12 Makanan Khas Pontianak Yang Enak dan Bikin Nagih

Makanan Khas Pontianak | Ada berbagai makanan yang terdapat didalam sebuah daerah. Jika Anda mungkin sudah terbiasa dengan makanan khas Jawa, maka tidak ada salahnya mencoba kuliner yang berasal dari daerah yang berada di utara Jawa yakni Kalimantan.

Salah satu kota besar yang ada di Kalimantan adalah kota Pontianak. Ibu kota Kalimantan Barat ini memiliki beragam  makanan khas Pontianak yang wajib untuk dicoba. Sajian kuliner ini tentu memiliki bumbu khas yang akan menggoyangkan lidah Anda. Tentu Anda sudah penasaran bukan, mari langsung saja melihat ulasan dibawah.

1. Burung Punai Goreng

Kuliner Burung Punai

Burung punai menjadi salah satu makanan khas Pontianak karena menggunakan bahan baku utama burung punai. Burung jenis ini kebanyakan bisa Anda temui di daerah Pontianak. Burung ini memang memiliki fisik mirip seperti merpati. Burung jenis ini berwarna hijau dan memiliki paruh merah.

Di Pontianak, burung punai menjadi hidangan yang wajib untuk disantap. Kuliner ini bisa dimasak dengan cara dibakar ataupun digoreng. Tekstur dagingnya yang lembut dan memiliki rasa yang gurih tentu menjadi kelebihan tersendiri.

2. Let Tau Suan

Let Tau Suan

Let tuan suan mungkin menjadi makanan khas Pontianak yang masih asing bagi sebagian orang. Kuliner ini merupakan makanan yang terbuat dari bahan utama kacang hijau. Setelah dikupas, kacang hijau ini diolah bersama bahan lain seperti gula pasir, daun pandan dan tepung tapioka. Bahan-bahan tersebut bersatu dalam kuah bening yang segar.

Umumnya Lek Tau Suan disajikan bersama cakwe garing yang gurih. Dan paling penting, kuliner ini sangat enak disantap ketika masih panas. Anda bisa menjadikan makanan ini sebagai cemilan dan teman minum kopi ataupun teh.

3. Sagu Gunting

Sagu Gunting

Sagu gunting merupakan kuliner khas selanjutnya dari kota Pontianak. Bahan dasar pembuatnya yakni sagu yang dicampur dengan susu serta gula merah. Tekstur dari makanan ini mirip seperti agar-agar. Kuliner ini menjadi salah satu makanan favorit yang biasanya dijual menggunakan gerobak.

Biasanya para pedagang menjualnya di pinggir jalan dan Anda bisa menemukannya dengan dengan mudah. Ketika Anda mampir ke Pontianak Anda harus mencoba sajian yang satu ini. Anda akan mendapatkan sensasi yang berbeda setelah mencoba makanan ini.

Baca juga : Makanan Khas Banjarmasin

4. Lempok Durian

Lempok Durian

Bagi Anda pecinta durian haruslah mencoba makanan khas Pontianak bernama Lempok Durian. Kuliner ini memang memiliki bentuk seperti dodol. Teksturnya juga sangat kenyal. Akan tetapi, lempok durian tidak dicampur dengan beras ketan.

Perpaduan antara manis dan asam durian membuat kuliner ini sangat khas dan melekat bagi setiap orang yang mencicipinya. Makanan ini bisa Anda jadikan sebagai oleh-oleh ketika pergi melancong ke Pontianak untuk kerabat Anda di rumah.

5. Pengkang

Pengkang

Tentu belum banyak yang mendengar tentang sajian bernama pekang. Kuliner ini terbuat daei bahan utama beras ketan yang memiliki isi berupa ebi. Meski demikian, belum banyak masyarakat yang mengenalnya.

Kuliner ini sangat khas dengan bungkus daun pisang yang dibentuk kerucut. Lalu, diikat dengan tali bambu sebelum dibakar diatas bara api. Pengkang ini akan terasa lebih lengkap jika disajikan bersama samba kerang atau kepah.

6. Kopi Sepok

Kopi Sepok

Kopi sepok ini merupakan biji kopi Pontianak pilihan yang cukup terkenal. Biji kopi ini diolah degan menggunakan cara yang alami sehingga menghasilkan aroma khas dan rasa yang menggugah selera bagi para pecinta kopi.

Jika Anda menyukai kopi maka Anda haruslah mencoba kopi yang satu ini. Kopi cocok diolah dan dijadikan sebagai oleh-oleh yang sudah dikemas dengan kemasan yang modern dan mudah untuk dibawa.

