11+ Makanan Khas Pacitan Yang Terkenal Enak, Pokoknya Wajib Dicicipi Deh!

Makanan Khas Pacitan – Masih dengan tema makanan dari Jawa Timur nih gan. Kali ini yang akan di ulas adalah makanan khas dari Kabupaten Pacitan. Selain terkenal dengan soto pacitannya, sebenarnya masih ada banyak makanan dan jajanan yang bisa kalilan bawa pulang untuk oleh-oleh.

Gak usah berlama-lama, langsung saja simak list dibawah ini.

1. Tiwul

tiiwul makanan khas pacitan
tiiwul makanan khas pacitan

Tiwul adalah salah satu jenis makanan khas yang ada di Pacitan yang pastinya enak. Makanan khas Pacitan ini memiliki nilai gizi yang cukup baik bagi tubuh. Tiwul dimasak dengan bahan dasar singkong atau cassava.

Sudah diketahui bahwa sumber kalori potensial nonpadi adalah jagung dan cassava. Dari sisi kandungannya, cassava ternyata memiliki keunggulan dari pada padi. Cassava lebih banyak mengandung lemak, kalsium, zat besi, vitamin A dan C.

Bila tepung cassava dicampur dengan 18 persen tepung kedelai maka tepung komposit tersebut menjadi bahan pangan pokok bergizi tinggi dan lebih lengkap jika dibandingkan dengan padi. Nah…!! Kalau dating ke Pacitan jangan lupa mencoba makanan sehat satu ini.

2. Soto Pacitan

Makanan Khas Soto Pacitan
Makanan Khas Soto Pacitan

Soto adalah salah satu makanan yang hampir ada di setiap daerah di Indonesia. Begitu juga di Pacitan, kabupaten ini memiliki menu soto yang namanya Soto Pacitan.

Menu andalan Pacitan ini memiliki isian yang sedikit berbeda dari  soto di daerah yang lainnya. Biasanya soto hanya berisikan suwiran daging ayam dengan kuah bening dan bawang goreng di atasnya.

Kalau di Pacitan tentu berbeda, ada tambahan kacang goreng, seledri, dan cambah kecil-kecil. Jadi aka nada sensai kriuk-kriuk saat menyantap makanan ini.

3. Kupat Tahu

Makanan Khas Pacitan Kupat Tahu
Makanan Khas Pacitan Kupat Tahu

Kupat tahu adalah salah satu makanan khas pacitan yang sangat populer di kalangan masyarakat. Makanan ini biasanya dijadikan sebagai menu makan siang atau makan malam. Kupat tahu sendiri juga ada di beberapa daerah di Jawa timur, namun cita rasanya pasti berbeda dengan yang di Pacitan.

Makanan khas Pacitan ini di sajikan dengan potongan tahu goreng, kupat atau ketupat, tauge, kol, dan disiram air bawang putih dan kuah kecap, yang di atasnya ditaburi irisan daun seledri dan kacang goreng.

Makanan khas ini memiliki cita rasa khas dari kuah kecap yang kental yang menjadikan tahu kupat memiliki rasa manis yang menonjol, lalu air bawang putih yang berperan memberi rasa gurih, dan lebih enak jika di tambah kerupuk kuning atau rambak. Jika ingin rasa yang lebih pedas kalian bisa minta tambahan sambal.

Baca juga : Makanan Khas Ngawi

4. Sego Godhong Jati

Sego Godhong Jati
Sego Godhong Jati

Sesuai dengan namanya makanan khas ini di bungkus dengan godhong jati (daun jati). Dahulu, nasi ini hanya disajikan pada saat hajatan saja. Namun sekarang sudah banyak dijumpai di pasar-pasar tradisional sekita Pacitan.

Isi sego godhong jati adalah nasi dengan lauk urap dan juga tumis tempe (kering tempe), serundeng serta lauk ikan asin dan di tambah peyek. Aroma daun jati sangat khas membuat nasi yang ada di dalamnya memiliki rasa yang berbeda pula.

5. Sego Gobyos

Sego Gobyos
Sego Gobyos

Sego Gobyos, unik ya gan namanya….! Makanan khas Pacitan yang satu ini memiliki rasa yang sangat pedas. Dan kita menyantapnya, seluruh tubuh dijamin akan gobyos dan penuh keringat, dikarenakan pedasnya kuliner satu ini, sebab itulah nama makanan ini disebut sego Gobyos.

Makanan ini dihidangkan dengan campuran dari nasi yang ditambah sayur daun keningkir, serta bisa pilih tambahan lauk lain seperti tahu, tempe bacem, kerupuk, hingga opor ayam.

