Cicipi nih….!! 14 Daftar Makanan Khas Malang yang Tiada Duanya

Makanan Khas Malang – Selain terkenal dengan tujuan wisata yang beragam, Kota Malang juga dikenal dengan berbagai makanan khasnya. Dari makanan tradisional tempo dulu hingga kuliner modern tersedia di kota ini.

Nah kali ini kami akan bahas sediit trentang makanan khas Malang, Jawa Timur. Mulai dari makanan pembuka sampai penutup yang pastianya enak dan saying untuk di lewatkan.

1. Bakso Malang

Bakso Malang
Bakso Malang

Makanan khas Malang yang pertama adalah bakso. Bakso sudah menjadi salah satu ikon kuliner kota Malang yang sangat populer hingga penjualnya pun ada di berbagai kota-kota besar di Indonesia.

Bakso khas Malang bagaikan primadona di bumi pertiwi. Mulai dari pedagang kaki lima, kios, kedai, warung, depot, bahkan restoran di kota-kota besar di Indonesia ada yang menjadikan bakso malang sebagai menu utamanya.

Dalam satu mangkuk bakso malang, terdapat beragam isian. Selain bakso, ada juga tahu putih atau kulit, pangsit isi, tauge, mie, bihun, dan siomay.

Selain itu penggunaan bumbu yang pas bisa menjadikan kuah bakso lebih nikmat dan mampu menambah selera makan. Biasanya 1 mangkok bakso ditemani dengan sambal cabai yang sangat pedas.

2. Bakso Bakwan

Bakso Bakwan
Bakso Bakwan               

Masih seputar bakso nih gan. Dari sekian banyak variasi bakso yang ada, bakso bakwan dapat menjadi alternatif untuk mereka yang sudah bosan makan bakso biasa atau bakwan saja.

Bakso bakwan adalah makanan khas Malang yang menghidangkan bakso dengan isian lebih komplit dibanding bakso khas Malang lainnya. Dalam semangkuk bakso bakwan terdapat beragam isian seperti bakso urat, bakso goreng, bakso halus, bakwan rebus, tahu rebus, dan pangsit.

Yang beda dari bakso bakwan dengan bakso-bakso lain mungkin tidak di sediakannya mie kuning atau bihun putih. Untuk kuahnya bakso bakwan menggunakan kuah kaldu sapi sehingga menghasilkan rasa yang lebih gurih, segar, dan menggugah selera.

3. Orem-Orem

Orem-Orem
Orem-Orem

Mungkin untuk sebagian orang nama ini tergolong cukup aneh. Orem-orem adalah makanan yang disajikan dengan ketupat, tempe goreng dan mendol semacam gorengan yang terbuat dari tempe yang dihaluskan, lalu dicampur bumbu khusus dan digoreng serta ditambah telur asin diatasnya.

Memang tampaknya terlihat sepintas seperti opor atau sayur lodeh, tapi makanan ini disajikan dengan kuah kaldu ayam yang sangat kental. Makanan ini hanya bisa di jumpai di Malang, jadi buat kalian yang ingin mencobanya bisa langsung aja dating ke Kota Malang.

4. Bakso Bakar

Bakso Bakar
Bakso Bakar

Mainstream dengan bakso yang di sajikan dengan kuah kaldu…?  Makanan ini kan jadi jawaban yang pas yaitu bakso bakar.

Bakso Bakar ini juga merupakan salah satu makanan khas malang yang selalu diburu oleh para wisatawan. Bakso Bakar ini sama seperti pada bakso yang sering di jumpai.

Sebelum dibakar, bakso tadi disiram saos, kecap, dan bumbu yang khusus. Jadi setelah dibakar bakso Bakar khas Malang ini memiliki aroma yang harum, dan memiliki cita rasa yang nikmat dan pedas.

Baca juga : Makanan Khas Jember

5. Cwie Mie

Cwie Mie
Cwie Mie

Cwie mie adalah kuliner peranakan Tionghoa yang tersebar luas di sekitaran kota Malang. Saat ini, nama cwie mie mulai berganti sebutan menjadi pangsit mie.

Alasan pengubahan naam cwie mie menjadi pangsit mie dikarenakan pangsit yang selalu hadir mendampingi mie.

Sebagian besar depot menyajikan mie yang dibuat sendiri dengan metode tradisional hingga modern. Ukuran mie untuk cwie malang cenderung kecil.

Cwie mie disajikan bersama ayam yang sudah dicacar, kuah, dan taburan daun bawang. Tampilan makanan khas Malang ini sangat sederhana, Dan untuk menambah kesan menarik makanan khas Malang ini dihidangkan dengan menggunakan mangkuk yang terbuat dari pangsit.

6. Mendol Khas Malang

Mendol Khas Malang
Mendol Khas Malang

Sekilas terlihat seperti combro atau kroket. Tapi ternyata Mendol ini terbuat dari kedelai yang merupakan makanan campuran dari tempe. Makanan ini dicampur dengan berbagai macam bumbu lain, seperti kunyit, bawang merah, bawang putih, dan bumbu lainnya.

Lalu makanan ini diaduk menjadi satu bersama tempe dan kemudian dibentuk menyerupai combro.

7. Angsle

Angsle
Angsle

Selanjutnya masuk dalam kategori minuman yaitu angsle yang mempunyai rasa manis dan enak. Makanan khas Malang ini semacam minuman yang mirip dengan sekoteng. Dan makanan ini enak jika dalam keadaan panas, jadi cocok untuk malam hari dan ketika cuaca dingin.

