Makanan Khas Pasuruan yang Sederhana Tapi Enaknya Kebangetan

Makanan Khas Pasuruan – Provinsi Jawa Timur memiliki banyak sekali destinasi wisata kuliner yang populer, antara lain di Malang dan Surabaya. Meskipun tidak sepopuler kota lainnya di Jawa Timur, Pasuruan punya beragam minuman dan jajanan dengan cirinya sendiri terutama di Bangil. Tak hanya itu, ada banyak toko oleh-oleh dan jajanan Pasuruan yang siap dibawa untuk orang-orang di rumah.

Untuk kalian yang masing asing dengan makanan khas pasuruan, berikut ini sudah kita siapkan beberapa rekomendasinya.

1. Kupang Kerathon

Kupang Kerathon
Kupang Kerathon

Kupang adalah sejenis kerang yang dimasak dengan campuran bumbu bawang putih, untuk menghidangkan biasanya dicampur dengan petis kupang, jeruk nipis, lontong dan irisan lento, bila suka bisa ditambahkan cabe rawit, lebih mak nyus dimakan dengan Sate Kerang.

Untuk menemani makan kupang kerathhon ini bisa ditemani dengan Es Degan Hijau, disamping segar es degan juga bisa meminimalisir alergi kupang & kerang.

Makanan Khas Pasuruan ini bisa dijumpai di sepanjang jalan Ir. Juanda dan Pasar Kraton.

2. Bipang Jangkar

Bipang Jangkar
Bipang Jangkar

Sudah diproduksi sejak tahun 1949, Bipang Jangkar menjadi salah satu oleh-oleh langganan para wisatawan. Saat pertama kali diproduksi, Bipang Jangkar hanya memiliki sedikit varian rasa, tapi sekarang sudah banyak jenisnya.

Selain itu dahulu pada awalnya, buah tangan satu ini dibungkus dengan memanfaatkan kertas, tapi sekarang sudah menggunakan plastik. Jadi lebih awet dan tidak melempem.

Bagi kamu yang tidak familiar dengan Bipang Jangkar, ini merupakan kuliner yang terbuat dari bahan dasar beras kemudian dipanaskan dengan menggunakan suhu yang tinggi sampai mengembang.

Setelah itu dicampur dengan rasa-rasa lalu dipotong kotak-kotak. Rasanya renyah dan juga manis. Cocok sekali buat kamu para penggemar kuliner manis.

3. Rawon Sate Komo

Rawon Sate Komo
Rawon Sate Komo

Rawon adalah makanan khas Pasuruan yang terbuat dari daging dan berkuah hitam dengan bumbu campuran bawang putih, bawang merah, tumbar, jinten, daun jeruk purut, sere laos, kunir dan tidak ketinggalan kluwek yang membuat warna kuah menjadi hitam.

Nasi Rawon sangat nikmat dihidangkan dalam keadaan hangat dengan lauk Sate Komo dan tidak ketinggalan taoge pendek, sambal dan kerupuk udang

4. Nasi Punel Bangil

Nasi Punel Bangil
Nasi Punel Bangil

Pada dasarnya, makanan yang satu ini serupa dengan nasi campur dengan beragam lauk pauk di dalamnya.

Masakan ini pun disebut nasi punel karena tekstur nasinya yang setengah lembek. Lauk pauk yang melengkapi nasi punel ini berupa tahu, tempe dan ayam bumbu Bali, sambel kacang panjang (potongan kacang panjang mentah yang dicampur sambel tomat nan pedas), sayur nangka muda, pepes kelapa, dan beragam gorengan daging sapi, babat, usus, hingga paru yang gurih.

Nasi punel ini cenderung memiliki rasa pedas dan bumbu rempah yang kuat. Untuk menambah kenikmatan tak ketinggalan taburan serundeng (parutan kelapa yang disangrai dengan bumbu) menghiasi sajian nasi punel.

Kuliner khas ini bisa ditemui di beberapa warung-warung makan yang tersebar di Bangil. Salah satu di antaranya seperti Warung Nasi Punel Bu Hj. Lin di Jalan Jaksa Agung Suprapto atau persis berada di Depan kantor Telkom Bangil serta Nasi Punel Setiabudi di Jalan Gajahmada Bangil.

Baca juga : Makanan Khas Trenggalek

5. Botok Tempe

Makanan Khas Pasuruan Botok Tempe
Botok Tempe

Botok Tempe merupakan salah satu masakan yang banyak dijumpai di Kota Pasuruan. Paduan tempe dengan kelapa parut serta bumbu-bumbu yang kemudian dikukus dalam bungkus daun pisang, memiliki aroma dan rasanya eksotis.

Beragam versi botok tempe yang ada di Kota Pasuruan. Ada juga beberapa macam bahan yang menjadi campuran botok tempe ini seperti Kerang, udang, teri lamtoro (petai cina), pete, daun singkong, maupun daun kesimbukan (dalam bahasa jawa). Bumbunya pun beragam, ada yang berbumbu kunyit, berbumbu agak kecoklatan dan juga berbumbu putih

6. Roti Matahari

Roti Matahari
Roti Matahari                

Makanan yang satu ini juga termasuk makanan legendaris, Roti Matahari sudah mulai diproduksi sejak tahun 1955 di Pasuruan. Bagi kamu yang tertarik untuk membawanya pulang sebagai oleh-oleh, bisa datang ke Toko Roti Matahari yang berlokasi di Jalan Raya Soekarno Hatta No. 42-44, Pasuruan.

