Makanan Khas Salatiga yang Paling Enak, Favorit + Rekomended !!

Makanan Khas Salatiga – Kabupaten ini dikenal sebagai kota transit di jalur pantura. Sambil transit enaknya ya cobain makanan dan oleh-oleh khas kabupaten ini. Sayang kan… kalu hanya transit aja, padahal kuliner sekaligus minuman yang salah satu kabupaten di jawa tengah ini terkenal sangat lezat.

Special buat kalian yang keluar masuk jalur pantura, ini dia makanan khas salatiga yang harus kalian cicipi saat transit di kabupaten ini.

1. Sate Sapi Suruh

Sate Sapi Suruh
Sate Sapi Suruh

Sate Sapi Suruh merupakan salah satu makanan khas Salatiga yang selalu dicari-cari para pelancong yang datang ke kabupaten ini. Kuliner legendaris ini sudah ada sejak tahun 1987.

Dengan potongan dagingnya yang cukup besar, kalian bisa kenyang hanya dengan makan seporsi saja. Dagingnya yang empuk dengan paduan siraman bumbu kacang yang lezat akan membuatmu ketagihan.

2. Soto Esto

Soto Esto
Soto Esto

Makan pagi atau sarapan di Salatiga paling cocok dengan kuliner satu ini. Soto esto adalah soto ayam yang paling terkenal di Salatiga, kuah santan yang gurih, ditambah taburan kecambah, mie, dan irisan ayam, akan membuat lidah kalian tergoda.

Jangan lupa dengan tambahan kerupuk karak, sate kerang, sate telur puyuh, dan teh hangat yang menjadi pelengkap wajib soto ini.

3. Gecok Kambing

Gecok Kambing
Gecok Kambing

Buat kalian pecinta daging kambing makanan ini harus kalian coba. Kuliner khas Salatiga yang satu ini memiliki kuah santan yang khas dengan racikan bumbu rempah-rempah serta kelapa sangrai.

Rasa dagingnya yang kaya akan bumbu rempah dan tekstur yang empuk membuat kalian sulit untuk menolak gecko kambing ini.

4. Sate Blotongan

Sate Blotongan
Sate Blotongan

Selain sate sapi suruh ada lagi sajian sate khas kabupaten Salatiga yaitu, sate blotongan. Sate Blotongan merupakan sate khas kelurahan Blotongan di kabupaten Salatiga.

Sate kambing ini uniknya disajikan dalam porsi besar, yaitu 20 tusuk di atas hotplate sehingga masih terasa panas mengepul saat sampai di meja pengunjung.

Rasanya gurih dengan daging yang empuk dan tidak amis. Karena disajikan dengan hotplate, pengunjung dapat merasakan kesegaran dan keempukan daging hingga suapan terakhir.

5. Nasi Rames Empal Kartoali

Nasi Rames Empal Kartoali
Nasi Rames Empal Kartoali

Bisa di bilang warung ini adalah warung legend di kabupaten Salatiga. Warung nasi rames empal Kartoali yang sudah ada sejak tahun 1960-an. Nasi rames disini punya ciri khas tersendiri, empal dan isonya digoreng kering sehingga terasa sangat renyah ketika disantap.

Rasanya sangat gurih, cocok dinikmati dengan nasi putih hangat. Dengan tamburan taburan serundeng di atasnya. Warung ini terletak di Jalan Tanjung, Salatiga. 

6. Gudeg Koyor

Gudeg Koyor
Gudeg Koyor

Di Salatiga kalian akan banyak menemukan warung makan yang menjajakan menu Gudeg koyor (otot sapi). Tekstur koyor yang disajikan lebih padat dan tak terlalu berlemak dan dimasak gulai ala Padang dengan kuah santan pekat berwarna kekuningan.

7. Pecel Keong Mbak Toen

Pecel Keong Mbak Toen
Pecel Keong Mbak Toen

Satu lagi makanan unik dari Salatiga yaitu, pecel keong. Keong dilepaskan dari cangkangnya dan kemudian diolah dengan cara di oseng pedas dengan aroma jahe yang cukup kuat.

Bumbu-bumbu yang digunakan antara lain jahe, cabai, kemiri, kunyit, dan kecap. Tekstur daging keongnya mirip kerang tapi sedikit lebih kenyal.

8. Bakmi Jowo Semeru

Bakmi Jowo Semeru
Bakmi Jowo Semeru

Makanan khas Salatiga lainnya yang menjadi favorit hati wisatawan dan warga setempat adalah Bakmi Djowo Pak Agus. Kedai sederhana yang terletak di jalan Semeru ini menawarkan aneka olahan mie dan juga bakso.

Mienya yang kenyal dan lebar ditambah toping potongan daging ayam dengan racikan bumbu yang pas membuat makananan ini selalu dirindukan warga Salatiga yang merantau.

9. Opor Bebek Mak Yah

Opor Bebek Mak Yah
Opor Bebek Mak Yah

Warung Makan Mak ini menyediakan aneka olahan bebek yang lezat-lezat, seperti nasi bebek goreng yang gurih dan renyah. Namun yang paling istimewa adalah opor bebeknya.

