15+ Makanan Khas Pati yang Wajib Untuk Kalian Cicipi, Siap-Siap Nagih!

Makanan Khas Pati – Berlibur kesuatu daerah tak afdol rasanya jika tak mampir ke tempat makan khas dan took aneka oleh-oleh yang bisa dibawa pulang. Nah, jika kalian ada atau sedang berencana melancong ke Kabupaten Pati, Jawa tengah, jangan lupa untuk mencoba kuliner khas dari Pati ini.

Jika kalian tidak tahu apa saja makanan khas Pati, kami akan berikan list beserta ulasannya berikut.

1. Nasi Gandul

Nasi Gandul
Nasi Gandul

Nasi Gandul ini merupakan makanan khas Pati dengan lauk jerohan, lidah atau daging sapi sebagai bahan utama yang dipakai dalam pembuatan Nasi Gandul ini.

Daging sapi yang dimasak dengan rempah-rempah seperti jinten, kencur, jahe, terasi bakar dan gula merah sehingga menciptakan aroma yang khas dengan rasa yang manis.

Nasi Gandul biasa disajikan dengan lauk tambahan seperti tempe goreng, telur bacem atau perkedel serta disajikan dengan alas daun pisang. Nasi Gandul yang disajikan dengan alas daun pisang inilah yang memberikan tampilan yang khas pada makanan khas Pati yang satu ini.

Nasi Gandul juga cocok disajikan dengan berbagai macam sayuran bersantan. Makanan ini sangat recomended untuk dijadikan pilihan kuliner jika anda sedang berkunjung ke kota Pati ini.

2. Sego Tewel

Sego Tewel
Sego Tewel

Sego Tewel ini merupakan nasi yang dipadukan dengan sayuran dari nangka muda, sayur nangka muda yang berkuah santan dengan rasa pedas yang menggugah selera.

Dalam penyajiannya di atas piring yang dialasi daun jati, satu yang membuat unik adalah lauk yang disajikan akan digoreng saat kita memesan nasi jangan tewel ini, jadi kita akan menikmati lauk yang masih hangat.

Lauk yang ditawarkan biasanya adalah tempe goreng, ampela ati, keripik udang atau dadar telur. Masakan ini bisa kita temukan di desa Tambakromo wilayah Pati bagian selatan.

3. Soto Kemiri

Soto Kemiri
Soto Kemiri

Makanan khas Kota Pati yang selanjutnya adalah Soto Kemiri. Soto ayam kemiri ini adalah sajian soto yang berbeda dari soto biasanya. Dari segi cita rasa pun jauh berbeda dengan soto pada umumnya.

Kuah kaldu ayam serta bumbu soto pada soto kemiri lebih terasa. Uniknya, Soto Kemiri menggunakan porsi mangkok kecil, ayam yang digunakan pun daging ayam yang masih muda jadi jangan kaget kalau melihat daging ayam yang disajikan terlihat kecil-kecil.

4. Petis Kambing Runting

Petis Kambing Runting
Petis Kambing Runting

Makanan khas Pati yang selanjutnya merupakan makanan yang menggunakan bahan dasar daging kambing. Makanan ini bernama Petis Kambing Runtingyang diambil dari asal makanan ini yaitu, desa Runting.

Petis Kambing Runting ini rasanya hampir mirip dengan gulai kambing pada umumnya. Namun yang membedakan Petis Kambing Runting ini dari gulai kambing biasa terletak pada kuahnya yang lebih kental dan gelap karena campuran tepung beras.

5. Mangut Kepala Manyung

Mangut Kepala Manyung
Mangut Kepala Manyung

Untuk kalian yang suka dengan makanan pedas sekaligus pecinta ikan, pastikan kalian mencoba makanan yang satu ini. Masakan yang berciri khas pedas berkuah santan berwarna kuning dari kunyit sebagai salah satu bumbu khas mangut ini.

Kepala ikan manyung yang dimasak biasanya adalah kepala ikan yang diasap jadi benar-benar khas banget baik aroma maupun rasa. Mangut ini bisa kita temukan di wilayah Pati bagian timur yaitu daerah Juana dan Batangan.

6. Jangan Tempe Pedes

Jangan Tempe Pedes
Jangan Tempe Pedes

Masih dengan makanan pedas dari pati ya gan. Jangan tempe ini adalah masakan kuah santan yang terbuat dari tempe busuk atau semangit yang dibumbu sangat pedas dominan terasa ketumbar, cabe dan merica.

Bagi anda penderita sakit maag harap berhati-hati jika ingin mencoba menikmatinya ya. Masakan ini dapat anda temukan diwilayah Pati bagian utara yaitu desa Bongsri dan Jontro yang masuk wilayah kecamatan Wesarijaksa.

7. Jangan Merico

Jangan Merico
Jangan Merico

Jangan merico adalah kuliner ikan laut seperti kakap, kerapu, ikan ekor kuning atau manyung segar berkuah bening dengan rasa pedas merica, cabe dan asamnya tomat atau asam jawa.

Yang menjadi khas dari masakan ini adalah daun singkil sebagai penyedap penghilang aroma amis, saya tidak tahu apakah daun ini ada di daerah lain yang jelas tumbuh di wilayah pesisir Pati.

