Yuk, Cobain Makanan Khas Ngawi Yang Mantap dan Menggugah Selera Ini

Makanan Khas Ngawi – Kabupaten Ngawi adalah salah satu kabupaten di Jawa Timur. Yang akan kami bahas tentang Ngawi kali ini adalah makanan khas yang ada di kabupaten ini.

Makanan Khas Asli kota Ngawi seperti Tepo Tahu, lethok, kemudian Wedang Cemue, Sate ayam Ngawi juga mempunyai rasa yang berbeda dengan sate ayam daerah lain.

Selain itu makanan ringan yang bisa di jadikan oleh-oleh semacam Kripik tempe, ledre, dan Geti banyak terdapat di Ngawi, Nasi pecel Ngawi juga memiliki rasa yang khas berbeda dengan nasi pecel di kota lain.

Selain makanan yang disebutkan di atas ada beberapa makanan lain yang akan di bahas, berikut listnya.

1. Tepo Tahu

Tepo Tahu
Tepo Tahu

Kalian pasti sudah sering mendengar makanan tepo tahu, di beberapa daerah di jawa timur memang menghadirkan menu tepo tahu sebagai menu andalan, termasuk di kabupaten Ngawi.

Makanan khas Ngawi yang satu ini memiliki keunikan tersendiri yakni terletak pada penggunaan tepo dan tahu telur pada bahan dasarnya. Tepo merupakan makanan yang terlihat sama seperti lontong, hanya saja bentuknya beda dan teksturnya lebih lembut. Sedangkan tahu telurnya terbuat dari tahu yang dicampur dengan telur dan digoreng.

Tepo Tahu ini biasanya disajikan dengan kuah yang diracik dengan bahan sederhana, hanya menggunakan kecap, air asam jawa dan bumbu halus lainnya. Walaupun terbilang sederhana, kuah Tepo Tahu ini memiliki rasa dan aroma yang khas sehingga dapat menggugah selera.

2. Lethok

Makanan Khas Ngawi Lethok
Makanan Khas Ngawi Lethok

Lethok atau banyak orang yang menyebutnya sambal tumpang ini merupakan menu makanan yang terbuat dari racikan berbagai bumbu khusus yang khas. Biasanya lethok ini dimakan dengan nasi pecel (pecel tumpang).

Makanan khas Kota Ngawi yang bernama Lethok ini dimasak dengan menggunakan bahan utama tempe semangit. Tempe semangit merupakan tempe yang difermentasikan selama beberapa hari untuk mendapatkan aroma dan rasa yang lebih kuat.

Bumbu tambahan yang digunakan dalam pembuatan Lethok yakni daun jeruk dan kencur yang akan membuat aroma dari Lethok ini menjadi lebih harum dan enak.

2. Sate Ayam Khas Ngawi

Sate Ayam Khas Ngawi
Sate Ayam Khas Ngawi

Sate memang sudah menggurita di banyak tempat dan sangat mudah sekali untuk di temukan. Tapi setiap daerah mempunyai ciri khas masing-masing, seperti sate Madura yang mempunyai ciri khas dengan kecap yang banyak.

Beda halnya dengan sate ayam Ngawi yang memiliki ciri khas dengan kecap nya yang sedikit, makanan khas Ngawi yang satu ini sangat cocok buat kamu yang tidak suka dengan kecap. Tidak hanya pada sate ayam hampir pada setiap sate di Ngawi menggunakan kecap yang sedikit.

3. Nasi Pecel Khas Ngawi

Nasi Pecel Khas Ngawi
Nasi Pecel Khas Ngawi

Nasi pecel merupakan makanan yang sangat populer di Indonesia. Di Jawa timur sendiri ada beberapa daerah yang menjadikan nasi pecel sebagai menu andalan daerah tersebut, seperti Madiun, Ngawi, Kediri, dan Megatan.

Uniknya di setiap daerah pasti mempunyai ciri khas masing-masing dari rasa pecelnya.

Di Ngawi penyajian nasi pecel menggunakan pincuk daun pisang, perbedaan nasi pecel Ngawi dengan nasi pecel di daerah lainnya yaitu dari tekstur bumbu kacangnya.

Di Ngawi bumbu kacangnya tidak terlalu halus sehingga kamu masih bisa merasakan kacang yang berbentuk bulat atau pecahannya.Selain itu nasi pecel khas ngawi juga dilengkapi dengan rempeyek dan tumpang (lethok).

Baca juga : Makanan Khas Lumajang

4. Tongseng Kambing Pedas

Tongseng Kambing Pedas
Tongseng Kambing Pedas

Menu Tongseng Kambing ini bisa dengan mudah kalian ditemukan di Ngawi. Biasanya Tongseng kambing dijual diwarung-warung yang juga menjual sate dan gule.

Tongseng Kambing terbuat dari daging pilihan yang dicampur dengan santan dan bahan rempah lainnya. Jika kalian mampir di Ngawi, maka wajib mencoba sajian Tongseng khas Ngawi satu ini. 

5. Keripik Tempe

Keripik Tempe
Keripik Tempe

Makanan khas Ngawi yang selanjutnya adalah Keripik Tempe. Makanan ini sebenarnya bisa kita jumpai di berbagai daerah lain di Indonesia. Namun Ngawi juga mempunyi Keripik Tempe yang khas dan sangat cocok untuk kamu jadikan sebagai buah tangan.