Di sini ada berbagai jenis roti, mulai dari roti sisir, roti ronde, roti kasur, dan lain sebagainya. Sementara itu yang jadi primadona para wisatawan adalah roti sisir.

7. Permen Jahe

Permen Jahe
Permen Jahe

Sepertinya oleh-oleh khas Pasuruan ini didominasi oleh makanan yang memiliki cita rasa manis. Setelah sebelumnya ada Bipang Jangkar dan Roti Matahari, ada juga permen Jahe. Tidak seluruhnya manis, ada sensasi rasa pedas yang berasal dari jahe.

Biasanya di Pasuruan disebut dengan Ting Ting Jahe. Saat awal pembuatannya, kuliner satu ini dibungkus dengan kemasan kertas. Sekarang sudah menggunakan plastik dan lebih praktis. Selain enak, oleh-oleh ini juga menyehatkan karena terbuat dari bahan dasar jahe.

8. Ikan Lempuk

Ikan Lempuk
Ikan Lempuk

Jika makanan sebelum-sebelumnya memiliki cita rasa manis, ini ada oleh-oleh gurih khas Pasuruan yang bisa dibawa pulang. Ikan lempuk ini memiliki bentuk menyerupai teri, kecil-kecil memiliki panjang sekitar 2 atau 3 cm.

Ikan lempuk ini biasanya diolah menjadi berbagai macam makanan, tapi yang sering dibawa untuk oleh-oleh adalah lempuk crispy. Cocok dijadikan camilan maupun lauk makan.

9. Lontong Balap Bumbu Kuning

Lontong Balap Bumbu Kuning
Lontong Balap Bumbu Kuning

Bagi sebagian orang yag tidak tawar dengan Kupang Sate Kerang bisa menikmati makanan khas lainnya yaitu lontong balap berkuah kuning yang terbuat dari taoge dengan bumbu kunyit , daun jeruk purut, bawang putih. Lebih nikmat dihidangkan dengan irisan lontong , lento dan petis, bagi penikmat rasa pedas bisa ditambahkan beberapa cabe rawit.

10. Kopi Kaspandi

Kopi Kaspandi
Kopi Kaspandi

Home industri kopi kaspandi dirintis sejak 1954 dan bertahan sampai sekarang. Kemasannya terkesan lama (jadul). Berupa kertas warna putih dengan bagian tengahnya ada sablonan bergambar kereta api jaman belanda. Lalu di bagian atas dan bawahnya tertera keterangan lain : kopi kaspandi diproduksi oleh Griya Kopi Kaspandi yang berlokasi di Jl. Dewi Sartika Gg V Kota Pasuruan.

Kopi bubuk produk sebuah home industri tua di Kota Pasuruan, Kopi Kaspandi. Saat produk-produk kopi bubuk pabrik bertebaran, kopi ini masih bisa mempertahankan eksistensinya.

Hj. Anisah yang mengelola Griya Kopi Kaspandi. dia adalah generasi kedua dari keluarga pengusaha kopi tersebut. Kata Anisah, pihaknya sengaja mempertahankan desain lama kemasan kopi produksinya.

Tak ada perubahan signifikan dalam kopi Kaspandi, meski produk tersebut merupakan warisan turun-temurun. Baik desainnya maupun kualitas kopi yang selalu dijaga, dengan menggunakan resep rahasia keluarga.

Untuk menjaga kualitas, kopi kaspandi tak sembarangan dalam memilih bahan baku. Biji kopi sebagai bahan baku utama diperoleh dari Perkebunan kopi yang berada di Jember. Menurut Anisah, dari sana biji-biji kopi bercita rasa tinggi bisa didapatkan. Latar belakang usaha kopi ini adalah budaya ngopi dan nyangkruk yang begitu kuat di daerah Pasuruan.

Baca juga : Makanan Khas Lamongan

11. Jamu Kebonagung

Jamu Kebonagung
Jamu Kebonagung

Jamu Kebonagung merupakan minuman khas Pasuruan, Jawa Timur. Terbuat dari berbagai jenis rempah-rempah, seperti lada, kayu manis, kapulaga, bunga pala, cengkeh, cabe jamu, sereh dan gula jawa.

Tak hanya segar, juga berkhasiat mengatasi batuk berdahak, sakit tenggorokan, menurunkan kolesterol, mengatasi perut kembung, dan menjaga kebugaran tubuh.

Jamu Kebonagung tersedia di berbagai toko jamu dan minuman tradisional di Pasuruan. Jamu ini dikenal dengan nama jamu Kebonagung karena minuman segar menyehatkan ini awalnya hanya dijual di Pasar Kebonagung Kota Pasuruan.

Itulah jajaran makanan khas Pasuruan yang tentunya saying jika anda lewatkan. Semoga list makanan dan ulasan di atas bisa membnatu anda jika anda sedang berburu makanan di kota Pasuruan.

Thanks……

1 thought on “Makanan Khas Pasuruan yang Sederhana Tapi Enaknya Kebangetan

Leave a Comment

WhatsApp Chat