Menjelajahi 12 Makanan Khas Riau Terenak yang Siap Menggoyang Lidah

Makanan Khas Riau | Riau merupakan salah satu provinsi yang terletak di pulau Sumatera yang terkenal dengan sebutan “Tanah Melayu”. Bagi Anda yang penasaran dengan berbagai kuliner melayu Anda bisa berkunjung ke daerah riau karena makanan khas Riau ini sangat dominan dengan budaya melayunya.

Tanpa berlama-lama lagi, berikut adalah beberapa makanan khas yang wajib Anda coba ketika sedang berkunjung ke Riau.

1. Ikan Selais Asap

Ikan Selais Asap

Ikan selais merupakan salah satu jenis ikan yang banyak melimpah  di Riau. Jika Anda berkunjung ke Riau, maka Anda harus mencoba makanan khas Riau yang satu ini. Masyarakat lokal biasa mengolah ikan selais dengan cara diasap.

Ikan selais asap merupakan makanan favorit masyarakat Riau. Untuk menyantapnya, ikan selais biasa dihidangkan bersamaan dengan sambal. Rasa yang khas dengan tekstur ikan yang renyah menjadikan kuliner khas yang satu ini tidak akan pernah terlupakan.

2. Sup Tunjang

Sup Tunjang

Riau juga memiliki sup yang sangat terkenal bernama sup tunjang. Yang unik dari sup tunjang ini karena menggunakan tulang sapi sebagai bahan utama dalam supnya.

Tidak hanya itu, sup tunjang juga diracik menggunakan bahan dan bumbu rempah pilihan sehingga rasa yang dihadirkan dari sup tunjang sangatlah gurih dan nikmat.

Jika Anda penasaran dengan rasa sup Tunjang, Anda bisa mencobanya di restoran yang berada di Jalan Pinang seberang Hotel Pangeran karena sup tunjang disana sangat enak dan direkomendasikan.

3. Mie Sagu

Mie sagu

Merupakan salah satu olahan mie unik yang dibuat dari tepung sagu. Hal ini menjadikan makanan khas Riau yang satu ini menjadi sangat khas yang dan membedakannya dengan mie dari daerah lain.

Sebagai bahan tambahannya, mie ini juga dilengkapi dengan tambahan ikan bilis, potongan daun kucai, dan juga tauge. Sangat lezat dan mantap untuk Anda coba.

Baca juga : Makanan Khas Lampung

4. Dodol Kedondong

Dodol Kedondong

Di Riau Anda juga bisa menemukan dodol yang tergolong unik yaitu dodol kedondong. Dodol kedondong ini merupakan salah satu makanan khas Riau yang berasal dari Pekanbaru.

Cita rasa asam segar yang dihadirkan dari dodol ini, menjadikan dodol kedondong sangat cocok untuk Anda bawa pulang sebagai oleh-oleh atau buah tangan bagi sanak keluarga di rumah.

5. Nasi Lemak

Nasi Lemak

Nasi lemak merupakan makanan khas Riau yang biasa dihidangkan saat sarapan. Nasi lemak ini biasa dihidangkan bersamaan dengan lauk lain seperti tumisan sayur, tempe, tahu, ikan, dan juga sambal.

Bagi Anda yang penasaran dengan rasa nasi lemak Anda bisa mengunjungi restoran atau rumah makan khusus yang menyajikan hidangan khas Melayu.

6. Gulai Belacan

Gulai belacan merupakan salah satu makanan khas Riau yang menggunakan belacan sebagai bahan tambahan dalam racikan bumbunya. Belacan sendiri merupakan salah satu olahan dari fermentasi udang baik udang air tawar maupun air laut yang memiliki cita rasa yang sangat khas.

Selain menghadirkan cita rasa yang khas dari belacan, gulai ini juga semakin nikmat karena menggunakan berbagai racikan bumbu rempah serta kuah santan sebagai bahan utama kuah gulainya.

Menyantap gulai belacan akan semakin nikmat ditemani dengan lalapan petai yang dijamin akan semakin menambah nafsu makan Anda.

7. Ikan Cuka

Ikan Cuka

Sesuai dengan namanya, makanan khas Riau ini menghadirkan kuah ikan yang diracik dari cuka yang ditambah dengan cabai merah giling, daun jeruk, pala, lada, garam, serta jahe dan serai.

