Mantap, Inilah Makanan Khas Makassar yang Perlu Dicoba

Makanan Khas Makassar | Makassar memang memiliki pesona yang istimewa. Tidak hanya objek wisatanya yang menakjubkan, tetapi juga makanannya yang terasa sedap sehingga bikin rindu. Aroma istimewa serta tampilan menarik dari makanan khas Makassar mampu membuat siapa saja jadi tergoda.

Bagi kamu yang ingin berlibur ke Makassar, mampirlah untuk mencicipi kuliner lezatnya. Di sana kamu bakal menemui warung yang banyak jualan makanan nikmat tersebut. Supaya kamu berselera, inilah daftar makanan dari Kota Makassar yang perlu kamu cicipi.

1. Sop Saudara

Sop Saudara

Makanan khas Makassar ternyata ada yang mirip dengan konsep kekeluargaan, yaitu sop saudara. Menu berkuah ini dibuat dari bahan baku utama daging sapi, beserta tambahannya yang bervariasi, seperti bihun, kentang goreng yang dibentuk bola kecil, dan gorengan dari paru-paru sapi. Kamu juga bisa menambah menu pelengkap dengan sambal kacang dan irisan timun.

Aromanya yang wangi, serta rasanya yang gurih dijamin bikin kamu ingin tambah lagi. Sudah banyak warung yang menjual makanan top satu ini. Sangat cocok dikonsumsi oleh siapa saja, entah keluarga maupun sahabat .

2. Coto Makassar

Coto Makassar

Jika provinsi Indonesia yang lain punya soto, Makassar punya coto. Makanan khas Makassar ini memang dinobatkan sebagai makanan populer nusantara, terutama yang berasal dari Sulawesi Selatan. Bumbunya dibuat dari beraneka rempah-rempah yang saling berkolaborasi.

Rasanya gurih dengan tekstur daging yang empuk. Di beberapa warung, menu Coto Makassar disajikan istimewa dengan dilengkapi kuah kental, serta potongan daging berukuran besar. Daun bawangnya menambah rasa nikmat yang sedap di lidah.

3. Konro Makassar

Konro Makassar

Konsep tradisional melekat pada makanan khas Makassar satu ini, yaitu Konro. Menu yang diolah dari daging sapi atau iga sapi mampu membuat siapa saja jadi tergoda. Rebusan daging sapinya telah berpadu pas dengan kayu manis, air asam, serta bahan pelengkap lainnya.

Menu ini mirip dengan sup yang punya sajian kekuatan cita ras di bagian rempah-rempah. Akan sangat nikmat jika disajikan selagi hangat. Sudah banyak selebritis yang mencicipi makanan bercita rasa gurih ini.

Baca juga : Makanan Khas Kendari

4. Barangko

Barangko

Salah satu dessert atau makanan penutup khas Makassar adalah Barangko. Menu ini diolah dari bahan baku utama pisang. Dimasak dengan baik melalui kolaborasi berbagai bahan pelengkap, seperti gula, garam, telur, dan susu bubuk. Kemudian, dikemas dengan daun pisang.

Makanan khas Makassar satu ini bertekstur halus dan lembut. Cita rasanya manis, bisa disantap saat dingin maupun panas. Harganya terjangkau dan bisa dijumpai dengan mudah.

5. Pisang Epe

Pisang Epe

Masih tentang olahan kuliner berbahan baku pisang. Namun, kali ini menu tersebut bernama Pisang Epe. Supaya menciptakan rasa yang mantap, bahan baku utama yang digunakan adalah pisang kepok setengah matang.

Makanan khas Makassar satu ini bisa dibuat dengan mudah. Bahan pelengkapnya bisa diperoleh di pasar maupun warung-warung terdekat. Kamu juga bisa mencicipinya di berbagai warung di pinggir jalan.

6. Es Palu Butung

Es Palu Butung

Makassar juga punya minuman segar, namanya es palu Butung. Kabarnya, es ini merupakan menu penutup dari serangkaian hidangan makanan. Bahan baku utamanya berasal dari potongan es hijau yang kemudian diberi bubur putih. Bubur tersebut diolah dari santan, serta diberi serutan es dan susu kental.

Minuman ini memang mampu menggairahkan selera. Kalsium yang terkandung dari susu bisa memberikan nutrisi untuk tubuh. Selain itu, pisang yang digunakan juga baik untuk kelancaran sistem pencernaan.

