Makanan Khas Samarinda yang Banyak Dicari Wisatawan

Makanan Khas Samarinda | Jika Anda berniat untuk liburan ke kota Samarinda maka Anda jangan sampai melewatkan makanan khas Samarinda yang menggugah selera. Tentu Anda harus mengetahuinya. Agar ketika Anda singgah di Samarinda Anda tidak lagi perlu bingung apa yang akan Anda makan nantinya.

Berbagai kuliner di Samarinda diolah dengan bumbu khas yang kaya akan rempah. Hal tersebutlah yang membuat masakan di ibukota provinsi Kalimantan Timur ini memiliki rasa yang berbeda jika dibandingkan dengan daerah lain. Berikut simaklah beberapa makanan Samarinda yang akan menggoyangkan lidah Anda.

1. Kerupuk Amplang

Kerupuk Amplang

Makanan khas Samarinda yang wajib untuk Anda cicipi adalah Kerupuk Amplang. Jenis kerupuk ini sangat cocok untuk dijadikan camilan dalam perjalanan Anda untuk menyusuri kota Samarinda. Kerupuk ini memiliki bentuk yang unik seperti ikan.

Rasa kerupuk amplang terbuat dari ikan yang memiliki rasa yang gurih. Kerupuk ini memiliki rasa ikan yang cukup terasa. Dalam proses pembuatannya ikan digabungkan dengan tepung. Jenis kerupuk ini sangat mudah untuk didapatkan ketika di Banjarmasin.

2. Pepes Kepiting

Pepes Kepiting

Jika mendengar kata pepes mungkin banyak yang sudah mengetahuinya namun pepes di Banjarmasin sangatlah berbeda karena menggunakan kepiting sebagai bahan isiannya. Rasa pepes ini sangatlah lezat dan dapat membuat pecinta seafood ketagihan.

Kepiting soka digunakan sebagai bahan dasar pembuatan pepes ini. Kepiting ini dimasak dengan bumbu khas Samarinda seperti serai, daun kemangi, cabai, dan rempah-rempah lainnya. Untuk prosesnya, kepiting ini dibakar setelah dikukus sebelumya.

3. Lempok Durian

Lempok Durian

Para pecinta durian haruslah mencoba sajian lezat satu ini. Lempok durian ini merupakan sajian dengan berbahan dasar durian. Sajian ini berbentuk seperti dodol dengan rasa durian yang khas. Makanan ini sangat lezat untuk Anda konsumsi.

Lempok durian ini bisa Anda jadikan sebagai oleh-oleh untuk kerabat Anda. Lempok durian ini memiliki daya tahan yang cukup lama sehingga bisa Anda simpan dengan lama. Sehingga tidak akan basi jika Anda jadikan sebagai oleh-oleh.

4. Ayam Cicane

Ayam Cicane

Makanan khas Banjarmasin dan tentunya wajib Anda cicipi adalah ayam cicane. Ayam ini memiliki rasa yang khas dengan rasa gurih yang lezat. Dalam pembuatannya bahan utama yang digunakan adalah ayam.

Ayam diolah dengan menggunakan bumbu khas Samarinda seperti kemiri, jahe dan juga lengkuas. Jika bumbu sudah merasuk ke ayamnya maka ayam akan dipanggang kemudian digoreng. Makanan ini bisa Anda jadikan lauk dan dimakan dengan nasi panas.

5. Gence Ruan

Ternyata banyak sekali makanan khas Samarinda yang bisa Anda coba. Salah satunya adalah gence ruan. Makanan ini menjadi salah satu makanan yang banyak diincar oleh para wisatawan. Jenis sajian menggunakan ikan gabus sebagai bahan utamanya.

Ikan gabus akan diolah dengan bumbu khusus Samarinda yang akan dibakar. Tidak lupa akan ditambahkan garam agar menghilangkan bau amis ikan. Gence ruan akan sangat enak jika dikonsumsi dengan sambal khas Samarinda.

6. Gapit Pisang

Gapit Pisang

Gapit pisang merupakan salah satu makanan khas Banjarmasin yang berbagan utama pisang. Pisang tersebut diolah dengan cara dijepit sebagai cara memasaknya. Biasanya, jenis pisang yang digunakan dalam kuliner ini yakni pisang sanggat atau pisang kapok.

Untuk memaksimalkan rasa, pisang yang dipilih untuk kuliner ini yakni pisang yang belum terlalu matang. Karena jika kematangan akan lebih sulit untuk diolah, Pisang ini sangat lezat disajikan dengan tambahan keju ataupun coklat sebagai bahan pelengkapnya.

