Maen ke Ponogoro, Jangan Lupa Cicipi 10+ Makanan Khas Berikut ini!

Makanan Khas Ponorogo – Kalian pasti sudah pernah dengar tentang kesenian reog kan ?, di Kabupaten Ponorogo inilah pusatnya kesenian reog. Tak hanya terkenal dengan kesenian tradisionalnya, kabupaten Ponorogo juga terkenal dengan oleh-oleh dan makanannya yang enak-enak. Kabupaten di jawa Timur ini memiliki beragam makanan yang bisa kalian coba saat berkunjung ke Ponorogo.

Berikut ini adalah list dari akanan khas Ponorogo yang sudah kami siapkan untuk kalian.

1. Sate Ayam Ponorogo

Sate Ayam Ponorogo
Sate Ayam Ponorogo

Yang satu ini adalah makanan yang paling terkenal dari ponorogo yaitu, sate ayamnya. Sate khas ponorogo ini pada umumnya hapir sama dengan sate ayam di daerah lain, namun yang khas dari sate ponorogo ini adalah pada cara memotong dagingnya.

Pemotongan daging sate khas ponorogo ini dengan disayat tipis panjang menyerupai fillet sehingga sate ini lebih empuk, juga lemak pada dagingnya pun bisa disisihkan.

Dengan potongan daging yang relatif lebih besar dengan irisan memanjan, sehingga satu tusuk sate Khas Ponorogo hanya berisi satu atau dua potong daging saja.

Perbedaan berikutnya adalah sate Ponorogo melalui proses perendaman bumbudalam bahasa jawa disebut (dibacem) agar bumbu meresap ke dalam daging.

Sate daging, usus, dan kulit dibumbui dengan bumbu kecap dan minyak sayur. Setelah bumbunya merata, sate dipanggang di atas pemanggang sate selama kurang lebih 3-5 menit.

Alat pemanggangnya pun unik, terbuat dari “Anglo” yaitu sejenis tungku pemanggang yang panjang terbuat dari tanah liat. Setelah berwarna kecoklatan, semua sate diletakkan di atas piring untuk dibumbui lagi dengan Bumbu kacang Spesial dan disantap dengan ketupat atau lontong.

2. Sate Kopok

Sate Kopok
Sate Kopok

Makanan khas Ponorogo yang ini masih seputar sate, namanya adalah sate kopokadalah Sate Kopok. Dinamakan kopok karena dalam penyajiannya menggunakan kuah berlendir dengan warna seperti kotoran telinga.

Walaupun namanya cukup menjijikkan, soal rasa sangat nikmat dan gurih. Berbeda dengan kebanyakan sate, Sate Kopok sendiri tidak dipanggang atau dibakar.

Sayangnya sate yang satu ini agak susah ditemui karena hanya dijual di beberapa tempat yaitu di Pasar Pahing di Kecamatan Balong atau Pasar Wage Kecamatan Jetis. Kalau kalian penasaran dengan rasanya silahkan saja cari di lokasi tersebut.

3. Tiwul Goreng

Tiwul Goreng
Tiwul Goreng

Bisa dibilang makanan tiwul goreng ini adalah makanan para orang tua kita dulu. Tiwul sendiri adalah makanan dari bahan dasar gaplek (singkong yang di awetkan).

Banyak yang bilang bahwa tiwul merupakan makanan orang miskin. Padahal tiwul juga enak dan memiliki kandungan yang tidak kalah dengan beras. Di Ponorogo sendiri ada desa yang masih menyajikan tiwul, tepatnya di sekitar Telaga Ngebel.

Baca juga : Makanan Khas Pacitan

4. Pecel Ponorogo

Pecel Ponorogo
Pecel Ponorogo

Kalau bicara soal pecel, banyak daerah di jawa timur yang  menjadikan pecel sebagai makanan khas kotanya. Uniknya di setiap kota itu memiliki varian rasa pecel yang berbeda.

Pecel Ponorogo juga mempunyai citra rasa yang kuat berbeda dengan pecel pada umumnya yang sering kita jumpai. Bahan pecel sayuran hampir sama dengan daerah lain seperti kacang panjang, bayam, kemangi, daun pepaya, tauge, lamtoro, kembang turi dan lain-lain.

Soal bumbu kacang sedikit berbeda yaitu aroma lebih sedap dengan rasa pedas dan bumbu kacang lebih kental.

5. Sego Tahu

Sego Tahu
Sego Tahu

Makanan lain dari ponorogo yang patut kamu coba adalah Sego Tahu. Makanan ini terdiri dari nasi putih atau bisa diganti dengan lontong dan tahu goreng dan bumbu.

