Inilah 10 Makanan Khas Padang yang Tidak Akan Anda Lupakan Seumur Hidup

Makanan Khas Padang | Bagi Anda yang sedang berkunjung ke ibukota Sumatera Barat ini jangan sampai melewatkan berbagai makanan khas Padang yang sangat terkenal. Kuliner daerah Padang sangat identik dengan cita rasa pedas, bersantan, serta berbagai bumbu serta rempah-rempah yang sangat beragam.

Cita rasa khas yang dihadirkan di setiap masakannya, menjadikan berbagai makanan khas kota Padang ini sangat terkenal baik di dalam negeri maupun hingga ke luar negeri. Oleh karena itu bagi Anda yang penasaran mengenai seluk beluk ragam makanan khas Padang. Berikut adalah penjelasannya.

1. Dendeng Batokok

Dendeng Batokok

Pecinta kuliner daging jangan sampai melewatkan makanan yang satu ini. Dendeng Batokok merupakan makanan khas Padang yang terbuat dari potongan daging sapi tebal yang sangat empuk.

Kuliner ini juga menggunakan sambal cabai hijau sebagai bumbu utamanya. Tambahan bawang goreng diatasnya juga akan menambah kegurihan dendeng ini. Sangat cocok disantap bersama dengan nasi hangat. Bagi Anda yang sedang berkunjung ke Padang, jangan lupakan makanan yang satu ini.

2. Dendeng Balado

Dendeng Balado

Masih seputar dendeng, jika tadi dendeng dengan olahan sambal hijau. Kuliner  dendeng yang satu ini diolah dengan menggunakan bumbu balado sehingga dikenal dengan nama dendeng balado.

Dendeng balado di daerah Padang terkenal dengan cita rasa sambalnya yang pedas dan menyegarkan karena diulek langsung ketika akan disajikan. Selain itu cita rasa dagingnya yang renyah dan gurih akan semakin menambah kenikmatan bersantap Anda.

Kenikmatan dan kelezatan cita rasa yang dihadirkan di setiap gigitannya menjadikan sensasi  balado ini akan selalu Anda dirindukan ketika akan beranjak meninggalkan Padang.

Baca juga : Makanan Khas Palembang

3. Nasi Kapau

Nasi Kapau

Beralih ke nasi, di Padang Anda juga bisa menemukan nasi yang diolah menjadi makanan khas Padang bercita rasa tinggi. Salah satu yang terkenal kelezatannya adalah nasi kapau ini.

Cita rasa lezat yang dihadirkan oleh nasi kapau  berasal dari olahan bumbu kunyit, jinten, dan juga gula merah yang digunakan untuk mengolah nasi. Selain itu nasi kapau juga menggunakan nangka muda sebagai bahan utama pendamping nasinya.

Bagi Anda yang tertarik untuk mencoba nasi kapau, Anda bisa mengunjungi rumah makan Padang di seluruh daerah atau datang langsung ke Padang untuk mencoba makanan lezat yang satu ini.

4. Kalio Dagiang

Kalio Dagiang

Mencicipi kuliner khas daerah Sumatera ini memang tidak bisa terlepas dari berbagai olahan  dengan lumuran berbagai bumbu rempah-rempahnya. Kalio dagiang adalah salah satunya.

Bagi Anda yang baru pertama kali mencobanya, pastinya Anda tidak bisa membedakannya. Penampilan kedua kuliner ini memang hampir serupa. Namun jika diperhatikan lebih mendetail kalio memiliki warna yang lebih cerah.

Mencicipi kalio akan membuat Anda tidak bisa berhenti mengunyah. Pasalnya tekstur kalio ini sangat empuk dan tidak liat seperti daging pada umumnya. Lumuran bumbu rempah-rempah yang sangat kaya juga dijamin mampu menambah nafsu makan Anda.

5. Gulai Banak

Gulai Banak

Masih seputar gulai, di Padang Anda dapat menjumpai olahan gulai yang terbuat dari berbagai macam isian. Salah satunya yang unik adalah gulai banak ini. Gulai banak sendiri merupakan makanan khas Padang yang menggunakan otak sapi sebagai bahan utamanya.

Walaupun cenderung ekstrim, nyatanya gulai banak ini menjadi makanan yang sangat bergizi. Pasalnya otak sapi dilansir banyak mengandung vitamin B5 dan B12 yang bagus untuk tubuh.

Bagaimana dengan rasanya? Anda tidak perlu khawatir. Diolah dengan berbagai bumbu serta rempah-rempah khas kuliner Padang menjadikan cita rasanya sangat nikmat. Olahan dari otsk sapi yang telah dipotong kecil ini juga akan menciptakan sensasi lumer ketika Anda memakannya.

