12 Makanan Khas NTT dengan Kelezatan Tersembunyi. Anda Wajib Coba!

Makanan Khas NTT | NTT merupakan salah satu daerah yang terletak di timur Indonesia yang menawarkan berbagai keindahan alam serta kebudayaan yang menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan. Tidak hanya itu saja, di provinsi Nusa Tenggara Timur ini anda juga dapat menemukan berbagai macam makanan khas NTT yang sangat menarik untuk dicoba.

Penasaran apa saja makanan khas tersebut? Berikut akan dijelaskan 15 macam makanan khas NTT yang wajib anda coba ketika sedang berkunjung ke daerah ini.

1. Jagung Bose

jagung bose

Daerah NTT terkenal akan produksi jagungnya yang berlimpah. Tak heran jika banyak makanan khas daerah timur Indonesia ini sebagian besar bersal dari olahan jagung. Salah satu makanan khas NTT dari olahan jagung yang terkenal adalah jagung bose ini.

Jagung bose adalah makanan khas yang biasa dikonsumsi sebagai pengganti nasi. Jagung bose ini tidak hanya terdiri dari jagung saja, tetapi ditambah pula dengan kacang-kacangan lalu dimasak menggunakan santan.

Cia rasa manis dan gurih yang diperoleh saat menyantapnya menjadikan jagung bose ini menjadi salah satu makanan favorit warga lokal NTT. Tertarik untuk mencoba?

2. Ikan Kuah Belimbing

Ikan Kuah Belimbing

Ingin mencoba kuliner yang gurih dan menyegarkan? Jangan lupakan ikan kuah belimbing yang satu ini. Makanan khas NTT yang satu ini menghadirkan ikan tongkol sebagai bahan utamanya.

Tidak hanya itu, untuk menambah kelezatan cita rasanya, makanan ini juga diolah dengan berbagai macam jenis rempah antara lain kunyit, jahe, merica, garam, bawang putih, cabe keriting, dan juga serai.

Menghadirkan cita rasa yang gurih, asin, dan segar. Menjadikan makanan ini selalu menjadi incaran wisatawan asing yang berkunjung ke NTT. Apakah anda salah satunya?

3. Lawar Ikan

Lawar Ikan

Masih seputar olahan ikan, di NTT anda juga bisa menemukan kuliner khas lain berbahan dasar ikan yaitu lawar ikan. Berbeda dengan kuliner sebelumnya, lawar ikan merupakan makanan khas NTT yang menggunakan ikan mentah sebagai bahan utamanya.

Namun, anda tidak perlu khawatir ketika mengkonsumsi ikan mentah ini. Pasalnya lawar ikan menggunakan ikan laut yang telah diiris tipis-tipis dan direndam dengan campuran cuka dan jeruk nipis sehingga bakteri pada ikan akan mati.

Bagi anda yang penasaran dengan rasanya, silahkan berkunjung ke NTT dan nikmati sensasi memakan ikan lawar ini.

Baca juga : Makanan Khas Papua

4. Sambal Teri Khas NTT

Sambal Teri Khas NTT

Menjelajah kuliner dan makanan khas NTT, belum lengkap rasanya kalau belum mencoba sambal terinya yang terkenal. Yang perlu anda ketahui, sambal teri ini merupakan makanan khas yang berasal dari daerah NTT.

Oleh karena itu bagi anda yang sedang berlibur atau berkunjung ke NTT, wajib sekali untuk mencoba sambal teri langsung dari daerah asalnya. Temukan cita rasa khas pada setiap rasanya.

5. Pelepah Manuk

Pelepah Manuk

Kuliner ini awalnya banyak diolah dengan menggunakan daging burung. Namun pada perkembangannya, masyarakat juga menggunakan ayam sebagai bahan utama dalam mengolah makanan khas NTT yang satu ini.

Daging ayam atau burung yang akan dijadikan olahan ini biasanya dibakar terlebih dahulu. Baru setelah itu, daging dimasukkan kedalam rempah-rempah dan bumbu yang telah ditumis. Setelah daging bakar ditumis bersama bumbu, barulah dimasukkan santan lalu dimasak hingga mengental.

Kelezatan kuliner pelepah manuk ini menjadikannya sebagai makanan favorit masyarakat lokal sehingga sangat sayang sekali bila anda lewatkan.