7. Kapurung

Kapurung

Menu tradisional dengan rasa istimewa juga ditemukan di hidangan Kapurung. Makanan khas Makassar satu ini memang terkenal, apalagi ketika kamu berkunjung ke Kota Palopo. Rasanya manis berkombinasi dengan asam.

Terasa segar dan pasti nikmat. Menu ini juga berhasil masuk ke wilayah metropolitan. Kamu pun bisa mencobanya dengan mengunjungi berbagai rumah makan yang ada di Makassar, terutama di daerah Luwu.

8. Juku Pallu Ce’la

Juku Pallu Ce’la

Unik dan praktis merupakan konsep yang melekat pada menu Juku Pallu Ce’la. Pasalnya, menu yang berasal dari ikan layang, ikan cakalang, colu, sibula’ diolah dengan bumbu sederhana, hanya garam dan kunyit. Karena teknik pengolahannya yang istimewa, menu ini berhasil menciptakan rasa yang luar biasa.

Harganya terjangkau, bisa diperoleh di berbagai rumah makan yang menyediakan olahan seafood. Sangat cocok disantap bagi siapa saja yang gemar menyantap makanan seafood. Menu ini juga mengandung nutrisi yang baik bagi tubuh kamu.

9. Mie Titi

Mie Titi

Makassar juga punya olahan kuliner dengan bahan dasar mie, yaitu Mie Titi. Hidangan ini biasanya disajikan ketika malam hari. Bahan baku utamanya berasal dari beragam jenis daging yang bercampur dengan seafood. Tak lupa dengan tambahan sayurannya.

Aromanya wangi dan rasanya gurih. Makanan khas Makassar yang lezat ini sangat nikmat disantap selagi hangat. Kombinasi lezat dari berbagai bahan masakan akan menciptakan cita rasa yang berbeda.

10. Burasa

Burasa

Kota ini juga memiliki menu yang mirip dengan lontong, tetapi namanya berbeda. Menu tersebut adalah Burasa. Diolah dengan menggunakan beras, serta dibungkus daun pisang muda.

Meskipun mirip seperti lontong, bentuknya juga berbeda. Menu ini disajikan dengan ditambah bumbu kelapa kering, gula, cabai, dan garam. Biasanya, hidangan ini jarang ditemui karena hanya disajikan pada saat acara-acara tertentu, misalnya syukuran.

11. Sangkolo Bagadang

Sangkolo Bagadang

Ketika kamu jalan-jalan di Makassar ketika malam, sempatkanlah untuk mencicip menu pilihan bernama Sangkolo Bagadang. Hidangan ini bakalan sering kamu temui saat berkunjung menghadiri berbagai acara adat yang ada di Sulawesi Selatan.

Produk olahan kuliner ini berasal dari nasi ketan hitam atau putih yang berkolaborasi bersama serundeng atau parutan kelapa yang telah disangrai. Apalagi ditambah menu pelengkap, seperti ikan teri asing, telur, dan sambal kuning.

Baca juga : Makanan Khas Palu

12. Bebek Palekko

Bebek Palekko

Bebek ternyata juga jadi menu andalan bagi warga masyarakat. Menu tersebut bernama bebek Palekko dengan bahan utama cincangan daging bebek khas Bugis. Rasanya pedas sehingga menggairahkan selera makan.

Apalagi disajikan selagi hangat. Kabarnya, ada beberapa warung yang menyediakan menu ini selama 24 jam. Harganya pun bervariasi, ada yang terjangkau dan ada yang mahal. Tergantung dari segi penyajian dan teknik pengolahan.

13. Sarabba

Sarabba

Makanan khas Makassar satu ini identik dengan suguhan berupa sekoteng, STMJ, dan wedang uwuh. Namanya Sarabba yang diolah dari campuran jahe, kuning telur, gula aren, serta merica bubuk. Ketika meminumnya, kamu akan merasakan sensasi hangat di badan.

Menu ini termasuk salah satu menu ternama di Makassar. Bahkan, ada beberapa warung yang sudah mendapatkan warisan turun-temurun tentang resep Sarabba yang mantap. Kamu tentunya bisa mencicipinya, apalagi saat cuaca sedang dingin.

Demikian informasi tentang daftar makanan khas Makassar yang perlu kamu cicipi. Semoga bisa menjadi referensi bagi kamu ketika mampir ke kota yang terkenal dengan Pantai Losarinya ini. Selamat mencoba.

Leave a Comment

WhatsApp chat Chat