12 Makanan Khas Papua yang Menjadi Daya Tarik Wisatawan

Makanan Khas Papua | Semua orang tentu mengetahui tentang daerah Papua. Karena belakangan ini Papua menjadi salah satu daerah yang sangat diminati oleh para wisatawan. Selain memiliki pemandangan yang indah dan asri, disana juga terkenal berbagai makanan khas Papua yang unik.

Karena masih belum banyak polusi di Papua udara sangat segar dan memiliki laut yang cantik. Wisata bawah lautnya yang menjadi daya tarik utama. Agar Anda memiliki rekomendasi berikut akan diulas beberapa makanan yang harus Anda coba ketika singgah ke Papua.

1. Kue Lontar

Kue Lontar

Kue lontar merupakan salah satu makanan khas Papua yang sangat terkenal bahkan di beberapa kota besar di luar Papua. Kue ini memiliki citarasa yang khas yang tentunya akan cocok untuk lidah orang Indonesia.

Kue lontar ini berbentuk bulat seperti pie susu yang memiliki pinggiran garing namun didalamnya agak basah. Namun jika biasanya pie susu cenderung tipis dan kecil. Kue lontar diolah dengan bentuk yang lebih besar dan tebal.

2. Sate Ulat Sagu

Sate Ulat Sagu

Jika melihat ulat tentu kebanyakan orang sudah geli dan enggan memakannya. Jika membayangkan ulat yang masih hidup memang tampak mengerikan. Namun berbeda dengan makanan khas Papua ini.

Di Papua ulat diolah dengan campuran sagu yang ditusuk seperti sate. Ulat ini dibakar dengan menggunakan bumbu khas Papua. Jenis makanan ini sangat enak dikonsumsi ketika malam hari. Sate ulat ini memiliki kandungan protein yang sangat besar untuk menyehatkan tubuh.

3. Papeda

Papeda

Papeda sudah sejak lama menjadi ikon dari daerah Papua. Jika mendengar nama daerah Papua tentu banyak orang yang langsung terpikirkan tentang papeda. Papeda ini menggunakan sagu sebagai bahan dasar pembuatannya. Sagu dipanaskan hingga menjadi bubur yang bertekstur lengket dan berwarna putih.

Rasa papeda cenderung tawar dan biasa disajikan dengan lauk lain seperti ikan tongkol yang sudah dibumbui pedas. Papeda bisa dikonsumsi sebagai pengganti nasi sebagai karbohidrat harian.

Baca juga : Makanan Khas Ternate

4. Kue Bagea

Kue Bagea

Kue bagea dapat Anda temukan di daerah Ternate Papua. Kue bagea ini sangat terkenal untuk dijadikan oleh-oleh atau dimakan secara langsung. Kue bagea menggunakan perpaduan bahan dasar tepung sagu dan juga kenari.

Kue bagea ini memiliki rasa yang khas dan tentunya membuat ketagihan. Kue bagea mempunyai bentuk seperti batang pohon yang dipotong-potong. Kue bagea memiliki rasa yang renyah dan enak untuk dijadikan cemilan.

5. Aunu Senebre

Aunu senebre merupakan salah satu makanan khas Papua yang wajib Anda coba. Aunu senebre ini merupakan makanan pokok yang terdiri dari nasi dan ikan teri. Dalam mengolahannya diberikan bumbu khas Papua yang uni.

Biasanya jenis makanan ini dijual pada warung-warung dekat pantai. Tentu akan sangat menyenangkan ketika Anda bisa menikmati pemandangan laut sambil menikmati makanan yang nikmat.

6. Petatas

Petatas

Mungkin masih banyak masyarakat yang belum terlalu mengenal petatas. Ini merupakan makanan khas Papua yang biasa dikonsumsi oleh masyarakat Papua setiap harinya. Petatas atau yang biasa dikenal dengan ubi jalar merupakan makanan pengganti nasi.

Beras di Papua mengalami krisis sehingga harga beras menjadi sangat tinggi. Sehingga para masyarakat kebanyakan mengganti nasi menjadi petatas untuk dikonsumsi sehari-hari. Petatas memiliki kandungan karbohidrat yang hampir sama dengan nasi.