6. Rumpu Rampe

Rumpu Rampe

Makanan khas NTT ini merupakan olahan yang berbahan dasar sayuran yang terdiri dari tumisan campuran antara bunga pepaya dengan daun pepaya. Kuliner ini biasa disajikan di rumah makan atau restoran yang berada di daerah NTT.

Cara pengolahannya juga tergolong sederhana. Anda cukup menyiapkan umbu halus yang terdiri dari bawang merah, bawang putih, cabe merah, dan cabe rawit. Setelah bumbu harum baru masukkan daun ppaya dan bunga papaya yang sudah direbus sebelumnya. Bagi anda yang penasaran dengan rasanya, anda dapat mencobanya sendiri di rumah.

7. Se’i  Daging Sapi Asap

Se’i  Daging Sapi Asap

Berpindah ke olahan daging, di NTT anda bisa menemukan kuliner khas lain yaitu Se’i daging sapi asap. Makanan khas NTT ini menghadirkan olahan dengan proses pembakaran yang berbeda dengan daging asap pada umumnya.

Yang menjadikan se’i ini berbeda dengan kuliner daerah lain adalah bahan baku kayu yang digunakan dalam proses pengasapan. Se’I menggunakan kayu dari tanaman kosambi sehingga aroma dan cita rasa daging yang dihasilkan berbeda dengan daging biasa.

8. Catemak Jagung

Catemak Jagung

Merupakan makanan penutup khas daerah NTT yang berbahan dasar jagung. Catemak jagung ini menghasilkan sensasi dan cita rasa yang asin dan gurih. Selain jagung, kuliner ini juga dilengkapi dengan bahan-bahan lain seperti kacang tanah, kacang hijau, dan labu.

Pengolahan makanan khas NTT yang satu ini hampir mirip seperti kolak. Kuliner ini biasa dihidangkan sebagai makanan penutup setelah selesai sarapan ataupun makan siang.

9. Kolo Khas NTT

Kolo Khas NTT

Kolo merupakan makanan khas NTT berbentuk nasi bakar. Kuliner ini merupakan salah satu kuliner khas yang biasa dimasak menggunakan bambu yang diletakkan diatas api untuk dibakar.

Makanan yang satu ini biasa dikonsumsi saat perayaan upacara adat yang diselenggarakan di NTT. Kolo sendiri biasa dihidangkan bersama dengan sayur ataupun lauk-pauk lain.

Bagi anda yang sedang berada di NTT, jangan lupa untuk mencicipi makanan khas yang satu ini.

10. Karmanaci

Karmanaci

Merupakan kuliner daging yang khas dari daerah NTT. Makanan khas NTT yang satu ini tergolong sebagai makanan favorit baik bagi para penduduk lokal maupun para wisatawan yang sedang berkunjung ke NTT.

Karmanaci merupakan kuliner yang bersal dari daging cincang yang ditumis bersama dengan bumbu-bumbu khas. Sebelum ditumis daging direbus terlebih dahulu bersama dengan gula, garam, kecap, dan lada sehingga teksturnya menjadi lebih empuk.

Bagi anda yang ingin merasakan sensasi kelezatan karmanaci ini jangan lupa untuk berkunjung ke NTT.

11. Sambal Lu’at

Sambal Lu’at

Merupakan sambal khas dari NTT yang memiliki aroma kemangi yang kuat serta sensasi asam segar karena diberi perasan jeruk. Sambal lu’at ini biasa dihidangkan bersamaan dengan makanan  yang lain seperti se’I daging asap atau jagung bose.

Sambal lu’at sendiri selalu menjadi makanan favorit di masyarakat lokalnya. Bagi anda para pecinta pedas wajib mencoba kuliner khas yang satu ini.

Baca juga : Makanan Khas Ternate

12. Kue Cucur

Kue Cucur

Setelah ke makanan berat kita berpindah ke makanan ringan. Disini anda bisa menemukan kue cucur sebagai makanan khas NTT yang sangat populer. Kue ini berbentuk lonjong dan memiliki tekstur yang lembut serta cita rasa yang manis.

Kue cucur biasa dijadikan oleh-oleh terutama di daerah Kupang NTT. Jadi jika anda sedang pulang kampung ke NTT jangan melupakan kue cucur yang satu ini.

Demikianlah penjelasan mengenai berbagai macam makanan khas NTT yang wajib anda coba ketika berkunjung ke daerah timur Indonesia ini. Semoga dapat menjadi informasi yang berharga bagi anda ketika berkunjung ke NTT.

Leave a Comment

WhatsApp chat Chat