13 Makanan Khas Medan yang Sayang Untuk Anda Lewatkan

Makanan Khas Medan | Medan merupakan salah satu kota besar di Indonesia yang memiliki banyak pengunjung untuk berwisata. Wisatawan yang datang ke ibukota Sumatera Utara ini tidak hanya ingin menikmati tempat wisatanya saja, namun juga ingin mencoba berbagai makanan khas Medan.

Setiap daerah memiliki keunikan masakannya sendiri-sendiri, termasuk dengan Medan. Untuk Anda yang tertarik berwisata kuliner ke Medan, berikut ini ada 13 makanan yang direkomendasikan untuk dicoba.

1. Mie Gomak

Mie Gomak

Gomak dalam bahasa batak berarti menggenggam, asal nama mie gomak yaitu penyajiannya yang di genggam menggunakan tangan. Mie yang juga disebut spagheti asal batak ini terbuat dari mie lidi dengan bumbu cabe, bawang, kemiri, tomat, merica, dan ebi.

Anda bisa memilih menu mie gomak kuah atau mie gomak goreng ketika mencobanya. Menu mie gomak kuah biasanya menambahkan kuah kuning dengan potongan sayur berupa labu siam atau sawi.

Rasa yang diberikan dari mie gomak adalah sedikit asin dan gurih dengan tekstur yang kenyal jika dimakan. Ciri utama dari makanan khas Medan ini adalah aroma serta rasa dari Andaliman dan kincung yang sangat terasa.

2. Kue Ombus-Ombus

Kue Ombus-Ombus

Kue ombus-ombus sering ditemukan saat pesta adat, biasanya disajikan bersama dengan kopi. Kue ini terbuat dari tepung beras dan juga gula merah sehingga rasanya manis dan gurih.

Dibungkus dengan daun pisang membuat kue ombus-ombus lebih khas jika disantap di daerah asalnya. Paling lezat jika dimakan saat masih panas karena rasa yang diberikan masih kuat.

3. Bika Ambon

Bika Ambon

Jika mendengar namanya, pasti Anda berfikir makanan ini merupakan salah satu makanan khas Ambon. Ternyata Anda salah, bika ambon merupakan makanan khas Medan yang cukup terkenal. Nama ambon diberikan karena makanan ini populer ketika di jual di Jalan Ambon-Sei Kera, Medan.

Dengan perkembangannya, kini bika ambon sudah hadir dengan berbagai rasa diantaranya adalah keju, pAndan, cokelat, dan lain-lain. Makanan yang berupa kue ini sangat cocok untuk Anda jadikan sebagai oleh-oleh karena murah dan juga lezat.

Baca juga : Makanan Khas Aceh

4. Bolu Meranti

Bolu Meranti

Bolu meranti merupakan makanan khas Medan yang memiliki rasa tersendiri, berbeda dengan bolu yang biasa Anda temukan. Rasa yang ditawarkan diantaranya adalah keju, kacang, buah, mocca, abon, dan ayam.

Bolu meranti cocok untuk dijadikan sebagai oleh-oleh untuk keluarga di rumah, banyak wisatawan yang mencarinya untuk dijadikan oleh-oleh. Anda bisa menemukan banyak bolu meranti di Jalan Sisingamangaraja dan Jalan Kruing Medan.

5. Gulai Daun Singkong Tumbuk

Gulai Daun Singkong Tumbuk

Tidak hanya di masakan padang saja Anda bisa menemukan daun singkong, makanan khas Medan juga ada yang menggunakan bahan dasar daun singkong. Gulai daun singkong tumbuk dibuat dari olahan daun singkong yang sudah ditumbuk terlebih dahulu dan dimasak dengan bumbu santan.

Yang menjadi keunikan dari gulai daun singkong tumbuk adalah campurannya yang berupa buah rimbang dan kincong. Buah tersebut hanya ditemukan di Sumatera sehingga rasanya akan benar-benar khas.

Rempah-rempah sebagai bumbu utama yang digunakan menambah kelezatan dari gulai yang satu ini. Banyak yang memakan gulai daun singkong tumbuk dengan sambal tuktuk sehingga benar-benar seperti makan di Medan.

6. Itak Gurgur atau Itak Pohul-pohul

Itak Gurgur atau Itak Pohul-pohul

Itak gurgur merupakan makanan khas Medan yang juga digunakan sebagai persembahan kepada roh leluhur oleh orang batak. Istilah gurgur sendiri berarti mendidih dalam bahasa batak.

