Yuk Cicipi Makanan Khas Purwakarta yang Terkenal Enak dan Lezat

Makanan Khas Purwakarta | Berkunjung ke Purwakarta tidak cukup hanya mencicipi satu makanan khas Purwakarta yang terkenalnya saja seperti sate maranggi. Purwakarta sebagai salah satu kabupaten di Provinsi Jawa Barat menghadirkan berbagai macam kuliner khas yang siap membuat Anda ketagihan.

Bagi Anda yang ingin atau sedang berkunjung ke Purwakarta tidak ada salahnya untuk menjelajahi berbagai jenis kuliner khas daerah Purwakarta yang sangat lezat dan terkenal di masyarakat lokalnya.

Tanpa berlama-lama lagi, berikut adalah rekomendasi berbagai jenis makanan khas Purwakarta yang dapat Anda coba ketika berkunjung ke daerah Purwakarta.

1. Simping

Simping

Simping merupakan salah satu kuliner khas Purwakarta berbentuk camilan ringan. Terbuat dari tepung tapioka, tepung terigu, serta berbagai bumbu penyedap dari rempah-rempah dan buah-buahan menjadikan cita rasa simping manis dan gurih.

Bentuknya yang bulat, pipih dan tipis menjadikan simping termasuk kedalam makanan ringan khas masyarakat Purwakarta. Bagi Anda yang ingin membawa oleh-oleh tidak ada salahnya membeli simping ini.

2. Soto Sadang Purwakarta

Soto Sadang Purwakarta

Pecinta kuliner soto nusantara jangan sampai melewatkan kuliner khas yang  satu ini. Soto Sadang Purwakarta merupakan salah satu makanan khas Purwakarta yang sudah terkenal dan berdiri semenjak tahun 1980-an.

Pilihan soto yang ditawarkan bermacam-macam mulai dari ayam, babat, kikil, dan buntut. Anda juga bisa memilih jenis kuah soto dengan tambahan santan atau bening. Bagi Anda yang melewati jalan layang menuju kota Purwakarta, jangan lupa untuk menyempatkan diri mampir ke kedai soto Sadang dan mencicipi cita rasa khas yang ditawarkannya.

Baca juga : Makanan Khas Subang

3. Ayam Goreng Sajolna

Ayam Goreng SajolnaAyam Goreng Sajolna

Variasi kuliner ayam memang tidak ada habis-habisnya. Salah satunya adalah ayam goreng Sajolna sebagai makanan khas Purwakarta yang paling ditunggu oleh para pecinta kuliner.

Jika Anda menyantap kuliner yang satu ini, Anda akan menemukan perbedaan dibanding dengan kuliner ayam pada umumnya. Hal ini dikarenakan ayam goreng Sajolna memiliki cita rasa gurih dan harum yang khas sehingga memiliki cita rasa yang khas dan gurih.

Ayam goreng Sajolna menjadi salah satu kuliner yang paling dirindukan ketika berkunjung ke Purwakarta. Makanan khas Purwakarta ini bisa Anda jumpai di RM. Sajolna Sasak  Beusi Purwakarta.

4. Cobek Ikan Mini

Cobek Ikan Mini

Menemukan kuliner ayam yang dihidangkan dicobek? Sudah biasa. Disini Anda bisa menemukan makanan khas Purwakarta yang unik yaitu cobek ikan mini. Ciri khas dari kuliner ini adalah hidangan ikannya yang diletakkan didalam cobek setelah digoreng.

Tidak hanya itu, ikan ini juga dilumuri dengan sambal kencur yang segar sehingga menambah cita rasanya dan dijamin mampu menggungah selera Anda. Kuliner unik ini bisa dijumpai di Cobek Nini Citalang Purwakarta.

5. Peuyeum Bendul

Peuyeum Bendul

Kota Bandung terkenal dengan makanan khasnya yaitu peuyeum. Tapi jangan salah,di Purwakarta Anda juga bisa menemukan kuliner yang satu ini. Peuyeum yang terkenalnya adalah peuyeun Bendul yang banyak dijajakan di jalan raya Bendul.

Berbeda dengan peuyeum Bandung, peuyeum ini memiliki cita rasa yang lebih manis dan juga tekstur yang lebih padat yang menjadikannya sebagai makanan khas Purwakarta.

6. Colenak Purwakarta

Colenak Purwakarta

Setelah peuyuem, makanan khas lain yang wajib dicoba ketika berada di Purwakarta adalah colenak. Colenak sendiri merupakan modifikasi kuliner peuyuem dimana puyeum dibakar kemudian ditambahkan toping berupa saus gula merah dan kelapa sangrai.