Sensasi asam pedas yang dihadirkan dari cukanya membuat siapa saja yang pernah mencobanya akan ketagihan. Belum lagi ikan goreng yang merupakan bahan utamanya yang bertekstur krispi dengan cita rasa yang sangat gurih. Kuliner yang satu ini akan siap memanjakan lidah Anda.

8. Sate Senapelan

Sate Senapelan

Olahan sate memang dapat ditemukan di mana saja termasuk di Riau. Namun sate senapelan merupakan makanan khas Riau berbentuk sate yang sangat berbeda dengan sate pada umumnya.

Sate senapelan menggunakan bahan daging ikan yang sudah digulai sebagai bahan dasarnya. Gulai ikan ini yang nanti akan ditusuk dengan lidi dan dipanggang layaknya sate.

Yang menjadikan sate ini khas karena tekstur daging ikannya yang sangat lembut serta aroma dan rasa berbagai rempah yang khas dari daging sangatlah kuat. Hal ini dikarenakan daging ikan digulai terlebih dahulu sebelum diolah menjadi sate.

9. Asam Pedas Baung

Asam Pedas Baung

Baung merupakan salah satu jenis ikan air tawar yang memiliki kandungan protein yang tinggi sehingga sangat cocok dikonsumsi untuk anak-anak maupun orang dewasa. Anda dapat menemukan baung yang diolah menjadi makanan khas Riau bernama asam pedas baung.

Tekstur ikan yang dihadirkan dari makanan yang satu ini sangatlah kenyal dan lembut namun tidak terlalu lembek. Ditambah lagi racikan bumbunya yang terdiri dari serai, jahe, kemiri, lengkuas, dan kunyit menjadikan cita rasa asam pedas ini sangatlah kaya.

10. Mie Lendir

Mie Lendir

Walaupun terkesan aneh dengan namanya. Namun mie lendir merupakan salah satu makanan yang sangat digemari masyarakat lokal. Disebut dengan mie lendir dikarenakan mie ini menghadirkan kuah yang sangat kental.

Mie lendir ini menggunakan bahan dasar mie kuning yang ditambah dengan tauge dan irirsan telur rebus. Kuah mie lendir ini juga tergolong uni karena menambahkan kacang tanah dan ubi dalam pengolahannya. Mie lendir sangat cocok disantap hangat-hangat pada musim hujan atau saat cuaca dingin.

Baca juga : Makanan Khas Jambi

11. Lopek Bugi

Lopek Bugi

Setelah menjelaskan menu berat, kini kita beralih ke jajanan khas dari daerah Riau. Di Riau Anda bisa menemukan makanan khasnya yaitu lopek bugi. Lopek bugi merupakan salah satu kuliner berbahan dasar ketan dan juga tambahan santan.

Selain itu, lopek bugi juga juga diisi dengan kelapa muda manis dan dikukus dengan daun pisang. Jajanan khas yang satu ini biasa dihidangkan pada saat syukuran atau hari-hari besar umat Islam.

Jika Anda penasaran dengan rasa lopek bugi namun belum sempat berkunjung ke Riau. Anda juga dapat membuatnya sendiri di rumah dengan resep yang sudah banyak dipajang di internet.

12. Bolu Kemojo

Bolu Kemojo

Bolu kemojo merupakan salah satu jajanan populer yang berasal dari daerah Riau. Makanan khas Riau yang satu ini berbeda dengan bolu lainnya yang cenderung memiliki tekstur berongga.

Bolu kemojo memiliki bentuk yang padat dan identik dengan warna hijau. Bahan-bahan yang digunakan dalam proses pembuatannya juga berbeda dengan bolu pada umumnya karena menggunakan tambahan santan dan labu kuning.

Meskipun begitu tekstur bolu kemojo sangat lembut dan manis sehingga menjadi oleh-oleh favorit yang selalu dibeli para wisatawan. Anda dapat menemukan bolu kemojo ini di toko oleh-oleh yang berada di sekitar Pekanbaru.

Berkunjung ke Riau memang sangat menyenangkan, ditambah lagi beragam kekayaan kulinernya yang memiliki rasa yang sangat khas dan lezat. Bagi Anda yang berencana berkunjung ke Riau, jangan lupakan makanan khas Riau ini yang sangat sayang jika Anda lewatkan begitu saja.

Leave a Comment

WhatsApp Chat