Yang menjadikan makanan khas Pacitan ini unik adalah kuah khusus yang di siramkan diberi cabe yang cukup banyak agar sensasi pedasnya terasa. Kalian tertantang untuk mencoba sensai pedasnya, dating aja langsung ke Pacitan.

6. Tahu Tuna

Tahu Tuna
Tahu Tuna

Untuk Kalian para traveler yang berkunjung ke Pacitan, makanan ini sangat wajib untuk dijadikan oleh-oleh yaitu, Tahu Tuna Khas Pacita. Makanan ini seperti sudah menjadi ikon makanan khas di Kota 1001 Gua.

Tahu tuna bukanlah makanan baru, bentuknya sama dengan tahu bakso hanya saja bakso di dalam tahu ini dibuat dari gilingan ikan tuna. Menu tahu tuna banyak dijumpai di warung-warung makan di Pacitan.

Selain dimakan di tempat, tahu tuna juga bisa dijadikan oleh-oleh satu plastik berisi potongan tahu tuna berjumlah 10 biji dijual dengan harga sekitar 7-8 ribu. Traveler yang berminat bisa mendapatkannya di toko oleh-oleh yang ada di sepanjang jalan menuju Pantai Teleng Ria.

7. Punten

Makanan Khas Pacitan Punten
Makanan Khas Pacitan Punten

Eski tergolong makanan ringan, punten kurang pas jika disebut sebagai camilan. Pasalnya makanan yang satu ini terbuat dari beras yang dimasak dengan santan kemudian ditumbuk hingga halus.

Setelah itu disajikan dalam bentuk potongan kotak-kotak, bentuknya seperti ketupat yang dipotong-potong. Rasanya sangat gurih dan juga mengenyangkan cocok untuk pengganjal perut yang sedang lapar.

Untuk menyantap, punten paling enak dicocolkan pada sambal terasi. Sekarang ini cukup sulit untuk menemukan jenis makanan khas Pacitan ini. Tapi jika kamu penasaran ingin tahu rasanya datanglah ke pusat jajanan di Pasar Arjowinangun yang berada di pertigaan JLS atau di Pasar Sundeng di barat kota Pacitan. Makanan ini hanya ada di pagi hari ya gan, jadi antrinya harus pagi-pagi juga.

8. Jadah Bakar

Jadah Bakar
Jadah Bakar

Makanan yang satu ini cocok sebagai teman ngopi buat kalian. Jadah adalah makanan yang bentuknya seperti punten hanya saja terbuat dari ketan dan kelapa.

Kalau di Pacitan dikenal yang namanya jadah bakar yaitu jadah yang dipanggang layaknya memanggang daging ayam. Setelah itu dimakan dengan dengan gula pasir menghasilkan kombinasi rasa gurih dan manis.

9. Sale Anggur

Sale Anggur
Sale Anggur

Meski namanya sale anggur, makanan ini terbuat dari bahan dasar pisang manis. Sale anggur bisa anda jadikan camilan sekaligus oleh-oleh khas dari Pacitan.

Sale ini dibuat sama dengan pembuatan sale-sale pada umumnya hanya yang membedakan adalah proses pengemasan. Disebut dengan sale anggur lantaran sale ini di kemas bulat-bulat dan dirangkai menyerupai buah anggur.

10. Rengginang Manis

Rengginang Manis
Rengginang Manis

Rengginang merupakan salah makanan yang bisa dijadikan pilihan oleh-oleh khas pacitan.  Kalau biasanya rengginang memiliki cita rasa gurih, beda dengan rengginang khas pacitan ini yang memiliki rasa sedikit manis.

Rengginang adalah sejenis kerupuk tebal yang terbuat dari nasi atau beras ketan yang dikeringkan dengan cara dijemur di bawah panas matahari lalu digoreng panas dalam minyak goreng.

Baca juga : Makanan Khas Lumajang

11. Otak-Otak Tuna

Otak-Otak Tuna
Otak-Otak Tuna

Otak-otak dibuat dengan mencampur Ikan Tuna Segar Dengan Kualitas Terbaik dengan campuran rempah-rempah. Oleh-oleh Khas Pacitan Otak-otak tuna yang terbuat dari ikan tuna berkualitas dan segar.

Sangat pas di padukan dengan saos sambal dan dimakan di sore hari. Anda bisa mendapatkan Otak-otak Ikan Tuna Khas Pacitan di Pusat Oleh-oleh Khas Pacitan Putra Samudra yang lokasi dekat dengan pantai Teleng Ria tepatnya di Jalan Raya Pacitan – Solo km 03.

Demikianlah ulasan kami mengenai makanan khas Pacitan yang menggugah selera. Semoga ulasan kami di atas bisa bermanfaat dan berguna untuk kalian semua.

Thanks…..

Leave a Comment

WhatsApp chat Chat