12+ Makanan Khas Manado yang Menjadi Daya Tarik dan Membuat Penasaran

Makanan Khas Manado | Makanan khas Manado terkenal dengan cita rasa yang pedas dan memiliki aroma bumbu yang khas sehingga menghasilkan makanan yang menggoda selera. Pasalnya bahan utama olahan makanan diperoleh dari kekayaan alam Manado.

Jika Anda berniat untuk liburan ke Manado maka Anda harus membaca ulasan dibawah ini. Karena disini akan dibahas mengenai beberapa makanan di Manado yang harus Anda coba. Makanan ini hanya bisa Anda temukan di Manado. Cita rasa yang khas juga akan membuat Anda ketagihan untuk mencobanya kembali. Berikut ulasannya

1. Tinutuan

Tinutuan

Makanan khas Manado pertama yang cukup populer adalah Tinutuan. Mungkin banyak masyarakat yang baru pertama kali mendengar nama sajian ini. Tinutuan merupakan sajian kuliner yang terdiri dari beragam sayuran hijau.

Campuran sayuran ini biasanya akan dimasak bersama dengan bubur beras dan juga labu kuning. Sajian ini sangat cocok dihidangkan untuk sarapan. Jika tinutuan asing bagi Anda maka nama bubur khas Manado tentu sering Anda dengar. Tinutuan adalah bubur khas Manado.

2. Cakalang fufu

Cakalang fufu

Cakalang fufu merupakan sajian makanan yang menggunakan bahan dasar ikan cakalang atau ikan tongkol putih yang diasapi. Ikan jenis ini juga bisa dijadikan sebagai olahan makanan lain. Cakalang fufu merupakan jenis ikan yang biasa dipakai untuk berbagai masakan.

Kebanyakan masyarakat mengatakan bahwa sajian terenak dengan menggunakan cakalang fufu adalah dengan saus atau menggunakan santan. Jenis masakan ini bisa Anda jadikan sebagai lauk dan dimakan dengan nasi panas.

3. Gohu

Gohu

Gohu merupakan makanan khas Manado yang menjadi favorit kebanyakan wisatawan. Gohu merupakan makanan yang terbuat dari buah pepaya mengkal yang diiris memanjang kemudian dicampur dengan air. Buah pepaya ini direbus dan diolah dengan menggunakan bumbu khas.

Bumbu yang digunakan dalam pembuatan gohu terdiri dari cuka, cabe halus, gula aren, bakasang dan jahe. Gohu memiliki rasa yang khas dari kombinasi pedas, asam, dan manis. Cita rasa ini tentu akan lumer di mulut Anda. Anda akan ketagihan ketika sudah mencobanya.

 Baca juga : makanan Khas Banten

4. Woku Blanga

ikan Woku Blanga

Makanan khas Manado selanjutnya adalah woku blanga. Disebut demikian karena woku blanga dimasak dengan menggunakan blanga yang terbuat dari tanah liat. Sedangkan woku merupakan campuran bumbu khas Manado.

Woku dibuat dari campuran bumbu yang terdiri dari daun jeruk, daun kunyit, daun serai, daun pandan, kemangi dan berbagai tambahan bumbu yang lainnya. Woku ini memiliki cita rasa pedas dan segar yang memiliki aroma wangi yang khas.

5. Lalampa

Lalampa

Makanan khas Manado selanjutnya yakni lalampa. Kuliner ini memiliki bentuk yang mirip dengan lemper. Bahan dasar untuk membuat Lalampa yakni beras ketan yang dibungkus dengan daun pisang. Yang membedakannya dengan lemper yakni dari segi isinya.

Isian Lalampa sangat khas dengan daging cangkalang. Cara pengolahan lalampa juga sangatlah unik. Kuliner lezat ini dimasak dengan cara dikukus kemudian dilanjutkan dengan dibakar diatas bara. Sangat enak dikonsumsi ketika masih panas.

6. Hanua kenari

halua kenari

Hanua kenari merupakan kuliner khas yang masuk dalam jenis kue-kuean. Bahan utama untuk membuat hanua tentu saja kacang kenari. Kacang ini memang cukup mudah ditemui di daerah Sulawasi sehingga persediaannya melimpah.

