Uniknya Makanan Khas Nganjuk yang Lezat dan Murah, Wajib Dicoba!

Makanan Khas Nganjuk – Mungkin banyak dari kalian yang belum mengenal tentang salah satu kabupaten di Jawa Timur ini. Kabupaten Nganjuk yang terkenal dengan sebutan Kota Angin, ternyata juga menyimpan sejuta potensi dari wisata alam, kuliner, budaya dan sejarah.

Dari banyaknya potensi itu, Nganjuk memiliki sejumlah makanan khas yang bisa kalian cicipi dan di jadikan oleh-oleh. Tentunya itu bisa didapatkan di toko souvenir atau pusat oleh-oleh khas Nganjuk.

Kalau kalian masih bingung apa saja makanan khas nganjuk, langsung saja simak list berikut ini.

1. Dumbleg Khas Nganjuk

Dumbleg
Dumbleg

Makanan khas Nganjuk yang pertama adalah dumbleg, namanya nama makanan ini memang di dengar dan kurang populer di kalangan masyarakat di luar jawa.

Dumbleg adalah makanan sejenis dodol yang dibuat dengan bahan utama ketan atau bisa juga menggunakan tepung beras.

Selain itu dumbleg juga mirip dengan makanan khas Gresik yaitu pudak, bedanya kalau di dumbleg terdapat ciri khas yang terdapat pada rasa dan tampilanya. Dumbleg mempunyai rasa manis legit dan mempunyai bentuk panjang seperti lontong.

Bahan lainnya selain ketan dan tepung beras dumbleg juga dibuat dengan gula jawa dan santen, kemudian dibungkus dengan pelepah jambe. Dumbleg sudah jarang dan tidak mudah untuk menemukan makanan khas Ngajuk ini, anda bisa menemukannya di pasar tradisional di sekitar kecamatan Rejoso dan kecamatan Gondang.

2. Nasi Becek

Nasi Becek
Nasi Becek

Kuliner khas kedua di Nganjuk adalah Nasi Becek. Jenis kuliner Nasi Becek hampir mirip dengan soto kambing atau gulai kambing, namun Nasi Becek ini memiliki cita rasa dan penyajian yang berbeda.

Nasi Becek disajikan seperti soto babat yang didalamnya terdapat irisan kubis, kecambah dan potongan sate kambing.

Perpaduan rasa kuah dan sate inilah yang menjadi keistimewaan dari makanan Nasi Becek. di Nganjuk ada sebuah warung makan yang terkenal dengan nasi beceknya sejak dahulu yakni di jalan Dr Soetomo nganjuk, jadi tak ada salahnya untuk mampir dan menikmati kuliner satu ini.

3. Tepo

Tepo
Tepo

Makanan khas nganjuk yang direkomendasikan selanjutnya adalah Tepo. Makanan khas nganjuk ini jarang terdengar dan kurang populer sehingga asing bagi sebagian orang.

Tepo ini memiliki tampilan hampir mirip dengan lontong dengan bungkus yang terbuat dari daun pisang yang bentuknya kerucut dan sedikit miring.

Namun sedikit erbeda dari lontong pada biasanya. Tepo khas nganjuk disajikan dengan campuran bumbu lainnya sebagai pelengkap, salah satunya seperti sayur kacang yang hanya diambil isinya saja, Kemudian kacang tolo dan aneka penyedap rasa  lainnya.

Baca juga : Makanan Khas Magetan

 4. Onde-onde Ketawa

Onde-onde Ketawa
Onde-onde Ketawa

Salah satu makanan khas nganjuk yang sangat cocok untuk di jadikan oleh-oleh yaitu onde onde ketawa.

Biasanya jajanan onde onde ini memiliki bentuk bulat dan di tengah terdapat isian berupa kacang ijo atau isian lainya, namuan untuk onde onde khas nganjuk ini berbeda dengan onde onde pada umumnya.

Onde onde khas Nganjuk memiliki bentuk luar pada tengahnya terdapat rekahan seperti bunga, biasanya 4 belahan dan tidak polos bulat. Onde onde ketawa ini memiliki rasa yang yang enak dan gurih dengan tesktur yang renyah.

Sangat cocok untuk di makan sambil bersantai atau suguhan buat tamu. jajanan onde onde ketawa ini sangat mudah di temukan di nganjuk yaitu di pusat oleh-oleh di nganjuk Jawa Timur.

5. Pecel Khas Nganjuk

Pecel Khas Nganjuk
Pecel Khas Nganjuk

Hampir di semua kota Provinsi Jawa Timur pasti ada kuliner yang namanya Nasi Pecel. Kemudian nasi pecel ini juga menjadi makanan khas di setiap daerah di Provinsi Jawa Timur.