Kripik ngawi mempunyai rasa yang gurih dan cocok untuk menemani waktu luang kamu di sore hari sambil menikmati segelas teh hangat atau kopi. Pada kripik tempe di Ngawi terdapat campuran rasa yang dihasilkan dari perpaduan daun jeruk, kencur, dan cabai yang menjadikan kripik Ngawi ini mempunyai rasa pedas.

6. Ledre

Ledre Makanan Khas Ngawi
Ledre Makanan Khas Ngawi

Tidak hanya di Ngawi, Ledre juga bisa kalian temui di Bojonegoro. Makanan ini sudah ada sejak lama, walaupun ditemukan dibeberapa tempat yang berbeda, tetapi Ledre dari Ngawi ataupun Bojonegoro mempunyai ciri khas sendiri dari tampilan dan rasanya. Saat ini Ledre sudah mempunyai banyak variasi dalam pembuatannya.

8. Wedang Cemue

Wedang Cemue
Wedang Cemue

Wedang cemue hampir sama dengan sekoteng dan ronde. Yaitu minuman yang mampu menghangatkan badan, wedang cemue sangat enak di minum saat hujan turun atau saat cuaca sedang dingin-dinginya, rasa pedas yang berasal dari jahe dan manis yang berasal dari susu mampu menghangat kan tubuh kamu.

Wedang cemue juga dapat mengisi perut kamu yang kosong, karena pada wedang cemua terdapat potongan roti dan bahan lainnya yang pasti membuat perut kamu terisi. Tidak perlu takut sakit perut karena semua bahan pada wedang cemue berasal dari bahan alami.

9. Dodol Jambu

Dodol Jambu
Dodol Jambu

Ada yang menarik di Desa Hargomulyo, Kecamatan Ngrambe, Ngawi. Eva Agustiyana, perempuan asli desa Hargomulyo ini berinovasi dengan membuat dodol Jambu Merah.

Ide ini ia kembangkan setelah menyelesaikan kuliah di Malang Jurusan Sosial Ekonomi Pertanian-Agribisnis. Perempuan kelahiran Agustus 1995 ini mencoba membuat makanan asli Ngawi sebagai oleh-oleh yang khas.

Jambu merah merupakan salah satu buah yang banyak digemari oleh setiap orang. Disuka karena manisnya dan tentunya banyak kandungan vitamin didalamnya. Biasanya, jambu merah dikonsumsi langsung dengan dimakan atau dibuat jus.

Dengan ide dan kreativitas Eva ini, jambu merah diolah menjadi Dodol Jambu yang ia kemas secara cantik dengan menggunakan besek bambu sebagai kemasan luarnya. Pastinya sangat terlihat khas Ngawi dengan kemasan ini.

10. Coklat Tempe

Coklat Tempe
Coklat Tempe

Terinspirasi dari kripik tempe Ngawi yang memang sudah terkenal dari kota bambu ini, Masyrifah Hidayati Nur mencoba membuat produk yang unik dan tentunya bisa mengangkat jajanan khas Ngawi.

Masyrifah membuat sebuah jajanan yang kreatif dari bahan tempe yang dipadukan dengan coklat yang ia beri nama Coklat Tempe Awicho di rumah produksinya yang beralamat di RT 6 RW 1, Danguk, Karangjati.

Ia jelaskan untuk varian rasa sementara masih dengan rasa original, namun ke depan, akan ada varian lain yang bisa dinikmati oleh para pelanggannya yang sudah merambah di seluruh nusantara. Pemasaran Coklat Tempe Awicho Khas Ngawi ini sudah sampai ke Bali, Madura, Jakarta, dan Tangerang.

Baca juga : Makanan Khas Bondowoso

11. Lawi (Lapis Khas Ngawi)

Lawi (Lapis Khas Ngawi)
Lawi (Lapis Khas Ngawi)

LAWI atau biasa disebut Lapis Khas Ngawi yang diperkenalkan oleh Andri Raharjo yang mempunyai usaha Pawoncake di Ngawi. Produk ini diperkenalkan kepada masyarakat saat acara Festival Kuliner Khas Ngawi 2017 yang berlangsung pada 20-22 April lalu.

Lapis Khas Ngawi dari Pawoncake ini mempunyai 3 varian rasa yakni Original, Red Velvet, dan Pandan. Produk ini dikemas dalam wadah yang unik dan sudah diberikan label Produk Unggulan Kabupaten Ngawi.

Dengan harga Rp. 50.000, sepetti keterangan yang diberikan Andri, produk ini bisa tahan hingga 3 hari dengan penyimpanan di kulkas. Untuk delivery jarak jauh masih belum memungkinkan. LAWI bisa didapatkan homebase Pawoncake di Jl. Hasanudin No. 15 Ngawi HP: 0858 5391 7777.

Itulah sebelas list makanan khas ngawi yang bisa kalian coba  dan bawa pulang saat kalian berkunjung ke Ngawi. Demikianlah ulasan kami mengengai makanan khas Ngawi, semoga ulasan kami bisa bermanfaat untuk kalian semua.

1 thought on “Yuk, Cobain Makanan Khas Ngawi Yang Mantap dan Menggugah Selera Ini

Leave a Comment

WhatsApp chat Chat