11 Makanan Khas Mojokerto Yang Sayang untuk Di Lewatkan

Makanan Khas Mojokerto – Indonesia merupakan Negara dengan banyak pulau dan suku, setiap kota di Indonesia pasti punya makanan, camilan, minuman, buah khasnya sendiri. Begitu pula dengan salah satu kota di Jawa Timur ini. Dengan tradisi dan budayanya, Mojokerto memiliki banyak tempat makan dengan makanan khas serta camilan yang dapat kita temukan di pusat atau toko oleh-oleh sekitar.

Untuk lebih jelasnya, berikut adalah makanan khas dari Mojokerto yang bisa anda nikmati atau di jadikan oleh-oleh.

1. Sate Keong 

Sate Keong
Sate Keong

Keong merupakan salah satu jenis hewan bercangkang yang banyak hidup di wilayah persawahan, nah keong inilah salah satu makanan khas favorit di Mojokerto.

Untuk mengolah sate keong, pertama-tama keong direbus dengan air mendidih agar semua kotoran yang ada pada keong hilang. Selain itu, perebusan juga sangat berguna untuk memudahkan mengeluarkan daging keong dari cangkangnya.

Setelah mengeluarkan daging keong dari cangkangnya, keong dilumuri dengan bumbu khusus lalu ditusuk hingga berbentuk seperti sate pada umumya. Tusukan daging keong terus bakar diatas bara hingga matang dan siap di sajikan.

2. Onde-onde Khas Mojokerto

Onde-onde Khas Mojokerto
Onde-onde Khas Mojokerto

Makanan khas Mojokerto yang kedua adalah Onde-onde. Diantara kalian pasti sudah mencicipi makanan khas yang populer satu ini.

Jananan Onde-onde sendiri adalah makanan khas Mojokerto yang terbuat dari campuran tepung ketan yang dibentuk menyerupai bola-bola kecil. Di dalam Onde-onde sendiri terdapat isian kacang hijau yang telah dilembutkan.

Untuk mempercantik tampilan Onde-onde ini biasanya ditaburi dengan biji wijen untuk mempercantik tampilan dari kue Onde-onde ini.

Untuk rasa dari makanan khas yang satu ini tidak perlu diragukan lagi. Onde-onde ini memiliki rasa yang sangat enak dengan tekstur lembut dan kenyal pada saat kita menggigitnya.

Onde-onde Mojokerto sudah memiliki varian rasa yang beragam yaitu cokelat, kacang hijau, dan lain sebagainya. Anda juga bisa membawa onde-onde ini sebagai oleh-oleh untuk keluarga atau teman dengan varian rasa tersebut.

Untuk menemukan makanan khas Kota Mojokerto yang satu ini sangatlah mudah loh, karena kue ini sudah tersedia di beberapa toko oleh-oleh maupun di pasar tradisional di daerah Mojokerto.

3. Sambel Wader

Sambel Wader
Sambel Wader

Wader merupakan ikan air tawar yang biasanya hidup di sungai atau di di budidayakan sendiri. Untuk mengolah ikan wader ini menjadi makanan, pertama-tama bersihkan dahulu isi perut ikan, kemudian ikan di bumbui dengan campuran rempah-rempah seperti bawang dan lainnya.

Setelah bumbu meresap merata masak ikan dengan cara digoreng, setelah matang ikan wader goring di sajikan dengan sambel.

Rasa pada makanan ini teramat gurih dan nikmat terlebih jika dimakan bersamaan dengan nasi yang hangat.

Baca juga : Makanan Khas Jombang

4. Gulai menthok

Gulai menthok
Gulai menthok

Gulai menthok juga menjadi makanan khas Mojokerto yang sangat sayang jika tidak anda coba. Makanan ini tergolong sajian favorit di Mojokerto.

Menthok atau itik ini memng dibudidaya sendiri oleh masyarakat Mojokerto sehingga kualitasnya pun terjaga. Tidak hanya itu, harganya pun dijual cukup terjangkau di Mojokerto. Jadi, jangan lewatkan gulai menthok saat anda berkunjung ke Mojokerto. 

5. Kerupuk Memble

Jajanan Khas Mojokerto yang satu ini salah satu jenis kerupuk yang tentunya cocok untuk dijadikan sebagai oleh-oleh bagi keluarga tercinta. Ada yang tau nggak apa nama kerupuk ini? Yap, Kerupuk ini bernama Kerupuk Memble.

Proses pembuatan Kerupuk Memble khas Mojokerto ini menggunakan dua wajan sekaligus. Terdapat dua tahapan untuk menggoreng Kerupuk Memble ini.

Tahapan yang pertama adalah kerupuk ini digoreng menggunakan minyak panas. Setelah itu masuk pada penggorengan proses kedua yakni kerupuk digoreng dengan temperatur suhu yang sedang.

Proses penggorengan kerupuk yang satu ini lumayan rumit sobat. Tak sedikit pula yang gagal dalam praktek menggoreng kerupuk ini. Namun jangan khawatir karena kerupuk ini sangat mudah untuk kita jumpai di pasaran, tentunya dengan harga yang terjangkau pula.

