Inilah 12 Makanan Khas Palu yang Bisa Bikin Kangen Kampung Halaman

Makanan Khas Palu | Sebagai ibu kota Sulawesi Tengah, Palu tidak hanya terkenal dengan destinasi wisatanya saja. Kelezatan makanan khas Palu juga bikin wisatawan yang berkunjung pasti betah. Rasanya mantap, tampilannya pun juga menarik

Bagi kamu yang berniat mengunjungi Palu, mencicipi menu pilihannya merupakan kegiatan yang harus diagendakan. Di berbagai tempat wisatanya bakal ada banyak warung yang menjual menu pilihan tersebut. Supaya kamu bisa memilih, nih daftar makanan Kota Palu yang dijamin nikmat.

1. Kerak Sagu

Kalau Jakarta punya kerak telor, Palu punya Kerak Sagu. Makanan khas Palu ini memang diolah dari sagu, kemudian dicampur dengan kelapa parut. Teknik pengolahannya juga mirip dengan teknik pengolahan kerak telor punya Kota Jakarta.

Kerak telor itu nantinya dimasak dengan menggunakan loyang panci yang sudah diberi minyak. Agar cita rasa lebih nikmat, bisa ditambahkan telur bebek atau telur ayam yang dicampur pada adonan kerak sagu.

2. Tabaro Dange

Tabaro Dange

Kali ini Palu punya makanan tradisional yang dimasak dengan belanga dan tungku. Namanya Tabaro Dange atau biasa dikenal dengan sebutan depa. Belanga yang digunakan sebagai alat memasak terbuat dari tanah liat.

Bahan baku utama makanan khas Palu ini diolah dari campuran kelapa parut dan sagu. Kemudian, diberi dua macam isian, seperti ikan dan gula merah. Menu ini termasuk menu wajib yang harus kamu coba saat mengunjungi kota Palu bersama keluarga atau kerabat.

3. Duo Sale

Palu juga punya sambal dengan rasa mantap, namanya duo sale. Diolah dari bahan baku ikan teri kering. Rasanya dijamin gurih dan pedas. Dipadukan aneka rempah-rempah khas Nusantara yang memikat selera.

Aroma rempah-rempah yang wangi dan sedap bakal bikin kamu berselera saat menyantapnya. Ikan terinya yang renyah juga bikin lidah jadi bergoyang. Menu ini sangat cocok jadi pendamping menu nasi jagung.

Baca juga : Makanan Khas Manado

4. Banua Cokelat

Banua Cokelat

Di Indonesia, Kota Blitar terkenal dengan destinasi wisatanya, yaitu Kampung Cokelat. Ternyata, di Palu juga ada menu favorit dari olahan cokelat, namanya Banua Cokelat. Makanan khas Palu satu ini diracik dari biji kakao dengan proses pengolahan secara khusus.

Cita rasanya unik, agak sedikit pahit ketika dikonsumsi. Meskipun begitu, menu ini tetap disukai banyak wisatawan. Bahakan, banyak yang membelinya untuk dijadikan oleh-oleh. Pastinya, menu ini juga memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh.

5. Kue Paranggi

Kue Paranggi

Kota Palu juga punya kue legit yang jadi incaran para wisatawan, yaitu kue paranggi. Makanan khas Palu satu ini memang dibilang sangat sederhana. Meskipun sederhana, ketika disantap akan jauh lebih lezat dibandingkan kue khas Sulawesi lainnya.

Bentuknya mirip dengan kua apem khas dari Jawa. Terbuat dari campuran tepung terigu, soda kue, gula merah, dan minyak. Cita rasanya manis, mampu bertahan hingga tujuh hari. Kue ini merupakan menu populer bagi para wisatawan. Tidak hanya  dari domestik, namun sudah mencapai mancanegara.

6. Sambal Ikan Roa

Sambal Ikan Roa

Masih membahas olahan kuliner dari bahan baku utama ikan. Jika tadi ikan teri, menu ini diolah dari ikan roa yang kemudian dijadikan sambal. Rasanya unik sehingga mampu menggoyang lidah bagi siapa saja yang mencicipinya.

Harganya ekonomis, dagingnya diolah dengan halus. Teksturnya pun lunak sehingga bisa dijadikan pendamping aneka makanan berbahan nasi. Makanan khas Palu ini sangat direkomendasikan sebagai oleh-oleh untuk keluarga maupun teman-teman.

