12 Makanan Khas Majalengka yang Sayang Untuk Di Lewatkan

Makanan Khas Majalengka | Kabupaten Majalengka belakangan ini semakin maju dan banyak sekali terdapat tempat wisata disana. Lokasinya yang strategis membuat Majalengka disukai oleh para pengunjung.

Tempat wisata di Majalengka juga masih asri dan tentunya nyaman karena jauh dari keramaian kota. Sehingga tentunya akan cocok jika dikunjungi bersama keluarga sambil menghilangkan kepenatan.

Bukan hanya di bidang wisata, pasalnya Majalengka juga memiliki beberapa makanan khas yang wajib Anda coba ketika berkunjung ke Majalengka. Berikut akan diulas beberapa makanan khas Majalengka yang tentunya akan menggugah selera Anda.

1. Surabi Oncom

Surabi Oncom

Kebanyakan orang tentu sudah tidak asing lagi dengan surabi. Karena pasalnya surabi bisa Anda temui di berbagai kota. Akan tetapi, tentunya setiap serabi di setiap kota akan memiliki ciri khasnya tersendiri. Surabi sangatlah mudah untuk dicampurkan dengan berbagai bahan lainnya.

Makanan khas Majalengka ini memiliki keunikan sendiri dimana bahan utama pembuatan surabinya adalah oncom. Kandungan oncom didalam surabi ini bisa membuat perut Anda terisi dan langsung kenyang.

2. Tutut

Tutut

Tentu kebanyakan masyarakat sudah mengetahui tentang tutut. Tutut merupakan salah satu jenis keong yang memiliki ukuran kecil. Tutut bisa dijadikan lauk dan dikonsumsi dengan nasi. Tetapi ada juga yang memakannya begitu saja.

Pasalnya tutut yang ada di Majalengka memiliki cita rasa yang khas. Karena tutut dimasak dengan berbagai macam olahan rempah yang tentunya lebih enak untuk dimakan. Tutut menjadi salah satu makanan khas Majalengka yang banyak dicari wisatawan.

Baca juga : Makanan Khas Purwakarta

3. Buah Durian Majalengka

Buah Durian Majalengka

Selain memiliki makanan khas Majalengka juga memiliki buah yang khas yaitu buah durian. Jika biasanya orang mengetahui bahwa durian berasal dari Medan namun durian hasil kabupaten Majalengka ini tidak kalah enaknya.

Buah durian Majalengka ini memiliki ciri khasnya sendiri. Daging durian Majalengka ini sangatlah manis dan memiliki daging yang tebal. Durian jenis ini juga memiliki bau yang khas dan menyengat.

4. Nasi Lengko

Nasi Lengko

Mungkin kebanyakan orang masin terasa asing dengan nasi lengko. Namun, bagi Anda yang merupakan warga Jawa Barat pasti tau tentang nasi lengko. Biasanya nasi lengko ini menjadi salah satu pilihan tepat untuk sarapan.

Nasi lengko ini merupakan sajian yang sederhana namun kaya akan serat dan karbohidrat. Pasalnya nasi lengko ini rendah kalori karena bahan-bahan pembuatannya menggunakan non-hewani. Nasi lengko biasanya disajikan dengan bumbu khas Majalengka.

5. Pepes Jeroan

Pepes Jeroan

Jika biasanya pepes menggunakan bahan dasar seperti ikan atau tahu, di Majalengka pepes dibuah dari bahan jeroan. Jeroan pada pepes ini dimasak dengan baik sehingga menciptakan cita rasa yang berbeda dan empuk untuk dimakan.

Cara pembuatannya pun masih sama dengan pepes pada umumnya yang dikukus dan dibungkus dengan daun pisang. Namun, bedanya adalah isinya dan bumbu yang digunakannya. Pepes Majalengka ini tidak akan kalah enaknya dengan pepes lain.

6. Lumpia Basah

Lumpia Basah

Lumpia basah menjadi salah satu makanan khas Majalengka yang sering dicari oleh kebanyakan wisatawan. Bahkan beberapa waktu yang lalu jenis makanan ini sempat menjadi viral di daerah Jawa barat karena disukai oleh banyak orang.

Lumpia basah ini terbuat dari beberapa bahan yang diisikan pada kulit lumpia. Biasanya lumpia akan digoreng lagi sehingga dihidangkan dengan renyah. Lumpia basah ini menjadi salah satu makan yang lezat serta tentunya mengenyangkan.