Adakalanya dalam memasak dicampur potongan ketimun atau labu putih untuk menambah nikmat masakan. Jangan Mrico ini akan kita temukan di Pati timur dari Juana, Batangan dan perbatasan Kaliori.

8. Opor Saudah

Opor Saudah
Opor Saudah

Makanan khas ini tepatnya berada di Keecamatan Gunungwungkal. Opor Ayam Ibu Saudah ini memang sepintas seperti opor ayam yang biasa kalian temui.

Namun yang membuat Opor Ayam Ibu Saudah ini istimewa adalah porsi potongan ayamnya yang besar-besar. Lauk pauk lainnya yang dapat disandingkan dengan Opor Ayam Ibu Saudah ini diantaranya adalah tahu, sayur tewel, sambel, dan tempe goreng yang sudah dijamin kelezatannya. 

9. Swike Kerang

Swike Kerang
Swike Kerang

Makanan khas Kota Pati ini merupakan makanan yang terbuat dari kerang yang dimasak masih lengkap dengan cangkangnya.

Cara memasak makanan khas yang satu ini adalah dengan merebus kerang beserta cangkangnya dengan kuah yang telah diberi bumbu khusus. Tak heran jika aroma makanan ini bisa sangat menggoda indra penciuman kalian. Jika kalian pecinta seafood jangan sampai tidak mencoba makanan satu ini.

10. Tahu Gimbal

Tahu Gimbal
Tahu Gimbal

Tahu Gimbal yang digoreng lalu disiram dengan saus kacang yang diberi tambahan bawang goreng ini sangat menggugah selera makan anda. Adanya udang jumbo yang menemani tahu gimbal yang khas ini mejadikan makanan ini semakin istimewa.

11. Gethuk Runting

Gethuk Runting
Gethuk Runting

Makanan khas gethuk runting ini memakai bahan dasar singkong. Singkong yang awalnya dikukus sampai masak ini, lalu ditumbuk sampai halus serta diberi tambahan dengan sedikit garam untuk memberikan rasa gurih pada getuk ini.

Getuk ini biasanya di sajikan dengan penambahan taburan kelapa parut serta serundeng atau di celup gula merah. Lalu dibungkus dengan daun pisang.

12. Lepet Jagung

Lepet Jagung
Lepet Jagung

Dibuat dari jagung dan dibungkus dengan klobot, daun jagung. Lalu ditali dengan tali dari bilahan tipis bambu. Jagung ditumbuk kasar, kemudian diberi gula dan garam lalu di bungkus lalu dikukus.

Pengen nyoba lepet jagung. Lepet ini biasa dijajakan mbah-mbah, pada pukul 10 di hari pasaran pasar Trangkil (Selasa, Kamis dan Minggu).

13. Sarang Madu

Sarang Madu
Sarang Madu

Sarang Madu dibuat dari tepung beras ketan dan tepung beras biasa yang dicampur dengan aturan saji tertentu. Bahan tersebut dicampur dengan air sampai menyatu dan cukup mengental.

Setelah adonan jadi, selanjutnya adalah proses penggorengan. Perlu keahlian khusu dari pembuatnya untuk mebentuk Sarang Madu seperti yang seharusnya. kemudian diberi larutan gula jawa, Larutan gula jawa tersebut akan dioleskan pada satu sisi Sarang Madu.

Larutannya pun tidak boleh terlalu encer atau terlalu kental. Dengan kekentalan yang tepat, larutan gula jawa akan meresap ke dalam sarang madu.

Baca juga : Makanan Khas Sragen

14. Kue Moho

Kue Moho
Kue Moho

Kue moho dibuat dari tepung beras, tepung terigu dan gula pasir. Kue ini mirip dengan bolu kukus dibuat dengan menggunakan bahan telur. Kue Moho, rasanya manis, tetapi moho jauh lebih lengket di mulut dan memiliki tekstur lembek ketimbang kue bolu.

15. Kerupuk Daging

Kerupuk Daging
Kerupuk Daging

Kerupuk daging adalah kerupuk menggunakan bahan dasar dari daging ikan, daging sapi maupun daging kambing. Pengolahannya pun hampir sama dengan kerupuk-kerupuk lain.

Kerupuk daging yang satu ini sudah sangat jarang dijumpai. Diakibatkan dari mahalnya bahan dasar kerupuk tersebut sehingga penjualnya pun semakin menurun.

16. Telur Lurik

Telur Lurik
Telur Lurik

Telur lurik itu sendiri merupakan telur yang cara pengolahannya dengan mengasapi telur tersebut hingga cangkang dari telur itu sendiri berubah warna menjadi kecoklatan dan bercorak lurik-lurik. Rasa yang dihasilkan dari telur lurik itu sangat gurih dan nikmat.

Itulah daftar dari makanan khas Pati yang sudah kami rangkum dan ulas. Soal rasa kalian bisa cicipi sendiri saat kalian dating ke Pati. Semoga ulasan kami ini bisa bermanfaat untuk kalian semua.

1 thought on “15+ Makanan Khas Pati yang Wajib Untuk Kalian Cicipi, Siap-Siap Nagih!

Leave a Comment

WhatsApp chat Chat