Bahan yang digunakan adalah tepung beras, kelapa parut, dan juga gula pasir, bahan tersebut dibentuk sesuai kepalan tangan pembuatnya. Dari bahan-bahan tersebut di dapatkan rasa yang lezat dan gurih. Jika Anda mengunjungi kota Medan sayang untuk melewatkannya.

7. Lemang

Lemang

Lemang mungkin termasuk makanan yang tidak asing di telinga kita, makanan ini tidak hanya ada di Medan saja tapi bisa kita temukan di kota lain. Makanan ini memiliki tampilan seperti lontong, yaitu lonjong dan dibungkus dengan daun pisang.

Bedanya dengan lontong adalah bahan baku lemang memakai beras ketan yang dimasak menggunakan bambu. Beras ketan yang dimasak dengan santan akan menambah rasa gurih yang akan sayang untuk Anda tinggalkan.

8. Dengke Mas na Niura

Dengke Mas na Niura

Dengke mas na niura merupakan bahasa batak yang memiliki arti ikan mas yang tidak dimasak. Dari nama tersebut sudah jelas bahwa makanan khas Medan yang satu ini tidak dimasak terlebih dahulu. Dulu makanan ini hanya dinikmati oleh kalangan raja saja, namun kini semua rakyat bisa mencoba.

Jangan takut dengke mas na niura akan mengeluarkan bau amis karena tidak dimasak. Sebelum disajikan ikan dengke mas na niura harus direndam di dalam air asam jungga selama minimal 2 jam.

9. Arsik Khas Medan

Arsik

Arsik merupakan makanan yang terbuat dari ikan baik ikan mas, ikan mujair, ataupun ikan nila dengan bumbu khas Sumatera Utara yaitu Andaliman. Cita rasa gurih, asam, dan pedas yang diberikan dari arsik ikan akan membuat Anda ketagihan.

Lebih nikmat jika Anda menikmati arsik ikan dengan nasi putih hangat. Tidak hanya lezat arsik juga makanan yang penuh akan vitamin yang baik untuk kesehatan. Jadi tidak heran makanan satu ini banyak dicari oleh wisatawan.

10. Sambal Tuktuk

Sambal Tuktuk

Sambal tuktuk memiliki bahan utama yang sama dengan sambal pada umumnya, yang membedakan adalah bahan tambahan berupa ikan aso-aso. Ikan ini sejenis ikan kembung yang sudah dikeringkan sehingga muncul rasa asin di dalamnya.

Sambal ini menjadi favorit warga Medan dan menjadi makanan khas Medan yang sering menemani makanan mereka. Sambal tuktuk paling nikmat jika disantap bersama dengan daun pepaya rebus.

11. Durian Medan

Durian Medan

Durian merupakan salah satu buah yang menjadi favorit banyak orang Indonesia karena rasanya yang kuat. Tidak hanya rasanya saja, namun aroma yang ditebarkan dari buah satu ini juga cukup menyengat menambah kelezatannya.

Buah durian medan memiliki rasa yang tidak bisa Anda temukan di kota lain. Untuk Anda penggemar durian, jangan melewatkan memakannya jika berkunjung ke Medan.

Baca juga : Makanan Khas Bengkulu

12. Dali Ni Horbo

Dali Ni Horbo

Makanan khas Medan yang satu ini cukup unik dan mungkin jarang sekali Anda temui. Bahan utama dari dali ni horbo adalah susu kerbau yang telah dibekukan.

Rasanya khas karena menggunakan bumbu khas Sumatera Utara salah satunya adalah Andaliman. Jika Anda sedang berkunjung ke Medan, makanan unik satu ini tidak boleh Anda lewatkan untuk dicoba.

13. Bubur Pedas

Bubur Pedas

Bubur pedas banyak ditemukan saat bulan ramadhan terutama di daerah yang banyak ditinggali oleh orang Medan-Melayu. Bubur ini banyak dicari orang untuk menu berbuka mereka.

Yang menjadi spesial adalah cara pengolahan dari bubur pedas ini masih menggunakan tungku kayu bakar. Meskipun rasanya pedas namun tetap lezat untuk disantap terutama untuk berbuka puasa.

Itulah 13 makanan khas Medan yang direkomendasikan untuk Anda coba. Mana nih dari ke 13 makanan di atas yang ingin Anda coba terlebih dahulu jika berkunjung ke Medan?

Leave a Comment

WhatsApp chat Chat