7. Seblak Basah

Seblak Basah

Tentu banyak orang yang sudah mengenal jenis makanan ini, karena pasalnya seblak basah ini merupakan makanan khas Majalengka yang cukup terkenal. Seblak terdiri dari bahan kerupuk yang dimasak dengan bumbu khas dan disajikan dengan hangat.

Pasalnya, seblak bisa Anda jadikan sebagai bahan lauk dan dimakan dengan nasi. Seblak juga sangat enak jika disajikan pada saat baru matang dan masih panas. Rasa khas seblak di Majalengka inilah yang dicari oleh kebanyakan wisatawan saat berkunjung.

8. Lotek

Lotek

Lotek merupakan makanan yang terbuat dari bahan utama sayur, sambal kacang dan juga lontong. Pasalnya lotek bisa mengisi perut Anda yang kosong dan mengatasi kelaparan. Makanan ini sangat mudah Anda temukan di pinggir jalan Majalengka.

Yang menjadi khas dari lotek Majalengka ini adalah dari segi bumbunya. Bumbu kacang di Majalengka terasa berbeda dan lezat. Apalagi jika sudah dicampurkan dengan bahan sayuran yang tentunya akan menggugah selera Anda.

9. Kalua Jeruk

Kalua Jeruk

Mungkin masih banyak masyarakat yang masih asing dengan jenis makanan ini. Kalua jeruk adalah makanan yang terbuat dari daging jeruk yang dicampur dengan gula kawulang atau yang biasa dikenal dengan gula merah.

Kalua memiliki tekstur yang keras diluar namun lembut didalam. Kalua memiliki rasa yang manis sehingga banyak wisatawan yang menjadikan makanan ini sebagai oleh-oleh. Keunikan dari makanan inilah yang membuat orang menjadi penasaran dan ingin mencobanya.

10. Martabak Majalengka

Martabak pasalnya sudah menjadi salah satu makanan yang disukai oleh banyak orang. Martabak menjadi salah satu makanan khas Majalengka yang bisa Anda temui di pinggir jalan. Biasanya martabak dijual pada malam hari.

Martabak Majalengka ini terdiri dari martabak telur yang menggunakan telur ayam atau telur bebek sebagai bahan dasar dalam pengolahannya. Telur ini akan dicampurkan dengan daging serta daun bawang. Martabak Majalengka ini disajikan dengan saus khas yang lezat.

Baca juga : Makanan Khas Subang

11. Kecap Majalengka

Mungkin kebanyakan orang berfikir jika kecap dimana saja akan sama. Namun berbeda dengan kecap yang Anda di Majalengka. Pasalnya kecap ini menjadi salah satu bahan dasar dari pembuatan masakan khas Majalengka kaya akan rasa.

Diketahui bahwa kecap ini sudah ada sejak tahun 1980. Ini merupakan kecap tradisional Majalengka yang sangat populer. Rasa manis yang diberikan oleh kecap ini sungguh akan berbeda dengan kecap jenis lainnya.

12. Buah Gincu Majalengka

Buah Gincu Majalengka

Buah gincu merupakan nama dari buah mangga yang terdapat di Majalengka. Buah ini pasalnya banyak tumbuh di daerah Majalengka. Buah mangga gincu ini juga dikenal dengan  buah mangga gedong. Ini merupakan salah satu makanan khas Majalengka yang terkenal.

Buah gincu memiliki rasa yang khas dan berbeda dari mangga jenis lain. Dahulu buah gincu ini hanya bisa dikonsumsi oleh para bangsawan penghuni keraton saja. Namun seiring perkembangan zaman buah ini sudah bisa dikonsumsi oleh setiap orang.

Itulah beberapa makanan khas Majalengka yang wajib Anda coba ketika kesana. Setiap daerah tentu akan memiliki makanan khasnya masing-masing. Hal tersebutlah yang menjadi salah satu daya tarik setiap daerah. Karena Indonesia terdiri akan berbagai suka bangsa dan budaya, sehingga berbagai jenis makanan juga dihadirkan oleh setiap bagian negara Indonesia.

Karena hal tersebutlah banyak sekali para wisatawan asing yang tertarik mengunjungi Indonesia. Untuk itulah sebaiknya kita melestarikan apa yang telah menjadi ciri khas daerah yang menjadi jati diri sebuah daerah.

Leave a Comment

WhatsApp chat Chat