Tahu bumbu yang disajikan merupakan tahu putih yang dikopyok dengan telor setengah matang, kemudian dipotong-potong dan disajikan dengan taburan bawang goreng, kacang goreng, seledri dan kecap manis.

Bagi kamu yang suka dengan rasa pedas bisa menambahkan sambal sendiri sesuai selera. Soal rasanya, Sego Tahu Ponorogo memiliki rasa gurih dan manis dari perpaduan tahu dan kecap.

6. Gethuk Golan

Gethuk Golan
Gethuk Golan

Jika getuk biasa di olah menggunakan singkong yang ditumbuk bersama gula jawa dan disajikan dengan parutan kelapa, getuk Golan disajikan bersama ketan/jadah, taburan parutan kelapa dan cairan gula kelapa yang manis.

Untuk mendapatkan gethuk Golan yang asli, mau tak mau anda harus pergi ke desa Golan. Kalian bisa search di google maps lokasinya. Jika anda tidak berminat pergi ke desa Golan, anda masih bisa menikmati gethuk Golan yang dijual di pusat kota Ponorogo.

Gethuk Golan nan legit penuh histori ini bisa anda dapatkan dengan kisaran harga Rp.1500 hingga Rp.3000 saja.

7. Jenang Mirah

Jenang Mirah
Jenang Mirah

Jenang Mirah adalah jenang seperti dodol di Jawa Barat. Jenang Mirah sangat terkenal di Ponorogo terutama terutama bagi pelancong yang mencari oleh-oleh.

Jenang ini terkenal karena rasanya enak khas Ponorogo. Jika ingin mencoba atau sebagai oleh-oleh Jenang Mirah banyak dijual di toko oleh-oleh sekitar Ponorogo.

8. Serabi Ponorogo

Serabi Ponorogo
Serabi Ponorogo

“Serupa tapi tak sama” istilah ini mugkin cocok untuk mengambarkan serapi di setiap daerah di jawa, serabi ditiap daerah mempunyai cita rasa dan kekhasan tersendiri.

Yang membedakan serabi ponorogo dengan yang lain adalah serabi ponorogo biasa disantap dengan kuah santan. Biasanaya penjual serabi mulai berjualan menjelang subuh.

Pada dasarnya bahan serabi dan cara masaknya sama. Adonan tepung beras yang dicampur santan, encer mirip membuat jenang sumsum dikasih bumbu garam secukupnya untuk membuat gurihnya lalu dituang di kereweng yang dipanasi bara api dari arang.

Disajikan saat panas di dalam mangkok dan dituangi kuah santan dan gula, atau bisa sesuai selera anda.

9. Dawet Jabung

Dawet Jabung
Dawet Jabung

Dawet jabung ini merupakan minuman mirip cendol yang terbuat dari tepung aren dan tanpa bahan pewarna, sehingga menghasilkan warnanya alami. untuk kuahnya dawetnya terdiri dari santan kelapa muda yang ditambah dengan gula aren dan sedikit garam.

Biasanya ditambahkan tape ketan juga irisan buah nangka. penyajianya di sajikan dalam mangkok kecil dan ditambah dengan es batu. Dinamakan dawet Jabung, karena asal dari dawet ini berasal dari desa Jabung salah satu desa di kecamatan Mlarak kabupaten Ponorogo

10. Piya-Piya

Piya-Piya
Piya-Piya

Makanan khas Ponorogo ini mirip sekali dengan bakwan atau emang hanya sebutannya saja yang berbeda. Piya-piya adalah sejenis gorengan dengan bahan sama dengan bakwan.

Piya-piya rasanya emang seperti bakwan dengan tekstur yang lebih pulen di Ponorogo.

Satu lagi ciri khasnya adalah bentuk bulat seperti mangkok kecil rapi sekali, dengan isisan sayur atau udang kecil.

Baca juga : Makanan Khas Ngawi

11. Utri

utri makanan khas ponorogo
utri makanan khas ponorogo

Akanan khas pponorogo yang terkhir kami ulas adalah Utri. Utri khas ponorogo ini merupakan makanan khas yang terbuat dari bahan dasar ketela pohon (singkong) yang di parut, kemudian di kasih gula, di bungkus daun pisang dan dimasak dengan cara di kukus.

Makanan khas mempunyai rasa yang manis karena campuran gula merahnya.

Itulah rekomendasi dari kami 11 makanan khas Ponorogo yang pastinya layak dan harus dicicipi. Kalian bisa cari makanan diatas dengan langsung datang ke Ponorogo. Semoga tulisan kami ini bisa bermanfaat untuk kalian semua.

1 thought on “Maen ke Ponogoro, Jangan Lupa Cicipi 10+ Makanan Khas Berikut ini!

Leave a Comment

WhatsApp Chat