Rekomendasi Makanan Khas Magetan yang Unik dan Lezat !!

Makanan Khas Magetan – Magetan, sebuah kabupaten yang terletak di sisi barat Jawa Timur dan berbatasan langsung dengan provinsi Jawa Tengah. Selain terkenal dengan telaga sarangannya, di Magetan terdapat banyak daftar makanan, oleh-oleh dan camilan dengan resep khas magetan.

Ini dia rekomendasi makanan khas magetan yang bisa kalian nikmati atau di jadikan buah tangan.

1. Ayam panggang Gandu

Ayam panggang Gandu
travelingyuk.com

Desa Gandu, Kecamatan Karangrejo, Kabupaten Magetan disebut sebagai sentra ayam panggang karena mayoritas warga di sana memproduksi ayam panggang dan menjualnya secara langsung dari rumah masing-masing. Salah satu home industry ayam panggang yang terkenal adalah milik Bu Setu.

Ayam yang digunakan Bu Setu adalah ayam kampung yang di olah dengan cara tradisional, yaitu diletakkan di atas tungku tanah liat berbahan bakar kayu, selama selamam di panggang dalam beberapa jam sambil dibolak-balik dan diolesi bumbu.

Dua varian bumbu yang menjadi primadona di sana adalah bumbu pedas dan bumbu gurih ditambah dengan sambal terasi, sambal bawang, aneka macam lalapan segar, trancam, bothok, dan nasi putih hangat. Sekali mencicipinya dijamin ingin nambah lagi dan lagi.

2. Manisan Kulit Jeruk Pamelo

Manisan Kulit Jeruk Pamelo
Manisan Kulit Jeruk Pamelo

Bagi anda yang suka makan jeruk pasti yang dimakan adalah daging buahnya dan kulit jeruknya dibuang begitu saja.

Kabupaten Magetan memiliki salah satu hasil bumi unggulan, yaitu jeruk pamelo. Jeruk ini berukuran besar dan hampir mirip dengan jeruk bali.

Selain buahnya yang segar enak untuk dimakan, kulitnya yang berwarna putih dan tebal pun juga bisa dijadikan manisan. Sentra produksi manisan kulit jeruk ini adalah Bendo, Takeran Sukomoro, dan Kawedanan. Rasanya ya…?? Manis-manis asem gitu.

3. Sate Kelinci

Sate Kelinci
Sate Kelinci

Kelinci memang salah satu hewan yang banyak dikonsumsi di sini dan diolah menjadi berbagai olahan lezat.

Banyak warung-warung dipinggir jalan yang menjual sate kelinci yang disajikan dengan lontong dan bumbu pecel. Rasanya sangat enak, bumbu pecel dikombinasikan dengan kecap.

Selain di tempat-tempat wisata, banyak juga di desa-desa di Magetan yang juga menjual sate kelinci, terkadang si penjual menjualnya dengan gerobak dan dijual berkeliling.

4. Kue Bolu

Kue Bolu
Kue Bolu

Bolu panggang khas Magetan berbentuk bulat panjang dengan tekstur yang lembut dan manis. Makanan ini menjadi suguhan utama masyarakat Magetan di acara-acara seperti pernikahan, syukuran dan sejenisnya.

Sehari-harinya, kue bolu panggang Magetan ini pun sangat mudah ditemukan di keda-kedai yang ada di pinggir jalan. Bolu ini cukup awet dan tahan karena dipanggang sehingga cocok dijadikan oleh-oleh ke kampung halaman.

Harganya pun cukup murah, cukup hanya dengan 5ribu rupiah, Anda sudah bisa membawa pulang 10 kue bolu panggang Magetan. Cocok untuk oleh-oleh yang akan dibeli dalam jumlah banyak.

Baca juga : Makanan Khas Ponorogo

5. Jerangking

Jerangking
Jerangking

Jerangking merupakan makanan tradisional, semacam kerupuk yang berbahan dari beras ketan. Makanan ini sepintas hampir sama dengan kerupuk lempeng, tetapi jerangking memiliki bentuk yang lebih kecil dari pada kerupuk lempeng.

dan memiliki rasa yang khas, berbeda dengan rasa kerupuk lempeng karena memiliki cita rasa tersendiri, jerangking merupakan jajanan khas magetan, jawa timur.

Selain sebagai cemilan sehari hari-hari, jerangking juga sangat diminati oleh para wisatawan. Sebagai oleh oleh khas magetan sepulang dari berkunjung ke wisata magetan.

6. Jenang Candi

Jenang Candi
Jenang Candi

Nama Jenang Candi berasal dari nama sebuah desa di Magetan yakni Desa Candi. Jenang ini disebut juga jenang dodol oleh warga setempat. Makanan ini mulai dikenal sejak tahun 1993 oleh masyarakat Desa Candi dan hingga saat ini telah menjadi oleh-oleh khas Magetan yang cukup melegenda.