Makanan khas Malang ini terbuat dari irisan roti, kacang tanah yang disangrai, dan kacang hijau rebus, dan tambahan petulo atau putu mayang, tape singkong, bubur mutiara dan ketan putih kukus.

8. Es Durian Dempo

Es Durian Dempo
Es Durian Dempo

Makanan yang selanjutnya adalah makanan dengan rasa manis dan segar ini adalah Es Durian Dempo. Makanan khas Malang yang satu ini terbuat dari butiran-butiran durian yang dicampur dengan serutan es batu, lalu disiram susu kental manis dan ditambah lagi dengan sirup.

Buat kalian penggemar buah durian jangan sampai terlewat untuk mencicipi makanan penutup satu ini.

9. Soto Lombok

Soto Lombok
Soto Lombok

Soto lombok adalah makanan asli kota Malang, jadi jangan terkecoh dengan namanya ya. Selain itu orang juga menganggap kalau lombok yang melekat pada namanya menggambarkan rasa dari makanan ini yang pedas.

Padahal, lombok pada nama makanan ini merujuk pada lokasi warung sotonya yang berada di Jl. Lombok.

Soto lombok berbeda dari soto-soto lainnya. Biasanya dalam satu mangkuk soto lombok terdiri dari ragam isian seperti kentang, daging ayam kampung, tauge, telur rebus, dan irisan kol serta taburan bubuk koya yang gurih.

10. Tahwa (Kembang Tahu Malang)

Tahwa
Tahwa

Selain angsle, Kota Malang juga mempunyai hidangan segar yang bisa membantu mengatasi tubuh yang kedinginan akibat hawa sejuk kota Malang. Tahwa tidak berbentuk seperti minuman, melainkan makanan ringan yang mempunyai kuah hangat.

Tahwa juga biasa disebut kembang tahu oleh kebanyakan masyarakat Indonesia. Hidangan ini berisikan tahu lembut yang bisa lumer di mulut yang direndam dalam kuah dari campuran jahe dan gula merah.

Baca juga : Makanan Khas Kediri

11. Putu Lanang Celaket

Putu Lanang Celaket
Putu Lanang Celaket

Putu merupakan salah satu kue favorite yang bisa di temukan di Kota Malang. Putu sendiri merupakan sajian makanan yang terbuat dari tepung beras yang diisi dengan gula merah, kemudian di kukus hingga matang.

Disajikan di atas daun pisang dengan ditaburi parutan kelapa yang gurih, hidangan kuliner yang satu ini sanat lezat. Salah satu tempat kuliner yang menyajikan jajanan putu adalah Putu Lanang Celaket yang berlokasi di Jalan Jaksa Agung Suprapto, Gang Buntu RT 03 Malang

12. Pos Ketan Legenda 1967

Pos Ketan Legenda 1967
Pos Ketan Legenda 1967

Untuk kalian penggemar ketan disini tempatnya. Disini menyediakan berbagai menu ketan. Tempat ini juga menjadi legendaris karena sudah ada pada tahun 1967, dan tempat ini tidak pernah sepi oleh pembeli. Menu ketannya ada bermacam-macam yaitu ketan bubuk, ketan susu, ketan keju, dan ketan durian.

13. Pecel Kawi

Makanan Khas Malang Pecel Kawi
Pecel Kawi

Pecel memang menjadi salah satu menu favorit bagi orang jawa. Biasanya menu yang satu ini cocok dimakan di pagi hari untuk mengsisi energi sebelum beraktivitas.

Pecel Kawi menawarkan cita rasa yang berbeda dari pecel kebanyakan. Konon Pecel Kawi telah terkenal sejak tahun 1979 silam dan hingga sekarang namanya masih sangat dikenal.

Kuliner Malang yang satu ini terkenal dengan bumbu kacangnya yang gurih dan lebih kental. Perbandingan rasa manis, asin, dan gurihnya cukup seimbang sehingga menciptakan citarasa pecel yang lezat.    

14. Sego Goreng Mawut

Sego Goreng Mawut
Sego Goreng Mawut

Di dengar dari namanya memang cukup aneh dan sedikit unik. Tapi, siapa yang menyangka kalau Sego Goreng Mawut ini memiliki rasa yang sangat lezat.

Mungkin buat kamu para pecinta nasi goreng, tentunya sudah pernah merasakan makanan yang satu ini. Mengapa bisa disebut dengan Mawut, karena makanan yang berasal dari nasi goreng dan mie goreng ini dipadukan menjadi satu dengan tambahan bumbu yang semakin membuat makanan satu ini terasa lezat.

Berlibur ke kota Malang memang tak boleh melewatkan kuliner-kulinernya yang menggiurkan. Beberapa makanan diatas merupakan rekomendasi dari kami yang bisa kalian jumpai di kota malang. Oya, bagi kalian warga kediri yang ingin berlibur ke malang bisa menggunakan jasa travel kediri malang dari PUTRA TRAVEL, karena pelayananannya sangat profesional dan harga terjangkau.

Semoga bisa bermanfaat dan membantu kalian semua saat berlibur di Malang.

Thanks….

1 thought on “Cicipi nih….!! 14 Daftar Makanan Khas Malang yang Tiada Duanya

Leave a Comment

WhatsApp chat Chat