Oleh karena itu colenak mampu menghadirkan cita rasa perpaduan manis dan gurih yang sangat lezat. Pecinta kuliner manis jangan sampai melewatkan makanan khas Purwakarta yang satu ini.

7. Pepes Purwakarta

Pepes purwakarta

Bagi Anda yang sedang berkunjung ke Purwakarta, wajib mencoba makanan khas Purwakarta lainnya yaitu pepes. Pepes di Purwakarta diolah dari ikan-ikan segar terbaik yang diolah dengan racikan bumbu tradisional yang sangat lezat.

Salah satu warung pepes terkenal di Purwakarta yaitu Aneka Pepes Ibu Ani. Warung ini menghadirkan aneka pepes dengan harga murah dan terjangkau serta rasanya yang terkenal lezat.

8. Es Ciming

Es Ciming

Menjelajahi kuliner Purwakarta, tak lengkap rasanya jika tak mencoba minuman khasnya. Disini Anda dapat menemukan minuman khas Purwakarta yang sangat terkenal yaitu es Ciming.

Dari segi penampilan,es Ciming tampak seperti es serut pada umumnya. Namun jika Anda baru mencobanya, kenikmatan es ini tidak akan pernah Anda lupakan dan akan selalu dirindukan ketika berkunjung ke Purwakarta.

Hal ini dikarenakan es Ciming menghadirkan berbagai toping dan campuran seperti cendol, jelly, kelapa, potogan cincau, serta kacang hijau yang mampu membuat siapa saja yang mencobanya merasa ketagihan.

9. Surabi Kedai Koka

Surabi Kedai Koka

Provinsi Jawa Barat memang terkenal dengan surabinya, tak ketinggalan juga Purwakarta yang menghadirkan makanan khas Purwakarta terkenal  yaitu Surabi Kedai Koka.

Berbeda dengan kuliner surabi pada umumnya, surabi ini menghadirkan irisan toping keju yang sangat banyak dan lumer sehingga cita rasa gurih yang dihadirkan sangatlah kental.

Bagi Anda para pecinta keju, jangan lupa mampir ke Kedai Surabi Koka ketika sedang bersantai dan berkunjung ke daerah Purwakarta.

10. Sate Maranggi

Sate Maranggi

Siapa yang tidak kenal dengan sate maranggi. Makanan khas Purwakarta ini dapat dianggap sebagai ikon kuliner khas Purwakarta yang wajib dicoba ketika berkunjung kesini.

Hal ini bukan tanpa alasan, sate maranggi sangat terkenal dengan cita rasa khasnya yang berbeda dari sate pada umumnya. Hal ini dikarenakan dalam pengolahannya, sate ini akan direndam dulu kedalam bumbu sebelum dibakar.

Bumbu yang digunakan juga lebih kaya rempah-rempah dan juga tidak menggunakan sambal kacang dalam penyajiannya. Hal ini menjadikan sate maranggi menjadi salah satu kuliner khas yang selalu dirindukan para pencintanya.

Baca juga : Makanan Khas Sumedang

11. Browyoeum (Brownies Peuyeum)

Brownies Peuyeum

Ingin mencoba kuliner yang khas dan unik? Makanan khas Purwakarta ini dapat menjadi salah satu pilihan Anda. Perpaduan dari brownies dan peuyuem, menjadikan cita rasa makanan ini sangat unik dengan perpaduan manis dan asam.

Jika Anda berkunjung ke Purwakarta, Anda bisa menjadikan makanan ini sebagai salah satu oleh-oleh wajib yang harus dibawa pulang.

12. Gula Aren Cikeis

Gula Aren Cikeis

Selain menghadirkan berbagai makanan dan minuman khas yang sangat terkenal dan lezat, Anda juga jangan melupakan gula aren Cikeis yang satu ini. Gula aren Cikeis merupakan jenis gula yang berbeda dari gula aren pada umumnya karena memiliki bentuk yang sangat imut.

Gula aren ini juga disebut-sebut dapat mengobati berbagai penyakit, mulai dari masalah pencernaan hingga gangguan asam urat. Bagi Anda yang hendak meninggalkan kota Purwakarta, jangan lupa mampir ke Desa Cikeis dan membeli gula aren ini sebagai buah tangan Anda.

Demikianlah berbagai jenis makanan khas Purwakarta yang wajib Anda coba ketika sedang berlibur atau berkunjung ke Purwakarta. Menghadirkan cita rasa yang khas dan unik di setiap makanannya menjadikan momen berkunjung ke Purwakarta menjadi hal yang sangat dirindukan bagi siapa saja yang pernah kesana.

Leave a Comment

WhatsApp Chat