6. Es Gronjongan Majapahit

Es Gronjongan Majapahit
Es Gronjongan Majapahit

Es gronjongan majapahit merupakah salah satu minuman khas mojokerto yang sampai saat ini keberadaannya dan kepopularannya masih meningkat.

Es gronjongan majapahit ini sangat laku dan sangat banyak diminati pembeli saat bulan Ramadhan, karena es gronjongan majapahit sangat pas untuk berbuka puasa.

Es gronjongan ini dijadikan minuman khas Mojokerto karena sudah ada sejak dahulu, biasanya isi es gronjongan majapahit ini ada agar-agar yang sudah dipotong kotak-kotak, santan yang sebelumnya direbus dengan daun pandan, sirup, dan es batu. Minuman khas Mojokerto ini bisa anda dijadikan sebagai pilihan minuman penutup.

7. Es Cendol Khas Mojokerto

Es Cendol Khas Mojokerto
Es Cendol Khas Mojokerto

Siapa yang menyangka bahwa es cendol yang banyak diketahui berasal dari Ibu Kota Jawa Barat (Bandung) ternyata dijadikan minuman khas Mojokerto. Masyarakat Mojokerto yang suka dengan rasa manis yang ada pada es cendol menjadikan es cendol sebagai minuman Khas Mojokerto.

Es cendol banyak ditemukan di Mojokerto, bahkan masyarakat sudah menganggap cendol tersebut sebagai salah satu minuman khas dari kota ini. Es cendol sangat nikmat jika diminum saat cuaca panas. Anda bisa mencobanya saat berkunjung ke Mojokerto nantinya.

8. Sate Bangil

Sate Bangil
Sate Bangil

Ada satu lagi makanan khas Mojokerto yang berjenis sate dan dikenal dengan nama Sate Bangil. Sate Bangil merupakan sajian makanan khas Mojokerto yang berbahan dasar kambing.

Perbedan yang terdapat pada Sate Bangil ini dengan sate kambing yang lainnya adalah kita bisa menentukan sendiri sate dari bagian kambing apa yang kita inginkan sesuai selera. Semua tergantung dengan permintaan para pembelinya.

Satu porsi sate Bangil ini berisi 10 tusuk sate yang biasanya disajikan dengan bumbu kacang, irisan bawang merah, dan tidak lupa pula dengan sambalnya.

Salah seorang penjual Sate Bangil yang cukup masyur di Kota Mojokerto adalah warung Sate Bangil milik Bang Soleh. Warung sate Bang Soleh ini tepatnya terletak di Jalan Majapahit 428, Mojokerto.

9. Bothok Tempe

Bothok Tempe
Bothok Tempe

Botok tempe adalah jenis makanan yang terbuat dari campuran potongan tempe dan parutan kelapa. Ampas kelapa tersebut dibumbui secara khas, kemudian dicampur dengan udang, teri, dan juga tahu.

Bothok tempe ini semakin lezat jika disajikan dengan nasi jagung. Makanan ini khas pedesaan, namun rasanya lezat.

10. Kerupuk Upil

Kerupuk Upil
Kerupuk Upil

Nama kerupuk upil tersebut diberikan berdasar pada proses memasaknya, yakni pada proses penggorengan Kerupuk Ini tidak menggunakan minyak goreng. Untuk menggoreng kerupuk ini biasanya menggunakan pasir sebagai media gorengnya.

Kerupuk ini biasanya banyak dijual di toko-toko yang ada di kawasan Mojokerto tentunya sudah dalam keadaan terbungkus rapi di dalam plastik. Kerupuk khas Mojokerto yang satu ini sangat cocok sekali bisa disajikan dengan sambal petis.

Bagi kamu yang sedang melancong ke Kota Mojokerto, jangan lupa untuk mencicipi Kerupuk khas Mojokerto ini dan jangan lupa juga untuk membelinya sebagai buah tangan untuk orang-orang tercinta di rumah kamu.

Baca juga : Makanan Khas Gresik

11. Kerupuk Rambak

Makanan Khas Mojokerto Kerupuk Rambak
Kerupuk Rambak

Makanan ini sangat populer dan mungkin anda juga pernah mencoba kerupuk yang satu ini. Kerupuk rambak ini merupakan kerupuk yang di buat dari kulit sapi yang sudah kering yang kemudian di olah dengan cara khusus di campur dengan bumbu khas sehingga membuat rasa kerupuk ini menjadi enak dan gurih.

Namun untuk menikmati kerupuk rambak ini jangan lupa untuk minum, karena kerupuk ini bisa membuat tenggorokan anda cepat kering. Biasanya kerupuk rambak ini banyak di jual di beberapa toko yang ada di Mojo kerto.

Sangat Mudah untuk menemukan kerupuk rambak yang ada di Mojokerto. Makanan ini juga sangat cocok untuk di bawah sebagai oleh-oleh karena tahan lama dan praktis.

Itulah sebelas makanan kkhas dan minuman khas dari kota Mojokerto yang bisa anda coba saat berkunjung ke kota ini. Semoga ulasan tadi bisa bermanfaat dan berguna untuk kalian.

Thanks……..

1 thought on “11 Makanan Khas Mojokerto Yang Sayang untuk Di Lewatkan

Leave a Comment

WhatsApp chat Chat