9 Makanan Khas Magelang Yang Bisa Buat Kamu Ketagihan

Makanan Khas Magelang – Saat berkunjung ke Magelang, kira-kira apa yang terlintas di benak anda? Kupat Tahu, Getuk? Tidak salah tentunya jika anda memikirkan hal seperti itu. Tapi tahukah kamu bahwa masih ada makanan khas Magelang yang bercitarasa tinggi dan wajib kamu coba.

Memang tak lengkap rasanya jika singgah di sebuah daerah tanpa mencicipi makanan khas daerah yang dikunjungi. Magelang yang terkenal dengan semboyannya “Kota Sejuta Bunga” memang sudah sudah dikenal dengan Kupat Tahu dan Gethuknya. Lalu masih adakah makanan khas Magelang lainnya? Berikut kami uraikan berikut ini makanan Khas Magelang yang bisa buat kamu ketagihan:

1. Kupat Tahu Magelang

Kupat Tahu Magelang
Kupat Tahu Magelang

Kita mulai list ini dengan makanan paling khas kota Magelang, Kupat Tahu. Makan khas Magelang yang satu ini sangat terkenal seantero Indonesia. Apalagi dengan kelezatan yang siap memanjakan lainda anda saat mencicipinya pertama kali.

Dari namanya saja kita sudah mampu menebak makanan ini berbahan dasara kupat dan tahu. Tapi tentu tidak hanya itu, ada campuran dari lauk pauk lainnya. Seperti kubis, bawang goring, bakwan, daun seledri dan juga toge. Semua bahan itu disajikan dalam satu piring dengan balutan saus kecap dan kacang.

Makanan khas Magelang ini merupakan makan yang mudah ditemukan di kota Magelang. Mulai dari warung sampai ke gerobak sederhan, para penjual menyediakan makanan yang satu ini. Sangking populernya anda juga bisa menemukan makanan khas Magelang yang satu ini di beberapa daerah.

2. Konro Bakar Bumbu Kacang

Konro Bakar Bumbu KacangKonro Bakar Bumbu Kacang
Konro Bakar Bumbu Kacang

Makannya yang sebenarnya berasal dari Sulawesi Selatan atau lebih tepatnya kota Makasar. Lalu mengapa makanan ini dimasukan dalam list makanan khas Magelang? Konon Konro memanglah makanan khas makasar. Tapi seiring berjalannya waktu konro yang ada di kota Malang mengalami perubahan dari segi sausnya. Saus yang digunakan adalah saus kacang hamper sama dengan bumbu paada sate.

3. Sop Senerek

Sop Senerek
Sop Senerek

Salah satu makanan khas Magelang yang tidak boleh dilupakan adalah Sop Senerek. Makanan yang satu ini sudah ada sejak zaman penjajahan zaman Belanda. Jika anda lihat dari penampakan sop ini memang tak jauh berbeda dengan sop pada umumnya. Tapi kombinasi sayur-sayuran-nyalah yang membuat sop ini terlihat berbeda. Seperti wortel, kacang merah, dau seledri, daun bawang dan daging sapi.

Perpaduan dari beberapa bahan makanan itu membuat sop ini terlihat berebeda bukan. Apalagi tambahan kacang merah di dalamnya, karena perpaduan seperti itu tidak pernah ditemukan dalam sajian sop di daerah lain. Selain berbeda dengan sop pada umumnya sop ini juga lezat yang sangat cocok dimakan pada saat cuaca dingin.

4. Wedang Kacang

Wedang Kacang
Wedang Kacang

Wedang jahe memanglah sangat cocok jika dikonsumsi pada cuaca dingin seperti Magelang. Magelang yang juga terkenal dengan cuacanya yang dingin memilki makanan khas yang mampu menghilangkan rasa dingin. Wedang Kacang makanan yang satu ini menjadi makanan favorit masyarakat Magelang saat suhu dingin menyerang.

Wedang kacang sejatinya tak jauh berbeda dengan wedang lain pada umumnya. Terbuat dari perasan air jahe, kacang dan juga ketan. Tapi anda bisa memasukan wedang kacang ini ke menu makanan sasaran anda saat nanti berkunjung ke kota Magelang.

