya bersama saus sambal atau secara langsung.

Baca juga : Makanan Khas Pekalongan

5. Soto Bangkong

Soto Bangkong
Soto Bangkong

Menu andalan khas kota Semarang selanjutnya ialah soto bangkong yang sudah terkenal akan kelezatannya yang luar biasa. Bagi Anda yang tertarik, soto bangkong bisa dengan mudah ditemukan di rumah makan jalan Brigjen Katamso.

Hingga saat ini, rumah makan yang memperkenalkan menu soto bangkong ini semakin laris dan teru berkembang dengan membuka cabang di hampir seluruh pulau jawa.

Penyajian soto bangkong dilakukan dalam mangkuk kecil dengan irisan suwiran daging ayam, tauge, irisan tomat, bihun dan taburan bawang putih dan merah.

6. Tahu Gimbal

Tahu Gimbal
Tahu Gimbal

Tahu gimbal adalah salah satu makanan khas semarang yang berisi potongan lontong, bakwan udang (gimbal), irisan kol dan tauge yang disiram dengan saus kacang berbumbu petis.

Rasanya merupakan perpaduan antara pedas, manis, gurih dan asin yang sangat pas di lidah.

7. Garang Asem

Garang Asem
Garang Asem

Olahan tradisonal bernama garang asem adalah makanan khas Semarang yang enak berisi ayam dengan kuah santan berbumbu belimbing wuluh dan cabai.

Ayam yang digunakan biasanya adalah ayam kampung yang disiram kuah santan dan dimasak dengan dimasukkan dulu ke dalam daun pisang. Untuk menambah kenikmatannya, biasanya garang asem diberi tambahan nasi hangat, tempe goreng, jeroan ayam yang ditusuk seperti sate, dan perkedel.

8. Tahu Pong

Tahu Pong
Tahu Pong

Tahu pong merupakan olahan tahu yang memiliki bentuk bulat dengan isian kopong yang telah populer beberapa waktu lalu. Proses penyajian tahu pong juga biasanya akan ditambahkan gimbal udang plus cabe rawit sehingga semakin lezat saat dinikmati.

Rasanya yang gurih dan empuk membuat kuliner tahu pong layak dicicipi oleh para pemburu kuliner atau makanan khas Semarang.

9. Mie Kopyok

Mie Kopyok
Mie Kopyok

Mie kopyok merupakan salah satu makanan paling dicari di Semarang. Mie kopyok sendiri di buat dengan bahan utama mie yang ditambahkan tetelan daging dan beberapa lauk lainnya.

Satu yang membuat mie kopyok berbeda ialah tambahan keupuk gendar, yakni sejenis kerupuk yang dibuat dari adonan nasi yang sangat gurih dan renyah.

10. Gudangan

Gudangan
Gudangan

Gudangan merupakan urapan sayur rebus dengan bumbu sambal gudangan yang sebenarnya adalah parutan kelapa berbumbu bawang merah dan putih, cabai merah, dan jeruk purut.

Isian sayurnya bermacam-macam, tergantung selera pembuatnya, mulai dari sayur bayam, wortel, daun singkong, kubis, kecambah, hingga kacang panjang.

Gudangan paling nikmat bila dimakan bersama dengan nasi hangat, jadi penyajiannya adalah hanya perlu menyediakan sepiring nasi lalu ditambah dengan hasil urapan tadi di atasnya. Untuk memperlengkap rasa, bisa ditambah dengan telur rebus, rempeyek, hingga ikan asin. 

 

11. Pisang Plenet

Pisang Plenet
Pisang Plenet

Menu pisang plenet memang tidak setenar, lumpia atau bandeng presto, namun jangan pernah menyepelekan citarasa nikmat dari salah satu menu khas kota Semarang ini.

Sesuai namanya, pisang plenet di buat dari olahan pisang dengan rasa manis yang sangat nikmat dan bentuk pipih (plenet). Pisang kepok matang dibakar menggunakan api kecil hingga berwana kecoklatan.

Kemudian pisang ditiriskan di baluri olesan margarin dengan tambahan meses, coklat, selai nanas, gula bubuk dan lainnya.

12. Jajanan Lekker

Lekker
Lekker

Kue lekker adalah versi jadul dan ekonomis dari crepes yang banyak dijual mall-mall. Adonan kulitnya terbuat dari campuran terigu, telor, gula dan air. Salah satu penjual lekker yang direkomendasikan adalah Lekker Paimo atau Paimo’s Lekker di Jl. Karanganyar No. 37 Semarang ( depan SMA Loyola).

13. Gandos

Gandos
Gandos

Jajanan gandos ini dibuat dari tepung beras dengan campuran santan lalu diberi garam yang nantinya akan dimasukkan ke loyang sebagai cetakannya.

Nantinya saat adonan dalam loyang, maka akan dimasak dengan api yang sangat panas. Bentuk gandos sendiri biasanya setengah lingkaran dengan taburan gula di sekelilingnya.

14. Kue Moaci

Kue Moaci
Kue Moaci

Kue moaci merupakan kue khas Semarang dengan bentuk bulat berbahan dasar tepung ketan sebagai luaran dan ada gula karamel bercampur kacang sebagai isian.

Sekarang ini kue moaci sudah mulai berkembang dengan adanya berbagai pilihan warna dan rasa yang beragam. Terdapat anyak rasa yang bisa dipilih, seperti rasa original dengan isian kacang dan gula, durian, stroberi, cokelat, hingga pandan.

Ada juga yang menambah wijen di sekelilingnya agar memiliki rasa lebih beragam.

15. Roti Ganjel Rel

Roti Ganjel Rel
Roti Ganjel Rel

Roti ganjel rel ini mirip dengan roti gambang. Teksturnya padat dan agak alot. Dinamakan roti gandjel rel karena bentuknya yang mirip dengan bantalan rel kereta api. Roti ganjel rel merupakan sajian wajib dalam acara ‘dugderan’ atau pawai sebelum bulan puasa.

16. Wedang Tahu

Wedang Tahu
Wedang Tahu

Kuliner unik ini sangat pas untuk kamu yang sedang berburu minuman hangat dan menyegarkan. Wedang tahu terbuat dari campuran gula jawa, jahe dan kembang tahu yang berasal dari sari kedelai. Rasa dari wedang tahu ini cenderung manis dan bersifat menghangatkan.

17. Es Conglik

Es Conglik
Es Conglik

Setelah berburu makanan yang lezat-lezat seperti diatas, kayaknya kurang pas jika tak ditemani es yang seger. Es conglik memiliki sepuluh citra rasa yang segar dan dijamin tanpa bahan pengawet.

Beberapa rasanya adalah coklat, sirsak, kopyor, leci, kelengkeng, belewah, kacang ijo, durian, dan alpukat. Anda bisa mencicipinya di daerah Simpang Lima, lebih tepatnya di Jl. KH.Ahmad Dahlan A No. 11, Semarang Tengah, Kota Semarang.

Nah, itulah daftar aneka makanan khas Semarang yang wajib kalian coba saat berada di Kota ini. Semoga rekomendasi kami diatas bisa bermanfaat untuk kalian semua.

Leave a Comment

WhatsApp chat Chat