6. Cancang

Cancang

Setelah berjibaku dengan olahan daging sapi. Kini kita beralih ke olahan daging kambing. Jika selama ini Anda hanya mengetahui olahan kambing berupa sate atau gulai. Di Padang, Anda dapat mencicipi olahan daging kambing sebagai makanan khas Padang dengan cita rasa yang menakjubkan.

Bahan utama membuat cancang yakni cincangan daging kambing dengan kuah santan yang membuat rasanya menjadi gurih. Tidak hanya itu, olahan cancang juga menambahkan gilingan cabe merah serta rawit untuk menambah kenikmatan rasanya. Cocok sekali bagi Anda pecinta pedas.

Bagi Anda yang ingin menikmati cancang, tidak perlu jauh-jauh untuk datang ke Padang. Anda juga bisa menemukan kuliner ini di rumah makan Padang  seluruh daerah di Indonesia.

7. Gulai Tauco

Gulai Tauco

Tauco merupakan makanan khas daerah Cianjur. Tapi di Padang Anda dapat menemukan tauco yang diolah menjadi makanan khas dengan cita rasa lezat yang biasa dihadirkan untuk para tamu.

Memadukan bumbu khas kota padang yang gurih dan pedas dengan berbagai macam seafood seperti ikan laut menjadikan cita rasa yang dihadirkan sangat unik dan tidak bisa Anda temukan di daerah lain.

Bagi Anda yang tertarik untuk mencobanya, jangan khawatir. Walaupun biasa dihidangkan untuk menyambut tamu, namun Anda juga bisa menemukan gulai ini dijajakan di pinggir jalan. Sensasi kenikmatan yang ditawarkannya membuat siapa saja tidak akan bisa melewatkan makanan khas Padang satu ini.

8. Soto Padang

Soto Padang

Indonesia memang kaya akan beragam  jenis kuliner. Termasuk juga soto. Di Padang,Anda bisa menemukan soto yang berbeda dengan daerah lainnya. Yang membedakan Makanan khas Padang ini dengan soto pada umumnya yakni adanya tambahan daging kering di dalamnya

Selain isian daging kering yang renyah. Soto padang juga dilengkapi dengan perkedel kentang, soun. Cita rasa khasnya juga berasal dari kaldu sapi yang digunakan dalam sebagai kuah. Sensasi segar dan gurih akan langsung menyeruak didalam mulut Anda setelah mencicipi soto ini.

Baca juga : Makanan Khas Medan

9. Lompong Sagu

Lompong Sagu

Jika tadi Anda sudah menjelajahi berbagai makanan khas Padang yang identik dengan makanan berat yang gurih dan bersantan. Kini Anda wajib juga untuk mencicipi kue khasnya. Makanan asal Padang yang satu ini memang tidak terkenal seperti makanan lain. Padahal cita rasa khasnya sangatlah lezat.

Lompong sagu menggunakan pisang sebagai bahan dasarnya. Pisang kemudian diolah dengan tambahan parutan kelapa, parutan sagu, santan dan juga larutan gula .Setelah melalui proses pemanggangan, lompong sagu siap untuk disantap.

Lompong sagu menghadirkan cita rasa yang sangat gurih karena tambahan santan serta parutan kelapa pada olahannya. Selain itu cita rasa manis juga dihadirkan dengan adanya tambahan gula merah. Jangan lupakan juga sensasi legit yang ditimbulkan oleh tepung sagu.

Bagi Anda yang berkunjung ke Padang, mencoba kuliner khas yang satu ini menjadi hal yang sangat wajib dilakukan.

10. Sala Lauak

Sala Lauak

Padang tidak hanya terkenal dengan berbagai variasi lauk dan makanan beratnya saja. Anda juga bisa menemukan camilan ringan yang dapat menjadi teman perjalanan Anda. Salah satunya adalah salah lauak.

Diolah dengan menggunakan daging ikan lunak yang diolah berbentuk bola, menjadikan penampakannya sangat imut. Belum lagi tambahan adonan tepung terigu yang menjadikan cita rasanya garing di luar namun lembut di dalam.

Makanan khas Padang yang satu ini berasal dari daerah Pariaman Aroma khas ikan yang menguar dan sensasi gurih yang  dihadirkan dari sala lauak dijamin akan membuat Anda ingin ketagihan untuk terus mencicipi sala lauak ini.

1 thought on “Inilah 10 Makanan Khas Padang yang Tidak Akan Anda Lupakan Seumur Hidup

Leave a Comment

WhatsApp Chat