7. Kaledo

Kaledo

Indonesia pasti memiliki menu bernama sop buntut yang biasanya diolah dari daging ekor sapi. Bedanya, di kota Palu menu ini bernama Kaledo, diracik dengan menggunakan kaki sapi. Dagingnya lunak, apalagi jika dicicipi dari bagian sumsumnya. Rasanya nikmat, berkolaborasi secara mantap dengan aneka bumbu pilihan.

Aromanya wangi dengan keharuman serai dan irisan jahe yang semerbak. Cara memakannya pun terbilang unik. Kaledo tidak disantap berbarengan dengan nasi, melainkan dengan umbi, seperti singkong rebus. Akan lebih lezat jika dikonsumsi selagi hangat. Bisa disajikan saat siang hari maupun malam hari.

8. Uta Kelo

Uta Kelo

Kota Palu juga memiliki menu olahan dari bahan baku daun kelor, namanya Uta Kelo. Makanan khas Palu ini menggunakan daun kelor segar yang kemudian dimasak dengan kuah santan dan campuran bumbu rempah-rempah. Menu ini biasanya jadi hidangan sehari-hari di keluarga masyarakat Sulawesi Tengah.

Untuk menambah rasa gurih, menu ini juga bisa diberi ikan teri. Bisa juga digunakan sebagai pendamping berbagai makanan, seperti nasi putih, pisang kapok, udang, dan terong. Selain rasanya yang enak, khasiat daun kelor dipercaya dapat membangkitkan stamina, apalagi saat kamu merasa lelah.

9. Palumara

Palumara

Kuliner berbahan baku ikan ternyata diolah secara beragam oleh masyarakat Kota Palu, salah satunya sop. Menu ini dimasak dengan menggunakan daging ikan kakap secara utuh. Daging ikannya lembut dan menciptakan rasa gurih di lidah.

Kuahnya terasa segar. Berkolaborasi secara pas dengan buah asam muda. Makanan khas Palu ini juga melekat dengan sensasi rasa pedas. Bumbu cabainya meresap dengan sempurna. Menu ini termasuk menu favorit, tak heran jika hampir semua warung di Kota Palu menyajikannya.

Baca juga : Makanan Khas Banten

10. Kacang Goyang

Kacang Goyang

Camilan dengan cita rasa gurih akan kamu temukan di menu pilihan bernama kacang goyang. Bentuknya mirip dengan kacang telur, bedanya warnanya beragam sehingga semakin menambah selera. Rasanya nikmat, cocok disantap sebagai teman perjalanan kamu.

Makanan khas Palu ini bisa kamu peroleh dengan mudah. Harganya ekonomis, bisa juga dijadikan oleh-oleh yang menarik untuk anak-anak. Kamu pun bisa membelinya dengan porsi banyak karena harganya yang murah.

11. Bawang Goreng

Bawang Goreng

Rasanya masyarakat Indonesia sudah tidak asing lagi dengan bawang goreng. Menu pelengkap ini pastinya selalu ada di hampir seluruh provinsi di nusantara. Bedanya, Palu dikenal mampu mengolah bawang goreng dengan kerenyahan maksimal. Aromanya sedap karena kandungan airnya yang minimal.

Bawang yang digunakan adalah bawang batu yang tentunya berbeda dari jenis bawang lain. Dibudidayakan dengan baik oleh masyarakat, terutama di Kabupaten Sigi dan Lembah Kota Palu. Menu ini bisa dijadikan oleh-oleh yang tahan lama. Mampu bertahan hingga satu tahun tergantung dari masa kadaluwarsanya.

12. Nasi Jagung

Nasi Jagung

Makanan populer yang ada di Palu selanjutnya adalah nasi jagung. Meskipun hampir hampir seluruh provinsi di Indonesia mengenal makanan ini, Palu justru memiliki keunikan tersendiri. Keunikan tersebut terletak pada pemakaian bahan baku jagung. Jagung yang digunakan adalah jagung yang sudah tua.

Setelah itu, dikeringkan dan ditumbuk kasar hingga membentuk biji beras jagung. Selanjutnya, beras jagung tersebut dicampur dengan beras yang diolah dari padu. Lalu, dikukus dengan bambu. Rasanya sedap dan gurih, berkombinasi secara pas di lidah.

Demikian informasi tentang daftar makanan khas Palu yang bisa kamu coba. Semoga bisa menjadi referensi bagi kamu ketika mampir ke kota yang terkenal dengan jembatan gantungnya ini. Selamat mencicipi.

Leave a Comment

WhatsApp Chat