Tak Hanya Pempek. Inilah 12 Makanan Khas Palembang yang Dijamin Membuat Anda Ketagihan

Makanan Khas Plamebang | Berkunjung ke Palembang tidak lengkap rasanya kalau tidak mencoba makanan khasnya yang sangat kaya dan beragam. Salah satu makanan khas Palembang yang saat ini sudah banyak dikenal orang adalah pempek.

Namun, tidak hanya pempek saja. Palembang juga memiliki segudang kuliner khas lain yang sangat unik dan lezat yang masih jarang diketahui masyarakat luas. Penasaran apa saja makanan khas Palembang tersebut? Berikut adalah beberapa rekomendasi beberapa makanan yang wajib untuk Anda coba ketika sedang berada di Palembang.

1. Pindang Patin

Pindang Patin

Belum lengkap rasanya ke Palembang jika belum mencoba pindang patin khas daerahnya. Ya, pindang merupakan salah satu makanan khas Palembang yang sangat terkenal.

Di Palembang Anda dapat menemukan kuliner lezat ini hampir di setiap rumah makan dan restoran. Terbuat dari bahan dasar ikan patin serta racikan bumbu khas berwarna kuning yang sangat khas menjadikan siapapun yang mencobanya akan ketagihan.

Jika berkunjung ke Palembang, Anda akan menemukan hidangan ini disajikan dengan sambil tempoyak atau sambal mangga khas Palembang yang semakin menambah kekayaan rasanya.

2. Pangsit Ikan

Pangsit Ikan

Makanan khas Palembang memang sangat terkenal dengan berbagai olahan ikan air tawarnya. Selain pindang, disini Anda juga bisa mencicipi kuliner lezat lain bernama pangsit ikan.

Seperti namanya, pangsit ikan merupakan olahan makanan berbentuk pangsit yang menggunakan daging ikan sebagai isisannya. Pangsit ikan ini biasa dihidangkan bersama dengan kuah tekwan yang khas dan menyegarkan. Sangat cocok disantap saat cuaca dingin karena akan mengembalikan kehangatan dan stamina tubuh.

3. Tekwan

Tekwan

Masih seputar olahan ikan, di Palembang Anda juga bisa mencicipi makanan lezat lain berbahan dasar ikan yaitu tekwan. Bahan dasar pembuatan tekwan hampir serupa dengan pembuatan pempek karena menggunakan tepung sagu dan juga daging ikan giling sebagai bahan utamanya.

Bedanya jika pempek menggunakan kuah cuko, maka tekwan menghadirkan kuah bening yang menyegarkan yang ditambah juga dengan berbagi toping. Toping yang dihadirkan antara lain udang, jamur kuping, bihun, dan juga taburan daun bawang yang dijamin menambah cita rasa dan sensasi kesegaranya.

Baca juga : Makanan Khas Medan

4. Sambal Tempoyak

Sambal Tempoyak

Bagi Anda yang masih asing dengan sambal tempoyak. Kali ini Anda harus mengenal lebih jauh mengenai salah satu makanan khas Palembang ini. Sambal tempoyak merupakan salah satu jenis sambal khas yang biasa dihidangkan bersamaan dengan kuliner khas Palembang lainnya.

Sambal tempoyak berasal dari olahan durian yang telah difermentasi dan ditambah dengan cabai giling. Walaupun tergolong memiliki rasa yang unik, namun sambal tempoyak ini sudah menjadi makanan favorit bagi warga lokal disana. Apakah Anda berani untuk mencobanya?

5. Laksa

laksa palembang

Palembang memang memiliki berbagai kuliner yang tidak boleh Anda lewatkan. Salah satu makanan khas Palembang lain yang sudah banyak dikenal karena kelezatannya adalah laksa.

Laksa merupakan salah satu jenis makanan seperti kwitiau yang menggunakan tepung beras untuk membuat gulungan mienya. Yang berbeda adalah laksa ini menghadirkan kuah santan pedas sebagai kuah utamanya.

Jika mencicipi hidangan khas yang satu ini, Anda akan disuguhkan dengan cita rasa yang sangat kaya dengan kegurihan santan serta rasa pedas yang dihadirkannya. Laksa sangat cocok disantap saat musim hujan atau cuaca dingin.

6. Mie Celor

Mie Celor

Pecinta mie wajib mencoba makanan khas Palembang yang satu ini. Mie celor merupakan salah satu hidangan unik yang wajib and coba ketika berkunjung ke Palembang. Ini dikarenakan penampilan dan cita rasa yang dihadirkan sangat berbeda dengan mie pada umumnya.