Dengan cara masak yang masih sangat tradisional dengan menggunakan tungku, bumbu-bumbu dan rempah-rempah lainnya diserap dengan sempurna oleh daging bebek hingga ke tulang.

10. Gethuk Kethek

Gethuk Kethek
Gethuk Kethek

Pembuat kulineer unik Getuk Ketek ini adalah Abdul Rokhim. Alasan Abdul Rokhim memberikan nama Getuk Ketek karena di halaman rumahnya terdapat ketek (kera).

Ketek tersebut sebagai penanda, agar pembeli tidak salah tempat. Getuk ketek merupakan makanan yang berbahan dasar singkong yang dihaluskan. Getuk ketek ini merupakan getuk dengan tiga rasa dan tiga warna.

11. Karak Kendar

Karak Kendar
Karak Kendar

Karak kendar adalah jenis kerupuk yang terbuat dari nasi yang di keringkan. kerupuk karak gendar ini memiliki rasa yang sangat khas dan berbeda dengan jenis kerupuk yang lain. Di daerah Salatiga biasanya kerupuk ini dinikmati bersama dengan soto dan tahu campur.

12. Kerupuk Godril

Kerupuk Godril
Kerupuk Godril

Renyah dan gurihnya kerupuk godril membuat lidah sulit berhenti jika telah memakannya. Karena bahan baku godril sangatlah sehat yakni, dari singkong dan bumbu-bumbu dapur, tanpa tambahan bahan baku kimia.

13. Keripik Paru

Keripik Paru
Keripik Paru

Jika makan keripik pisang atau singkong pasti sudah biasa buat kalian. Namun di Salatiga ada keripik khas yang terbuat dari bahan dasar paru sapi.  Keripik paru memiliki rasa yang sangat nikmat dan renyah.

Namun harga kripik ini agak mahal jika disbanding dengan jenis kripik yang lain, karena bahan dasar keripik ini yang sangat unik.

Baca juga : Makanan Khas Temanggung

14. Roti Wonder

Roti Wonder
Roti Wonder

Roti wonder memiliki rasa yang khas dan berbeda dengan merek roti lainnya. Di toko roti wonder ini menjual berbagai macam roti hasil olahan si pemilik toko sendiri.

Jenis roti yang ditawarkan sangatlah bervariasi. Mulai dari roti basah dengan varian rasa yang sangat banyak, hingga roti kering dengan berbagai bentuk dan rasa.

15. Enting Gepuk

Enting Gepuk
Enting Gepuk

Enting-enting gepuk merupakan maanan yang terbuat dari kacang yang digepuk atau dihaluskan dan dicampur dengan gula. Enting- enting gepuk yang terkenal di Salatiga ada beberapa macam namun yang paling terkenal adalah enting- enting gepuk cap Nga dan enting- enting gepuk Klenteng 2 Hoolo.

16. Rolade Daun Singkong

Rolade Daun Singkong
Rolade Daun Singkong

Pada umumnya rolade terbuat dari daging sapi/ayam, namun di Salatiga ada satu jenis rolade unik yang menggunakan bahan dasar daun singkong.

Daun singkong direbus hingga empuk kemudian digulung bersama tahu putih yang telah dihancurkan dan diberi bumbu antara lain bawang putih, garam, dan lada putih.

Gulungan daun singkong ini kemudian dipotong-potong dan digoreng dengan balutan tepung atau telur. Tampilan dan bahannya sangat sederhana, tapi rasanya juara.

17. Kopi Babah Kacamata

Kopi Babah Kacamata
Kopi Babah Kacamata

Bagi anda pecinta minuman kopi, oleh- oleh yang pas saat berkunjung di Salatiga adalah kopi Babah Kaca Mata.

Kopi Babah Kacamata adalah kopi khas Salatiga yang dibuat dari biji kopi asli dan di olah dengan cara tradisional. Kopi hitam Babah Kacamata ini memiliki rasa yang khas, berbeda dengan rasa kopi- kopi hitam yang lain.

18. Ronde Sekoteng Jago

ronde sekoteng jago
ronde sekoteng jago

Salatiga adalah salah satu Kota yang sejuk dan dingin, lantaran berada di lereng Gunung Merbabu. Tidak lengkap rasanya jika saat singgah di sini tidak menyeruput wedang ronde dan sekotengnya.

Ronde merupakan bola-bola yang terbuat dari tepung beras berisi gula merah yang disantap dengan kuah air jahe hangat bersama kolang kaling, kulit jeruk dan kacang tanah.

Sedangkan sekoteng adalah minuman dari air jahe yang biasanya dihidangkan dengan kacang hijau, kacang tanah dan irisan roti.

Pengunjung banyak merindukan rasa ronde dan sekoteng di sini karena kuah jahenya yang pas dan variasi isi lengkap yang biasanya tidak ditemukan di warung-warung ronde lain.

Demikianlah rangkuman kami tentang makanan khas Salatiga yang tak boleh kalian lewatkan. Semoga artikel kami dapat menjadi salah satu referensi jenis makanan saat anda berkunjung ke kabupaten Salatiga.

1 thought on “Makanan Khas Salatiga yang Paling Enak, Favorit + Rekomended !!

Leave a Comment

WhatsApp Chat