Baca juga : Makanan Khas Balikpapan

7. Sate Payau

Sate Payau

Makanan khas Samarinda ini tidak akan kalah lezatnya dengan jenis makanan yang lainnya. Sate payau ini merupakan kuliner yang berasal dari daging rusa, Makanan ini merupakan salah satu makanan yang cukup langka.

Karena daging rusa tidak mudah untuk ditemukan di Samarinda. Namun, Anda tetap bisa mendapatkan jenis sate ini. Sate payau ini menggunakan bumbu khusus sebagai bahan olahan. Rempah-rempah yang digunakan membuat sate terasa nikmat.

8. Sambal Raja

Sambal Raja

Jika membicarakan tentang makanan khas Samarinda maka kurang lengkap jika tidak membahas tentang sambalnya. Sambal raja merupakan sambal khas Samarinda yang bisa dijadikan oleh-oleh bagi para kerabat Anda di rumah.

Sambal raja ini bisa menjadi pelengkap makanan Anda. Sambal ini juga memiliki rasa yang khas dan berbeda dengan sambal lainnya. Sambal  memiliki bahan dasar kacang panjang, terong, bawang merah, dan lain-lain.

9. Nasi Bekepor

Nasi Bekepor

Nasi bekepor merupakan makanan khas Samarida yang cukup terkenal. Nasi bekepor ini awalnya dikenal sebagai makanan utama bagi kerajaan Kutai Kertanegara pada zaman dahulu. Tampilannya seperti nasi uduk.

Nasi bekepor ini terdiri dari beberapa bahan seperti nasi, ikan asin, minyak sayur dan taburan bumbu rempah. Sajian ini akan lengkap jika disajikan dengan sambal raja yang akan menambahkan kelezatan pada makanan tersebut.

10. Pulut Nasi

Pulut Nasi

Saat melancong ke Samarinda jangan lupa untuk mencicipi Pulut nasi. Kuliner ini bisa mengatasi kelaparan yang Anda rasakan. Pasalnya, bahan utama pembuat kuliner ini yakni terbuat dari beras.

Kuliner ini sendiri dimasak dengan menggunakan santan dan juga taburan ayam goreng. Tidak ketinggalan, Rempah lain juga dicampurkan agar memberikan rasa pedasnya. Proses pembuatannya sendiri cukup panjang yakni dikukus selama 2 jam agar matang dan tidak mudah basi.

11. Rojak Singkil

Rojak Singkil

Mungkin sekilas makanan rojak singkil ini disangka dengan rujak karena namanya. Namun, rojak singkil adalah sayuran dengan kuah santan kelapa yang berisikan daun singkil dan ikan haruan. Makanan ini memiliki rasa yang lezat.

Rojak singkil ini juga dikenal dengan sajian ikan dengan bumbu pedas. Akan sangat nikmat jika Anda menyantapnya dengan menggunakan nasi panas. Jenis makanan ini cocok Anda jadikan sebagai lauk. Rempah dalam bumbunya juga terasa lezat.

12. Kue Ilat Sapi

Kue Ilat Sapi

Kue liat sapi ini menjadi makanan khas Samarinda karena memiliki rasa yang khas. Jika sepintas tentu kebanyakan orang akan berfikir jika makanan ini adalah kue yang terbuat dari sapi. Namun, ternyata kue ini terbuat dari bahan dasar tepung.

Tepung dicampurkan dengan gula merah sebagai pelengkapnya. Memang terlihat sederhana bahan yang digunakan namun rasa yang dihasilkan sangatlah lezat dan berbeda. Kue ini cukup legendaris di Samarinda. Anda bisa jadikan kue ini sebagai oleh-oleh ketika berkunjung ke kota Samarinda.

Itulah makanan khas Samarinda yang akan menggugah selera Anda untuk mencobanya berkali-kali. Ketika Anda pertama kali mencobanya Anda akan merasakan sensasi makanan yang unik. Semakin banyak Anda mengexplore berbagai makanan maka Anda bisa merasakan cita rasa yang khas.

Dengan begitu Anda bisa membuat kombinasi masakan yang terdiri dari berbagai bumbu khas daerah. Kuliner menjadi salah satu daya tarik yang sangat besar agar para wisatawan bisa datang mengunjungi daerah tersebut. Kuliner juga bisa menjadi jatidiri suatu daerah untuk lebih dikenal.

Leave a Comment

WhatsApp Chat