Untuk mendapatkan jenang candi yang asli dan rasanya tak terlupakan, sebaiknya Anda membelinya di Desa Candi. Di tempat ini Anda bisa menyaksikan proses pembuatan jenang yang memakan waktu hingga 8 jam. Menghasilkan rasa yang benar-benar legit dengan warna kecoklatan.

Bahan penyusun jenang ini seperti jenang pada umumnya, yakni tepung ketan, gula dan santan. Pada saat penyajian ditambahkan dengan wijen. Namun meskipun bahannya sama dengan jenang pada umumnya, namun untuk rasa yang khas dan asli hanya ada di Desa Candi.

7. Jadah

Jadah
Jadah

Jadah adalah jajanan tradisional, yang pada saat ini sudah jarang di temui lagi di masyarakat. kecuali hanya pada saat acara acara atau ritual tertentu khususnya di pulau jawa.

Jika di pulau jawa biasanya, lebih sering kita temui jadah ini, hanya pada saat acara saja, semisal. Acara lamaran atau pernikahan, serta acara 7 bulan pada anak balita

Rasa Jadah, memiliki cita rasa yang tekstur yang lembut dan kenyal dan juga memiliki rasa yang gurih . Terbuat dari ketan putih dan parutan kelapa.

Bila Bosan dengan rasa jadah, kita bisa menambah proses pembuatanya lagi bisa dengan jadikan jadah goreng. Dan juga bisa coba jadikan jadah bakar.

8. Wajik Ketan

Wajik Ketan
Wajik Ketan

Makanan manis lainnya yang bisa Anda bawa pulang dari Magetan adalah wajik ketan. Makanan terbuat dari ketan ini kadang diberi aroma pandan dan vanili. Rasanya sangat pas dengan komposisi manis yang sesuai.

Di toko oleh-oleh yang ada di Magetan, Anda bisa menemukan wajik ini untuk dibeli sebagai oleh-oleh. Harganya pun sangat murah, hanya 2-5 ribu rupiah. Inilah sebabnya makanan ini termasuk oleh-oleh khas Magetan yang laris dan dicari para wisatawan di Magetan.

9. Sate Jamur Tiram

Sate Jamur Tiram
Sate Jamur Tiram

Selain sate kelinci yang sudah terkenal di Magetan, sate jamur tiram juga menjadi primadona bagi pecinta kuliner sate di Magetan. Satu porsi sate jamur dibanderol cukup murah sebesar Rp10.000,00 plus lontong.

10. Tepo Tahu

Makanan Khas Magetan Tepo Tahu
Tepo Tahu

Tepo tahu menjadi salah satu makanan khas Magetan yang sudah diketahui banyak orang. Sebenarnya tepo sama saja dengan lontong hanya saja penamaan tepo dan lontong di bedakan dari bentuknya, tepo biasanya berbentuk limas atau piramida.

Tepo tahu adalah campuran antara tepo dan tahu yang digabungkan disertai, potongan telur dadar, toge serta bumbu-bumbu lainnya. Rasa yang dimiliki tahu tepo sendiri bervariasi  mulai dari pedas, manis hingga asin atau.

11. Gethuk Lindri

Gethuk Lindri
Gethuk Lindri

Gethuk lindri adalah makanan yang terbuat dari singkong yang dihaluskan kemudian diberi gula serta pewarna makanan. Bentuk gethuk lindri memanjang seperti mie berwarna warni.

Salah satu produsen gethuk yang sangat terkenal di Magetan adalah Gethuk Diana. Gethuk lebih sering dijadikan makanan untuk acara-acara hajatan seperti pernikahan, ulang tahun, seminar dan lainnya.

Namun banyak juga, pembeli yang datang langsung di rumah makan produksi gethuk Diana karena disana ada tempat untuk melayani pembeli seperti halnya rumah makan. Alamat rumah makan Gethuk Diana ada di jl. timor, Magetan.

Baca juga : Makanan Khas Pacitan

12. Bubur Jenang

 

Bubur Jenang Khas Magetan
Bubur Jenang Khas Magetan

Pada bubur jenang adalah gabungan antara bubur sumsum dan bahan lainnya, bubur jenang sudah menjadi hal favorit warga Kabupaten Magetan untuk sarapan pagi. Harga satu porsi bubur jenang sangat murah sekali dan bersahabat yaitu 2.000 sapai 3.000 rupiah saja.

Dengan harga yang murah, kamu mendapatkan porsi yang ditawarkan sudah cukup untuk mengganjal perut yang lapar di pagi hari.

Itulah daftar makanan khas dari Magetan yang nikmat dan tentunya lezat. Pastinya masih ada makanan lain dari magetan yang tak kalah lezat, 12 makanan diatas adalah rekomendasi dari kami.

Semoga ulasan ini bisa membantu dan bermanfaat untuk anda sekalian.

Thanks…….

1 comment
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like