Tak kalah dengan kota lain, Nganjuk juga memiliki Nasi pecel yang khas dan berbeda jika dibandingkan dengan Nasi Pecel dari kota lainnya. Untuk rasanya tidak diragukan lagi, tentu saja kamu harus mencicipi makanan khas nganjuk ini.

Dalam segi tampilan nasi pecel nganjuk ini hampir sama dengan nasi pecel pada umumnya, namun yang menjadikan khas nasi pecel nganjuk ini adalah adanya kulupan kembang turi.

Biasaya campuan kulupnya ada banyak diantaranya ada kulup kangkung, toge, kacang panjang, kembang turi, dalam penyajianya nasi yang disiram dengan kuah sambel kacang/pecel yang di tambahkan tempe, tahu goreng serta rempeyek sebagai lauknya.

 6. Kerupuk Pecel

Kerupuk Pecel
Kerupuk Pecel

Kerupuk pecel khas nganjuk ini adalah kerupuk bakar atau kerupuk upil yang dicampur dengan sayuran, dalam penyajianya yaitu krupuk yang di atasnya di taburu sayuran yang terdiri dari capar (toge), bayam,bung (rebung), kenikir, mbayung (daun kacang) dan kacang panjang.

Yang kemudian atasnya di siram dengan bumbu pecel, biasanya untuk menemani makan kerupuk yang khas ini di temani es rujak yang segar sekali. Kerupuk pecel ini biasa di jual keliling di sore hari.

Kota angin merupakan kota yang banyak angin tapi banyak juga makanan khasnya, juka anda berkunjung ke nganjuk jangan lupa untuk mencicipi makanan khasnya.

 7. Kerupuk Upil

Kerupuk Upil
Kerupuk Upil

Kerupuk upil ini memiliki ukuran dengan potongan yang kecil-kecil, sehingga namanya kerupuk upil. Makanan khas nganjuk ini merupakan makanan cemilan dan tergolong pada makanan ringan.

Kerupuk ini memiliki cita rasa yang khas, sehingga banyak orang yang menyukainya. Rasa khas dihasilkan karena proses penggorengannya yang tidak menggunakan minyak, melainkan menggunakan pasir.

Memiliki citarasa yang gurih, sehingga kamu wajib mencicipinya dan membawanya sebagai oleh-oleh ketika menginjakan kaki tanah Nganjuk.

 8. Pecel Tumpang

Pecel Tumpang
Pecel Tumpang

Berikutnya makanan khas nganjuk yang menjadi rekomendasi dari kami adalah Nasi Tumpang. Nasi ini terbilang unik karena nasi dihidangkan dengan cara berbeda.

Pada bagian atas nasi diberi kulup kemudian diselimuti dengan sambal tumpang yang terbuat dari tempe yang sudah di fermentasikan. Sesuai namanya, nasi tumpang merupakan nasi yang dikolaborasikan dengan tumpang.

Biasanya nasi tumpang dipadukan dengan sambel pecel/kacang, namun itu semua tergantung selera masing-masing.

Baca juga : Makanan Khas Ponorogo

9. Sambel Kacang

Sambel Kacang
Sambel Kacang

Jika sebelumnya ada nasi pecel, maka berikutnya yang menjadi makanan khas nganjuk adalah Sambel pecel atau biasa disebut dengan sambel kacang.

Sambel ini cukup awet, dan dikemas dengan begitu higenis.

Sehingga sambel pecel ini bisa kamu jadikan oleh oleh untuk di rumah dikonsumsi sendiri bersama keluarga atau kamu juga bisa memberikannya pada tetangga atau teman-teman yang dikenal.

Harga sambal kacang sangat murah, karena satu bungkusnya hanya dihargai seribu rupiah. Namun biasnaya di jual dalam kemasan pack, dimana satu pack nya terdapat sepuluh bungkus.

Sambal pecel ini sangat cocok dijadikan pelengkap rasa saat menyantap makanan, contohnya saat memakan tahu, tempe atau cocolan lainnya. Rasanya yang pedas gurih ini bisa di padukan dengan banyak makanan lainya.

Nah….itu tadi beberapa ulasan mengenai makanan khas Nganjuk yang bisa kamu coba rasanya. Pastikan kalian mencoba makanan diatas jika sedang berkunjung di kota angin ini. Juga jangan lupa untuk membeli oleh-olehnya untuk keluarga kalian di rumah.

Terima kasih……

1 thought on “Uniknya Makanan Khas Nganjuk yang Lezat dan Murah, Wajib Dicoba!

Leave a Comment

WhatsApp Chat