Selain terbuat dari kacang kenari, Hanua juga terbuat dari gula merah yang melapisinya. Jadi, kuliner ini sangat cocok dijadikan kudapan pendamping kopi atau teh. Anda bisa menjadikan kue ini sebagai cemilan ketika Anda bersantai sambil nongkrong atau menonton tv.

7. Paniki

Paniki

Mungkin belum banyak masyarakat yang mengenal jenis makanan paniki ini. Ini merupakan salah satu makanan khas Manado cukup ekstrim. Paniki merupakan salah satu sajian olahan dari daging kelelawar.

Daging kelelawar ini dimasak dengan menggunakan santan yang kental dan diberikan tambahan bumbu rempah yang mirip dengan oseng-oseng mercon. Daging paniki ini memiliki warna yang hitam namun memiliki rasa yang lezat.

8. Saguer

Saguer

Jika membahas tentang makanan maka tidak lengkap jika tidak membahas minuman juga. Salah satu minuman yang terkenal di Manado adalah saguer. Saguer merupakan minuman khas Manado yang diambil dari pohon saguer.

Saguer ini memiliki rasa yang asam dan berwarna putih kekuningan. Saguer mengandung alkohol dan biasanya disajikan ketika terdapat acara adat. Namun sageur ini juga dijual di berbagai warung di Manado.

9. Papare

Papare merupakan kuliner yang cukup unik.  Makanan khas Manado ini  terbuat dari daging ikan yang disajikan dengan cara yang unik. Dalam pengolahannya ikan tongkol dimasak dengan bumbu tumis khas Manado.

Setelah matang maka tumisan tersebut akan dimasukkan kedalam pare. Sebelumnya pare sudah dibersihkan dan dihilangkan bijinya. Kemudian pare diikat dengan benang dan digoreng. Papare ini merupakan jenis makanan yang unik namun memiliki rasa yang menarik.

Baca juga : Makanan Khas Tangerang

10. Pangi dan Saut

Pangi dan Saut

Selanjutnya ada Pangi dan Saut. Pangi merupakan makanan yang terbuat dari tanaman kluwak atau daun pangin yang sudah dicampur dengan bumbu rempah khas Manado. Sedangkan saut merupakan pelepah pisang muda yang telah dibumbui.

Bahan-bahan yang digunakan sebagai bumbu diantaranya jahe, kemangi, biji pala, daun bawang dan cabai. Kedua sajian ini menggunakan buluh bambu untuk penyajiannya. Sajian ini merupakan jenis sayuran yang lezat dan juga sehat. Anda bisa mengkonsumsinya bersama nasi panas.

11. Kawok

Kawok mungkin menjadi makanan khas Manado yang belum banyak diketahui oleh masyarakat. Kawok ini merupakan jenis kuliner ekstrim di Manado. Kawok ini merupakan olahan daging tikus yang berwarna putih. Hanya jenis tikus ini saja yang bisa diolah menjadi makanan.

Kawok ini dimasak dengan berbagai macam bumbu dan cabai khas Manado. Daging kelelawar juga dimasak hingga empuk. Sajian kawok ini memiliki rasa pedas dan gurih. Meskipun terlihat ekstrim namun kawok memiliki rasa yang lezat.

12. Tinoransak

Selanjutnya ada Tinoransak yang masuk dalam daftar Masakan Khas Manado. Sajian jenis ini menggunakan bahan dasar daging babi yang telah dibumbui dan dimasukkan ke dalam buluh bambu. Bumbu yang digunakan merupakan bumbu khas Manado.

Dalam pengolahannya terdapat rahasia yaitu agar warnanya tidak rusak maka orang Manado biasanya akan memasukkan sedikit darah hewan sebelum dipanaskan. Tinoransak ini bisa menggunakan bahan dasar daging lain seperti daging sapi atau ayam dalam pengolahannya.

Itulah beberapa makanan khas Manado yang harus Anda coba ketika singgah disana. Setiap daerah memiliki keunikan tersendiri di bidang kulinernya begitu pula dengan Manado. Sebagian besar makanan Manado akan menggunakan ikan dan ayam sebagai bahan baku utama dan memiliki ciri khas rasa pedas. Itulah yang menjadi daya tarik utama kota Manado. Karena banyak juga wisatawan yang sengaja berlibur ke Manado hanya untuk mencoba wisata kulinernya. Pengalaman menikmati berbagai sajian kuliner tentu akan membantu Anda merasakan cita rasa nusantara.

Leave a Comment

WhatsApp Chat