Makanan Khas Probolinggo yang Uenak Tapi Harganya Murah !

Makanan Khas Probolinggo – Kota Probolinggo, Jawa Timur memang memiliki banyak destinasi wisata yang bisa kamu kunjungi. Saat dilanda lapar kala berlibur, tentunya kuliner daerah sekitar nggak boleh ketinggalan. Di kota ini sendiri terdapat banyak makanan asli Probolinggo khas dengan cirinya sendiri. Sebagai traveler sejati, tentu selain makanan jangan lupa untuk membeli oleh-oleh dan souvenir yang ada di kota tujuan anda.

Berikut ini adalah daftar makanan khas dari Probolinggo yang jangan sampai anda lewatkan.

1. Kepiting Olok

Kepiting Olok
Kepiting Olok

Bagi kamu penggemar olahan seafood, makanan khas Probolinggo yang satu ini wajib kamu coba. Pasalnya kepiting yang digunakan adalah kepiting yang masih muda yang disebut dengan ‘olok’ oleh masyarakat Probolinggo.

Makanan ini dibuat dengan cara mengukus kepiting, kemudian daging dipisahkan dari cangkangnya. Setelah itu, daging kepiting diolah bersama udang dan beberapa jenis bumbu untuk kemudian dimasukkan kembali ke dalam cangkang.

Soal rasa, tidak perlu ditanyakan lagi. Sensasi manis gurih dari kepiting muda akan membuat anda kecanduan makanan ini.

2. Soto Kraksaan

Soto Kraksaan
Soto Kraksaan

Makanan ini berasal dari daerah bernama Kraksaan di Probolinggo. Sekilas memang mirip seperti soto ayam pada umumnya, namun kuah soto kraksaan dibuat dengan santan.

Bahan daging ayam yang dipakai adalah ayam jantan dengan bumbu santan yang dilengkapi dengan serbuk kelapa yang disangrai, sebagai pelengkap Soto Kraksaan ini dilengkapi dengan irisan kentang yang di kukus di tambahkan kerupuk udang sebagai pelengkap.

Jika anda berkunjung ke krakasan anda dapat membelinya di utara Masjid Agung Ar-Raudlah dan di sebelah timur Rutan Kraksaan.

3. Ketan Kratok

Ketan Kratok
Ketan Kratok

Ketan kratok merupakan jajanan pasar yang mana merupakan makanan khas Probolinggo. Sebenarnya mirip seperti kuliner ketan pada umumnya, beras ketan direndam dan dicuci bersih kemudian dimasak dan ditaburi parutan kelapa.

Tapi yang bikin unik adalah campuran kratok atau kacang koro. Dalam penyajiannya ketan kratok ditaburi dengan parutan kelapa dan juga cairan gula merah mungkin kalau di tempat lain bisa di sebut juruh.

Ketan Kratok ini mempunyai rasa yang gurih sedikit asin juga sisi manisnya dari gula merah cair.

4. Nasi Jagung Merpati

Nasi Jagung Merpati
Nasi Jagung Merpati

Meskipun nasi jagung tergolong makanan yang tradisional. Tetapi kelezatan nasi jagung di Tempat wisata kuliner ini patut diperhitungkan, karena memang olahan nasi jagungnya sangat lezat dan istimewa.

Nasi jagung terasa nikmat karena dipadukan dengan lauk yang pas. Jika kamu ingin mencoba makanan kegemaran masyarakat jawa ini, kamu bisa langsung datang ke Nasi Jagung Merpati di Jl. Sunan Kalijaga 77 Kecamatan Wayangan, probolinggo.

5. Nasi Campur Nyak Nyong

Nasi Campur Nyak Nyong
Nasi Campur Nyak Nyong

Tempat makan di Probolinggo ini menjual menu nasi Campur khas Probolinggo yang sangat enak. Makanan ini menjadi salah satu menu favorit yang selalu dicari oleh warga Probolinggo. Penjual nasi campur yang populer ini juga akrab dengan sebutan Nasi Campur Klenteng.

Di tempat wisata kuliner ini, dalam satu porsi nasi campur yang terdiri dari beberapa lauk seperti serundeng, empal kuah, mie, dendeng yang disiram dengan kuah santan yang sangat kental dan sedikit sambal di sisi piring. Tak ada yang bisa menahan untuk tidak menyantap makanan yang enak dan lezat yang ada di tempat makan ini.