7. Bingke Barendam

Bingke Barendam

Bingke barendam ini mungkin belum banyak didengar oleh masyarakat pada umumnya. Adonan pembuat kuliner ini yakni tepung dan telur. Makanan ini juga memiliki beberapa varian rasa seperti keju, original, durian dan lain-lain.

Kue asal Pontianak ini biasa disajikan dengan kuah bening dari gula serta putih telur, atau bisa juga dengan jus. Namun, tidak jarang juga yang menyajikannya tanpa kuah. Bentuknya sendiri berbentuk bunga mekar dan memiliki tekstur yang lembut, legit dan memiliki rasa yang lezat.

8. Jorong- Jorong

kuliner Jorong- Jorong

Jorong-jorong ini merupakan salah satu makanan khas Pontianak yang bisa Anda temui saat bulan Ramadhan. Ini merupakan sajian spesial dalam menyambut bulan Ramadhan. Pembuatan jorong-jorong ini cukup rumit dan melalui beberapa proses.

Makanan ini terbuat dari bahan baku berupa tepung beras dan juga santan. Dibutuhkan tangan-tangan yang terampil dan sudah berpengalaman untuk bisa membuatnya. Jika salah sedikit maka hasilnya masakan ini akan berbeda rasanya.

9. Kiam Ko Kwe

Kiam Ko Kwe

Makanan khas Pontianak ini dibuat dengan bahan dasar tepung beras. Sebagai pelengkap sajian, diatasnya ditabyri dengan ayam cincang. Kuliner khas ini merupakan yang terfavorit karena memiliki rasa yang lezat. Makanan ini hanya bisa Anda temukan di Pontianak.

Sehingga jika ingin merasakan resep asli maka Anda harus ke Pontianak. Makanan ini merupakan jenis makanan yang harus Anda coba pertama kali. Apalagi Anda merupakan orang yang suka mencoba makanan dimana-mana.

10. Che Hun Tiau

Che Hun Tiau

Che hun tiau merupakan makanan khas Pontianak yang hampir mirip dengan cendol. Sajian ini dicampur dengan ketan hitam, cincau, kacang merah, kuah santan, gula merah dan bongko. Sajian ini tentu akan segar untuk Anda konsumsi.

Cita rasa dari campuran bahan tersebut tentu akan meledak di mulut Anda dan membuat Anda ketagihan. Karena merupakan makanan yang cukup favorit maka Anda bisa menemukannya di pinggir-pinggir jalan kota Pontianak.

Baca juga : Makanan Khas Samarinda

11. Kue Pasong

Kue Pasong

Pasong ini merupakan salah satu makanan khas Pontianak yang berbentuk kue. Pasong memiliki tekstur yang legit dan memiliki warna yang agak kecoklatan atau putih. Pasong memiliki dua rasa varian yaitu manis dan lemak.

Kue ini biasanya akan dibuat pada hari ke 27 bulan Ramadhan saja. Ini merupakan kue khusus yang dibuat untuk menyambut Idul Fitri. Ini juga bisa Anda jadikan sebagai sajian saat lebaran. Karena dibuat hanya pada saat tertentu saja maka jenis kue ini agak sulit untuk didapatkan.

12. Kerupuk Basah Temet

Kerupuk Basah Temet

Makanan khas Pontianak yang satu ini bernama temet. Temet merupakan kue tradisional khas Pontianak. Temet memiliki tekstur yang kenyal dan memiliki rasa yang gurih karena terbuat dari cita rasa ikan air tawar. Ini merupakan sajian yang unik di Pontianak.

Temet biasanya disajikan sebagai sambal untuk kalangan masyarakat Kapus Hulu yang bermukim di kawasan Danau Sentarum. Jika Anda ingin mencobanya maka Anda bisa langsung mengujungi daerah tersebut.

Itulah beberapa makanan khas Pontianak yang wajib Anda coba ketika singgah kesana. Setiap daerah memiliki bumbu khasnya masing-masing untuk menghadirkan sajian yang berbeda dari daerah lain. Sajian kuliner yang khas juga menjadi salah satu daya tarik dari sebuah daerah. Karena banyak sekali wisatawan yang sekedar berkunjung untuk bisa mencoba makanan khas dari suatu daerah.

Apalagi bagi Anda pecinta kuliner, maka Anda harus mencoba berbagai makanan dari setiap daerah yang berbeda. Dengan begitu Anda bisa mempelajari berbagai masakan dari setiap daerah.

Leave a Comment

WhatsApp Chat