Mie celor menggunakan kuah santan sebagai kuah utamanya. Tidak hanya itu,untuk menambah kekayaan rasanya, mie ini juga ditambah dengan irisan telur, udang, tauge, daun bawang, dan juga potongan daging ayam. Sangat lezat dan bergizi bukan?

7. Celimpungan

Celimpungan

Hampir serupa dengan tekwan, celimpungan merupakan salah satu makanan khas Palembang yang menggunakan bahan dasar tepung sagu dan ikan sebagai bahan utamanya dalam hidangannya.

Yang menjadi pembeda antara kuliner tekwan dan celimpungan terletak pada kuahnya. Jika tekwan menghadirkan kuah yang bening dan segar, maka celimpungan menghadirkan kuah santan yang gurih dengan tambahan rempah-rempah yang semakin memperkaya cita rasanya.

8. Kue Lapis Kojo

Kue Lapis Kojo

Makanan khas Palembang yang satu ini biasa dihadirkan pada saat perayaan besar seperti hari raya, atau upacara adat. Menghadirkan cita rasa manis dan legit menjadikan kue lapis kojo menjadi kue kegemaran masyarakat lokal disana.

Bahan utama dalam pembuatannya juga tergolong unik karena menggunakan banyak sekali telur bebek. Tak lupa tambahan daun suji atau daun pandan untuk menambah keharuman kuenya.

Membayangkannya saja sudah sangat nikmat. Lalu apakah Anda tertarik untuk mencicipi kelezatannya?

9. Kue Lapis Maksuba

Kue Lapis Maksuba

Jika berkunjung ke Palembang, Anda akan mengetahui bahwa kue lapis merupakan salah satu ikon makanan khas Palembang yang tidak boleh terlewatkan. Ini dikarenakan di Palembang Anda bisa mencicipi kue lapis dengan berbagai macam jenis. Salah satunya adalah kue lapis maksuba ini.

Berbeda dengan kue lapis kojo yang identik dengan warna hijau. Kue lapis maksuba berwarna kuning, dan menggunakan susu kental manis untuk menghadirkan cita rasa manis pada setiap gigitannya.

Di Palembang, kue lapis maksuba ini juga biasa dihadirkan pada saat hari-hari besar seperti hari raya Idul Fitri dan hari besar lainnya.

Baca juga : Makanan Khas Aceh

10. Engkak Ketan

Engkak Ketan

Engkak ketan merupakan makanan khas Palembang yang juga tidak boleh ketinggalan untuk Anda coba. Terbuat dari beras ketan, gula merah, dan tambahan santan menjadikan engkak ketan berhasil memadukan cita rasa gurih dan manis yang membuat siapa saja tertarik untuk mencobanya.

Sama seperti kue-kue lainnya, Anda akan dapat menemukan banyak masyarakat yang menghidangkan engkak ketan ini pada saat hari raya Idul Fitri.

11. Lempok Durian

Lempok Durian

Pecinta durian tidak boleh melewatkan khas yang satu ini. Di Palembang, lempok dapat juga disebut dengan dodol. Lempok durian berarti dodol durian. Tidak seperti tekstur dodol pada umumnya yang cenderung liat. Lempok durian memiliki tekstur yang lembut dan berserat.

Cita rasa yang dihadirkan juga sangat manis khas durian sehingga sangat digemari oleh anak-anak disana. Lempok durian berasal dari olahan buah durian asli. Sehingga bagi Anda yang tertarik ingin mencobanya, jangan mengkonsumsinya bersamaan dengan kopi atau minuman bersoda karena akan berbahaya bagi tubuh.

12. Gulo Puan

Gulo Puan

Gulo Puan mungkin masih terdengar asing di mayoritas masyarakat. Hal ini sangat wajar, karena kuliner ini sekarang sudah jarang ditemui di Palembang.

Gulo Puan sendiri merupakan salah satu olahan yang berasal dari susu kerbau rawa. Cara pengolahannya yaitu dengan memasak susu yang sudah ditambahkan dengan gula didalam kuali yang sudah dipanaskan kemudian diaduk terus menerus selama 3-4 jam sampai tekstur susu menjadi kental seperti karamel.

Walaupun termasuk kedalam kategori makanan langka, namun bagi Anda yang penasaran dengan makanan khas Palembang yang satu ini, Anda berkunjung daerah sekitaran Masjid Agung Palembang saat salat jum’at.

Leave a Comment

WhatsApp Chat