Kamu bisa mengunjungi tempat makan ini di Jl. WR. Supratman, Probolinggo. Untuk harga seporsi nasi campur ini dapat kamu nikmati dengan uang sebesar Rp 12.500, cukup murahkan..? biasanya tempat makan di Probolinggo ini buka mulai jam 5 pagi.

6. Proll Tape

Makanan Khas Probolinggo Proll Tape
Proll Tape

Berkunjung ke Probolinggo belum lengkap bila tidak membawa oleh-oleh khas daerah kota ini.

Satu dari sekian oleh-oleh khas asal wilayah probolinggo itu adalah kue proll tape. Kue ini merupakan kue khas yang terbuat dari bahan baku tape singkong manis.

Selain terbuat dari tape, bahan utama lainnya berupa tepung terigu, garam dapur, margarin, gula pasir, telur ayam, susu sapi cair dan sebagai taburan keju cheddar atau kismis.

7. Sirup Pokak

Sirup Pokak
Sirup Pokak

Sirup pokak jahe terbuat dari bahan utama jahe dan gula merah, sehingga tak heran jika citarasa dari sirup ini cenderung memberikan kesan hangat.

Tak hanya jahe dan gula merah saja beberapa bahan lain juga ditambahkan ke dalam sirup ini, seperti cengkeh, kayu manis, pandan, dan daun jeruk purut.

Selain mencobanya di tempat, kamu juga bisa membawa sirup ini sebagai buah tangan untuk keluarga di rumah. Disamping menghangatkan badan, khasiat pokak antara lain meredakan batuk, mengobati masuk angin, dan menurunkan kadar kolesterol.

8. Keripik Kentang

Keripik Kentang
Keripik Kentang

Warnanya putih susu, berukuran lebar, dan teksturnya renyah. Itulah ciri khas keripik kentang dari Bromo yang banyak diproduksi di Probolinggo. Untuk menghasilkan keripik kentang berkualitas memang diperlukan kentang yang kualitasnya super, namun harganya lebih mahal.

Ada pilihan lebih murah dengan penggunaan kentang biasa. Tetapi ukurannya kecil dan berwarna putih kecokelatan. Disamping enak, keripik kentang disukai karena rendah kolesterol namun kalorinya tinggi.

9. Olahan Manggrove

Olahan Mangrove
Olahan Mangrove

Jika selama ini kita hanya mengenal fungsi dari pada Mengrove atau Hutan Bakau yang berperan penting untuk ekosistem laut dan alam sekitarnya.

Namun, berkat kreatifitas Masyarakat Probolinggo Mangrove dapat diolah menjadi Produk Pangan yang berkualitas.

Tidak hanya sirup, namun juga tersedia jenang dan cola dengan rasa yang nikmat dan telah diproduksi oleh petani mangrove Probolinggo.

Kandungan Vitamin A, C, serta Yodium yang terdapat pada sirup mangrove sangat baik sebagai antisoksidan tubuh. Rasanya yang asam manis pastinya sangat menyeggarkan ketika diminum pada saat berada di pesisir Pantai yang beriklim Panas

10. Nasi Glepungan

Nasi Glepungan
Nasi Glepungan

Nasi glepungan merupakan nasi komplit atau sejenis dengan nasi campur yang disajikan dengan ikan asin, tahu penyet, tempe penyet, sambal, dan lalapan. Dijamin kamu bakal kenyang makan nasi glepungan.

11. Anggur Prabu Bestari

Anggur Prabu Bestari
Anggur Prabu Bestari

Makanan khas yang terakhir dari Probolinggo adalah anggur, anggur ini merupakan hasil alam yang menjadikan di probolinggo sebagai Kota Anggur.

Sekitar dekade 80-an, budidaya anggur di proling ini terdapat di sepanjang jalan Mastrip Desa Wonoasih, yang merupakan sentra anggur terbesar di Probolinggo. di sana terdapat ribuan pohon anggur yang dapat di panen.

Dalam segi kualitas anggur Probolinggo sendiri sangat unggul. juga terdapat banyak macam jenis yang beragam, biasanya anggur ini di jadikan minuman jus yang bisa menyegarkan tenggorokan di waktu siang hari.

Indonesia dari sabang sampai merauke memang banyak menyimpan makanan khas sesuai dengan budaya dan adatnya masing-masing. Dengan sumber daya alam yang melimpah masyarakat Indonesia tak perlu risau akan bahan makanan.

Dengan ragam makanan khas Probolinggo, maka anda tidak perlu khawatir dengan pilihan makanan jika berlibur ke bromo maupun ke tempat lainya yang ada di Probolinggo.

Leave a Comment

WhatsApp chat Chat