7. Cacing Laut

Jika mendengar atau melihat cacing tentu banyak masyarakat yang merasa geli. Namun di Papua cacing digunakan sebagai bahan olahan makanan yang lezat. Tentu hal tersebut membuat banyak masyarakat penasaran bagaimana cacing bisa dijadikan makanan yang enak.

Cacing ini diolah dengan berbagai bumbu khas Papua yang dimasak dengan empuk. Dalam cacing ini terdapat berbagai kandungan gizi yang baik untuk tubuh. Cacing ini sangat dianjurkan dikonsumsi oleh pria untuk menjaga stamina.

8. Bubur Sagu

Bubur Sagu papua

Jika biasanya bubur diolah dengan menggunakan bahan dasar nasi, berbeda dengan di Papua. Salah satu makanan khas Papua yang terkenal dan banyak disukai oleh banyak masyarakat adalah bubur sagu. Jenis makanan ini bisa Anda jadikan teman sarapan Anda.

Bubur sagu diolah dengan bahan dasar sagu yang dimasak hingga menjadi bubur. Karena harga beras cukup tinggi di Papua maka beras diganti dengan sagu untuk dijadikan bubur. Karena keunikannya tersebut banyak wisatawan yang ingin mencoba bubur sagu ini.

9. Ikan Bungkus

Ikan Bungkus

Makanan jenis ini tentu sudah banyak masyarakat yang mengetahuinya. Ikan bungkus Papua ini merupakan olahan ikan dengan bumbu khas Papua yang menggunakan daun talas untuk membungkusnya.

Biasanya jenis ikan yang digunakan adalah ikan laut bukan ikan air tawar. Karena ikan laut memiliki rasa daging yang segar. Ikan bungkus ini nampak seperti pepes namun memiliki citarasa bumbu yang berbeda. Ikan bungkus ini sangat cocok dikonsumsi dengan nasi panas.

10. Colo-colo

Jika berbicara tentang makanan khas Papua tentu kurang lengkap jika tidak ada sambal. Colo-colo ini merupakan salah olahan sambal khas Papua. Bahan dasar sambal ini cukup sederhana yaitu cabai rawit, bawang putih, tomat, jeruk nipis dan sedikit gula pasir.

Dalam pembuatan sambal ini biasanya akan ditambahkan air secukupnya sehingga sambal cenderung berair. Rasa sambal ini segar, asam dan juga pedas. Jenis sambal ini akan cocok dikonsumsi dengan ikan bakar dan nasi.

11. Buah Matoa

Buah matoa merupakan buah khas yang hanya bias Anda temukan di Papua. Jika berbicara tentang makanan khas Papua tentu Anda juga harus mengetahui sajian minuman khas di Papua. Salah satunya adalah es buah matoa.

Biasanya es buah matoa ini akan diberikan campuran, kolang kaling, agar, cincau, selasih da biji pala. Kemudian akan diberikan hiasan berupa jeruk limau dan daun pAndan. Es matoa ini memiliki rasa asam, manis dan segar. Es ini akan sangat cocok diminum pada siang hari.

Baca juga : Makanan Khas Gorontalo

12. Sarang Semut

Sarang Semut

Sarang semut merupakan salah satu olahan makanan khas Papua yang biasanya dijadikan sebagai oleh-oleh. Sarang semut ini merupakan kue kering yang berbentuk seperti sarang madu.

Kue sarang semut ini memiliki kandungan gizi yang baik bagi kesehatan tubuh Anda. Kue sarang semut ini juga bisa dijadikan sebagai obat anti pahit. Kue sarang semut ini bisa Anda konsumsi sebagai cemilan.

Itulah beberapa makanan khas Papua yang harus Anda coba ketika ke Papua. Papua memiliki berbagai ciri khas seperti bahasa, budaya, makanan dan tempat wisatanya.

Untuk itu tentunya Anda tidak akan menyesal jika berkunjung ke Papua. Ketika Anda mencoba kuliner di Papua tentu Anda akan merasakan citrasa yang berbeda dari makanan di daerah lain. Dijamin ketika Anda mencobanya maka Anda akan ketagihan. Makanan dan budaya sudah menjadi identitas dari sebuah daerah. Sehingga tentu terdapat makanan khas di setiap daerah yang menggambarkan jati diri daerah tersebut.

Leave a Comment

WhatsApp chat Chat