5. Sego Godong

Sego Godong
Sego Godong

Dalam Bahasa Jawa Sego memiliki arti nasi, sedangkan Godong berarti rebus. Jadi jika diartikan ke Bahasa Indoensia menjadi nasi rebus, wow aneh bukan. Makanan khas Magelang yang satu ini akan menawarkan  cita rasa yang khas. Dari namanya saja kita bisa menyimpulkan pembuatan nasi ini dengan cara direbus setelah diberikan beberapa bumbu. Tak hanya itu saja Sego Godong juga dilengkapi dengan lauk pauk lainnya. Seperti mie, ayam dan telur.

6. Nasi Leseh

Nasi Leseh Magelang
Nasi Leseh Magelang

Makanan khas Magelang yang satu ini juga berbahan dasar nasi. Nasi yang disajikan dengan berbagai macam sayuran dan dipadukan dengan siraman kuah santan kaldu. Tapi sayang jika anda berminat memesan makanan yang satu ini akan sulit ditemukan.

Makanan yang disajikan di dalam piring ini memang terlihat seperti soto. Tapi dengan campuran yang ada tentu makanan ini punya ciri khas yang bisa membedakan dengan soto. Cara membuatnya juga sangat mudah, yaitu dengan memadukan nasi dengan irisan kubis, selederi wortel dan toge. Lalu dibalut dengan kuah santan dan kaldu ayam. Mudah buka?

7. Manggut Lele

Manggut Lele
Manggut Lele

Magelang memang tak pernah kehabisan makanan yang mampu memikat lidah. Manggut Lele bisa menjadi menu wajib yag harus kamu rasakan kenikmatannya. Makanan khas Magelang yang satu ini memang sangatlah terkenal di daerah asalnya itu.

Dari sebutannya saja kita sudah tahu apa bahan dasar dair makanan yang satu  ini. Lele yup, terbuat dari ikan air tawar ini disiram dengan kuah santan yang berwarna kuning. Warna kuning itu didapat dari campuran kunyit di dalam bumbunya, jadi jangan khawatir. Makanan yang biasanya disajikan dengan potongan tahu, cabe, buncis dan pete.

8. Manggut Beong

Manggut Beong
Manggut Beong

Jika tadi ada Manggut Lele, maka yang satu ini juga kawan dekatnya. Manggut Beong juga saama sama disajkikan dengan cara seperti manggut Lele. Makanan ini akan berbeda ketikan mencicipi ikan yang menjadi bahan dasarnya. Jika manggut lele terbuat dari lele, sedangkan makanan yang satu ini terbuat dari ikan beong. Makanan yang terbuat dari ikan beong ini memag cukup terkenal di wilayah Magelang.

Baca juga : Makanan Khas Kebumen

9. Es Krim Mahkota

Es Krim Mahkota
Es Krim Mahkota

Jika dari tadi kita membahasa makanan tradisional, kali ini kita akan menyajikan makanan yang agak moderan, Es Krim. Es Krim Mahkota kini menjadi salah satu makanan khas Magelang yang tidak bisa dilupakan saat berkunjung ke kota kecil di Jawa Tengah.

Berwal dari sebuah toko roti yang dikabarkan telah beroperasi seajak tahun 1945-an makanan ini mulai dikenal.

Toko Roti Mahkota menjadi cikal bakal es krim ini tercipta. Es krim yang biasanya dibungkus dengan kertas alumuniumfoli ini sangat mengungdang tanya di lidah. Karena perlu anda ketahu es krim yang satu ini memiliki cita rasa yang  kalsik yang mampu membawa anda ke era tempoe doeloe.

Kota Magelang memang bukan termasuk kota yang besar, tak sampai setengahnya kota Jakarta. Tapi kuliner yang ditwarkan kota seribu bunga ini tak bisa disepelekan bukan? Makanan khas Magelang yang diurakan di atas tentu mengundak penasaran dengan rasa yang dimilliki oleh maisng-masing menu  makanan.

Makanan tradisional memang selalu memeberikan kesan klasik dan sederhan. Tapi siapa yang mampu mengatakan makanan itu tak mengundang rasa di hatinya. Tidak berlebihan bukan, karenanya jangan lupa untuk memasukan kuliner tradisional ini ke dalam booklist anda.

Jadi jangan lupa untuk mencicipi makanan khas ini saat anda berkunjung ke kota Magelang  dan yang paling penting mari jaga budaya dan makanan khas yang ada di Indonesia, dengan cara melestarikannya.

1 comment
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like